3 Tips Menentukan Nama Domain Blog

Posting Komentar


3 Tips Menentukan Nama Domain Blog - Selamat pagi! Allhamdulillah berjumpa lagi dengan bulan Ramadan, kali ini aku ikutan challenge dari Blogger Perempuan untuk menulis blog sebulan penuh. Di tengah kesibukan menjaga dua mertua yang sedang sakit, aku harus tetap waras dong ya? Salah satu cara waras yang bertahan sampai saat ini, adalah dengan menulis. Menulis blog menjadi satu pilihan yang tepat bagiku, selain itu bonusnya dapet cuan! Yeeee!







 

Sedikit sharing bagaimana memilih nama domain atau nama blog bagi teman-teman yang ingin memulai ngeblog harus hati-hati ya. Eits ... hati-hati di sini karena nama blog merupakan hal paling penting. Dulu pertama kali ingin membuat blog, saya langsung kepikiran pakai nama lengkap. Eh, ternyata pilihan nama blog yang baik itu terdiri dari satu atau dua kata lho! Nama Nyi Penengah Dewanti, otomatis kepanjangan dong, akhirnya saya pangkas jadi nyipenengah dan ekstensi domain yang saya pilih (dot) com karena sudah sangat familier.

 

            Sementara ngeblogasik.com ini saya buat lagi, karena saya kepengen punya banyak blog. Seneng aja gitu, kalau punya banyak blog terus bisa menghasilkan banyak cuan. Soalnya kegiatan saya kan full time di rumah, meski di rumah ada mertua yang harus dijaga, ada warung yang harus setiap hari pergi ke pasar kulakan, ada suami yang harus ditemani, dan masih banyak pekerjaan rumah yang lain. Nah, menulis blog ini menjadi salah satu cara membahagiakan diri sendiri.

 

Buat teman-teman yang ingin memilih nama blog, agar nama blog yang mudah diingat memang gampang-gampang susah. Tapi kuncinya, mau bahas apa dulu di dalam blognya? Baru disesuaikan dengan pilihan nama blog.

 

 

Arti Nama Blog Ngeblogasik.com

 

 

"Blog barumu namanya ambigu," ucap salah seorang sahabat ngeblogku yang tinggal di Jakarta.

 

Terus saya ngulang baca lagi, nama blog yang baru dan saya ucapkan keras-keras. Ternyata iya, antara 'ngeblog asik' dan 'ngebog ga asik' hahaha ... lha tapi udah kadung dibelikan ekstensi domain (dot) com. Meski begitu saya tetep suka sih, sama blog ini. Soalnya dibikinnya udah lama, cuma baru dibeliin ekstensi domain baru.

 

Kalau di tanya arti nama blog ngeblogasik.com, ya artinya sesuai nama blognya. Ngeblog itu asik, ngeblog itu hepi, ngeblog itu menyenangkan, dan saya menikmatinya.

 

Menurut pakar ngeblog yang sudah mumpuni banget, Om Sugeng yang pernah saya baca di blog beliau, "Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah sebisa mungkin untuk tidak menggunakan domain gratisan," ungkap beliau. Alasannya karena blog itu kan bakalan dikelola secara serius, makanya harus memakai domain yang berbayar.

 

Saya membenarkan sih, apa yang diungkapkan Om Sugeng, apalagi kalau ingin mendapatkan penghasilan dari ngeblog. Ya harus mau beli ekstensi domain, karena brand lebih sering mengajak kerjasama blog yang berbayar. Selama saya lima tahun ngeblog ini, ya demikian.

 

3 Tips Menentukan Nama Domain Blog


 

Memberikan nama domain blog sesuai dengan hobi


 

Setiap dari kita pasti memiliki kegemaran atau hobi, kalau saya kan senang membaca buku dan menonton blog saya kurang lebih isinya tentang hal tersebut. Tetapi kalau teman-teman punya hobi berkebun, memancing, otomotif, blognya pakai nama yang disesuaikan dengna hobi saja. Contohnya :

 

Hobi membaca buku, bisa menggunakan nama blog : reviewbuku, sukabaca, membacaasik, dan lain sebagainya. Ekstensi domainnya tinggal sesuaikan dengan yang dipilih karena ada banyak ekstensi domain. Ada com, net, org, id, dan lain sebagainya.

 

 

Keyword atau kata kunci, ini biasanya dibidik


 

Misalnya nih saya kan punya usaha booksleeve, atau souvenir gitu. Saya membidiknya menggunakan kata kunci 'booksleeve', jadi misal dibuat blog jadinya begini 'booksleeve.com', tergantung teman-teman membidik kata kunci apa.

 

 

Menggunakan nama domain yang brandable

 

 

Kamu biasanya dikenal sebagai apa? Misalnya ingin dikenal sebagai blogger traveling, beauty blogger, blogger tekno, food blogger, dan lain sebagainya. Buatlah blogmu sebagai branding dirimu. Ada sahabat saya yang suka banget ama Korea, blognya diberi nama Lendyagasshi, agasshi dalam bahasa Korea berarti nona.





#BPNRamadan2021
#Day1

Related Posts

Posting Komentar