Mengawali Menulis dengan Membuat Cermin



Mengawali Menulis dengan Membuat Cermin - Cermin di sini bukan kaca ya, tetapi singkatan Cermin (Cerita Mini). Cara paling mudah untuk mengasah kita dalam membuat tulisan. Bagaimana cara membuat cerita mini sih?


tujuan menulis materi menulis belajar menulis tips menulis cara menulis manfaat menulis pengertian menulis menurut kbbi teknik menulis


Ambil sembarang, dua kata benda. Bisa kata yang kamu senangi, kata yang kamu benci dan bebas. Buatlah cerita mini, dari dua kata benda yang sudah dipilih.

Contohnya, gadis dan pena
Buat menjadi dua kalimat sederhana.

Gadis itu mengambil pena yang biasa digunakannya untuk menulis. Tapi kali ini dia tidak ingin menulis dengan pena, perlahan tapi pasti pena tersebut dihunuskannya menuju perutnya.


Tips Menggunakan dua kata untuk menulis


tujuan menulis materi menulis belajar menulis tips menulis cara menulis manfaat menulis pengertian menulis menurut kbbi teknik menulis


Cara termudah untuk menulis adalah dengan merangsang otak kita, menggunakan dua kata. Tipsnya pokoknya ambil dua kata, kata yang bebas terserah kita. Lalu rangkai menjadi kalimat bersambung.

Bisa dengan dua kata seperti :

Kancing dan jarum
Lelaki dan senja
Daun dan embun
Dan lain sebgainya, kita bebas bereksplorasi memainkan kata dan kalimat.

Cermin sendiri, adalah cerita mini yang paling pendek. Seringkali biasanya digunakan untuk mengupdate twitter, yang memiliki karakter sedikit. Intinya, dua kalimat yang dibuat, mengandung rasa yang berlawanan.


Baca juga :

MENTAL MENULIS YANG SEHAT HARUS DIBANGUN SEDINI MUNGKIN

1 komentar untuk "Mengawali Menulis dengan Membuat Cermin"

  1. serius pernah kejebak pas ikut lomba cerita mini nggak taunya tetep masuk ke fiksi bukan cerita seputar pengalaman hidup dan ternyata saya sering buat cerita mini.

    BalasHapus

Posting Komentar