MENU

Jumat, 07 Juni 2019

Tidak Ada Salahnya Membangun Blog dengan Cara Sendiri



Tidak Ada Salahnya Membangun Blog dengan Cara Sendiri - Bergelut di dunia blog, sungguh membutuhkan proses yang panjang. Menulis postingan tidak bisa langsung menuju page one, kecuali anda memang mumpuni dibidang teknik SEO. Kalau anda seperti saya, yang masih pemula sebaiknya mulailah dengan menikmati prosesnya. Karena tidak semua blogger sukses, menggunakan teknik SEO.


belajar ngeblog belajar ngeblog dari nol belajar ngeblog yang menghasilkan uang belajar ngeblog di wordpress belajar ngeblog bagi pemula cara belajar ngeblog


Mengembangkan sebuah blog, tidak bisa menggunakan cara yang sama, karena setiap orang mempunyai teknik yang berbeda. Cara yang dilakukan blogger A mungkin sukses, belum tentu dengan blogger B dan begitu seterusnya. Sebaiknya kembangkan metode, anda sendiri untuk membangun blog yang anda kelola.

Beda orang beda karakter blognya

Menulis blog yang baik, adalah blog yang memiliki satu niche saja. Misalnya kesehatan, ya isinya kesehatan semuanya. Teknik ini saya dapat setelah 4 tahun ngeblog. Barulah tahun kelima, saya mencoba membuat blog dengan satu niche, 'traveling'.


Banyak blogger yang bisa kita jadikan panutan, masing-masing dari mereka pasti memiliki satu ciri khas yang bisa anda langsung kenali. Misalnya blogger A punya karakter menulisnya banyak kata, yang blogger B tidak peduli kata tapi update setiap hari 3 artikel dan lain sebagainya. Dimana masing-masing dari mereka mempunyai karakter untuk blognya sendiri-sendiri. Buatlah ciri khas blogmu sendiri, sesuai dengan kemampuan diri.


belajar ngeblog belajar ngeblog dari nol belajar ngeblog yang menghasilkan uang belajar ngeblog di wordpress belajar ngeblog bagi pemula cara belajar ngeblog


Percaya pada diri sendiri itu wajib

Indonesia memiliki ribuan blogger yang sukes, ribuan blogger yang hebat dan bisa dijadikan idola. Tetapi yang paling penting adalah percaya pada kemampuan diri sendiri, adalah hal yang wajib. Boleh jadi kita memiliki teman blogger yang pandai dalam segala hal, kita sering minta bantuannya tapi ingat jangan menggantungkan diri kita kepada kemampuan orang lain. Berusalah untuk mulai belajar menghadapi sendiri, kelak jika ingin memiliki blog lagi anda sudah tahu kemana harus memulai dan mengoptimasi.

Pelan-pelan belajar dan mencatat perkembangan blog sendiri

Meski belum saya terapkan pasti pada blog, setidaknya saya juga pelan-pelan belajar untuk mengerti. Mengapa blog visitornya bisa naik, mengapa bisa menurun. Apa penyebabnya perlu kita catat, dan bagaimana bisa membuatnya naik kembali itulah yang harus kita terapkan terus menerus. Menjadi seorang blogger, juga harus mau belajar banyak hal. Termasuk mengembangkan apa yang ada dalam blog itu sendiri.

Ini baru kendala visitor atau jumlah pengunjung, belum lagi blog yang mengalami masalah brokenlink dengan spamscore yang membludak naik. Ternyata dunia ngeblog tidak semudah yang saya pikir, kita harus mau belajar dengan pelan-pelan. Kuncinya asal jangan menyerah.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar