5 Cara Menghindari Beras dari Kutu



5 Cara Menghindari Beras dari Kutu - Selamat sore sobat blogger, Allhamdulillah sudah memasuki hari kedua bulan Juli. Semoga di bulan Juli ini kita diberikan kemudahan dan kelancaran, dalam mengupdate konten di blog atau artikel yang kita miliki. Aaamiin. Postingan kali ini, saya ingin membagikan cara menghindarkan beras dari kutu.


manfaat kutu beras cara menghilangkan kutu beras di kamar cara menghilangkan ulat beras apakah kutu beras bisa pindah ke rambut cara menyimpan beras agar tahan bertahun tahun cara menyimpan padi supaya tahan lama umur simpan beras cara menyimpan beras agar tidak ada semut




Pada bulan Februari 2020 lalu, saya dan keluarga mudik ke Bali dari Jawa. Pas pulang lagi ke Jawa, eh dibawain beras beberapa karung sama keluarga di sana. Sampai sekarang berasnya belum habis-habis, eh pas dibuka banyak kutu beras yang bersembunyi di  bawah beras. Salah saya juga sih nyimpannya semabrangan, karena di dalam kandi saya pikir amanlah ya. Eh tahunya banyak kutu bersarang dan beranak pinak, hadeh!

Cara Menyimpan Kutu di dalam Beras secara Tradisional




Beras merupakan sumber makanan yang paling vital di dunia, termasuk di negara Indonesia. Beras yang ditanak akan menjadi nasi, yang bisa disantap dengan sayuran dan lauk-pauk. Kalau di dalam keluargaku sih, kalau belum makan nasi ya, namanya belum makan eheheh ...


Dalam kehidupan sehari-hari, biasanya keluarga saya membeli beras dalam jumlah tidak banyak. Kurang lebihnya 5kg, kalau habis baru beli lagi. Sengaja tidak menyimpan, karena takut banyak kutu. Eh ... pas mudik dari Bali dibawain beras banyak berkarung-karung dan menyimpannya juga sembarangan. Jadilah kutu-kutu bersarang dan berkembang biak dengan nyaman. Ini kutu berasal dari Bali apa datangnya dari tanah Jawa sih, ehehhe ... baiklah saya akan berbagi cara sederhana mengusir kutu yang ada di dalam beras.


manfaat kutu beras cara menghilangkan kutu beras di kamar cara menghilangkan ulat beras apakah kutu beras bisa pindah ke rambut cara menyimpan beras agar tahan bertahun tahun cara menyimpan padi supaya tahan lama umur simpan beras cara menyimpan beras agar tidak ada semut


Jemur Beras di bawah Sinar Matahari



Menjemur beras di bawah sinar matahari langsung, akan mengusir kelembapan. Kalau di rumah ada tampah, taruh saja beras di atasnya lalu jemur di tempat panas. Dengan cara ini kutu beras yang bersembunyi biasanya akan kabur, dengan sendirinya.

Menaruh Bawang Putih di Tempat Penyimpanan Beras



Nggak hanya vampire yang takut bawang putih ternyata, kutu beras juga lari lho akalau mencium aroma irisan bawang putih ahahah .. Kupas bawang putih, dan iris jadi beberapa bagian lantas sebar di beberapa titik.


manfaat kutu beras cara menghilangkan kutu beras di kamar cara menghilangkan ulat beras apakah kutu beras bisa pindah ke rambut cara menyimpan beras agar tahan bertahun tahun cara menyimpan padi supaya tahan lama umur simpan beras cara menyimpan beras agar tidak ada semut


Menaruh Daun Jeruk Purut



Daun jerum memiliki aroma yang khas. Cara untuk mengusirnya cukup mudah, tumbuk daun jeruk dan dikemas ke dalam kain kasa agar berasnya tidak kotor. Tidak hanya mampu mengusir kutu, tetapi  juga memberikan keharuman yang sedap.


Menggunakan Kulit Kayu Manis



Ambil cuilan kulit kayu manis, lantas masukkan di tempat pentimpanan beras. Aroma khas kayu manis inilah yang akan membuat kutu beras, terusir secara tidak langsung.


manfaat kutu beras cara menghilangkan kutu beras di kamar cara menghilangkan ulat beras apakah kutu beras bisa pindah ke rambut cara menyimpan beras agar tahan bertahun tahun cara menyimpan padi supaya tahan lama umur simpan beras cara menyimpan beras agar tidak ada semut


Menggunakan Cabai Kering sebagai Pengusir



Cabai tidak hanya memberikan efek pedas kepada makanan, tetapi juga pedasnya mampu mengusir kutu yang membandel dan bersembunyi di dalam tempat beras. Caranya bagaimana? Taruh saja cabai kering, di atas permukaan beras. Kutu akan merasa kepanasan, dan melipir meninggalkan tempat penyimpanan beras.

Semoga 5 cara menghilangkan kutu beras di tempat penyimpanan beras, dengan cara tradisional ini dapat berhasil. Usia simpan beras jadi lebih lama, dan beras tetap terjaga kualitasnya. Selamat mencoba, salam.


Komentar

  1. makasih infonay, aku bakal pakai daun jeruk purut, karena punya pohonnya, kebayang bakal wangi

    BalasHapus
  2. Terimakasih tips nya. Ternyata begitu untuk menghindari kutu beras. :D

    BalasHapus
  3. ternyata banyak juga ya cara menghilangkan kutu di beras. bisa dicoba nih sangat bermanfaat sharingnya.

    BalasHapus
  4. Wah makasih tipsnya Mba, kadang-kadang aku suka kebanyakan beras dan jadi berkutu karena kelamaan, tips dengan daun jeruk itu mau kucoba ah.....

    BalasHapus
  5. Trik yang saya praktekkan untu menghindarkan beras dari kutu dengan serbuk kopi, dibungkus dalam plastik dan dikasih lubang kecil (tusukan jarum). Ternyata ada banyak trik untuk menghindar kan beras dari kutu, seperti dengan kayu manis dan daun jeruk purut

    BalasHapus
  6. Saya biasanya pakai bawang putih. Kalau habis panen tuh kan suka menggiling padi sekaligus, nah biasanya di sudut karung atau tempat simpan beras taruh bawang putihnya. Ternyata daun jeruk sama kayumanis juga bisa ya

    BalasHapus
  7. Aku taunya yang dikasih daun jeruk hehehe, tapi alhamdulillah aman beras di rumah dari kutu. Makasih tipsnya mbak, siapa tau butuh suatu hari nanti :D

    BalasHapus
  8. Wah 5 cara yg aplicable bgt ini mba, tpi aku klo mending beli 5kg an trus masuk ke ricebox jdi aman ga smpe kutuan

    BalasHapus
  9. Wah ternyata bisa ya kita cukup taruh bawang putih dalam beras or cabe kering biar kutu beras pada kabur

    BalasHapus
  10. tipsnya bermanfaat banget nih, biasanya aku naro bawang kalo enggak cabe merah aja di tempat beras hahahha biar gak ada kutu apalagi sekarang lagi sering kan ya dikirimi beras sama pemerintah

    BalasHapus
  11. oh bawang putih diiris ya. Apa ga kering nantinya?
    kalau kelamaan simpan beras jadi banyak kutunya.

    BalasHapus
  12. wah aku baru tau, biasanya aku ngga stok beras banyak-banyak karena suka ada kutu beras, sekarang ngga takut lagi ah, pakai tips diatas.

    BalasHapus
  13. Aku juga menggunakan wadah untuk menyimpan beras tapi memang ditempat yang suhunya baik. Sampai sekarang sih alhamdulillah ya belum pernah nemu beras di rumah ada kutunya.

    BalasHapus
  14. wah makasih infonya ya mbak, bermanfaat banget, suka BT nih mbak klo di beras ada kutunya dan ternyata begitu toh cara mengindari kutu beras

    BalasHapus
  15. Ya Allah ini berguna bgt tips nya nih, aku jg lg sebel bgt karena beras sering kutuan padahal msh baru dibeli :( makasih sharingnya sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  16. Ya Allah aku butuh banget ini huhu. Kemarin dapat pembagian beras dari koperasi kantor pas puasa, kebetulan kutunya banyak. Jadinya ditapis-tapis dulu biar hilang, ternyata ada tips lainnya hehe

    BalasHapus
  17. Kayaknya mau coba yang dikasih dauh jeruk deh. Aku suka banget wanginya daun jeruk purut. Walaupun selama ini gak pernah kutuan di beras, tapi lebih baik dicegah aja ya.

    BalasHapus

Posting Komentar