MENU

Selasa, 22 Januari 2019

Penampakan Rujak Kangkung di Tegal



PenampakanRujak Kangkung di Tegal - Selamat pagi, sahabat blogger ngeblogasik.com postingan kali ini akan berisi, kuliner dari kota Tegal Jawa Tengah. Alhamdulillah atas izin dariNya, Kamis lalu saya jalan-jalan ke Kota Tegal. Ngapain sih? Saya ke Kota Tegal adalah; untuk menonton Nobar Film PremanPensiun yang tayang perdana 17 Januari 2018.


kota tegal kota tegal jawa tengah kota tegal dalam angka 2018 kota tegal cpns kota tegal dalam angka 2015 kota tegal bkd kota tegal tempat menarik kota tegal siap ppdb kota tegal 2017 kota tegal malam hari kota tegal dalam angka kota tegal tempo dulu kota tegal dalam angka 2016 kota tegal 2018 kota tegal indonesia tempat wisata kota tegal slawi kota tegal banjir kota tegal kecamatan kota tegal peta kota tegal map kota tegal cpns 2018 kota tegal adalah kota tegal ada berapa kecamatan kota tegal dalam angka 2017 setelah tegal kota apa apbd kota tegal 2017 alun2 kota tegal adzan kota tegal apbd kota tegal 2018 alun kota tegal


Mendapatkan kesempatan nonton bareng artis Preman Pensiun Movie, tidak saya lewatkan begitu saja. Apalagi saya dan patner sama-sama dapet tiket gratisnya karena menang giveaway di Instagram Bang Jhon Jawir.

Karena jadwal nonton masih jam 4 sore, dan kami berangkat jam 12 siang sampai sana. Masih banyak waktu yang kami punyai, akhirnya nyari makan yang dekat-dekat Transmart Tegal tempat kita nonton. Allhamdulillah nemu warung dengan judul 'Rujak Kangkung', penasaran dong. Kayak apa sih makanan dari Kota Tegal ini, karena ini pertama kalinya saya menginjakan kaki untuk jalan-jalan di Tegal. Biasanya kalau mau ke Jakarta, cuma mampir lewat Alhamdulillah ini berkesempatan menyambangi langsung.

kota tegal kota tegal jawa tengah kota tegal dalam angka 2018 kota tegal cpns kota tegal dalam angka 2015 kota tegal bkd kota tegal tempat menarik kota tegal siap ppdb kota tegal 2017 kota tegal malam hari kota tegal dalam angka kota tegal tempo dulu kota tegal dalam angka 2016 kota tegal 2018 kota tegal indonesia tempat wisata kota tegal slawi kota tegal banjir kota tegal kecamatan kota tegal peta kota tegal map kota tegal cpns 2018 kota tegal adalah kota tegal ada berapa kecamatan kota tegal dalam angka 2017 setelah tegal kota apa apbd kota tegal 2017 alun2 kota tegal adzan kota tegal apbd kota tegal 2018 alun kota tegal




Review Rujak Kangkung Kota Tegal

Dalam bayangan saya rujak kangkung itu penampakannya, kayak plecing kangkung. Sambelnya itu sambel lotek, dan ternyata setelah jadi adalah kalau di daerah saya ini namanya pecel hehehe ... kalau bude sayang bilang, 'bedo deso bedo coro'. Beda kota berbeda pula cara membuatnya.

Sambel kacangnya mantep banget, pedes, kentel dan nampol. Berkali-kali idung saya meler, hahaha ... padahal sudah bilang cabenya sedeng hasilnya luar biasa. Saya memang penyuka pedas, tapi tidak yang pedas level 10 misal. Mungkin jika prosentase pedas itu 100%, saya berani 30% nya hehehe ... perutnya nggak kuat makan pedas. Langsung lemas, sebab itulah saya nggak berani yang pedas banget.

Tapi saya tetap menyukai rujak kangkung khas Kota Tegal ini, soalnya mantep sambelnya. Kelihatan si ibu penjual nggak pelit buat ngasih kacangnya, karena porsinya lumayan banyak jadilah patner saya tak suruh ngebantuin ngabisin hehehe ...


kota tegal kota tegal jawa tengah kota tegal dalam angka 2018 kota tegal cpns kota tegal dalam angka 2015 kota tegal bkd kota tegal tempat menarik kota tegal siap ppdb kota tegal 2017 kota tegal malam hari kota tegal dalam angka kota tegal tempo dulu kota tegal dalam angka 2016 kota tegal 2018 kota tegal indonesia tempat wisata kota tegal slawi kota tegal banjir kota tegal kecamatan kota tegal peta kota tegal map kota tegal cpns 2018 kota tegal adalah kota tegal ada berapa kecamatan kota tegal dalam angka 2017 setelah tegal kota apa apbd kota tegal 2017 alun2 kota tegal adzan kota tegal apbd kota tegal 2018 alun kota tegal


Nah kalau kalian pas berkunjung mampir ke Kota Tegal, bisa banget mencoba rujak kangkung yang ada di gang sebelah Transmart Tegal, kurang lebih 10 menitan saja di sisi sebelah kiri ada ibu penjual rujak kangkung yang sedap. Segini dulu review jalan-jalan di Kota Tegal, dengan kuliner rujak kangkung, semoga kapan-kapan bisa main ke Tegal dan mencoba kuliner yang lainnya lagi.

Semoga sahabat blogger Indonesia, dimanapun berada selalu dilindungi oleh Allah kesehatannya dan jangan lupa untuk terus menulis blog. Salam!


32 komentar :

  1. Awal ditawarin rujak kangkung aku heran loh mbak, tapi ternyata enak juga ya kangkung pakai bumbu rujak. Aku baru tau kalau rujak kangkung dari Tegal

    BalasHapus
  2. Ooh ternyata ini semacam bumbu pecel toh, kirain bumbunya seperti rujak cingur gitu :D
    Apapun namanya, yang penting enak ya haha.

    BalasHapus
  3. Mirip lotek juga yaa, tapi rasanya memang lebih mirip pecel ya mba? Itu cuma sayur aja atau ada lontongnya juga?

    BalasHapus
  4. Iya sih, seringnya makanan itu sama jenis dan rasanya tapi beda nama aja di daerah lain. Kaya nasi uduk jakarta itu, kalau di jogja berubah jadi nasi gurih.

    BalasHapus
  5. Ya ampun mba, ini sungguh menggoda aku. Aku belum pernah nyoba rujak kangkung seperti ini. Biasanya aku kankung rebus sambalnya itu sambal gula merah. Yummy banget ini mbaa

    BalasHapus
  6. Oh ternyata pecel, ya. Saya suka banget pecel. Tetapi, sejak pindah rumah belum ketemu penjual pecel :D

    BalasHapus
  7. mirip sama pecel yaa mba? liatnyaa aja mantep ih bikin lapar apalagi pas baca belum makan ini hiks

    BalasHapus
  8. Kalau di kota saya, makanan yang mirip kayak gini disebut lotek, sayuran pakai bumbu kacang.

    BalasHapus
  9. Duh, baca judulnya aja dah bikin aku ngiler Mbaa. Ya kangkungnya ya rujaknya, kesukaan aku semuaaaa....: D

    BalasHapus
  10. Kupikir kayak rujak gitu tapi ternyata kayak pecel mungkin kalau di Bandung ini namanya lotek hehe..

    BalasHapus
  11. Baru dengar yg namanya rujak kangkung. Berarti itu sebenarnya pecel tapi sayurannya pakai kangkung ya mba?Soalnya kan kalau pecel yg biasanya tak makan setahuku nggak ada sayuran kangkungnya.

    BalasHapus
  12. Aku dah ngebayanginnya kalau di tempatku, apa mungkin kayak rujak cingur kali ya. Eh iya, pas lihat fotonya kok ya kayak pecel yo Mbak. Bener Mbak, bedo kuto bedo coro...

    BalasHapus
  13. Rujak kangkung to namanya. Itu sih kalo di Tegal namanya bisanya lotek. Tapi nggal tahu sih kalo rujak beda sama lotek. Heheh

    BalasHapus
  14. Kok unik sih kangkung di bikin pecal hehehe ditempatku, kangkung itu cuma ditumis atau dibikin cah gitu. Kayaknya ini enak deh

    BalasHapus
  15. Namanya rujak kangkung ya mba.. aku biasanya makan kangkung yang ditumis seger gituuu

    BalasHapus
  16. Nggak suka rujak. Hihi. Tapi, rujak tuh Indonesia banget, sih. Banyak macamnya kayak soto. Kalau mirip lotek, berarti semua bahannya matang, ya? Lotek itu gado-gado, kan?

    BalasHapus
  17. Saya belum pernah ke kota tegal dan belum pernah juga nemu rujak ada kangkungnya hahaha. Kirain yang "aneh" cuma di tanah sunda aja, kayak makan rujak pake nasi di kondangan-kondangan gitu. Ternyata ini ada yang lebih unik lagi. Saya belum ada rencana ke tegal sih dalam waktu dekat. Mungkin mau nyari resepnya dulu di yutub terus nyoba bikin sendiri di rumah. Hehe

    BalasHapus
  18. Aku suka banget nih rujak kangkung, tapi sekarang nggak begitu kuat makan pedas hehe

    BalasHapus
  19. Kudu dicoba ya ini. Beda kan sama pecel. Aku penggemar pedas kelas atas dan suka makanan ginian

    BalasHapus
  20. aih enak banget ini, kalau aku pernah yang bumbunya gula merah, cabe, ya mirip banget sama rujak buah. Kangkungnya direbus masih ada tekstur kriunya, gak terlalu matang gitu hehehe...mantul deh dimakan sama kerupuk

    BalasHapus
  21. Eyaampun, aku ngiler lihatnya. Lebih banget ya bumbunya. Duuuh, maaaauuuuu. Kudu bikin sendiri. Ihiks ;)))

    BalasHapus
  22. Aaaaaaak ini kampungkuuuuuuu! Kalau pulkam memang suka beli rujak kangkung buat makan siang. Nggak pake nasi juga kenyang. Pedesnya manteeep. Kalau ke Tegal, jangn lupa cobain tahu aci, sate batibul Tegal, sama sauto Pak Daan. Beeuuuhhh endeus2 semuaaaa :)))

    BalasHapus
  23. Duh itu bumbunya berlimpah banget yes pasti endess banget, sekilas aku liatnya kaya gado-gado ya hehe.

    BalasHapus
  24. Oalah, kayak pecel tho he he. Di sini klo rujak pasti mbayanginnya bumbunya macam rujak buah2an

    BalasHapus
  25. Owalah ternyata pecel ya, kirain juga kayak pelecing atau rujak cingur. Sambel kacang nya mantaaap, sedep kayaknya

    BalasHapus
  26. Jan-jane ya mirip pecel ya Nyi :)) Ada bedanya nggak dengan cita rasa pecel pada umumnya?

    BalasHapus
  27. Terlihat mirip pecheeel.. kalo aku tetap favorit ama rujak buah mbaa hehehe atau rujak cingur khas suroboyo xD

    BalasHapus
  28. Bayangan saya yang namanya rujak kangkung, bumbunya ya, kayak bumbu rujak gitu. Manis asam pedas rasanya. Kalau bumbu kacang, namanya pecel ya..hehehe

    BalasHapus
  29. Namanya rujak ya di sana?
    Kalau di tempat aku mah namanya Pecel. Rujak itu cuman buah.

    Beda kota beda nama hahaha

    BalasHapus
  30. aku baru denger malah rujak kangkung ini, mungkin sama kayak pecel gitu kali ya kalau di daerahku :D

    BalasHapus
  31. Aku dulu ke Tegal cuman transit istirahat aja. Sambil nyari telur asin.belum nyicip rujak kangkungnya ini.

    BalasHapus
  32. Ya allah pengeennnn.
    Udah lama ga makan rujak kangkung, duhh andai bisa di gofood in hehe

    BalasHapus