Featured Post

Pengalaman Saat Pandemi Corona Dua Kali Masuk Rumah Sakit

Hoster Jasa Penyedia Domain dan Hosting

Hoster Jasa Penyedia Domain dan Hosting – Hosting, domain, dan server dulu awalnya merupkan kata yang sangat asing di telinga. Tapi setelah mengakrabi diri dengan dunia ngeblog, saya mulai mengenali satu persatu dan mempelajari bagaimana ketiganya bekerja untuk sebuah website atau blog.

 






 

Dalam dunia teknologi dan informasi, kita tentu sudah tidak asing lagi dengan hosting, domain, dan server. Di mana ketiganya tidak bisa dilepaskan mengingat saling berkaitan dan berhubungan. Hosting tidak bisa hidup sendiri, domain tidak pernah diperlukan jika tidak ada hosting, dan yang terakhir adalah server yang sangat mendukung hosting dan domain berjalan. Beberapa orang masih kesulitan membedakan ketiganya, karena cukup rumit dan tidak mudah difahami. Terlebih jika anda bukan dari kalangan dunia IT seperti saya, pastilah awam dengan kata hosting, domain, dan server.

 

Tips yang bisa memudahkan kita untuk mengenali dan membedakan apa itu hosting, domain, dan server, yuk kita kenali!

 

 

Hosting bisa disebut juga dengan tanah / tempat

 

 

Hosting untuk menyimpan data pada komputer. Data pada komputer bisa berupa video, gambar menarik, dokumen / file, musik, dan lain sebagainya. Hosting bisa terdapat di komputer, di website, di blog, dimanapun asal bisa menampung data. Tidak hanya itu hosting juga menjadi salah satu aplikasi pada website, menjadi pusat data pada email, untuk mentransfer file, dan sebagai media kontrol penuh pada sebuah situs website. Demikian pentingnya hosting bukan?



 




Nah, Hosting menjadi sebuah layanan yang berbasis internet sehingga memudahkan anda menjalankan aplikasi dengan bantuan server dan hosting bisa dipesan dengan ukuran tertentu menyesuaikan kebutuhan anda. Seperti layaknya tanah yang ingin anda bangun menjadi rumah yang besar, maka anda harus menentukan letak tanah, berapa petak tanah yang akan anda jadikan kamar, dapur, ruang tamu, taman dan lain-lain.

 

Lantas bagaimana jika ingin menggunakan hosting? Umumnya sih hosting digunakan dengan cara menyewa, membeli, atau anda gunakan gratis. Cara mendapatkan hosting bisa anda dapatkan di internet dengan mudah, karena banyak layanan penyedia web hosting. Contohnya Hoster.co.id. Yang mana hosting bisa disewa maupun dengan sistem bulanan hingga tahunan. Ada masa langganan hosting anda habis, maka yang perlu dilakukan adalah memperpanjang masa berlangganan.

 

 

Domain bisa disebut juga dengan Alamat / Nama


 

Jika hosting yang digambarkan serupa tanah / rumah, maka domain bisa dideskripsikan dengan sebuah alamat. Contohnya saat kita ingin bertamu ke rumah orang, pastilah kita butuh yang namana alamat agar sampai ke sana dan tidak salah alamat ya kan? Selain alamat, domain juga bisa disebut dengan akses. Salah satu nama domain yang populer di sebuah server adalah Wikipedia. Wikipedia merupakan salah satu contoh nama domain yang unik, viral dan mudah diingat masyarakat. Yang mana wikipedia merupakan sumber pengetahuan, semacam kamus.

 

Buatlah alamat tersebut dnegna unik, nama yang belum pernah digunakan, dan buat alamat yang gampang dicari orang. Tanpa domain, anda tidak bisa menggunakan website dengan maksimal. Pada umumnya domain terdiri dari .com, .id, .net, .co.id dan lain sebagainya.  Lagi-lagi untuk mendapatkan domain terbaik, anda bisa mendapatkan dari web hosting Hoster.co.id karena di sana komplit.

 





 

Server bisa disebut juga dengan Pelayan

 

 

Peran server adalah untuk berjalannya website, hosting, hingga domain. Server merupakan sistem komputer yang menyediakan layanan jaringan komputer. Server juga didukung oleh prosesor dan RAM dengan sistem operasi khusus. Ada banyak jenis server yang memiliki fungsi berbeda-beda. Contoh website server berguna sebagai layanan menyimpan data pada website anda. Ada pula FTP server yang bertugas melayani perpindahan file yang di sebut dengan transfer data. Email server untuk mengurus email dan data penting lainnya. Agak asing memang bagi kita yang kurang mengenal dunia komputer, tapi insyaAllah pelan-pelan dengan belajar akan mudah kita kenali.

 

 

Semoga informasi di atas  soal hosting, domain, dan server sedikit membuat teman-teman memahami. Namun untuk berkonsultasi mengenai sewa hosting, beli domain, hingga pemilihan server yang sesuai dengan kebutuhan bisa banget langsung mampir ke hoster.co.id.


Komentar