MENU

Senin, 30 September 2019

Tips Menghadapi Persaingan Dunia Blogging Indonesia



Tips Menghadapi Persaingan Dunia Blogging Indonesia - Menurut Neil Patel, entreprenur dan analisis expert asal Amerika Serikat pernah bilang, "Hanya ada 40% pengunjung yang benar-benar membaca postingan di blog". Meskipun pengunjung blognya tinggi, kita tidak bisa menyimpulkan bahwa blog tersebut berhasil dalam pembuatannya. Apakah itu mereka membaca postingan kita, apakah informasi yang kita sampaikan sudah benar. Misalnya pengunjung hanya numpang lewat, sama saja blog kita seperti zebra cross.

blog yang ramai pengunjung judul blog yang menarik blog menarik untuk dikunjungi tema blog yang menarik topik blog yang menarik blog yang sering dikunjungi konsep blog yang menarik
Gambar dari situs unduhan gratis https://pexels.com


Jadi bagaimana agar orang tidak hanya lewat saja, tetapi betah menjadi pembaca setia kita? Walaupun persaingan dunia blogging Indonesia, semakin menggila? Ini dia tips sederhananya :

1. Berikan yang terbaik kepada pengunjung

Seperti laiknya persaingan bisnis, blog juga demikian. Lakukanlah yang terbaik untuk pengunjung blog. Caranya dengan membuat konten yang baik dan berkualitas. Berikan tampilan yang nyaman, agar visitor betah dan kerasan tetap tinggal. Karena blog adalah aplikasi web, yang dimanfaatkan dengan cara melihat, maka jangan kesampingkan hal tersebut.

2. Detail dalam menyampaikan informasi


Semakin sering kita membaca, dan berinteraksi dengan orang lain tentunya kita akan mudah dalam menyampaikan informasi. Demikian juga dengan blog, visitor yang datang pastinya ingin diberikan pelayanan penyampaian yang mudah dimengerti. Tulisan juga harus memiliki data yang akurat, informasinya lebih detail.

blog yang ramai pengunjung judul blog yang menarik blog menarik untuk dikunjungi tema blog yang menarik topik blog yang menarik blog yang sering dikunjungi konsep blog yang menarik
Gambar dari situs unduhan gratis https://pexels.com


3. Tema artikel mempengaruhi pengunjung yang datang

Saat kita menulis sesuatu, pasti membutuhkan ide atau kata kunci yang pas. Kata kunci yang tepat, akan menggiring pengunjung ke blog kita. Hal ini merupakan cara paling dasar, untuk bisa bersaing. Pemilihan judul juga harus menarik, maka penting dalam memilih tema yang baik. Blogger wajib memahami bagaimana teknik SEO dasar, agar bisa membuat blognya ramai pengunjung.

4. Buat blog yang unik dan berbeda

Blog dengan tema (niche) apapun, sudah ada dan banyak kita jumpai. Yang perlu kita lakukan adalah, membuat blog kita berbeda dari kebanyakan blog yang lain. Strategi diferensiasi harus dilakukan, agar menjadi ciri khas tersendiri. Misalnya, jika blog orang lain hanya memberikan artikel dan gambar, milik kita bisa ditambahkan dengan video. Gimana? Jangan patah semangat buat ngeblog terus ya! Karena ngeblog kuncinya harus rajin, mengupdate postingan. Semangat!


18 komentar :

  1. Iya nih, bouchrate saya juga rendah sekali, mungkin karena informasinya tidak tersampaikan atau memang kualitas artikelnya musti ditingkatkan lagi..

    BalasHapus
  2. Nice sharing Mbak, butuh keseriusan dan ketekunan untuk menarik pengunjung blog. Terutama dengan keunikan dan detailsnya konten, biar orang gak males baca.

    BalasHapus
  3. Nulis dari hati, dan share informasi yang manfaat InsyaAlloh berkah, bonus rezeki lainnya ya Nyi :)

    BalasHapus
  4. Poin informasi nih bener banget. Jangan kebanyakan curhat di blog juga wkwkwk ((ngomongin diri sendiri))

    BalasHapus
  5. aku selalu berusaha menulis konten yg menarik, bukan hanya untuk pembaca, tp juga utk diriku sendiri. Blog itu buatku udh kayak rumah sendiri, jd supaya pemiliknya jg betah, ya hrs dibuat semenarik mungkin :D.Konsisten menulis memang blm bisa aku lakuin, tp setidaknya, serius dan berusaha menulis yg terbaik selalu aku lakuin demi blogku :).

    BalasHapus
  6. Postingan Nyi bikin semangat nih.
    Aku juga selalu semangat ngeblog kalo inget blog teman-teman sangat membantu aku untuk mendapatkan informasi. Aku jadi semangat untuk berbagi informasi tentang pengalamanku melalui media blog.

    BalasHapus
  7. mantap, kalau aku ngeblog dengan hepi, pokoknya apa aja deh dituangkan selama itu positif dan nggak menjelekkan orang lain

    BalasHapus
  8. Nah, ini nih keren tipsnya. Aku juga berusaha kalau bikin tulisan, supaya minimal enak dibaca sama aku sendiri dulu, apalagi kalau infonya penting dan bakal dibutuhin banyak orang, pasti berusaha nulis dengan detail

    BalasHapus
  9. Trims Nyi..jadi tercerahkan dg tulisan ini. Semoga aku bisa menerapkannya juga di blogku

    BalasHapus
  10. Iya, aku suka baca blog yang curhatnya banyak tentang keseharian bloggernya, ngga melulu iklan, kalau artikel iklan tapi soft gitu hehe..

    BalasHapus
  11. Begitu ya. Terima kasih untuk mengingatkan agar kita memperhatikan konten blog. Rasanya selama ini kok pengunjung saya masih banyak yang numpang lewat saja hihihi..

    BalasHapus
  12. Masih PR banget buat pembaca betah lama-lama di sebuah artikel. Atau betah kepoin artikel lainnya di web.

    BalasHapus
  13. Hwaaa ini dia yang ditunggu...pemetaan pembaca blog berdasarkan isi tulisan..semakin informatif semakin banyak dicari ya hehehe

    BalasHapus
  14. Aduh jadi malu.. Viewer blogku seuprit 🙈 manalah aku blm ahli bikin infografis yang menarik, apalagi video. Kudu swmamgat belajar terus!

    BalasHapus
  15. Duh, PR banget ya bikin blog yang berbeda dari yang lain. Harus ada yang spesial banget gitu ya cara penyampaiannya agar bisa bersaing dengan blog-blog yang lain.

    BalasHapus
  16. Kayaknya perlu belajar bikin konten blog yang asik nih. Memperbanyak postingan organik biar blog makin sering dibaca orang

    BalasHapus
  17. Baca artikel Mba bikin aku ngilu. Soalnya dulu pernah luka bakar tingkat sedang yang sampai 2 bulan gak kering-kering. Dia sampai jadi gunung larva yang cairannya keluar terus. Belum kenal Mebo sih dulu. Dulu sembuhnya karena makai getah pohon yang khas dan dipero bisa keringin luka. Tapi emang sehari make besoknya luka bakarku udah kering. Meski sekarang masih ada keloid dan suka gatal huhu

    BalasHapus
  18. Wah bguna bgt nih tipsnya mba, jd ketampar blogku kebanyakan iklan 🤣

    BalasHapus