Resep Membuat Opor Ayam agar Tidak Amis


Resep Membuat Opor Ayam agar Tidak Amis - Opor ayam merupakan menu yang lezat untuk disantap, dan biasanya selalu ada pada hari lebaran. Tetapi tidak harus menunggu lebaran ya kan? Untuk menyantap opor ayam, daripada ngiler hehehe ... Opor ayam enak disantap menggunakan pendamping, lontong atau ketupat namun menggunakan nasi juga tidak mengapa tergantung selera saja.

 


Saat masih tinggal bareng ibu, opor ayam selalu tersedia di meja saat lebaran tiba. Tapi berbeda ketika sudah menikah, tentunya saya yang harus menyiapkan opor ayam untuk keluarga. Apalagi tinggal bareng mertua yang sudah sepuh, otomatis urusan dapur menjadi tanggungjawab saya.

Awalnya bikin opor ayam nggak pede takut nggak enak, tapi dengan resep opor ayam buatan ibu saya makin bersemangat memasak. Tidak sekali dua kali saya memasak opor ayam, tapi kalau ingin ya masak kalau lagi malas ya beli eheheh ... kepuasan lebih didapat ketika masak sendiri sih tapi. Yang jadi masalah sesekali kadang ada bau amis yang terasa dari daging ayam, bagaimana cara menghilangkannya? Ini dia cara menghilangkan bau amis pada daging ayam, saat memasak opor :

 

1. Merebus Daging Ayam

 

Daging ayam yang sudah dibeli dan dipotong, cuci bersih lantas tiriskan. Rebus air dan didihkan, masukkan daging ayam yang akan dibuat opor selama lima menit ketika air sudah mendidih. Buang air bekas rebusannya, karena dalam air tersebut kotorang dari daging ayam hilang dan akan membuat daging ayam tidak amis ketika akan kita bumbui.

 

2. Tumis Bumbunya

 

Bumbu yang sudah diulek, ditumis dahulu sebelum diberi tambahan air atau santan. Caranya tumis bumbu hingga harus, ditambahkan dengan lengkuas, daun salam, serai, dan daun jeruk agar harum. Terakhir masukkan daging ayam yang sudah kita rebus sebelumnya. Tumis kurang lebih 15 menit.

 

3. Menuangkan Santan dengan Diaduk

 

Ada dua santan yang kita pisahkan, santan cair dan santan kental. Ketika memasukannya pilih santan cair terlebih dahulu. Aduk dan masak sampai mendidih, barulah santan kental yang dimasukkan. Memasaknya sambil diaduk ya, agar santannya tidak pecah. Boleh ditambahkan gla merah dan garam. Masak menggunakan api kecil, biar bumbunya meresap. Kalau sudah maang tinggal berikan taburan bawang merah goreng, untuk menambah selera dan membuat rasanya makin gurih.

 

Resep Opor Ayam Keluarga


Memasak sebenarnya sangat mudah, yang membuat terlihat sulit adalah bumbu-bumbunya yang tidak kita hapal. Namun sekarang banyak aplikasi yang membantu kita dalam memasak, atau tinggal browsing saja melalui internet dengan menggunakan kata kunci yang ingin di bidik, seperti 'opor ayam', ini. Tinggal ketik di Google, pasti akan langsung muncul cara membuat dan bumbu-bumbunya. Kurang lebih sama dengan yang diberikan ibu, saat membuat opor ayam resep. Ini dia bahan yang perlu disiapkan.

 

Bahan-Bahan Untuk Membuat Opor Ayam

 

1/2 Ekor Daging Ayam

300 Ml Santan Cair Dan Kental

Serai Di Geprek

2 Lembar Daun Salam

3 Lembar Daun Jeruk

Lengkuas Di Geprek

Gula Merah Secukupnya

Minyak Secukupnya Untuk Menumis

Taburan Bawang Merah Goreng

Garam

 

Bumbu Yang Harus Dihaluskan

 

5 Siung Bawang Merah

5 Siung Bawang Putih

Jinten

Ketumbar

Kemiri

Kunyit

Merica

 

Cara Memasak Opor Ayam

 

Setelah bumbu dihaluskan, lantas ditumis dengan daging ayam kurang lebih 15 menit. Kalau sudah masukan santen cairnya, kemudian baru santan kental dengan cara diaduk ketika menuangkannya agar tidak pecah. Seperti cara sebelumnya, daging ayamnya dididihkan lima menit ya, untuk menghindari bau amis.

Jika opor ayam sudah diberikan santan dan mendidih, tinggal menggunakan api kecil untuk menyusutkan kuahnya. Cara ini diambil agar bumbu meresap ke dalam daging ayam, jadi ketika dinikmati akan terasa enak. Bumbunya bukan sekadar tempelan, tapi bisa meresap. Selamat mencoba memasak opor ayam! 

Komentar