Featured Post

Review Film Korea Bori (2020)

7 Tahap Membangun Aset Digital Marketing di Internet untuk Bisnis


            7 Tahap Membangun Aset Digital Marketing di Internet untuk Bisnis – Siapa tak kenal internet di zaman modern ini? Hampir semua orang sudah mengenal teknologi internet, yang mana internet mampu memberikan banyak informasi dari belahan bumi manapun.



investasi aset digital aset digital indonesia bisnis aset digital adalah aset digital cryptocurrency aset digital terbaik aset digital favorit membangun aset digital aset digital marketing


 

Internet dikembangkan sejak awal tahun 1960-an, oleh beberapa orang yang memandang betapa besar potensi kegunaan jika komputer-komputer dihubungkan satu dengan yang lainnya. Internet sendiri memiliki pengertian sekumpulan jaringan yang berskala global dan terbuka.

 

Mekanisme kerja internet tidak didasarkan pada manusia, tetapi menggunakan kerja elektronik yang masing-masing jaringan akan terhubung satu dengan yang lain, berkomunikasi menggunakan protokol-protokol tertentu, TCP (Transmission Control Protocol) dan IP (Internet Protocol).

 

Dari waktu ke waktu, jaringan yang tersebar di berbagai belahan dunia ini akan saling terhubung dengan jaringan yang sudah ada lebih dahulu. Jaringan pusat yang dinamakan VBNS (Very High Speed Backbone Network Service), yang berfungsi menghantarkan lalu lintas data internet ke seluruh penjuru dunia inilah, yang membuat kita bisa saling berkomunikasi.

 

Lantas Mengapa Digital Marketing itu Penting?

 

 

            Marketing atau pemasaran, merupakan serangkaian kegiatan branding dan selling. Seperti menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan bertukar penawaran yang memiliki nilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat.

           

            Di era ini pemasaran terbagi menjadi dua jenis, kalau dulu hanya menggunakan traditional marketing menggunakan media offline seperti televisi, menyebar brosur, radio, spanduk, dan lain sebagainya. Sementara kini ada yang namanya digital marketing, pemasaran yang menggunakan internet/online marketing.

           

            Tengok saja di kanan-kiri kita, kebutuhan akan menggunakan media internet sudah tidak terbendung lagi. Dari perusahan multinasional, sampai dengan perusahaan mikro berlomba-lomba mendapatkan pelanggan dari media internet. Pemasaran menggunakan digital marketing, saat ini yang menjadi primadona. Kamu sudah menggunakannya belum? Seberapa penting sih digital marketing itu?

 

            Coba jawab, setiap hari berapa kali kamu mengakses internet? Informasi apa saja yang kamu dapatkan? Sebelum membeli barang online, apakah kamu melakukan sebuah riset? Atau jangan-jangan barang keperluan kamu semuanya dibeli dengan internet, dan kamu tidak bisa tanpa internet semenit pun? Kalau iya, berarti kamu harus mengenal yang namanya digital marketing. Karena perubahan perilaku orang saat ini sudah berubah, demikian juga dengan bisnis.

           

            Berapa banyak pusat perbelanjaan yang tutup beberapa tahun belakangan ini, dengan hadirnya toko online? Berapa banyak transportasi tradisional yang tergerus, dengan hardirnya taksi online? Sampai dengan pembayaran tunai, yang mulai tergantikan dengan dompet digital? Kehadiran internet, sudah merubah gaya hidup seseorang.



investasi aset digital aset digital indonesia bisnis aset digital adalah aset digital cryptocurrency aset digital terbaik aset digital favorit membangun aset digital aset digital marketing



 

            Data dalam gambar diatas menunjukan, bulan Oktober tahun 2020 melaporkan bahwa pengguna internet selama enam jam per hari, dari sumber hootsuite.

 

Di Indonesia sendiri mayoritas pengguna internet, menghabiskan waktu selama 8 jam per hari. Hal ini membuktikan bahwa, sepertiga hidupnya melibatkan eksistensi internet. Menurut databoks.katadata penduduk Indonesia  tersebut memiliki rentang usia 16-64 tahun, berselancar di internet pada semua perangkatnya. Dan media sosial menempati urutan kedua rata-rata diakses hampir 4 jam, Youtube dan Whatsapp mendapat prosentase 88% dan 84%, sisanya digunakan untuk menonton televisi, streaming musik, dan konsol game. Nah, sekarang kalau disuruh memilih misalnya ketika bepergian kalian ketinggalan dompet atau handphonenya, mana yang akan kalian pilih untuk diambil duluan? Nggak usah jauh-jauh wes, kalau kalian bangun tidur apa yang kalian ambil lebih dulu? Handphone atau air minum? Hehehhe ...

 

Lantas apa hubungannya dengaa dunia digital marketing? Untuk pebisnis dan pelaku usaha UMKM tentu sangat penting, karena anda perlu terhubung dengna pengguna internet agar bisa memasarkan produk dan jasa yang dimiliki. Semakin sering seseorang mengakses internet, peluang anda akan semakin besar. Maka, mulai bangun dan kelola aset digital marketing anda sekarang juga untuk berpromosi. Apa saja yang perlu dilakukan?



investasi aset digital aset digital indonesia bisnis aset digital adalah aset digital cryptocurrency aset digital terbaik aset digital favorit membangun aset digital aset digital marketing


 

Kelola dan Bangun Aset Digital Marketing di Internet untuk Bisnis, dengan 7 Tahap Berikut ini:

 

1.     Bangun Kerajaan Bisnismu dengan memersiapkan hal berikut

 

Membangun Website

Membangun Blog

Membangun Landing Page

Optimalisasi trafik dengan SEO dan SEM

 

2.     Bangun Hubungan Melau Media Sosial

 

Membangun Media Sosial (Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, Twitter, Fanpage, dan lain sebagainya)

Optimalisasi trafik dengan SMO dan SMM

 

3.     Menggunakan Email Marketing

4.     Mengumpulkan Leads/Database (Email dan nomor Whatsapp)

5.     Membangun Conversion

6.     Membangun engagement

7.     Membangun Supert Team



 

Mulai Bangun Aset Digitalmu Sekarang Juga!

 

 

Aset adalah apapun yang dapat menghasilkan uang, dengan atau tanpa kita bekerja. Aset juga merupakan sumber ekonomi, atau nilai suatu kekayaan. Bagaimana dengan aset digital? Gampangya gini, seorang youtuber pasti memiliki banyak unggahan video di channel akunnya, benar? Video tersebut bisa dinamakan aset digital yang dia punya. Aset digital bisa menghasilkan uang bila didaftarkan ke Google Ads. Kalau 1 video aja setiap harinya bisa menghasilkan 50 ribu dari iklan, berapa banyak duit dihasilkan dari 100 video setiap harinya?

 

Bikin video nggak harus dengan properti mahal, semua dimulai dari yang sederhana bahkan bisa tanpa modal dengan memanfaatkan apa yang kita punya. Tetapi yang dibutuhkan di sini adalah, waktu, komitmen, dan konsisten yang saya yakin nggak sumua orang bisa. Lantas bagaimana untuk seorang pebisnis, entreprenuer, atau calon pengusaha dalam aktivitas memasarkan produk di ranah digital? Pun dalam membangun aset digitalnya? Harus dimulai dari mana? Ini dia 7 tahap membangun pondasi aset digital di internet.

 

 

1.      Bangun Kerajaan Bisnismu dengan memersiapkan hal berikut: membangun website, membangun blog, membangun landing page, dan optimalisasi trafik dengan SEO dan SEM.

 


investasi aset digital aset digital indonesia bisnis aset digital adalah aset digital cryptocurrency aset digital terbaik aset digital favorit membangun aset digital aset digital marketing


 

Perusahaan, UMKM, e-commerce, B2B Marketplace, dan apapun yang sedang dibangun di internet termasuk bisnis online harus memiliki website. Karena semua kehidupan sekarang sudah beralih ke ditigal, suka atau tidak suka anda harus melakukannya. Jika tidak, ya siap-siap ketinggalan gerbong.

 

Membuat website bukanlah perkara yang sulit, jika anda pemula yang sedang ingin membangun usaha tidak masalah jika membangun terlebih dahulu dengan blog. Toh blog dan website ini sama-sama pentingnya. Beberapa manfaat dalam membangun website adalah, anda langsung bisa berinteraksi dengan pembeli tanpa batas waktu, kepercayaan pelanggan akan terbangun dengan adanya website bisnis, bisa menjangkau market lebih luas lagi, dan bisa menjadi portal informasi untuk pelanggan.

 

Jangan lupa juga sertakan landing page yang tepat sasaran. Landing page, merupakan salah satu halaman yang ada di website, yang dirancang khusus untuk mengarahkan user ke arah yang spesifik. Contohnya setelah customer service memberikan tombol CTA (call to action) kepada pembeli untuk mengisi formulir transaksi, mereka akan menuju landing page tersebut dan mengisi data. Data tersebut yang akan disimpan sebagai basis data, untuk memroses pembelian atau pemasaran berkelanjutan.

 

Website, blog, dan landing page ini adalah kesatuan yang harus dioptimasi agar trafiknya meningkat. Dengan cara apa? Bisa melakukan penerapan SEO (Search Engine Optimization) gratisan atau juga menggunakan SEM (Search Engine Marketing) yang berbayar melalui pelayanan Google Ads.

 

Mengapa trafik penting? karena tanpa pengunjung, itu artinya kita tidak akan mendapatkan pembeli. Kebalikannya, jika pengunjung ramai, kemungkinan orang membeli produk yang ditawarkan besar. Ibarat biaya sewa bangunan yang ramai dan yang sepi pasti berbeda, karena jumlah pengunjung yang ramai sangat berpengaruh dalam sebauh bisnis.


 

2.      Bangun Hubungan Melalui Media Sosial Sebagai berikut: Membangun Media Sosial (Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, Twitter, Fanpage, dan lain sebagainya), Optimalisasi trafik dengan SMO dan SMM




investasi aset digital aset digital indonesia bisnis aset digital adalah aset digital cryptocurrency aset digital terbaik aset digital favorit membangun aset digital aset digital marketing


 

Media sosial tidak lepas dari kehidupan kita saat ini. Kita justru lebih sering berinteraksi di media sosial, ketimbang dengan dunia nyata. Media sosial merupakan media/platform untuk bersosialisasi satu sama lain, yang dilakukan secara online. Platform mana saja yang disebut media sosial?

 

Ada social networking seperti: facebook, instagram, twitter, dan lain-lain.

Ada platform video seperti : youtube, IGTV, tiktok, Vimeo, dan lain sebagaianya

Ada Blog (blogspot, wordpres, medium, dan lain-lain)

Ada forum, seperti: Kaskus, Fetikforum, fimela, sociola, dan lain sebagainya. Banyak sekali ya kan? Jika semuanya bisa aktif, sungguh luar biasa.

 

Kini, media sosial tidak hanya tempat bersilaturahmi, tapi berubah menjadi interaksi bisnis juga. Jika awalnya kita kesulitan mendapatkan respon dari sebuah perusahaan terkait produknya, sekarang kita bisa dengan mudah terhubung langsung secara online.

 

Bagaimana membangun media sosial yang sukses? Mulailah dengan menarik perhatian target marketmu, dengan membuat konten yang unik dan sesuai tren. Konten bisa berbentuk apapun, gambar, artikel, kata mutiara, meme, yang jelas mampu membangun interaksi dan komunikasi langsung dengan pelanggan. Ajak mereka juga untuk merespon langsung, seperti membagikan pemikiran mereka, memberikan komentar, atau like. Syukur-syukur kedekatan terbangun dengan baik dan saatnya membangun trafik pengunjung.

 

Trafik tidak bisa dibangun dalam semalam, tetapi membutuhkan proses. Butuh taktik yang tepat dalam membangun hubungan. Tidak hanya hubungan dengan manusianya, tetapi juga dengan kebutuhannya. PR besar bagi pebisnis agar membungkus iklan sedemikian rupa, agar tidak terlihat seperti sedang menjual. Inilah yang disebut dengan SMO (Sosial Media Optimization), interaksi yang dibangun dengan alami. Sementara SMM adalah Sosial Media Marketing, kita perlu membayar platform periklanan yang populuer yakni Google Ads.

 

3.      Menggunakan Email Marketing




investasi aset digital aset digital indonesia bisnis aset digital adalah aset digital cryptocurrency aset digital terbaik aset digital favorit membangun aset digital aset digital marketing




Email (Elektronik Mail) adalah media untuk mengirim surat yang dilakukan secara online, asal bisa terkoneksi dengan internet. Banyak fungsi yang dimiliki oleh email, ibarat kata email ini merupakan ID card kita untuk bisa mengakses atau berjejaring sosial. Email bisa digunakan untuk akses masuk facebook, twitter, instagram, dan lain-lain. Email juga bisa digunakan untuk mengirim file, baik itu video, foto, maupun dokumen ke semua orang.

 

Mengapa email marketing menjadi penting untuk aset digital? Ini karena email merupakan cara yang paling efektif, untuk membangun koneksi antara kita sebagai pemilik produk dengan pelanggan. Kelebihannya email akan secara otomatis, mengirimkan updetan terbaru dari konten yang kita buat. Bisa dikatakan email merupakan media, untuk berkomunikasi dengan pelanggan lebih personal.

 

Disadari atau tidak ketika mengunjungi sebuah website, misalnya website jualan. Kalian bisa mendapatkan kode voucher sekian persen, tetapi harus memasukan email/registrasi. Tidak hanya mendapatkan kode voucher, bahkan sering kali diberikan akses gratis selama sebulan agar bisa mengakses sebuah website premium. Itu artinya perusahaan tersebut sedang mengumpulkan email, untuk database perusahaan. Biasanya orang-orang yang bersedia memasukan email, adalah merkea yang sudah tertarik dan setia mendengar informasi dari perusahaan anda. Kebanyakan anggota email list (database) cenderung akan membeli produk.

 

 

4.      Leads/database

 

 

investasi aset digital aset digital indonesia bisnis aset digital adalah aset digital cryptocurrency aset digital terbaik aset digital favorit membangun aset digital aset digital marketing






Leads merupakan sebutan dari calon pelanggan. Mereka belum membeli, tetapi mereka sudah tertarik dengan bisnis yang anda punyai. Dari mana kita tahu? Dari cara mereka menghubungi atau meminta informasi lebih banyak, dengan cara sukarela. Seperti memberikan nama, alamt email dengan cuma-cuma agar mereka tidak ketinggalan info terbaru yang sedang dipromosikan. Leads memiliki potensi yang besar untuk diprospek jadi pelanggan.

 

Ada 4 jenis leads yang perlu diketahui, ialah:

 

Maerketing Qualified Lead (MQL), orang yang sudah tearpapar dan berinteraksi dengan materi promosi yang dibuat. Seperti pernah mengisi e-book gratis, atau mengisi kontak landing page.

 

Sales Qualified Lead (SQL), orang yang tertarik membeli produk atau layanan. Mereka tidak hanya bertanya, tetapi baisanya siap membayar dan jadi pelanggan. Sejauh mereka bertanya tentang spesifikasi produk, dan info detailnya.

 

Produck Qualified Lead (PQL), sebutan untuk orang yang sudah menjajal program gratis, kemudian berpindah menjadi berlangganan premium.

 

Service Qualified Lead (SQL), sebutan leads dengan kategori ini kurang lebihs ama dengan PQL. Mereka sudah mencoba versi basic/gratis lantas beralih ke fitur yang premium.

 

 

5.      Membangun Conversion

 

 

investasi aset digital aset digital indonesia bisnis aset digital adalah aset digital cryptocurrency aset digital terbaik aset digital favorit membangun aset digital aset digital marketing




Dalam mendatangkan trafik untuk aset digital yang dimiliki, konten dan iklan saja tidak cukup. Anda membutuhkan yang namanya Conversion. Conversion ini merupakan cara untuk mengubah pengunjung menjadi pelanggan, maupun calon pelanggan. Pada tahap ini kita akan belajar membuat pengunjung tertarik melihat, memelajari dan juga membeli produk yang kita pasarkan. Ataupun jasa yang kita tawarkan.

 

Biasanya conversion paling sering dilakukan oleh perusahaan business-to-business (B2B) karena lebih sering melakukan penawaran. Sementara untuk perusahaan retail atau business-to-consumen (B2C) lebih mencakup ke penjualan. Nah, conversion ini bisa diukur berdasarkan data, bukan perkiraan. Dua jenis conversion yang paling penting, untuk aset digital ialah leads dan sales. Di sinilah kita mulai menata retargeting.

 

 

 

6.      Membangun engagement





investasi aset digital aset digital indonesia bisnis aset digital adalah aset digital cryptocurrency aset digital terbaik aset digital favorit membangun aset digital aset digital marketing



 

Manusia adalah makhluk sosial, yang perlu berinteraksi satu dengan yang lain. Sebagai jasa penyedia produk atau layanan, anda perlu mengajak leads untuk berinteraksi. Hal ini berguna untuk membangun engagement. Contohnya diri kita sendiri, ketika akan memutuskan membeli produk apakah langsung memutuskan membeli saat itu juga? Beberapa ada, tetapi kebanyakan akan mempertimbangkan lebih dahulu.

Kalau skala konvensional biasanya akan memasang iklan dibanyak tempat-tempat strategis, sehingga siapapun dapat melihat dengan jelas. Tidak beda dengan era digital, iklan yang dipasang akan memenuhi laman-laman media yang kita akses biasanya dan iklan tersebut relevan dengan apa yang sedang kita cari. Jika iklan sudah jalan, yang perlu dijaga adalah soal engagementnya.

Sebagai contoh kita melirik prusahaan Apple, setiap kali mereka mengeluarkan produk, selalu habis terjual dalam peluncurannya. Padahal seperti yang kita tahu, Apple memliki harga yang terbilang tidak murah. Mengapa bisa terjadi? Bukan pula karena produknya paling canggih, tetapi engagement yang dibangun dimasyarakat sangat kuat.

Tipsnya anda perlu memerhatikan segmen pelanggan yang ada di database. Mereka termasuk pelanggan yang mana. Apakah pelanggan tetap, pembeli pertama, atau calon pelanggan. Karena dalam membangun engagement tiga segmen pelanggan tersebut akan mendukung awareness.

 

 

Membangun Super Team

 

 
investasi aset digital aset digital indonesia bisnis aset digital adalah aset digital cryptocurrency aset digital terbaik aset digital favorit membangun aset digital aset digital marketing



Aset digital pada 6 tahap di atas, apabila sudah segementation dan sudah  terbagi secara spesifik pengelompokannya akan lebih efisien. Ditambah jika sudah mengalirkan pundi-pundi rupiah yang menggunung. Maka, saatnya anda mulai membangun super team karena anda bukan superman. Seperti bagian customer service sendiri, finance sendiri, produksi, promosi, dan lain sebagainya. Saatnya anda menerapkan strategi-strategi lain, agar aset digital anda semakin memberikan peluang yang besar.

 

 

Mengenal Direktori Bisnis yang Baik

 

 

 

Perkembangan dan pertumbuhan pengguna di Indonesia memang luar biasa, hal positifnya banyak entrepreneur/pelaku UMKM dan perusahaan besar berlomba-lomba membuat website bisnis agar usaha mereka dikenal makin luas.

 

Tapi, di sisi lain para user dan konsumen sudah terbiasa mencari segala kebutuhan lewat mesin pencari. Baik harganya, spesifikasinya, dan di mana bisa membelinya. Hal inilah yang mendasari bahwa sebenarnya masyarakat Indonesia, membutuhkan direktori bisnis agar pelaku UMKM dapat menampilkan katalog produknya dengan mudah. Dengan demikian user/konsumen bisa segera mendapatkan informasi langsung dengan jelas.

 

Kalau dulu ada buku Yellow pages Indonesia, kitab kuning yang beratnya minta ampun lebih dari berat kamus. Buat gebuk maling bisa juga tuh, ehehhe ... Di buku Yellow pages, banyak data perusahaan, alamatnya, serta teleponnya berdasarkan abjad. Kalau sekarang bisa disebut dengan starup teknologi, yang membangun website kumpulan bisnis atau perusahaan yang bisa dilihat di internet. Tapi sayangnya direktori bisnis semacam ini di Indonesia, belum banyak seperti di negara lain.

 

Untunglah sekarang sudah ada situs Indonetwork.co.id yang sudah berdiri sejak Juni 2001. Di sini, pelaku UMKM, pengusaha, perorangan pun bisa mendaftar dan beriklan tanpa batas waktu. Dengan tujuan agar konsumen dengan mudah menemukan produk barang atau jasa yang dicari. Dengan demikian konsumen dan produsen bisa bertemu, hal inilah yang menjadi tujuan didirikannya Indonetwork. Pun agar pelaku bisnis di Indonesia lebih maju, lebih mudah berpromosi, dan lebih banyak mendapatkan kesempatan dengan baik.

 

Indonetwork.co.id mempunyai kategori produk yang lengkap. Ada 23 kategori tampilan navigasi  yang memudahkan, dijamin tidak akan bikin pusing pembeli ketika memilih produk yang dibutuhkan. Asal anda memiliki SIUP dan NPWP, anda sudah bisa memasarkan produk dan jasa di B2B marketplace ini, serta jadi member Indonetwork, lho! Gampang kan?



Artikel pendukung:

 

https://blog.hootsuite.com/social-media-users-pass-4-billion/

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/02/26/indonesia-habiskan-hampir-8-jam-untuk-berinternet

https://msh.web.id/2016/06/14/5-direktori-bisnis-online-terbaik-dan-gratis-di-indonesia/



Komentar

  1. Kalau untuk bisnis terutama yang menggunakan internet sebagai wadahnya, memang penting sekali membangun aset digital ini ya. Pun membangun nggak sesederhana hanya membuat akun spt misalnya website dan merawatnya, namun juga optimasi. Pastilah selain modal, juga penting memiliki tim yg ahli utk bagian mengurus ini. Selain itu juga terdiri dari kolaborasi antar bagian ya, bagaimana biar nggak teknis2 aja namun membangun interaksi dlm mengenalkan brand awareness

    BalasHapus
  2. Well noted bangett!
    Memang di era yg serba digital ini, kita semua kudu bisa beradaptasi dgn cepat.
    Apalagi untuk pebisnis konvensional, harus mampu bersinergi di kancah digital ya

    BalasHapus
  3. Keren banget neh, tahapannya, penting buat siapa pun yang ingin jadi pebisnis, soalnya sekarang sudah era digital, nggak bisa diabaikan

    BalasHapus
  4. Wah obrolannya agak berat nih, tapi aku sepakat banget membangun aset digital ini penting banget di jaman now

    BalasHapus
  5. aset digital memang penting banget untuk dibangun, yah sama saja kayak kita membangun personal branding, karena terlihat lebih profesional aja ya kan? jadi ya memang ini perlu untuk kelanjutan bisnis kita.

    BalasHapus
  6. beberapa memang jadi concern saya dalam beberapa tahun terakhir walaupun tak sepenuhnya mencari uang dari digital marketing tapi untuk menambah penghasilan sungguh bisa diandalkan

    BalasHapus
  7. Zaman sudah serba digitalisasi begini, pasti harus banget semua melalui online.
    Dan digital marketing pasti harus banyak belajar mengenai algoritma berbagai medsos yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penting banget yaa..menjaga conversation dan engagement.
      Ini yang masih PR banget buatku.

      Hapus
  8. Digital marketing ini sudah menjadi perhatian saya di tahun 2020 ini. Makin belajar makin banyak yg tidak saya tau. Jadi musti lebih rajin belajar dan rutin praktik supaya expert. hehe..

    BalasHapus
  9. Mantabs banget sharingnya, apalagi di era pandemi seperti ini banyak pebisnis maupun pengusaha kelas kecil beralih ke cara digital untuk mempromosikan barang dan jasanya.

    BalasHapus
  10. Setuju bangun hubungan melalui medsos , jaringan jadi Makin luas dan banyak. Skrg orang harus lebih bijak dalam Dunia digital

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah, beberapa sudah saya coba terapkan untuk bisnis kelas menulis online saya, diantaranya membuat blog khusus, mengelola medsos yaitu IG untuk menambah awareness dan berbagi tips menulis, ada grup wa juga untuk engagement. Mau coba cara lainnya deh makasih banyak tipsnya yaa

    BalasHapus
  12. bijak menggunakan media digital sekaligus memanfaatkan semaksimal mungkin supaya bisa mengembangkan banyak potensi ya :) thankyou for sharing ka

    BalasHapus
  13. Wah inget yellow pages tiap tahunnya dikasih telkom dulu heuheu..iya betul ya bikin konten di blog dan sosmed juga platform lainnya tidak harus dengan perlengkapan mahal..yang penting terus belajar bikin konten menarik, konsisten mau bikin konten juga ya..

    BalasHapus
  14. Jamannya jaman online, walaupun ga totalitas nyemplunh di industri digital marketing tapi ga ada salahnya tetep tau ya biar ga kudet

    BalasHapus
  15. Aset digital penting untuk menunjang personal branding yang sudah kita bangun dan akan semakin memuluskan jalan kita dalam berbisnis kaitannya sama profesionalisme

    BalasHapus
  16. Jadi bisnis sekarang memang erat banget hubungannya dengan dunia internet marketing atau dunia digital, bisa berfungsi kayak mesin pendorong tambahan utnuk mendongkrak reputasi dan penjualan.

    BalasHapus
  17. lengkap banget nih, noted saya juga masih belajar nih tentang digital marketing. Makasih ya mba sharingnya

    BalasHapus
  18. Wah tips nya manrul bangeet ini. Mudah2an ku bisa menerapkannya. TFS Nyi..

    BalasHapus
  19. bener banget sih jaman sekarang ga bisa lepas dari yang namanya internet memang, apalagi sejak pandemi ini, apapun yang dulu tak terpikirkan oleh orang sekarang menjadi serba online, memang harus banget si membangun aset digital

    BalasHapus
  20. Mau bangun bisnis online atau offline emang ga ada yg gamoang ya mba. Butuh usaha dan kerja keras serta mau belajar. Apalagi dunia digital perputarannya cepat sekali. Kalo ga siap belajar bksa ketinggalan kereta 😌

    BalasHapus
  21. Indonetwork.id keren uy, terlepas dari semua fungsi dan efek, memang Indonetwork.id membantu banget untuk perkembangan bisnis pengusaha kecil di Indonesia, menambah platform untuk berbisnis. Sukses terus.

    BalasHapus
  22. Terima kasih info dan tipsnya, lengkap banget, jaman sekarang emang penting banget mengenal internet dan segala manfaatnya yaaa

    BalasHapus
  23. Zaman sekarang memang kalau mau pemasarannya leboih luas lagi sebaiknya merambah ke dunia digital ya, baik ityu website atau medsos.
    Namun jangan lupakan juga copy writer yg baik saat beriklan hehe

    BalasHapus
  24. Internet saat ini makin beragam kegunaannya, bahkan serasa sudah menjadi kebutuhan primer. Termasuk urusan perdagangan. Manusia diberi kemudahan-kemudahan untuk menggunakannya tapi bagi pelaku usaha perlu usaha dan kerja keras agar bisa bersaing, seperti menguasai digital marketing ini.
    Btw, tipsnya mantul ini mbak.

    BalasHapus
  25. Benar, di Era Digital Seperti saat ini, penting bagi kita untuk membangun aset digital. Yang pastinya akan berguna banget ke depannya. Insya allah aset digital yang kita bangun akan menghasilkan pundi pundi rupiah ke depannya jika dikelola dengan baik

    BalasHapus
  26. Punya usaha mesti banget y Kita punya skill digital marketing y setelah Ada website kepingin bngt nih ngembangin UMKM yg Ada disini

    BalasHapus
  27. 7 point yang sangat penting untuk dipelajari dan bangun ya kak, saya sebagai orang IT dan juga sebagai pengguna sosial tentu saja dunia digital ini sudah mendarah daging dalam kehidupan sehari-hari. semuanya wajib dikerjakan by internet. dan ternyata ketergantungan kita ini menjadi salah satu aset digital ya apalagi bagi para pengusaha e-commerce sangat penting banget

    BalasHapus
  28. Untuk usaha dalam era digital seperti sekarang memang harus belajar marketing digital apalagi masa pandemi kek skrang smua usaha dipasarkan via digital sharingnya sangat bermnfaat sekali mbaa

    BalasHapus
  29. banyak hal baru yang kita pelajari di jaman digital ini yaa mba.. aku suka banget belajar hal baru

    BalasHapus
  30. Selama ini tahunya SEO saja ternyata ada juga ya istilah SEM dan yah di zaman sekarang apalagi yang punya bisnis kudu banget ya paham digital marketing ini..

    BalasHapus
  31. Susah susah gampang ya membangung aset digital ini, perlu belajar dan adaptasi terus menerus karena dunia digital ini dinamis banget. Perubahannya cepat. Keren infonya kak, mau langsung meluncuk ke indonetwork ah

    BalasHapus
  32. bener mbak aset digital sekarang sangat penting sih. apalagi jaman sekarang apa-apa kita butuh akses yang lebih cepat. selain itu skill marketing digital juga harus ditingkatkan terus karena dunia digital sangat dinamis juga kan ya

    BalasHapus
  33. Ulasan dan tipsnya lengkap bgt bisa jadi pegangan banget buat aku saat ingin memulai berbisnis

    BalasHapus
  34. Jujuuur aja nih, no 4 belum pernah aku lakukan seumur-umur ini. terimakasih lho sudah membahasnya. akan kumulai di 2021 untuk listing yang lebih detail

    BalasHapus
  35. Sekarang apa-apa udah serba digital ya, termasuk marketing udah paling harus banget bisa memaksimalkan dunia digital.

    BalasHapus
  36. Pas banget nih tip untuk membangun marketing dalam sebuah bisnis. Terutama berbasis online memperluas jangkauan bisnis.

    BalasHapus
  37. Jaman sekarang emang wajib banget melek teknologi, karena peluang dari internet tuh besar banget. Tinggal kitanya terus belajar sampe bisa bangun aset digital yang bisa menghasilkan.

    BalasHapus
  38. Pesatnya perkembangan digitalisasi jadi memberi peluang di berbagai aspek termasuk untuk pengguna internet pun demikian bagi para pelaku bisnis sehingga bisa memperkenalkan produk kepada publik lebih luas lagi serta mesti memahami tahapan dan mengaplikasikan dalam mmembangun aset digital

    BalasHapus
  39. Akhir tahun ini aku baru mau mulai bisnis dari rumah, sepertinya mau mulai memulai secara digital juga. Kayaknya bakalan kepake banget, langkah-langkah yang kamu tuliskan ini. Doain ya, semoga bisnisku lancar

    BalasHapus
  40. Zaman sekarang memang harus punya nih, aset digital. Apa lagi sekarang udah bisa kita miliki dengan harga terjangkau.

    BalasHapus
  41. Pengetahuan dasar tentang digital marketing yang sangat membuka wawasan. Terimakasih kak sudah berbagi ilmu,memang seiring dengan kemajuan teknologi internet kita juga harus mencari cara membuat internet menghasilkan uang untuk kita dan dengan belajar digital marketing ini semoga pundi pundi cuan bisa masuk ke kantong lebih banyak.

    BalasHapus
  42. Wah pas banget nih ada teman yg tertarik akan hal ini..bisa kuteruskan ke dia nih 7 tips nya.. TFS NYI..

    BalasHapus
  43. Asal mau belajar dan tekun upgrade kemampuan aku rasa ast digital mampu diwujudkan...

    BalasHapus
  44. Banyak insight keren nih. Benar banget Mbak. Mau nggak mau para pelaku bisnis harus siap memasuki era digitalisasi. Nggak ada alasan lagi untuk upgrade keterampilan dan kapasitas diri di dunia bisnis digital

    BalasHapus
  45. 7 poin yang sangat penting untuk dipelajari dan dibangun ya kak. Jika tidak, tak bisa dipungkiri kita akan tertinggal. Terimakasih untuk postingannya

    BalasHapus
  46. Ah bahasannya komplit sampe otakku panas Nyi. Btw, yang aku garis bawahi adalah tentang waktu, komitmen, dan konsisten. Tiga hal ini emang jadi kunci untuk bermain di dunia digital,, eh sepertinya dunia apa saja. Aku pun melihat banyak orang yang established di bidangnya pasti punya waktu, komitmen, dan konsisten untuk apa saja yang dikerjakannya.

    BalasHapus
  47. Sepakat banget dengan sebagian besar tipsnya. Kita nggak pernah tahu, jejaring digital positif apalagi yang menanti. Setahun, atau dua tahun ke depan. Semangat sebar positive vibes ^^

    BalasHapus
  48. Semua tahap emang harus dilakukan, memberikan yang terbaik dalam kerjaan emang hal yang paling mendasar untuk semua kerjaan. Kita dilihat dari hasil kan ya

    BalasHapus
  49. Bahasannya berat euy...Tapi emang nih, zaman sekarang ini hampir semuanya serba digital. Untuk para pengusaha, mau nggak mau ya belajar digital marketing supaya nggak tertinggal dan kalah saing.

    BalasHapus
  50. Memang benar, Mbak, sekarang apa-apa tuh pakainya ya internet. Mau beli daster 25 ribu juga lewat internet. Coba saja kalau tetangga yang ada toko daster terus dipromosiin di internet kan ya tahu dan milih beli di tetangga, ya. Sekarang apa-apa kalau harus keluar rumah males banget. Tinggal klik, bayar, barang sampai rumah.

    BalasHapus
  51. Kalau punya usaha akan lebih baik paham digital marketing ya mb, apalagi sekarang apa2 via online aja

    BalasHapus
  52. Jaman udah era digital ya. Bahkan marketing online udah menjamur di dunia. Makanya kita perlu membangun aset digital. Beruntungnya yuni bisa baca tahapannya di sini euy.

    BalasHapus
  53. Pelaku bisnis, meski UMKM kudu siap dengan perkembangan zaman ya? Mau nggak mau harus mau belajar mengembangkan digital marketing

    BalasHapus
  54. wew banyak PR nih, salah satunya e-mail marketing. Udah kumpulkan daftar tapi belum bisa optimalkan buat menawarkan produk.

    BalasHapus
  55. Zaman sekarang memang kalau mau pemasarannya leboih luas lagi sebaiknya merambah ke dunia digital ya, baik ityu website atau medsos.
    Namun jangan lupakan juga copy writer yg baik saat beriklan hehe

    BalasHapus
  56. Ini era dogital ya mba, apalagi masa pandemi. Bener-bener 90% tuh aktivitas di dunia maya. Kita bisa sukses klo bisa membangun bisnis digital saat ini

    BalasHapus

Posting Komentar