MENU

Senin, 15 Juli 2019

Review Buku Hijrah Asmara | Ketika Cinta Menemukan Muaranya



Review Buku Hijrah Asmara | Ketika Cinta Menemukan Muaranya - Hijrah, mempunyai arti perpindahan. Perpindahan dalam segala sesuatu, misalnya penampilan yang awalnya serba wah, menjadi lebih sederhana. Misalnya perkataan kita yang sering meledak-ledak, menjadi lebih kalem. Ngomong yang belagak ketinggian dan segala hal yang kita lebih-lebihkan menjadi lebih direm. Hidup akan berubah lebih baik, jika kita bersedia untuk mengubah diri lebih dahulu. Iya nggak sih?


loka media loka media penerbit loka media gmbh loka citra media kirim naskah moka media penerbit buku lokomedia


Setelah sekian lama jarang namatin baca buku, Hijrah Asmara menjadi santapan pertama yang membuat saya kembali bercengkerama dengan buku. Bacaan yang ringan dengan konflik yang sederhana tapi dibalut dengan tulisan yang istimewa.

Selamat untuk penulisnya Madun Anwar dan Sukma El-Qatrunanada, sebuah kolaborasi yang asik pastinya. Menyatukan sebuah cerita dengan dua kepala berbeda merupakan sebuah tantangan dan kalian berhasil menaklukannya.

Sinopsis Buku Hijrah Asmara


Judul               : Hijrah Asmara
Penulis                        : Madun Anwar & Sukma El-Qatrunnada
Tebal               : 310 hlm
Ukuran Buku  :13x19 cm
ISBN               : 978-602-5509-18-6
Tanggal Terbit: Mei 2018
Genre              : Fiksi (Novel)
Harga              : Rp 65.000,-

Blurb:

Ara tidak mengacuhkan larangan pacaran dari orang tuanya. Ketika pelanggaran itu menuai hasil perselingkuhan yang dilakukan oleh Fatih kekasih Ara, kini gadis itu mendapatkan pelajaran berharga tentang makna menghormati orang tua.

Kemudian, waktu membawa Ara menemukan kesejatian hidup. Tidak hanya memperoleh cinta dari sahabat lama Denia, Ara juga bertemu dengan Arum yang mengajarinya banyak hal tentang kewajiban seorang muslimat dan juga menemukan Arman, sosok pria saleh yang dia idamkan selama ini.

Akankah cinta Ara kembali bertepuk sebelah tangan, mengingat Arman sangat tertutup perihal asmara?


loka media loka media penerbit loka media gmbh loka citra media kirim naskah moka media penerbit buku lokomedia



Review Buku Hijrah Asmara

Kalau sudah baca blurbnya, bisa ditarik kesimpulan ini cerita tentang Ara dan Fatih yang jatuh cinta. Saat seseorang jatuh cinta, pasti hatinya berbunga-bunga dan susah untuk memejamkan mata. Tahu kenapa? Karena kenyataan lebih indah dibandingkan dengan mimpi kita.

Ara sudah jatuh cinta dengan Fatih semenjak OSPEK. Ara juga memiliki sahabat baik yang bernama Denia, mereka  sehati dan sejiwa. Saat Ara ditembak Fatih, seorang sahabat pastinya merasa bahagia ya kan? Demikian juga dengan Denia, bahagia sahabatnya menemukan muara cinta. Sayangnya Ara memiliki kesalahan, dimana dia tidak boleh pacaran lebih dulu oleh orangtuanya sebelum lulus kuliah.

Namanya juga orangtua ya kan? Kepengen yang terbaik untuk anaknya, kepengen sekolah anaknya lancar terus. Karena kalau seseorang sudah jatuh cinta dan merasa nyaman kepada seseorang, itu sangat berbahaya. Biasanya menomorsatukannya di atas segalanya dan lupa sebenarnya siapa yang paling berkuasa di bumi dan di langit ini.


loka media loka media penerbit loka media gmbh loka citra media kirim naskah moka media penerbit buku lokomedia


Kucing-kucingan dengan orang tua Ara lakukan, demi cintanya. Meski ibunya setuju ia boleh pacaran, tetapi ibunya memiliki sayrat-syarat yang harus dipatuhi Ara yang tidak boleh dilanggar. Kalau dilanggar jangan harap ibunya akan membela di depan papanya. Tapi sepandai-pandainya dia menyembunyikan, pastilah suatu saat akan terbongkar.

Tidak sampai dalam masalah orangtua, dalam sekolah Ara juga mendapatkan nilai yang turun, ditambah lagi dengan masalah Fatih yang ternyata mengkhianatinya. Siapa sangka Fatih yang penyayang, yang romantis Denia bilang. Adalah seseorang yang sedang bermain api di belakangnya.

Saya sampai geleng-geleng nih pas baca, Fatih nembak Denia yang sudah dia tahu Denia adalah sahabat Ara. Wah ... ini laki-laki yang sangat menjebak nih, jangan dipacarin kalau nemu yang kayak gini. Maunya sana-sini, nggak meduliin hati wanita. Eits ... tapi Fatih memiliki alasan lho berbuat demikian, menjelang ending cerita kalian akan menemukan tabir rahasia.

Kembali ke orangtua Ara, yang akhirnya tahu anaknya ini melanggar perintah dalam rumah. Papanya yang murka, memberi pelajaran kepada Ara, dia dicuekin di dalam rumah tidak dianggap ada. Kalau kalian diposisi Ara bagaimana? Hehehe ... pasti dong berbuat apa saja, untuk memperbaiki kesalahan ya kan? Ara juga melakukannya. Meski mereka sudah berdamai, tapi papanya selalu memberikan perintah dengan niat terselubung.

Seperti perintah untuk menyumbang buku, membelikan buku dan mengantarkannya ke suatu desa, karena papanya tidak sempat. Di sinilah Ara mulai  belajar, untuk berempati kepada orang lain yang tidak memiliki hidup seperti dirinya berkelimpahan materi.

Kedok Fatih yang terbongkar, tetapi Ara masih berpura-pura tetap menjalani hubungan. Sampai dia berkenalan dengan Arum dan Arman. Kakak beradik yang memiliki keterbatasan soal materi, dan hanya hidup berdua saja tapi masih memiliki kepedulian yang besar kepada orang-orang di sekitarnya. Inilah yang membuat Ara banyak belajar.

Apalagi setelah mengenal Arman, yang tidak mengenal istilah 'pacaran', Ara pelan-pelan belajar juga. Bahwa di dalam agama Islam tidak ada yang namanya pacaran, tetapi taaruf dan langsung menikah. Karena dalam novel Hijrah Asmara, Arum dan Arman ini sangat syar'i sekali. Berbeda dengan kehidupan Ara. Halus banget sih papanya Ara, dalam menuntun Ara menjadi lebih baik itu dari hal tersebut. Meski Ara kadang sebal dan marah, dibandingkan dengan sifat Arman.


loka media loka media penerbit loka media gmbh loka citra media kirim naskah moka media penerbit buku lokomedia


Ara juga belajar menjadi gadis pembawa buku, meminjam-minjamkan buku ke desa sekitar Arum tinggal. Mereka bertiga, mengenalkan masyarakat untuk cinta membaca sejak dini, walaupun belum banyak buku bacaannya. Sampai akhirnya Ara memergoki, Dania dan Fatih sedang berdua. Tetapi Dania ingin menjelaskan semuanya, keburu Ara lari nggak kuat menerima apa yang sedang dihadapinya. Bahkan ketika Ara sampai di rumah dengan wajah habis menangis, ibunya langsung mengabarkan Dania masuk rumah sakit karena kecelakaan. Hiyaaaaa! Ceritanya makin menarik ya kan? Hehehe ... jadi aku nggak akan kasih banyak spoiler, mendingan langsung aja baca bukunya yah!

Hijrah Asmara bisa dipesan online, via shopee atau juga langsung ke Loka Media sebagai penerbit yang menaunginya. Intinya sih, kita nggak bisa memilih dengan siapa kita jatuh cinta, tapi kita bisa memilih dan mengusahakan siapa yang patut untuk diperjuangkan. Selamat membaca, salam.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar