Kompetitor dalam Berbisnis Adalah

Posting Komentar


Kompetitor dalam Berbisnis Adalah - Kompetitor adalah istilah yang sering kita dengar, ketika kita terjun di dunia bisnis. Kompetitor yang memiliki makna pesaing. Kalau kata teman saya, kompetitor dalam bisnis adalah orang yang harus dijadikan teman. Karena dengan adanya kompetitor, kita jadi lebih bersemangat dalam menjalankan bisnis.


kompetitor dalam bisnis adalah contoh kompetitor kompetitor orang tua group
Kompetitor dalam Berbisnis Adalah


 

Contoh kompetitor ini gampangnya begini. Ketika kamu berjualan di rumah, dan tetanggamu juga jualan itu artinya tetanggamu tersebut adalah kompetitor. Tetapi jangan jadikan kompetitor sebagai musuh. Masing-masing orang bisa berjualan di manapun dan kapanpun, asal dia mau. Ambil sisi positif dengan adanya kompetitor ini.

 

Misalnya toko tetanggamu kenapa lebih laris dari tokomu ya? Maka tidak ada salahnya mengamati apa yang dilakukan oleh kompetitormu tersebut. 'Kok bisa dagangan dia lebih laris ya?'

 

Kalau saya mengamati dari kompetitor saya, kebetulan saya mencontohkan diri saya sendiri di rumah yang berjualan sembako hahaha ... jadi yang saya amati itu toko tetangga lebih laris, karena dia jualannya lebih lengkap, ada sayuran pula, dan modalnya lebih gede. Apa yang harus saya lakukan? Sejauh ini ya kalau bisa jualan yang dia tidak jualan, seperti pulsa, kuota data, pulsa listrik, dan lain-lain. Yuk kita kenali jenis kompetitor yang ada.

 

Mengenal Jenis-jenis Kompetitor

 

kompetitor dalam bisnis adalah contoh kompetitor kompetitor orang tua group
3 jenis kompetitor


Menurut buku yang saya baca, 'Yuk, Mulai Pakai Digital Marketing' Ada 3 jenis kompetitor. Mari kita kenali di bawah ini.

 

 

1. Kompetitor langsung

 

Adalah kompetitor yang menjual produk sama dengan kita, serta target pemasarannya sama. Walaupun dari segi produk mirip, tapi punya ciri khasnya sendiri-sendiri.

 

Contoh kompetitor bisnis langsung KFC dan MCD, keduanya perusahaan yang membuat ayam goreng dan target pasarnya mereka yang menyukai ayam goreng.

 

 
2. Kompetitor tidak langsung

 

Adalah kompetitor yang menjual produk berbeda, tapi masih satu jenis usaha dengan kita. Namun menargetkan pasar yang sama dalam promosi.

 

Contoh kompetitor bisnis ini seperti Pizza Hut dan KFC, mereka sama-sama perusahaan yang menjual makanan dan menargetkan pasar yang sama. Mereka yang lapar.

 

3. Kompetitor potensial

 

Adalah kompetitor yang menjual produk berbeda, namun bisa menggaet calon konsumenmu untuk membeli produk mereka

 

Kalau sudah tahu kompetitormu termasuk jenis yang mana, lakukan pengamatan dan ini yang bisa dilakukan.


kompetitor dalam bisnis adalah contoh kompetitor kompetitor orang tua group
jenis-jenis kompetitor


 

Pertama, bagaimana mereka melakukan pemasaran. Misalnya kalau kompetitor perusahaan adalah di dunia online. Lakukan analisis engagementnya, apakah baik atau tidak dan berhasilkan dalam platform tersebut. Kita juga bisa melakukan hal yang sama, namun dengan promosi yang dilakukan jauh lebih baik.

 

Kedua, konten promosi yang bagaimana yang dipakai dan hastag apa yang digunakan misalnya mereka menggunakan platform jualan dengan instagram. Jika mereka gagal dalam platform tersebut, amati kekurangannya apa dan ciptakan kontenmu sendiri yang lebih baik. Tetapi kalau konten mereka sukses, maka tiru idenya dan ciptakan kontenmu jadi lebih unik. ingat, jangan copas tetapi ATM (Amati, Tiru, Modifikasi).

 

 

Related Posts

Posting Komentar