Featured Post

Min Yoo Jung Tokoh Drama Korea Wanita Pekerja Keras di Must You Go

 

Min Yoo Jung Tokoh Drama Korea Wanita Pekerja Keras di Must You Go - Punya tokoh wanita favorit di drama Korea  terbaru? Saya ada satu tokoh wanita pekerja keras, yang berhasil mencuri perhatian. Dari jaman era Joseon, sampai dengan era sekarang tetep aja dia menderita. Jadi ini ceritanya drama Korea tentang reinkarnasi, dan kental dengan unsur musik.







 

Reinkarnasi atau tumitis memiliki makna lahir kembali. Ada kepercayaan dalam diri seseorang, yang diyakini bahwa siapa yang mati, akan dilahirkan kembali dalam bentuk berbeda di kehidupan yang lain. Saya jadi ingat Pakde yang tinggal di Bali, karena kebetulan ibu saya asli orang Bali dan keluarga besar masih di sana semua. Beliau bercerita kepada saya tentang kehidupan orang yang mati, dalam filsafat agama Hindu. Proses orang yang mati ini, nanti akan bereinkarnasi lagi, yang mana di kehidupan sebelumnya misalnya kurang baik perilaku orang tersebut di kehidupan yang baru dia bisa menjalani hidup menjadi lebih baik. Semacam diberi kesempatan oleh Tuhan, untuk merubah segala keburukan yang ada dalam dirinya.

 

Hal inilah yang sering dijadikan oleh banyak sutradara atau penulis naskah di Korea Selatan, mengangkat kisah tentang reinkarnasi. Jadi konfliknya ini biasanya tokoh utama punya masalah di masa lalu, yang masih mengganjal, belum terpecahkan, dan masih jadi konflik batin. Dia harus bereinkarnasi agar masalah tersebut bisa diselesaikan, dan tidak ada lagi ganjalan dalam diri dan kehidupannya.

 

Banyak banget drama Korea masa depan kembali ke masa lalu, atau juga sebaliknya, intinya tentang reinkarnasi, seperti drakor Chicago Typewriter, Arang and The Magistrate, Black Knight, 49 Days,  Rooftop Prince, The Legend of The Blue Sea, Tale of the Nine Tailed, dan lain sebagainya. Yang terbaru drama Korea reinkarnasi 2020, berjudul Must You Go. Nah, tokoh wanita inilah yang akan saya ulas, karena dia sudah bereinkarnasi dari kehidupan sebelumnya. Semua drama Korea yang saya sebutkan di atas, bisa ditonton melalui Aplikasi Viu.


 

Mengenal Sosok Min Yoo Jung di Drama Korea Must You Go




 

Must You Go Korean drama ini memiliki sinopsis sederhana, seorang pria dari era Joseon Park Yeon (Kang Chan-hee/Chani SF9) menjelajah waktu hingga 600 tahun berikutnya ke Seoul dan bertemu dengan seorang wanita. Wanita inilah sosok Min Yoo-jung, gadis pekerja keras yang bekerja apa saja, dan menjadi pengamen jalanan. Min Yoo-jung adalah wanita yang mirip dengan pujaan pria yang datang dari 600 tahun lalu ini, ia sudah bereinkarnasi dan tidak mengenalinya. Meski demikian Yoo-jung sering kali bermimpi, antara mimpi dan kenyataan ia sering bertemu dengan dengan lelaki yang mengenakan baju handbok Korea. Hanbok merupakan pakaian tradisional orang Korea Selatan, gaya Dinasti Joseon.

 

Min Yoo-jung di era Joseon adalah anak pejabat yang cantik, muda, pintar, bersuara emas, dan digilai oleh banyak pria. Namun, ayahnya dijebak berkhianat. Jadilah Yoo-jung sebatang kara, dan dihukum menjadi budak.

 

Pertemuan pertama Yoo-jung dengan Park Yeon, ketika Yoo-jung mencuci baju di sungai. Ia ingat masa ketika ia masih bersama ibunya di sungai, bernyanyi bersama dan bahagia. Maka Yoo-jung seketika bernyanyi untuk mengenang sang Ibu. Eh ... Park Yeon seolah diingatkan pada masa itu. Saat dirinya mencari inspirasi di sungai, samar-samar mendengar orang bernyanyi dengan suara yang indah. Tapi Park Yeon tidak pernah tahu siapa dia, barulah ketika Yoo-jung menjadi budak inilah, ia mendengar secara langsung dan mencari sumber suara. Dari situlah mereka saling mengenal, dekat, dan saling menyukai. Posisi Park Yeon pada saat itu orang terpandang, musisi terkenal di Joseon yang menciptakan banyak lagu hebat. Yoo-jung yang sadar akan posisinya, tidak pernah berani untuk meminta hubungan lebih.

 







Hubungan adem ayem itu terkena badai, ada dua wanita yang musuh banget sama Yoo-jung. Mereka berdua sering memfitnah Yoo-jung kepada tuannya. Bahwa Yoo-jung menggoda tuan muda, Park Yeon. Tuan ini murka dong, dipanas-panasin begitu. Beberapa pegawainya diminta untuk menangkap Yoo-jung. Mantan pegawai ayah Yoo-jung inilah yang menyuruh dirinya kabur sejauh mungkin, tapi tetap saja Yoo-jung ketangkap dan dimasukan ke dalam kuil. Ia dibakar hidup-hidup di sana, sebagai ganjaran karena tidak menuruti perintah. Park Yeon yang mencari tahu di mana Yoo-jung, melihat dengan mata kepala insiden tersebut. Dia tidak tinggal diam, lantas masuk ke dalam kuil dan mereka melebur bersama api. Karena rasa bersalah yang dalam inilah, Park Yeon tidak mati dan tidak juga hidup. Sampai pada akhirnya pada bulan merah darah, seseorang memanggilnya dengan petikan sebuah lagu. Di depan kuil di mana keduanya terbakar, dipertemukan kembali.

 

Min Yoo-jung di era sekarang, adalah seorang gadis yang periang. Tidak memiliki keluarga, orangtuanya meninggal dan mewariskan wasiat hutang. Makanya dia banting tulang bekerja keras, kerja apa saja setiap hari. Pagi dia bekerja menjadi penjaga minimarket, sore dia ngamen di jalan, dan malam harinya pulang. Kadang jika ada panggilan untuk menyanyi, memetik biola, atau pemain musik cadangan dia datang.

 

Seperti pada malam bulan merah darah tersebut, dia di minta  untuk datang ke sebuah tempat yang terpencil semacam bekas kuil. Bernyanyi dan memetik alat musik jaman  dahulu kala. Kalau saya sih nggak mau, tengah malam loh. Mana sepi banget tempatnya, tapi karena Yoo-jung ini butuh uang, dan belum membayar kontrakan yang nunggak akhirnya mau-mau aja. Sampai dia dikagetkan oleh kedatangan, pria dari era Joseon. Yoo-jung pingsan karena dikira ia bertemu dengan hantu, Park Yeon juga kaget ia merasa asing dengan lingkungan tersebut dan takjub dengan dunia yang sudah berubah. Ia menggendong Yoo-jung yang pingsan dan mencari jalan keluar.



Saatnya Bangkit! Seni Mengatasi Kegagalan dan Menjadi Manusia Sukses Sejati dari Karakter Tokoh Min Yoo-jeong

 


Apa yang dialami tokoh Min Yoo-jeong bisa dialami oleh siapa saja. Ditinggalkan oleh keluarga yang dicintai, diberikan wasiat bukan harta tetapi hutang yang menumpuk. Pilihannya ada di kamu, mau berlarut-larut meratapi nasib, atau segera bangkit!

 

Ini dia 3 Seni Mengatasi Kegagalan Ala Min Yoo-jeong di drama Korea Must You Go:

 

1. Menjadikan Ujian sebagai Kenaikan Iman

 

 

HR. Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah meriwayatkan, "Tidaklah ditimpakan kepada seorang yang memeluk agama Islam berupa penderitaan (Keletihan) penyakit, kesusahan, kesedihan, dan gangguan serta kepedihan sampai duri yang tertusuk padanya melainkan itu adalah pembersih (penghapus) dosa-dosanya".

 

Setiap manusia yang bernyawa pasti pernah merasakan ujian, ujian bisa berbagai macam bentuk. Ujian kesedihan misalnya, bisa datang dari sakit, patah hati, terlilit hutang, kematian seseorang, dan lain sebagainya. Inilah yang dinamakan bumbu kehidupan, ada tangis ada tawa, ada bahagia ada air mata. Tuhan akan menguji hamba-Nya, dengan sebuah berkah atau musibah.

 

Sebelum pisau atau pedang menjadi setajam itu, ada proses dalam menempa. Dari besi yang dipanaskan, dilelehkan, di bentuk, diasah, ditempa dengan banyak hal hingga menjadi pisau yang siap untuk memotong. Berlian atau batu akik, sebelum jadi secantik sekarang juga berawal dari batu yang biasa saja. Tempaan demi tempaan, sebuah kegagalan bukan karena Tuhan tidak sayang, tetapi karena Tuhan ingin menjadikan kita pribadi yang lebih baik. Maka tidak perlu berkubang duka, bangkit dan cari cara mengatasinya.

 

Ujian akan membuat kita lebih kuat dan hebat, ujian merupakan proses meninggikan derajat kita, karena ternyata ujian digunakan sebagai penghapus atau pembersih dosa-dosa kita. Baca lagi hadist di atas.

 

Demikian halnya dengan sosok Min Yoo-jung di drakor Must You-go, kehidupannya yang sebatang kara dan sulit. Tidak lantas membuatnya berdiam diri, ia bangkit terus berjalan penuh semangat. Kegagalan, kesalahan, dan kesakitan itu digunakannya untukk berusaha lebih giat dan lebih baik lagi dari kehidupan sebelumnya.

 

2. Move On dari Sifat Buruk

 

Min Yoo-jung di masa lalu, merupakan gadis yang awalnya percaya diri jadi minder karena berubahnya status. Ia terus menutup diri dari dunia luar, difitnah ya diam saja, dicap buruk ya diam saja, dizolimi ya menurut aja. Tetapi Min Yoo-jung di masa depan adalah gadis yang sudah memperbaiki diri, ia tumbuh dari yang pemalu jadi berani berada di depan umum. Ia menjadi pengamen jalanan setiap sore menuju petang, berbekal sebuah gitar yang dimiliki.

 

Kita semua tahu rasa percaya diri bercokol di dalam hati, mengaggap diri merasa lebih rendah dari orang lain. Kita selalu menghindar jika ditatap lawan bicara. Sedikit-dikit merasa dia lebih pintar, dia lebih cantik, dia lebih kaya, dan lain sebagainya sementara menganggap diri buaih di lautan.

 

Ingatlah bahwa manusia diciptakan merupakan makhluk yang paling sempurna, punya kelebihan dan kekurangan. Tetapi kita punya tugas, untuk menggali potensi yang ada dalam diri. Min Yoo-jung yang rendah diri berubah, menjadi Yoo-jung yang percaya diri karena berhasil mengubah potensi yang ia miliki. Ia pandai menyanyi, membuat lagu, bahkan memainkan alat musiknya. Setiap sore hari selepas menjaga minimarket, ia memainkan alat musiknya dan bernyanyi. Dari situlah ia menjajal kemampuannya, dan mendapatkan uang. Ia berusaha menghibur orang lain, dengan sebuah lagu. Tidak disangka sebuah agenci menawarkan untuk bekerja sama, agar Yoo-jung bergabung dan memulai debutnya.

 

Fokus lah kepada dirimu, dan abaikan standar hidup yang diciptakan manusia. Karena kita semua dihadapan Tuhan itu sama, hanya tingkat ketakwaanlah yang menjadi pembedanya.


3. Belajar Berbahagia dan Fokus Meraih Impian

 

 

Berbahagialah, karena bahagia kunci dari segalanya. Dengan bergembira dan bahagia adalah sebagian dari rasa nikmat dan syukur yang kita rasakan. Dari rasa gembira timbul jiwa yang kuat, tangguh, pikiran jernih dan dapat melakukan produktivitas seharian tanpa hambatan. Demikianlah sosok Min Joo-yung tumbuh, sekalipun dia tidak punya apa-apa tapi dia bahagia.

 

Mustahil dia tidak memikirkan apa pun, pastilah banyak hal yang dipikirkan namun dia mampu mengesampingkan masalah tersebut dan emngedepankan tujuan hidup. Orang tuanya pernah gagal, ia tidak boleh demikian. Ini dia resep bahagia versi Kim Yoo-jung :

 

  • Selalu tersenyum agar kebahagiaan datang
  • Bekerjalah agar kesempatan itu datang, jangan menunggu kesempatan baru bekerja
  • Membuka wawasan, dan mau belajar dari banyak sudut pandang agar tidak negatif thingking terus tapi juga belajar berlapang dada
  • Fokus dalam mengendalikan pikiran, tidak mudah termakan hasutan
  • Menyadari apa tujuan hidup dan hakikatnya
  • Yang sudah berlalu ya sudah, tidak usah diungkit ambil hikmahnya
  • Hiduplah dengan bercukupan tidak berlebih-lebihan.

 

Must You Go drama, memang jumlah episodenya pendek, hanya 8 episode. Tetapi cocok buat yang nggak kuat nonton drama panjang, kan biasanya ada tuh temen-temen males nonton drama panjang, nah Must You Go bisa jadi pilihan.

 

 

Detail Drama Korea Must You Go



 

Judul : Must You Go/Will You Leave/Leave Me Not/Are You Leaving

Negara : Korea Selatan

Genre : Drama, sejarah, romantis, fantasi, musik

Bahasa : Korea

Cast Drama : Chani, Park Jung-yeon, Lee Seung-hyub, Jian

Director: Lim Jae Kyung

Screenwriter: Park Sun Jae, Eo Seo Jin

Jumlah Episode : 8 Episode

Rilis : 26 Februari 2021-19 Maret 2021

Setiap Hari : Jumat/Sabtu (Viu)

Penayangan di : Aplikasi Viu

Durasi  30 menit/episode

 

 

Nonton Drama Korea Terlengkap ke Aplikasi Viu Aja!

 

 

Nah, teman-teman dari awal saya nonton drama Must You Go ini melalui aplikasi Viu. Buat kalian yang mau nonton drama Korea yang lainnya juga bisa langsung download Aplikasi Viu di Play Store atau App Store. Download dan instal aplikasi Viu ke ponsel itu gratis, pun akses nontonnya ke aplikasi Viu juga gratis 30 hari untuk pengguna pertama. Setelahnya bisa berlangganan, dengan biaya yang sangat murah sekali Rp15 ribu/bulan aja sudah bisa nonton streaming maupun download dan ditonton nanti.



Panduan Cara Download Viu di Ponsel







 

Sering kali saya dapat chat ke WhatsApp maupun Messeger yang menanyakan di mana saya menonton drama Korea, kok sering mengulas ke dalam blog. Saya download Aplikasi Viu, ialah aplikasi streaming dan download yang legal.

 

Viu tidak hanya menyajikan drama Korea saja, banyak film dari berbagai negara yang bisa diakses di sana. Drama China ada, crama Jepang ada, film Indonesia ada, talkshow, documentary, dan lain sebagainya lengkap di aplikasi Viu. Kalau nggak percaya cobain download dulu, saya yakin kalau udah download nggak bakalan kecewa. Siapa tahu juga film atau drama incaran yang kamu cari ada di sini.

 

Nah gimana sih cara download aplikasi Viu ini, dan langkah dalam menggunakannya? Berikut panduannya:

 

1. Buka aplikasi Viu, dengan terlebih dahulu mendownloadnya di ponsel. Untuk android silakan menuju Play Store, untuk iOS langsung ke App Store. Ketik nama 'Viu' dan instal.

 

2. Aplikasi sudah bisa dibuka via ponsel nih! Langkah selanjutnya buat akun di Viu dengan memasukan alamat gmail, facebook, atau menggunakan nomor ponsel. Mengapa saya menyarankan untuk registrasi? Karena meminimalisirkan adanya iklan, saat teman-teman menonton tayangan film maupun drama di aplikasi Viu.

 

3. Langkah selanjutnya menuju ke 'Pengaturan' di menu garis tiga sebelah kanan. Ubah kualitas video menjadi kualitas tinggi (HD).

 

4. Jika ingin melihat-lihat film, drama, atau tayangan lainnya bisa langsung ke 'halaman depan', tapi kalau langsung kepengen nemu film atau dramanya langsung bisa search pada ikon 'kaca pembesar' dan ketik judulnya.

 

5. Film atau drama sudah muncul, klik dan tinggal klik ikon panah ke bawah tersebut. Itu artinya kita langsung download, tapi kalau mau nonton streaming tinggal klik aja 'putar'.

 

Kelebihan menggunakan fitur download ini film atau dram bisa ditonton lain waktu, kalau kita belum selesai karena sudah menyimpannya. Jadi nggak perlu search ulang. Nanti downloadan yang sudah berhasil tinggal di cek saja pada box kanan pojok, dengan ikon panah ke bawah.

 

Semoga cara download aplikasi Viu di atas untuk ponsel, bisa menjadi panduan dan dapat membantu teman-teman dalam memasang aplikasi Viu. Karena nonton drama Korea di Aplikasi Viu itu sangat mudah.

 

 

Ini Dia Keunggulan Menonton Drama Korea Melalui Aplikasi Viu






 

  • Viu memiliki banyak pilihan tontonan, mau nonton film, drama, anime, talkshow, dari dalam dan luar negeri ada.
  • Viu isa diunduh atau diputar dengan bebas. Tergantung kita mau pilih yang mana. Di tonton online asik, ditonton offline juga enak.
  • Viu bisa diakses gratis selama 30 hari, tapi siap-siap aja ada jeda iklannya. Sementara yang berlangganan tidak ada iklannya, pilih mana? Semua tergantung selera.
  • Update tayangannya cepat. Nah ini paling asyik, jadi nggak ketinggalan lama meski dramanya masih jalan.
  • Viu genrenya komplit. Mau notnon drama, komedi, romantis, misteri pembunuhan lengkap. Jadi kita kaya akan tontonan, apalagi buat yang memiliki hobi mereview atau menulis bisa jadi referensi nih. 
  • Viu bisa diakses dibanyak perangkat. Ini nih yang bikin Viu tambah keren, bisa diakses dengan banyak gadget. Ibu, ayah, anak, atau saudara juga bisa make nih langganan ramai-ramai. Kalau kumpul bisa jadi diskusi seru nih.
  • Langganan Viu sangat hemat di kantong. Gimana tidak? Allhamdulillah kemarin saya dapet yang promo perbulan Rp15ribu/bulan. Tetapi teman-teman juga bisa kok milih paket, ada beli1dapat 1 Rp30ribu, promo 6 bulan Rp100ribu, dan ada juga promo 1 tahun Rp200ribu. Tinggal disesuaikan isi dompetmu.

 

Kebiasaan menonton drama atau film, bisa jadi membuatmu dilirik untuk bekerjasama. Tidak hanya book reviewer aja nih yang sering dapet buku gratis dan diajak kerjasama oleh penerbit. Siapa tahu kamu juga diajak untuk mengisi portal drama Korea di website-website sebagai penulis lepas. Kan lumayan? Hobi yang berbuntut jadi profesi, asik! Tetapi ingat, nontonnya di Aplikasi Viu ya! Salam.

 

Informasi Aplikasi Viu

 

Website : https://www.viu.com/
Instagram : https://www.instagram.com/viuindonesia/
Twitter: https://twitter.com/Viu_ID
Fanspage : https://web.facebook.com/ViuIndonesia
Youtube : https://www.youtube.com/channel/UClngvUWJ5jz2PQJQlNb0fFw
Download di sini : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.vuclip.viu&hl=in&gl=US

 

 

Sumber Pendukung Artikel

 

https://www.viu.com/
https://www.youtube.com/watch?v=3R8zUD4O04A
https://www.nyipenengah.com/2021/03/review-must-you-go-web-drama.html

Komentar

  1. Aku belum nonton, Nyi. Jadi makin penasaran nih mau nonton, apalagi ada Song Bo-ra yeyyyyyy

    BalasHapus
  2. Kreator drakor tuh makan apa siik, kok bisa kreatif2 bin keren gini hasil karya mereka. mosok kimchii sebaskom tiap hari kali yaa, wkwkwk
    Yang jelas, VIU ini sangat bisa kita andalkan jadi sohib plek masa corona yaaa

    BalasHapus
  3. Mengapa drakor mendunia, menurut saya penggarapannya selalu serius sekalipun diangkat dari kehidupa sehari-hari. Ide reinkernasi itu sudah tua banget, tapi bagaimana ia dikemas dengan baru, mengikuti kejiwaan penggemar drama, jadinya ya selalu menarik deh Mbak :)

    BalasHapus
  4. kayaknya menarik film nya, aku blm nonton krn masih nonton yg dulu2 blm sepmat nonton.
    Nasihat2 dalam film ini juga bagus ya Nyi, mengajak kita utk tidak diam di tempat meratapi nasib. Abis ini aku pasti nonton deh

    BalasHapus
  5. Wihhhh jadi penasaran pengen nonton. Ini di VIU ya kak cuman adanya? kayanya banyak drakor bagus yang bisa ditonton nih. Sambil weekend an dan me time dan mamam makanan Korea. Sedep!

    BalasHapus
  6. Pelajaran yang sangat berharga ya. Kalau kita nonton drakor gini ga terasa kita jadi sambil belajar tentang nilai kehidupan juga.

    BalasHapus
  7. Menarik banget ya idenya, writernim Korea pada kreatif banget ya dan risetnya itu kuat ngga heran ceritanya seru..

    BalasHapus
  8. Ya ampuun mba, nambaaah deh ini list to watch kuuu hahaha :p. Reviewnya menariiiik. Aku ngebayangin di laki2 zaman Joseon ngeliat perkembangan zamannya jd modern reaksinya gimana :D. Seru pastiii.

    Apalagi eps cuma pendek. Jd okelaaah, aku bisa cepet nontonnya :D

    BalasHapus
  9. Berat sekali hidup mbak Min ini ya huhu
    Iya sih ujian akan bikin kuat tapi kalau gk berhenti2 ya puyeng hehe, amit2 deh, moga kita diberi kemampuan utk kuat menghadapi apa aja.
    Aku juga langganan VIU, simple aplikasinya, biasnaya ku nonton anime atau dorama gtu. Sesekali nonton drakor. Saat ini drakor yg ku tonton River yg dulu ada Jisoo-nya itu huhu

    BalasHapus
  10. wuah aku baru tahu drakor ini
    hmm boleh banget sih untuk ditonton
    aku pengen tahu karakternya Min Yoo Jung

    BalasHapus
  11. Aku kalau nonton drama Korea yang kuperhatikan itu sudut pengambilan gambar, properti yang digunakan serta nuansa yang ditonjolkan
    Itu modal untuk fotografiku

    BalasHapus
  12. Wahh kayaknya aku tahu nih cuplikan drma Must You Go dr IG. Bagian yg kocak itu yg Yoo Jung di sruh ke tempat horor mbk. Hhehehee.
    Jadi Banyak hal yg dialami si tokoh ini ya ternyata
    Pun nyak pula pelajaran yg bisa diambil

    BalasHapus
  13. Wah keren ya benang merah ceritanya ini, aku suka kalo ceritanya reinkarnasi gitu jadi berhalusinasi di masa lampau atau masa depan aku jadi siapa hehehe

    BalasHapus
  14. Noted! Bisa jadi pilihan drakor yang bisa ditonton nih. Aku juga suka nonton pakai Viu hehehe, tapi suka bingung mana yang bagus drakornya wkwk

    BalasHapus
  15. senang banget saat ada film yang angkat sosok kekuatan perempuan, menunjukan bahwa kaum perempuan saat ini memang sudah mampu berdiri dikakinya sendiri. btw saya juga langganan VIU nya

    BalasHapus
  16. Keren nih reviewnya lengkap, aku jadi penasaran pengen nonton langsung filmnya. Oh ya sekarang bisa nonton di VIU ya jd makin mudah.

    BalasHapus
  17. Kebetulan banget saya juga udah donlot Viu.
    Pengen nonton film ini ah, apalagi serialnya pendek aja, cuman 8 episode.

    BalasHapus
  18. wow reviewnya lengkap banget kak.. hayoo para pecinta drakor segera download VIU.. ada banyak pilihan drama yg keren2 buat jd temen santai di rumah..

    BalasHapus
  19. Asik niih...review dari aplikasi terpercaya buat nonton.
    Dramanya seru, aplikasinya juga mantap.

    BalasHapus
  20. Belun sempat nonton drama ini nih. Kalau buka VIU kuseringnya nonton kshow sih 🤭 sekarang lagi ngikutin Youn Stay

    BalasHapus
  21. Nonton drama itu, kadang bisa belajar bab kehidupan dari para karakternya. Termasuk karakter wanitanya... kalo karakternya baik dan menginspirasi, layak banget jadi idola, dan mengadaptasi karakternya,,,

    BalasHapus

Posting Komentar