Mengenal Vaksin Lebih Dekat Beserta Manfaatnya

 

Mengenal Vaksin Lebih Dekat Beserta Manfaatnya - Coba ingat-ingat kapan terakhir kali anda vaksin? Kalau saya pas mau menikah, harus disuntik dahulu untuk vaksin dan setelah satu tahun kemudian.




 

Karena ternyata untuk menikah tidak hanya soal mau menikah di mana dan apa saja persiapannya, tapi termasuk untuk melakukan vaksin juga. Agar apa sih dilakukan vaksin? Agar kita terlindungi dari berbagai penyakit berbahaya.

 

 

Mengenal Vaksin Lebih Dekat

 

 

Menurut Kemenkes RI, vaksin adalah suatu zat yang merupakan suatu bentuk produk biologi yang diketahui berasal dari virus, bakteri atau dari kobinasi antara keduanya yang dilemahkan. Singkatnya vaksin adalah zat yang berfungsi untuk membentuk, kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit. Kita jadi tidak mudah terinfeksi terhadap penyakit tertentu.

 

Ketika seseorang sudah mendapatkan vaksin, tubuhnya akan bekerja membentuk antibodi dengan cepat agar bisa melawan kuman tersebut dengan cepat. Nah, vaksin ini banyak sekali jenisnya tergantung kebutuhannya. Seperti saya yang mau menikah, mendapatkan vaksinasi TT, anak-anak atau bayi akan mendapatkan vaksin yang berbeda lagi.


Mengapa Vaksin itu Penting?

 

 



Setiap orang yang hidup di dunia, wajib mendapatkan vaksin untuk perlindungan. Terlebih bayi dan anak-anak, di mana imunitas anak-anak atau daya tahan tubuh anak-anak itu lemah. Mereka harus bertumbuh, mereka harus berkembang. Tetapi bukan berarti orang dewasa tidak perlu, sama sebenarnya orang dewasa juga disarankan untuk mendapatkan vaksin. Kondisi atau faktor risiko apa sih, yang disarankan mendapatkan vaksin? Adalah :

 

  • Mereka yang berusia lanjut
  • Mereka yang sedang hamil dan menyusui
  • Mereka yang memiliki penyakit kronis, seperti jantung, diabetes, asma, dan lain sebagainya
  • Mereka yang punya daya tahan tubuh lemah. Baik memiliki penyakit, atau punya riwayat operasi maupun menderita infeksi
  • Mereka yang belum pernah mendapatkan imunisasi wajib sebelum-sebelumnya
  • Mereka yang bekerja di tempat yang beresiko tinggi tertular infeksi. Seperti sekarang, tenaga medis berjuang melawan virus Covid-19 mereka butuh divaksin, agar kekebalan tubuhnya tetap terjaga dengan baik.

 

 

Mengenal Berbagai Jenis Vaksin Sebelum Menikah

 


Buat teman-teman yang akan menikah, atau sedang menantikan bertemu dengan pujaan hatinya tidak ada salahnya mengenali lebih dahulu vaksin apa saja, yang dibutuhkan sebelum menikah. Apa saja vaksin yang disarankan, ini dia :




 

DPT (Difteri, pertusis, tetanus) dan TT (tetanus toxoid)

 

Di Indonesia setiap yang mau menikah, diwajibkan untuk melakukan vaksinasi TT untuk calon wanitanya. Tetapi jika sudah melakukan vaksinasi DPT sebelumnya, tidak diperlukan lagi vaksinasi TT. Mengapa? Karena DPT sudah mencakup semuanya.

 

HPV (human Papillomavirus)

 

Ada virus yang namanya HPV, ia bisa menyebabkan banyak penyakit salah satunya kanker serviks. Penularannya ini dengan cara ketika berhubungan seksual, oleh karena itu diberikan untuk calon mempelai agar ketika melaksanakan tugasnya dalam membahagiakan suami aman dari infeksi virus. Demikian juga pria dianjurkan untuk melakukannya, guna mencegah tertular.

 

MMR (Measles, mumps, rubella)

 

Vaksinasi MMR ini juga dilakukan sebelum menikah, agar terhindar dari penyakit campak, gondongan, dan rubella terlebih yang ingin segera punya momongan. Vaksin ini tidak disarankan untuk wanita hamil, tetapi waktu terbaik untuk melakukannya sebelum merencakan kehamilan. Karena nantinya setelah divaksin, harus ada jeda mencegah kehamilan dalam kurun waktu tiga bulan

 

Cacar air (Varisela)

 

Disinyalir dari alodokter, bahwa cacar air yang terkena saat hamil berisiko pada janin yang mengalami cacat. Wallahualam, maka sebagai calon ibu yang baik dianjurkan melaksanakan vaksin sebelum menikah. Diutamakan usia di bawah 30 tahun, dan belum pernah terkena cacar air.

 

Hepatitis B

 

Biasanya vaksin Hepatitis B diberikan, kepada bayi yang baru lahir sampai dengan usianya lima tahun. Tetapi sebagai calon mempelai yang akan menikah, disarankan juga untuk melakukan vaksin ini.

 

Vaksin Lewat Halodoc Mudah Saja

 

 


Enam bulan sudah di Indonesia, dan negara lainnya diuji oleh Sang Pencipta dengan datangnya virus Covid-19. Angka penderita, maupun yang meninggal terus bertambah dan seiring hal tersebut vaksinnya masih terus dikembangkan. Ada pun nama vaksin tersebut, disinyalir dari halodoc bernama vaksin merah putih.

 

Buat teman-teman yang tinggal di Yogyakarta, dan ingin mendapatkan Vaksin Yogyakarta serta fasilitas Tes Covid bisa banget lho. Halodoc merekomendasikan, Siloam Clinic Sleman yang berlokasi di Kabupanten Sleman, Gejayan CT/X/51, RT 010, RW 03, Desa Caturtunggal Kecamatan Depok. Klinik ini termasuk yang berkembang pesat dan memenuhi kebutuhan medis yang berkembang di Indonesia.

 

Halodoc ini merupakan perusahaan teknologi, asal Indonesia yang melayani di bidang telekonsultasi kesehatan di bawah naungan PT. Media Dokter Investama. Halodoc sendiri sudah berdiri sejak tahun 201, oleh Jonathan Sudharta. Halodoc bisa diakses kapanpun, via web maupun aplikasi.

 

Chat dengan dokter bisa, pemeriksaan rumah sakit bisa, beli obat juga bisa, mau cek lab dan update seputar informasi kesehatan juga lengkap. Kelebihan Halodoc di antaranya adalah :

 

  • Ratusan dokter umum dan spesialis yang terdaftar di IDI
  • Konsultasi dengan bebas dan aman dengan dokter pilihanmu
  • Terhubung dengan dokter secara cepat; hanya dalam 3 menit
  • Jaminan kepuasan adalah prioritas kami
  • Dokter tersedia selama 24 jam

 

Semoga informasi tentang Mengenal Vaksin Lebih Dekat Beserta Manfaatnya, dapat memberikan sedikit wawasan. Salam.

 

Komentar

  1. Aku sebelum menikah juga divaksin dulu, karena memang harus adanya persiapan. Tapi tetangga malah sibuk, kenapa divaksin nanti peranakan kering dll. Edukasi soal ini sepertinya kurang di masyarakat kita, terlalu kemakan mitos.

    BalasHapus
  2. Baru tau soal vaksinasi untuk pasangan yang akan menikah. Setau saya cuma vaksinasi rutin dalam jangka umur tertentu. Seperti pas saat SD yang divaksin rutin beberapa saat melalui kunjungan oleh pihak yang bersangkutan ke sekolah-sekolah

    Vaksin emang penting sih, untuk memperkuat saya tahan tubuh. Meski ada beberapa golongan yang percaya bahwa tidak divaksin itu lebih baik. Tapi aku pribadi tetep yakin dengan vaksin yang baik dan tepat bisa menjaga dan memperkuat tubuh

    Toh, mencegah lebih baik daripada mengobati 😁

    BalasHapus
  3. Vaksinasi memang penting ya, bukan hanya bagi anak anak namun juga bagi orang dewasa. Bulan Juli kemarin saya divaksin influenza, alhamdulillah membantu banget.

    BalasHapus
  4. Saya termasuk yang nurut apa kata dokter. Makanya anak-anak saya vaksinnya komplit juga sesuai anjuran dokter.

    BalasHapus
  5. saya juga pengguna halodoc mbak, karena saat pandemi seperti ini lebih nyaman konsul online, kecuali memang amit2 emergency baru deh ke UGD atau janjian langsung sama dokter pegangan keluarga kami

    BalasHapus
  6. Aku sedikit tahu tentang pentingnya vaksin apalagi yang mau menikah. Sayangnya pada mikir aneh bahkan ngira itu KB. Temanku aja ada yang akhirnya gak vaksin pas mau nikah

    BalasHapus
  7. Iya, sebelum nikah dulu juga divaksin, tapi lupa itu vaksin apa hahaha.
    Sekarang ini yang tengah dinanti tentunya vaksin covid, para tenaga medis juga sangat perlu mendapatkan vaksin krn mereka bekerja di garda terdepan, berhadapan dg pasien2 covid tiap harinya ya.

    BalasHapus
  8. halodoc web yang informatif banget terkait medis. aku sering cari ref disini

    BalasHapus
  9. aku belum pernah vaksin sebelum dan selama menikah. apakah saat ini masih bisa membantu gak ya? telat atau tidakk?

    BalasHapus
  10. Kaum anti-vaksin harus banget baca artikel ini :D

    Untuk tahu apa dan gimana vaksin itu ye kaannn
    Karena memang sepenting ituuuu

    BalasHapus
  11. Terakhir vaksin nop 2018 pas mau umroh.. Memang penting utk tahu jenis & manfaat vaksin ya..

    BalasHapus
  12. ternyata banyak ya vaksin yang wajib untuk wanita, kalau saya waktu hamil hanya ikut vaksin TT saja klo gak salah 2 atau 3 kali suntik

    BalasHapus
  13. Dulu waktu anak-anak masih kecil saya setiap bulan bawa ke klinik buat vaksin, kalau sekarang agak khawatir juga ya tapi untung ada halodoc ya gak mesti ngantri dan kumpul rame-rame

    BalasHapus
  14. aku kemaren kemaren baru vaksin juga niiih, vaksin inluenza tepatnyaa heheh, lagi kondisi kaya gini agak serem kalo sampe kena flu hihihi

    BalasHapus
  15. Jadi inget kalau kemarin anakku gak bisa vaksin karena lupa bawa buku pink. Semoga kalau teman2 mau vaksin jangan lupa buku pinknya dibawa yaaa

    BalasHapus
  16. Saya terakhir di vaksin kapan ya? kayaknya waktu hamil anak ke-4 deh, setelah itu enggak pernah lagi, sampai hamil anak ke-6 juga ga pernah disuntik vaksin lagi. Vaksinasi memang penting ya mbak, apalagi di masa pandemi seperti ini dibutuhkan tubuh dengan imunitas yang tinggi

    BalasHapus
  17. Aku ga anti vaksin tapi juga engga terlalu pro sih... biasa aja... anak2ku ada yg divaksin ada yang engga. tergantung kebutuhan saja hehe...Hasilnya sama aja sekarang sudah besar2 ga masalah di vaksin atau tidak pun. Saya waktu berangkat umroh vaksin meningitis karena wajib, saya juga vaksin flu walau tidak wajib...tapi kan butuh biar sehat selama di sana...

    BalasHapus
  18. Aku vaksin terus mba karna aku percaya bisa jadi ikhtiar keseg
    hatan

    BalasHapus
  19. Aihh keren yaa aplikasi Halodoc ini. Memuat informasi tentang rekomendasi lokasi untuk mendapatkan vaksin juga rupanya.

    BalasHapus
  20. memang banyak manfaat yang bisa kita dapat ya mbaa dan semoga selalu bisa kita dapatkan

    BalasHapus
  21. Informasi bagus sekali untuk yang akan menikah dan yang sudah menikah.
    Untuk gak abai mengenai vaksin.
    Apakah beberapa vaksin di atas perlu pengulangan di setiap tahunnya?

    BalasHapus
  22. Saat ini vaksin memang menjadi salah satu hal yang diidam-idamkan oleh setiap negara untuk mengatasi pandemi ini, semoga vaksin Covid 19 segera ditemukan dan dibagikan kepada masyarakat

    BalasHapus
  23. Iya mbak saya juga banyak kenal vakain waktu imunisasi si kecil. Sekarang udah tau btw kalau flu saya juga pernah vaksin flu ini waktu di kantor dulu mbak.

    BalasHapus
  24. Perlu banget ini informasinya tentang kesehatan, qpa lagi saat pandemi ini imunitas anak harus terjaga.

    BalasHapus
  25. Makin lengkap saja ya informasi di halodoc termasuk tentang vaksin

    BalasHapus

Posting Komentar