MENU

Kamis, 02 Januari 2020

Inilah yang Dilakukan Freeport Indonesia untuk Papua Surga Kecil yang Jatuh ke Bumi


Inilah yang Dilakukan Freeport Indonesia untuk Papua Surga Kecil yang Jatuh ke Bumi - Selain Freeport Indonesia yang terkenal ada di Papua, yang ada dalam benak bahwa Papua itu bagi saya; jauh. Sejauh seseorang yang pernah ada dalam hati pergi, dia mengemban amanah tugas ke Papua. Tidak ada lagi tatap mata yang meneduhkan, yang bisa kupandangi diam-diam. Meski saya tahu, bukanlah saya yang ditatapnya saat itu. Tetapi begitulah seseorang yang dijatuhi cinta, ikhlas menerima untuk memeluk tubuhnya sendiri. Walaupun dia sudah jauh dari pandang, tetapi tentangnya akan selalu terkenang. Toh dekat di peta ini, ya kan? Hehehe ...


alamat pt freeport indonesia freeport indonesia karir kasus pt freeport indonesia gaji karyawan pt.freeport indonesia pt. freeport indonesia kabupaten mimika, papua sejarah singkat pt freeport indonesia pt. freeport indonesia tembagapura papua lowongan kerja pt freeport indonesia 2019 Navigasi Halaman



Saya dan dia pernah menjadi sekumpulan mimpi yang membentuk pelangi, tapi apalah daya impian yang ditata terbengkalai sudah dengan kepergiannya. Walaupun baginya itu sudah selesai, tapi bagi saya tak pernah benar-benar bisa menyelesaikannya sendiri. Ternyata tidak melulu bahagia, di antara cinta dan perasaan. Selalu ada luka bagi orang-orang yang ditinggal oleh kepergian dan tidak ada yang pernah benar-benar pulang setelah dibuang. Weist ... kenapa jadi curhat begini yak! Hahaha ... sedikit intermezo lah ya ceritanya.


Orang-orang Papua adalah Anak Sulung Indonesia


Seorang arkeolog dari Balai arkeolog Jogja, Harry Widianto pernah bilang, "Jika orang-orang Papua adalah anak sulungnya Indonesia," ucapnya ketika menjadi narasumber sebuah acara diskusi Jejak Manusia Nusantara di Jakarta Pusat, Selasa (5/11/2019), "mereka adalah manusia modern pertama yang menjejakkan kaki di Nusantara," lanjutnya lagi dengan tegas.


alamat pt freeport indonesia freeport indonesia karir kasus pt freeport indonesia gaji karyawan pt.freeport indonesia pt. freeport indonesia kabupaten mimika, papua sejarah singkat pt freeport indonesia pt. freeport indonesia tembagapura papua lowongan kerja pt freeport indonesia 2019 Navigasi Halaman


Karena ada fakta berdasar, bahwa nenek moyang orang Papua adalah orang yang pertama datang ke wilayah Nusantara pada jaman pra-sejarah. Homo Sapienslah yang keluar dari benua Afrika sekitar 150.000 tahun silam, kemudian menyebar hingga ke timur Indonesia. Mereka menetap, sampai memiliki keturunan yang sama, ras yang mereka miliki dikenal dengan nama ras Melanesia. Itulah sebabnya mengapa Papua sangat istimewa.

Pantas saja Pieter Gusbager, Wakil Bupati Kabupaten Keerom menyampaikan apabila Papua merupakan surga kecil yang jatuh ke bumi. Di surga tidak ada orang-orang yang saling membenci, tidak ada musuh ataupun pertumpahan darah. Semua saudara dan damai.

alamat pt freeport indonesia freeport indonesia karir kasus pt freeport indonesia gaji karyawan pt.freeport indonesia pt. freeport indonesia kabupaten mimika, papua sejarah singkat pt freeport indonesia pt. freeport indonesia tembagapura papua lowongan kerja pt freeport indonesia 2019 Navigasi Halaman


Di Papua sendiri pesona yang tidak bisa dipungkiri yang paling indah ada Raja Ampat, Honai, Pegunungan Cartenz, Lembah Baliem dan lain sebagainya. Ada benarnya pernyataan, jika Papua yakni surga kecil yang memang sengaja dijatuhkan ke bumi. Wisatawan lokal maupun mancanegara, selalu ingin singgah menikmati kekayaan alam yang dimiliki oleh Papua.


Sedekat Apa Freeport Indonesia dengan Papua?


alamat pt freeport indonesia freeport indonesia karir kasus pt freeport indonesia gaji karyawan pt.freeport indonesia pt. freeport indonesia kabupaten mimika, papua sejarah singkat pt freeport indonesia pt. freeport indonesia tembagapura papua lowongan kerja pt freeport indonesia 2019 Navigasi Halaman


Berbicara tentang Papua, tidak afdol jika tidak membahas PT Freeport Indonesia, atau biasa disingkat dengan PTFI. Perusahaan pertambangan afiliasi dari Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc dan Mining Industry Indonesia (MIND ID). Kegiatannya ya melakukan penambangan, memproses dan melakukan eksplorasi bijih yang mengandung emas, tembaga dan perak. Freeport Indonesia berlokasi di dataran tinggi Tembagapura, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, Indonesia. Di mana semua orang tahu, jika Freeport Indonesia ini memasarkan konsentrat dengan kandungan emas, perak dan tembaga ini ke Seluruh penjuru Indonesia.


alamat pt freeport indonesia freeport indonesia karir kasus pt freeport indonesia gaji karyawan pt.freeport indonesia pt. freeport indonesia kabupaten mimika, papua sejarah singkat pt freeport indonesia pt. freeport indonesia tembagapura papua lowongan kerja pt freeport indonesia 2019 Navigasi Halaman


Gadget yang sering kita gunakan, elektronik yang sering kita pakai dalam sehari-hari ini juga memiliki kandungan tembaga, perak dan emas lho Gengs. Menurut penuturan dari Youtube Freeport Indonesia, dalam satu juta seluler ada 14 Kg emas, 300 Kg perak, dan 15 Kg tembaga. Freeportlah yang berada di belakangnya, sebagai pemasok logam utama di dunia.


Yuk intip Kontribusi Freeport untuk Masyarakat Papua dari Program yang diusung oleh PTFI


alamat pt freeport indonesia freeport indonesia karir kasus pt freeport indonesia gaji karyawan pt.freeport indonesia pt. freeport indonesia kabupaten mimika, papua sejarah singkat pt freeport indonesia pt. freeport indonesia tembagapura papua lowongan kerja pt freeport indonesia 2019 Navigasi Halaman



Dalam bidang kesehatan sumbangsih bagi negeri, Freeport Indonesia memberikan :
  • Pelayanan Kesehatan dengan didirikannya RS Waa Banti, RS Mitra Masyarakat dan klinik-klinik kesehatan yang tersebar
  • Program kesehatan dengan fokus pada kesehatan Ibu dan Anak, Pengendalian Malaria, HIV/AIDS dan TBC
  • Pembangunan Sistem Kesehatan Berbasis Kampung
  • Pembanguan infrastruktur pendukung kesehatan, seperti sarana sanitasi dan air bersih


alamat pt freeport indonesia freeport indonesia karir kasus pt freeport indonesia gaji karyawan pt.freeport indonesia pt. freeport indonesia kabupaten mimika, papua sejarah singkat pt freeport indonesia pt. freeport indonesia tembagapura papua lowongan kerja pt freeport indonesia 2019 Navigasi Halaman


Dalam bidang pendidikan sumbangsih bagi negeri, Freeport Indonesia memberikan :
  • Institut Pertambangan Nemangkawi - dukungan kepada pelajar
  • Sekolah, beasiswa, dan asrama (seperti Sekolah Asrama Penjunan, Asrama Tomawin, program beasiswa pascasarjana bagi mahasiswa Papua melalui program Fulbright AMINEF)
  • Dukungan kepada sistem pengajaran dan kurikulum.
  • Dukungan kepada pelestarian kearifan lokal.
  • Peningkatan kesadaran dan peran orang tua dan pemangku kepentingan untuk membangun bidang pendidikan.
alamat pt freeport indonesia freeport indonesia karir kasus pt freeport indonesia gaji karyawan pt.freeport indonesia pt. freeport indonesia kabupaten mimika, papua sejarah singkat pt freeport indonesia pt. freeport indonesia tembagapura papua lowongan kerja pt freeport indonesia 2019 Navigasi Halaman



Dalam bidang ekonomi sumbangsih bagi negeri, Freeport Indonesia memberikan :
  • Pola KSM
  • Kerja sama dengan LSM Nasional
  • Memfasilitasi pemasaran


Belum lagi pada bidang lembaga adat dan budaya serta pelestarian dan promosi Budaya yang ada di Papua. Infrastruktur jalan, bandara, pelabuhan dan listrik Freeport Indonesia juga melakukan investasi di dalamnya. Masih banyak lagi yang tidak bisa saya sebutkan, karena saking banyaknya dana kemitraan yang dilempar oleh Freeport Indonesia sebagai kontribusi untuk pengembangan masyarakat Papua.

alamat pt freeport indonesia freeport indonesia karir kasus pt freeport indonesia gaji karyawan pt.freeport indonesia pt. freeport indonesia kabupaten mimika, papua sejarah singkat pt freeport indonesia pt. freeport indonesia tembagapura papua lowongan kerja pt freeport indonesia 2019 Navigasi Halaman


Saking banyaknya sumbangsih bagi negeri, Freeport Indonesia mendapatkan penghargaan lho Gaes. Ada Top CSR Award di tahun 2018 dalam sektor pertambangan, Top CSR 2018 dalam sektor infrastruktur, dan di tahun 2019 kemarin Freeport Indonesia meraoh IMA Awards karena banyak berkontribusi kepada negara lewat Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebagai perusahaan yang telah melakukan Program Pengembangan Msyarakat Terbaik. Daebak!


Pro dan Kontra Mengenai Dampak Penambangan Lingkungan


alamat pt freeport indonesia freeport indonesia karir kasus pt freeport indonesia gaji karyawan pt.freeport indonesia pt. freeport indonesia kabupaten mimika, papua sejarah singkat pt freeport indonesia pt. freeport indonesia tembagapura papua lowongan kerja pt freeport indonesia 2019 Navigasi Halaman


Dampak lingkungan karena imbas penambangan memang banyak menjadi kontra, terlebih SIRSAT (Pasir Sisa Tambang) ini, yang bisa membuat lahan sekitarnya rusak. Padahal kenyataannya pengelolaan SIRSAT ini sudah dilakukan evaluasi dan audit intependen oleh pakar yang punya reputasi internasional. Bahkan tanah-tanah yang sudah direhabilitasi bisa dijadikan lahan pertaian produktif. Bisa untuk beternak dan bertani, seperti umbi-umbian, pisang, nanas, sagu, tebu dan lain seabgainya.  Freeport Indonesia berusaha mendokumentasikan keanekaragaman hayati tersebut, menjadikan buku yang didistribusikan ke pihak-pihak lain agar bisa meraih manfaat dari buku tersebut.


alamat pt freeport indonesia freeport indonesia karir kasus pt freeport indonesia gaji karyawan pt.freeport indonesia pt. freeport indonesia kabupaten mimika, papua sejarah singkat pt freeport indonesia pt. freeport indonesia tembagapura papua lowongan kerja pt freeport indonesia 2019 Navigasi Halaman


Dengan kata lain, Freeport Indonesia mengedukasi melalui buku agar masyarakat jadi cinta membaca. Benar-benar semuanya.


alamat pt freeport indonesia freeport indonesia karir kasus pt freeport indonesia gaji karyawan pt.freeport indonesia pt. freeport indonesia kabupaten mimika, papua sejarah singkat pt freeport indonesia pt. freeport indonesia tembagapura papua lowongan kerja pt freeport indonesia 2019 Navigasi Halaman



Papua akan Menjadi Tuan Rumah Penyelenggara PON (Pekan Olahraga Nasional) ke XX



Kabar menggembirakan datang pada tahun 2020 ini lho Gengs, karena Papua akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan PON ke XX. Mimika dan Jayapura akan menjadi tuan rumah perhelatan akbar tersebut, Kabupaten Mimika juga sedang menyelesaikan pembangunan MSC (Mimika Sport Complex) yang katanya menghabiskan dana Rp 462 Miliar!


alamat pt freeport indonesia freeport indonesia karir kasus pt freeport indonesia gaji karyawan pt.freeport indonesia pt. freeport indonesia kabupaten mimika, papua sejarah singkat pt freeport indonesia pt. freeport indonesia tembagapura papua lowongan kerja pt freeport indonesia 2019 Navigasi Halaman


Lagi-lagi CSR dari PT Freeport Indonesia ini yang berkontribusi penuh. Lahan seluas 12,5 hektar dan 12,5 hektare sedang dikembangkan. Ada venue indoor dan outdoor, pertandingan dari cabang olahraga apapun bisa digelar di sini. Selain itu asrama untuk atlet putranya bisa menapung 150 orang, dan 50 atlit putri. Jangan ditanya bagaimana fasilitasnya, kantin jelas ada, air panar, AC, ruang pertemuan, amphi theater dan juga Wifi yang bisa bikin teknologi terkoneksi dalam satu gengaman. Siap menyaksikan dan menjadi saksi bakat-bakat baru bertumbuh dan berprestasi? Siap-siap nabung, nih untuk bisa ke Papua. Bonusnya siapa tahu bisa ketemu doi, yang pernah singgah di masa lalu, #Ea ... Pokoknya sukses untuk Freeport Indonesia, dan sukses juga untuk Papua Surga Kecil yang Jatuh ke Bumi. Karena mencintai adalah perihal berani menjaga, apa yang dipunyai. Salam!

Sumber tulisan :

  • https://www.suara.com/tekno/2019/11/05/160150/arkeolog-orang-papua-adalah-anak-sulung-indonesia
  • https://news.okezone.com/read/2019/09/26/340/2109457/papua-adalah-surga-kecil-di-surga-kita-semua-tak-saling-benci
  • https://www.youtube.com/watch?v=TLdlMXfArnE
  • https://ptfi.co.id/id/faq
  • https://industri.kontan.co.id/news/freeport-bangun-venue-olahraga-terbesar-di-mimika-us-33-juta-untuk-pon-ke-xx
alamat pt freeport indonesia freeport indonesia karir kasus pt freeport indonesia gaji karyawan pt.freeport indonesia pt. freeport indonesia kabupaten mimika, papua sejarah singkat pt freeport indonesia pt. freeport indonesia tembagapura papua lowongan kerja pt freeport indonesia 2019 Navigasi Halaman



Informasi soal Freeport Indonesia :

Facebook Page : IDFreeport
Instagram : @freeportindonesia
Twitter : @IDFreeport
Youtube : Freeport Indonesia
Website : ttps://ptfi.co.id/


18 komentar :

  1. Luar biasa freeport memiliki program csr. Saya kira hanya berupa perusahaan yang fokus kerja, kerja dan kerja. Ternyata membantu masyarakat ya. Sukses selalu freeport

    BalasHapus
  2. Opening-nya mantab jiwa kak Nyi!
    Yap, kontribusi Freeport memang luar biasa yaaaa, untuk berkembangnya Papua.
    Semoga masyarakat Papua kian sejahtera!

    BalasHapus
  3. Banyak sumbangsih freeport untuk negeri ini ya. Berbagai bidang di support nya

    BalasHapus
  4. Keren, Nyi..kumplit dan runtut! Senang membacanya dan semoga sukses ya..

    BalasHapus
  5. Saya baru tahu dong, kalau Papua ternyata orang sulungnya Indonesia.
    Masuk akal juga ya selama ini di sebut dari timur ke barat.

    Saya pengen nih ke Raja Ampat, konon indahnya kebangetan, nggak berlebihan jika disebut surga kecil yang dijatuhkan ke bumi :)

    BalasHapus
  6. Yang dilakukan PT Freeport tidak semua tahu ya mbak. Aku ancungi jempol selama kontribusi itu baik untuk warga Papua.

    BalasHapus
  7. Saya yakin PTFI pasti punya kontribusi yg baik utk Papua.. karena itu sudah diatur dalam peraturan perundang2an. Tapii gimanapun saya susah lupa sejarah awal mula PTFI datang ke Indonesia..

    BalasHapus
  8. Saudara Mpo kerja di freeport papua. Karena kerja keras dan tekun . dia dipindahkan di australia. Anak bangsa banyak yang maju karena freeport

    BalasHapus
  9. Kita itu kebanyakan baca dan dengar berita dari sisi negatif aja yah kak. Ternyata ada sisi positif juga yang bisa dilihat dari adanya freeport di sana. Semoga Papua semakin maju ke depannya aminnnn

    BalasHapus
  10. Wah Freeport. Denger namanya aja udah ngerasa kalau kontribusi dan apa yang sudah dilakukan udah banyak buat Indonesia. Baru tahu PON XX akan dilakukan di Papua. Keren

    BalasHapus
  11. Aku salfok sama paragraf pertama dan kedua deh hahaha.tak.pernah usai bagi ditinggalkan terbukti jd kecilnya ya hahaha... Bye semoga apa yg freeport ambil dr Papua bs sebanding dgn apa yg merk.berikan utk masyarakatnya ya...hehe

    BalasHapus
  12. Pembangunan di Papua khususnya di Timika pasti akan digenjot kalau pon akan dilaksanakan di sana. Semoga merata ya. Kontribusi Freeport banyak yg tidak banyak diketahui umum ya ternyata...

    BalasHapus
  13. Aku juga pengen banget ke Papua kak katanya wisata alamnya masih banyak yang alami dan Indah. Btw untuk freeport semoga bisa memperluas lagi CSR nya ya.

    BalasHapus
  14. Aku baru tau soal CSR freeport, semoga sumbangsih freeport bisa menambah devisa negara ya

    BalasHapus
  15. Baru tahu lho kalau warga Papua adalah anak sulung Indonesia. Papua benar-benar surga ya, kaya banget disana ya. Syukurnya Freeport juga bisa memberi sumbangsih positif bagi warga Papua.

    BalasHapus
  16. Dengan segala kehebohan dan tantangan di lapangan, tidak mudah untuk memastikan Papua dan Papua Barat selalu dalam situasi damai, aman dan sejahtera..

    BalasHapus
  17. Ternyata luar biasa banyak sekali csr-nya Freeport untuk warga Papua ya terutama untuk pendidikan dan kesehatan itu yang paling dibutuhkan oleh masyarakat

    BalasHapus
  18. Sangat bersyukur sekali freeport bisa kembali ke tanah air dan bisa memberikan kontribusi yang besar untuk seluruh masyarakat indonesia dan masyarakat di tanah papua.. Dari sini kita bisa memajukan indonesia menjadi lebih baik dan lebih maju lagi. smngt papua semngt indonesia

    BalasHapus