Featured Post

Min Yoo Jung Tokoh Drama Korea Wanita Pekerja Keras di Must You Go

Review Film Korea Bori (2020)


Review Film Korea Bori (2020) - Annyong! Awal tahun kemarin saya berhasil menamatkan film, berjudul Bori. Film dengan minim dialog, seperti pada film Voice of Silence di mana tokohnya tidak bisa berbicara dengan baik. Hanya menggunakan bahasa isyarat, sebagai bahasa sehari-hari.




bori (2020) sub indo download bori (2020 sub indo) bori 2020 imdb bori asianwiki kim ah song korea movie sub indonesia film korea subtitle indonesia full movie




 

Premisnya tentang Bori, anak usia 12 tahun yang tinggal di desa laut. Ia merupakan salah satu anggota keluarga, yang bisa mendengar.

 

 

Sinopsis Film Korea Bori (2020)

 

 

Di desa laut, hidup sebuah keluarga kecil yang bahagia. Meski mereka tidak bisa berbicara, karena tunarungu tetapi hidup mereka bahagia. Salah satu anggota keluarga tersebut, bernama Bori. Gadis berusia 12 tahun, yang satu-satunya bisa mendengar dan menjadi pnerjemah orang tuanya di dunia luar. Tapi Bori merasa kesepian di rumahnya sendiri. Ia ingin juga seperti keluarga yang lain. Bori ingin menjadi tuli. What?

 

 

Pemain Utama Film Korea Bori (2020)

 

 

 

  • Kim Ah-song memerankan Bori, gadis 12 tahun yang memiliki pendengaran baik, di keluarganya
  • Lee Rin-ha sebagai Jung Woo, adik dari Bori. Yang tidak bisa mendengar, hanya menggunakan bahasa isyarat dalam bercakap
  • Heo Ji-na, sebagai ibu dari Bori yang tidak bisa berbicara
  • Kwak Jin-seok, sebagai ayah Bori yang suka memancing.
  • Choi Dae-sung, sebagai pengantar makanan dari restoran dekat rumah Bori
  • Kim Ja-young, sebagai bibi dari Bori.
  • Hwang Yoo-rim, sebagai Eun Jeong. Teman baik Bori, di sekolah dan di rumah.
  • Kim Jong-goo, sebagai Kakek dari Bori.

 

 

Detail Film Korea Bori (2020)

 

 

 

Judul : Bori

Country : Korea Selatan

Release Date : 21 May 2020

Durasi : 1 jam 50 menit

Genre : Drama, Family



bori (2020) sub indo download bori (2020 sub indo) bori 2020 imdb bori asianwiki kim ah song korea movie sub indonesia film korea subtitle indonesia full movie





Menjadi Tuli Ternyata Pilihan yang Salah

 

 

Tokoh utama dalam cerita ini diperankan oleh Bori, gadis usia 12 tahun yang memiliki pendengaran sangat baik. Di keluarganya hanya dirinya yang bisa mendengar orang lain berbicara, sementara adiknya, ibu, dan bapaknya semuanya tunarungu.

 

Bori mengamati gerak-gerik keluarganya dalam menggunakan bahasa isyarat, agar mereka bisa saling berkomunikasi. Tapi sayangnya, Bori kadang merasa dirinya kesepian. Bapak dan ibunya lebih asik berkomunikasi dengan adiknya, maka setiap pagi sebelum berangkat ke sekolah Bori selalu mampir di kuil yang ia lewati. Ia berdoa dan berharap yang ia pinta dikabulkan. Apa doa Bori? Bori ingin tuli, seperti keluarganya yang lain agar tidak ada tembok besar yang menghalangi di antara mereka.

 

Di sebuah festival perayaan, keluarga Bori berangkat menonton kembang api. Tapi karena Bori asik melihat sesuatu souvenir, ia kehilangan rombongan. Mau memanggil pun mereka tidak akan mendengar, akhirnya ia kembali mencari-cari dan berakhir di kantor polisi. Ia meminta bantuan kepada polwan yang berjaga. Di sanalah Bori kembali bertemu dengan orang tuanya.




bori (2020) sub indo download bori (2020 sub indo) bori 2020 imdb bori asianwiki kim ah song korea movie sub indonesia film korea subtitle indonesia full movie



 

Jadi konflik dalam film Bori ini sebenarnya sederhana. Merasa kesepian, dan tidak diperhatikan karena berbeda sendiri di antara keluarganya Bori memiliki harapan tuli sekalian saja. Upayanya ingin tuli dilakukan dengan benar-benar, seperti memasukkan sebagian kepalanya di dalam wastafel. Eun Jeong sebagai sahabat Bori juga menyarankan untuk mendengarkan musik keras, melalui earphone sahabatnya tersebut. Paling parahnya gegara tayangan di televisi, ada nenek yang mengalami pendengaran kurang karena sering menyelam membuat Bori terinspirasi menceburkan diri ke laut. Apakah Bori akhirnya menjadi tuli? Ternyata tidak. Dan Akhirnya Bori dapat mengambil keputusan sendiri setelah semua kejadian yang ia buat sendiri.

 

Jadi ada masa Bori berbohong, karena ingin diperhatikan ia pura-pura menjadi tuli. Tapi hal yang ia lakukan justru membuatnya tersiksa. Apakah Bori akan mengungkapkan kebenaran akhirnya?

 

“Mau tuli atau tidak, kamu tetap anak ayah yang paling manis,” kata ayah Bori. Salah satu dialog termanis seorang ayah kepada anaknya.

 

Salut kepad semua tokohnya yang berusaha totalitas, memberikan penampilan terbaik. Kabarnya Korean movie Bori ini mendapatkan penghargaan, di salah satu festival. Cukaeee! (selamat).


Adegan yang paling bikin ngakak dan haru, ketika Bori pura-pura menjadi tuli. Di situ dia tahu bagaimana rasanya tuli itu nggak enak. Di ejek, dibohongi, dipandang sebelah mata, dan lain sebagainya. Kisah kasih ayah dan ibu dari Bori, ketika mereka bertemu dan bersatu juga bikin syahdu. Ah ... sayang banget dilewatkan film ini.

 

 

Pelajaran Yang Dapat Dipetik Dari Film Bori Adalah

 


bori (2020) sub indo download bori (2020 sub indo) bori 2020 imdb bori asianwiki kim ah song korea movie sub indonesia film korea subtitle indonesia full movie




 

Menysukuri apa yang diberikan oleh Tuhan, adalah sebuah keharusan. Kalau diberi pendengaran yang baik, yang dirawat dengan baik. Tidak boleh justru malah ingin tuli dan lain sebagainya.

 

Apa yang terlihat belum tentu, apa yang kita pikirkan. Orang tua Bori bukan tidak sayang kepadanya, hanya saja adiknya yang memiliki kekurangan butuh dibimbing dan dikuatkan. Jadi terlihatnya di mata Bori ayah ibunya tidak perhatian

 

Persahabat Bori dengan Eun Jeong ini tulus banget, khas anak kecil yang menggemaskan. Demikian juga Bori dengan adiknya Jung Woo, sekalipun ia sesekali merasa orang tuanya lebih sayang kepada adiknya tapi Bori tetap menyayangi adeknya banget

 

Baik Bori maupun Jung Woo, sama-sama mandiri. Bangun tidur tahu harus ngapain, sebelum ke sekolah. Dan masih banyak lagi pelajaran positif lainnya. Film Korea Bori (2020) sub indo, ini cocok untuk yang lagi nyari drama keluarga inspirasi.

 

            Selamat menonton!


 

Sumber pendukung artikel:


https://mydramalist.com/31301-bori

Komentar

  1. waaa udah lama ih nggak liat film korea kaya gini, tarkhir kali nonton film korea yang parasite, jadi kepo ah pengen cobain nonton ini juga hihihi

    BalasHapus
  2. kisah yang menarik untuk ditonton,banyak pelajaran juga ya yang bisa dipetik dari kisah ini

    BalasHapus
  3. Ceritanya sederhana tapi mengandung makna mendalam ya, terutama mengenai arti bersyukur akan apapun keadaan kita. Suka dengan cerita Keluarga seperti ini, jadi pingin nonton juga :)

    BalasHapus
  4. saya suka kalau film itu ada anak-anaknya begini, menarik untuk ditonton niy mba, bisa aku rekomendasikan juga sama teman yang hobby banget nonton drakor

    BalasHapus
  5. Menarik banget ceritanya ini. Sederhana tapi sering luput dari perhatian kita. Di mata anak kecil menjadi berbeda dari keluarga justru menjadi hal yg tidak menyenangkan padahal ia terlahir sehat dan normal.

    Syukur deh akhirnya Bori bisa paham dan belajar bersyukur atas kesempurnaan indra yang dimilikinya.

    BalasHapus
  6. mau ah nonton, aku suka cerita kehidupans eperti ini, sederhana tapi maknanya dalam :)

    BalasHapus
  7. film Korea itu emang seru banget ya jalan ceritanya juga unik dan sangat berbeda banget sama film Indonesia kalau menurut aku dan aku tuh suka juga sama film Korea

    BalasHapus
  8. Ceritanya keliatan menarik dengan alur yang ga rumit ya, kak.. aku jadi penasaran pengen nonton juga deh.. Auto masuk wishlist drakor yang bakal aku tonton pas senggang deh ini mah..

    BalasHapus
  9. Ya Allah, sedih sekali yaa..
    Padahal dia paling beruntung, namun karena berbeda, jadi ia merasa paling tidak beruntung.
    Heuheu~

    BalasHapus
  10. Salfok sama tone warna filmnya bagus banget deh, cerah dan colourfull. Ceritanya drama yang simple yah.

    BalasHapus

Posting Komentar