Kominfo Dan Smartfren Uji Coba 5g Indonesia

10 komentar


Kominfo Dan Smartfren Uji Coba 5g Indonesia - Jaringan 5G merupakan teknologi seluler generasi kelima, penerus 4G yang dklaim memiliki kecepetan fantastis, meningkatkan fleksibilitas layanan, dan latensi rendah.



jaringan 5g hp apa kecepatan jaringan 5g aplikasi jaringan 5g negara yang sudah menggunakan jaringan 5



 

Nah, akhirnya layanan jaringan 5G tersedia di Indonesia, dilansir dari cnnindonesia.com dan Smartfren sudah melakukan trial test jaringan 5G pada Kamis (17//6/2021). Uji jaringan ini sudah kalikedua dilakukan, yang pertama tahun 2019, dan yang kedua bertempat di Galerry Sabang Smartfren bersama Kemkominfo.

 

 

4 Fakta Jaringan 5G



 

Sangat Cepat

5G memberikan kecepatan data puncak sampai 20 Gbps, di mana 5G ini akan menyediakan banyak kapasitas jaringan dengan spektrum baru. Meskipun pengguna berpindah-pindah

 

Tersebar di Banyak Negara

Lebih dari 60 negara, operator global sudah mulai meluncurkan jaringan 5G di awal 2019.

 

Merupakan Teknologi yang Aman

Dibanding generasi yang sebelumnya, Deloitte perusahaan jasa konsultansi mengatakan jika jaringan 5G merupakan teknologi yang aman untuk manusia, tumbuhan, dan juga hewan.

 

Latensinya Rendah

Dalam artinyan latensi rendah ini (minim terjadi penundaan), karena kapasitas jaringannya yang besar.

 

 

Apa Kata Mereka pada Gelar Uji Coba Teknologi 5G?


 

jaringan 5g hp apa kecepatan jaringan 5g aplikasi jaringan 5g negara yang sudah menggunakan jaringan 5
Kominfo Dan Smartfren Uji Coba 5g Indonesia




Pada Uji coba tersebut teknologi 5G dipraktikan, kebeberapa perangkat seperti, Modem WiFi (MiFi), pemutaran video 360, VR (Virtual reality), VR Game, dan juga AR (Augmented Reality). ZTE dan Qualcomm ikut serta mendukung, pada pengujian kali ini dan menyaksikan kecepatan jaringan 5G lebih dari 1,8 Gbps, diberbagai eprangkat CPE (Customer Premise Equipment), di modem dan MiFi 5G.

 

Dalam pengujian 5G tahap kedua ini, skenario yang diujikan adalah menggunakan MiFi dan menghubungkannya ke headset VR dan AR. Kemudian pada headset VR tersebut ditayangkan video VR Wonderful Indonesia milik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, video feed dari kamera 360 yang diletakkan di area galeri, streaming game VR menggunakan laptop gaming serta menggunakan headset AR terkoneksi 5G untuk menjalankan perintah tertentu. Luar biasa bukan? Yuk kita dengar apa kata mereka soal jaringan 5G?


Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika, Kominfo, Mulyadi, ST., MT.,   dalam pembukaan acara 5G Trial Kominfo bersama Smartfren di Galeri Smartfren Jakarta, Kamis (17/6/2021), mengungkapkan jika, “Hasil uji coba ini tentu saja kita tunggu bersama, karena kita ingin melihat seberapa efektif penggunaan frekuensi tinggi untuk layanan 5G sehingga kita bisa me-review merencanakan kembali bagaimana pita frekuensi tinggi ini digunakan untuk layanan 5G di masa depan. Di samping untuk melihat efektivitas penggunaan frekuensi tinggi untuk layanan 5G, pemerintah juga berharap uji coba ini dapat dilaksanakan untuk mendorong inisiatif ekosistem baru, use case baru, atau aplikasi layanan baru yang bisa digunakan di layanan 5G.”

 

Sementara President Director Smartfren, Merza Fachys, mengatakan, “Kehadiran 5G bisa dipastikan akan menjadi game-changer untuk industri telekomunikasi di Indonesia. Setelah sebelumnya kami sukses memperlihatkan skenario 5G untuk industri, kali ini kami ingin memperlihatkan skenario 5G di sisi penggunaan yang lebih variatif dan luas. Semoga pengujian ini bisa memberikan gambaran yang jelas, bahwa saat implementasi 5G dilakukan, maka masyarakat serta industri yang akan mendapatkan manfaat besar.”

 

Chief Technology Officer Smartfren, Shurish Subbramaniam menegaskan, “Smartfren slalu mengedepankan pengalaman terbaik pelanggan di dalam setiap inisiatif yang dilakukan. Guna mendukung semua skenario penggunaan 5G yang mewujudkan kecepatan, keamanan, dan koneksi berlatensi rendah sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan perusahaan, Smartfren telah menunjukkan kemampuan infrastruktur end-to-end dalam 5G kami. Smartfren juga telah meletakkan pondasi 5G di seluruh negeri, dengan memanfaatkan inti berbasis teknologi cloud, transportasi yang ditentukan oleh piranti lunak. Radio akan diaktifkan sesuai kebutuhan band dan spektrum. Setiap uji skenario yang ditunjukkan di sini menunjukkan kemampuan smartfren untuk memenuhi semua skenario penggunaan 5G termasuk koneksi data berkecepatan tinggi, pendidikan cerdik melalui VR, perjalanan virtual, pemantauan jarak jauh untuk Industri, dan banyak lagi.”

 

Chief Marketing Officer, ZTE, Warren Huang,  Indonesia mengatakan, “Kami percaya bahwa 5G mampu menciptakan inovasi dan mendorong pengembangan yang lebih baik di berbagai perangkat dan teknologi. Kami sangat senang dapat mendukung Kementerian Komunikasi dan Informatika yang bekerja sama dengan Smarftren dalam uji coba 5G untuk memberikan gambaran tentang manfaat 5G. Kedepannya, kami akan terus bekerja sama dengan Smartfren untuk membawa kemampuan terbaik kami dalam meningkatkan manfaat 5G untuk kehidupan kita.”

 

Managing Director Qualcomm Indonesia, Shannedy Ong, menambahkan juga, “Qualcomm menyambut baik kerja sama Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan Smartfren dalam mendukung Indonesia mencapai Industri 4.0, di mana 5G memainkan peran penting dalam industri dan pengalaman konsumen. Kami sangat berkomitmen dalam mendukung Indonesia untuk meningkatkan berbagai inovasi 5G serta mendapatkan bermacam-macam manfaatnya.”



jaringan 5g hp apa kecepatan jaringan 5g aplikasi jaringan 5g negara yang sudah menggunakan jaringan 5
Kominfo Dan Smartfren Uji Coba 5g Indonesia



 

Sebagai pengguna aktif internet, tentunya saya menyambut baik hal ini. Tapi, juga ketar-ketir apakah harus beli hape baru, jika jaringan semuanya sudah berubah jadi 5G semoga tidak ya. Soalnya masih banyak brand-brand besar ponsel masih banyak yang mengeluarkan ponsel dengan jaringan 4G, bisa jadi beberapa tahun ke depan sudah akan mulai merata ya? Buat yang ketinggalan tayangannya, bisa langsung kepoin ke link ini ya : https://www.youtube.com/watch?v=-RMB_5Tx_PY. Apa pun itu, perubahan terus terjadi semoga selalu mengarah ke hal yang lebih baik lagi. Semoga informasinya, bermanfaat. Salam.


Related Posts

10 komentar

  1. Wow..sudah ada 5G ya sekarang? uuh..mantab bener nih Smartfren ya.. Jadi pionir yg selalu terdepan euy..

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi ingat saat pertama pakai modem smartfrenku nih..andalan banget dibawa kemana-mana..hehe..

      Hapus
  2. Saya juga percaya 5G bisa membuat kita terkoneksi dengan baik. Nunggu actionnya nih kalo hp udah nih 5G

    BalasHapus
  3. Wuih sudah afa dan sudah masuk nih 5G semoga makin lancar akses Internetnya nih

    BalasHapus
  4. ga sabar nih rasanya nunggui 5G semua support, baik provider internet maupun gadgetnya. Inget nggak Nyi ketika dulu kita mau beralih ke 4G aja udah senengnya kayak apa yaaa ;)

    BalasHapus
  5. Semoga 5G segera bisa diakses di banyak kota ya nyi. Apalagi di masa pandemi gini kehidupan kita tergantung banget sama Internet. Dari mulai sekolah kwrjaan bahkan sampe urusan belanja. Jd ga sabar nih menyambut tG

    BalasHapus
  6. Wah nggak kebayang internetan pakai 5G. Yang sekarang pakai 4G aja udah seneng banget karena pjj lancar, mamah nonton drama Korea juga lancar. Keren ya smartfren jadi pelopor 5g di indonesia

    BalasHapus
  7. Ternyata Indonesia sudah ada jaringan 5G ya, mana hapeku belum support pula, kudu jajan hape baru inii hehehe

    BalasHapus
  8. Smartfren sungguh up to date.
    Sudahlah saja menerapkan 5G.
    Semoga juga sudah ready access di banyak kota besar di Indonesia.
    Gass poll Smartfren ^^

    BalasHapus
  9. Wow udah 5G aja keren memang teknologi ya. Cepat sekali. Semoga makin cepat aja dan gak kelamaan loading serta 5G ink bisa diakses di seluruh pelosok Indonesia.

    BalasHapus

Posting Komentar