Pemeliharaan Printer Apa Saja? Intip Di sini!

Posting Komentar

 

Pemeliharaan Printer Apa Saja? Intip Di sini - Printer adalah perangkat eksternal komputer yang bisa menampilkan data komputer dengan bentuk cetakan. Bisa berbentuk gambar, tulisan ke atas media kertas berbagai ukuran.

 

printer adalah perangkat fungsi printer pengertian printer dan fungsinya
Pemeliharaan Printer Apa Saja?




Pertama kali punya printer tuh gegara tiap kali mau kirim naskah ke penerbit harus ada hard copynya, biasanya minta rangkap tiga. Kalau bolak-balik ke warnet atau tempat buat ngeprint kok ya membutuhkan waktu lama dan saya butuhnya nggak sekarang-sekarang aja gitu, akhrinya ya mutusih buat beli pas ada rezeki. Allhamdulillah.

 

Tapi saya nggak setiap hari ngeprint sebenarnya, kalau ada orderan souvenir juga ngeprint sih buat data. Masalahnya printer ini kan bentunya mesin, jadi katanya kalau nggak dipanasin minimal ngeprint selembar doang itu bisa bikin cepat rusak.

 

Sayangkan kalau dibeli terus cepat rusak, harus meluangkan waktu untuk merawatnya dengan baik. Nah, saya mau bagi-bagi tips nih cara merawat printer agar tidak cepat rusak, siapa tahu ada yang butuh informasinya. Kepoin artikel di bawah ya!

 

 

5 Cara Merawat Printer yang Jarang Dipakai


 

Cara kerja printer itu sebenarnya mudah, tidak perlu juga dicolokin ke komputer sekarang tapi juga bisa melalui ponsel pintar.

 

Kalau pake siapa aja bisa, bagaimana dengan pemeliharaan printer apa saja? Ini PR banget bagi yang punya printer. Apalagi yang sering nganggur nih printernya.

 

Simak ya, tips cara merawat printer canon atau printer epson dan printer apa saja yang kamu gunakan. Yang penting judulnya printer hehehe ...

 

cara merawat printer canon mg2570s cara merawat printer yang jarang dipakai cara menggunakan printer yang baik dan benar
cara merawat printer yang jarang dipakai


 

1. Memerhatikan skala pengunaannya

 

Printer juga sama seperti manusia, butuh waktu untuk diistirahatkan. Kalau dikerja terlalu diforsir juga bisa rusak.

 

Nah, yang sering kali jadi permasalahan adalah bagian cartridgenya. Printer yang pertama saya rusak juga dibagian tersebut, biaya untuk beli yang baru mahal hampir melampaui printer baru. Akhrinya nggak jadi tak beliin cartridge baru.

 

Ingat juga untuk mengisi cartridge dengan  tinta, meksipun yang kita pakai cuma tinta hitam dan putih.

 

2. Bersihkan printer setiap minggu

 

Bukan cuma wajah yang butuh dibersihkan, semua alat elektronik yang kita miliki itu wajib dibersihkan kalau mau awet lho ya? Sebab itu minimal 2 minggu lah ya dibersihkan. Cek bagian dalam dan luar, kalau ada debu berihkan. Soalnya kalau berdebu performa printer akan menurun lho, sayangkan?

 

3. Menggunakan buku petunjuk dengan baik

 

Biasanya buku petunjuk kita kesampingkan, jauh lebih penting ngurusin kartu garansi. Iya tidak? Hehehe ... saya pun demikian, tapi ternyata dengan menggunakan buku panduan yang baik dan benar ketika menggunakan printer, akan membuat printer kita lebih aman daripada kita sok tahu pemakaiannya.

 

4. Matikan printer dengan benar

 

Jadi begini, biasanya kalau kita mematikan sesuatu misalnya laptop. Masih loading mati kita sudah tutup ya kan? Ini nggak baik bagi pergorma dan keawetannya, jadi harus matikan semua dulu sempurna baru cabut kabel. Apa salahnya sih ditunggu beberapa detik ya kan? Atau tinggal aja dulu, kalau kamu terburu-buru.

 

5. Hindari menaruh printer di sembarang tempat

 

Ini nih, yang kadang dilakukan suami saya hehehe ... menaruh barang sembarangan, dan saya yang ngomelin karena belinya mahal sudah sepantasnya kita merawat dengan baik.

 

Hindari menyimpan di tempat yang terkena cahaya matahari secara langsung, soalnya cartridge printer sangat sensitif terhadap cahaya. Apalagi sekarang jenis printer makin bervariasi saja, ada printer infus, printer Ink Jet, printer dot matrix dan lain sebagainya. 

 

 

Semoga artikel cara pemeliharaan printer apa saja ini dapat bermanfaat ya, semangat menjaga barang yang kita punya dengan baik ya. Kalau awet kan pengeluaran jadi aman ya kan?

 

Related Posts

Posting Komentar