Mengenal Filosofi Hujan Singkat dan Apa Makna dibaliknya

Posting Komentar


Mengenal Filosofi Hujan Singkat Apa dan Makna dibaliknya - Kebanyaan orang mengartikan filosofi hujan tentang rindu, padahal aslinya filosofi hujan itu banyak banget dalam kehidupan.



filosofi hujan singkat filosofi hujan tentang cinta filosofi hujan tentang rindu quotes hujan islami
Mengenal Filosofi Hujan Singkat


 

Beberapa hari ini udara di tempat saya panas, hujan belum turun sampai detik ini, padahal cuacanya terlihat mendung loh. Pada postingan kali ini nggak tahu tiba-tiba aja pengen menuliskan cerita filosofi hujan, di mana hujan merupakan perihal kesabaran setetes air yang akhirnya jatuh ke bumi. Bukan perjalanan yang singkat dan tidak mudah.

 

 

5 Makna Filosofi Hujan yang Jatuh

 

 

Apakah kamu termasuk yang kerap merutuki hujan? Hujan kok nggak datang-datang, udah panas banget nih bumi. Ya ampun hujan nggak berhenti-berhenti, aku kan mau pergi ... duh hujan terus, jadi banjir deh? Mulai sekarang, jika hujan turun hindari mencaci makinya, tapi nikmati bahwa hujan adalah sekelumit rahasia Tuhan tentang alam semesta.

 

 

Belajar Kesabaran dari Hujan Setelah Kemarau Panjang

 

Indonesia memiliki dua musim, kemarau dan penghujan. Lantas apa jadinya jika hanya terjadi musim kemarau saja? Kekeringan akan terjadi di mana-mana, dan bumi jadi tidak seindah yang kit tahu saat ini. Beruntunglah bahwa kita masih bisa menikmati hujan, dari kemarau yang panjang.

 

Dari sinilah kita bisa mengambil pelajaran, bahwa dibalik segala kesengsaraan dan kesulitan, ada penolong yang akan menghibur diri kita.

 

Tidak Hanya Manusia yang bisa Marah, tapi Hujan juga Bisa nggak Ramah

 

Siapa yang menyayangi lingkungan dan bumi, alam semesta pun akan melakukan hal yang sama. Tetapi  jika kebalikannya, alam pun bisa murka. Tahu kan kalau hujan marah? Akan terjadi banjir di mana-mana, karena manusia tidak menjaga lingkungannya dengan baik. Contoh simpelnya, buang sampah sembarangan, menebang hutan seenaknya, dan lain sebagainya. Jadi yuk saling menghormati satu dengan yang lain.

 

Hujan Menjadi Waktu Mustajab untuk Berdoa

 

Dalam agama Islam, setiap kali hujan turun muslim disunahkan untuk berdoa. Karena doa pada saat hujan jatuh, akan dapat langsung dikabulkan atau diijabah oleh Allah SWT. Dari Sahi bin Said radiyallahu'anhu, beliau berkata bahwa Rasulullah shalallahu'alaihi wa sallam bersabda: "Dua doa ang tidak akan ditolak: doa ketika adzan dan doa ketika turunnya hujan". (HR. Al Hakim dan Al Bahaqi)

 

 

Meski Kadang Jatuhnya dibenci ia Tetap Kembali

 

Berapa banyak orang yang kadang merutuki jatunya hujan? Meski demikian ia tidak pernah menyerah. Kehadirannya yang kadang tidak disadari jatuh ke bumi yang memberikan kebermanfaatan, namun ia tetap bersemangat.

 

Hujan memberikan kita pemaknaan, apapun cobaannya dan ujiannya jangan pernah menyerah begitu saja. Gagal, coba lagi terus dan bangkit lagi.

 

 

Hujan Mengajarkan Arti Kehangatan

 

Saya termasuk orang yang mengeluh jika hujan tidak turun, karena cuaca gerah dan panas. Ketika hujan turun ia memberikan warna berbeda, ada dingin yang menusuk, ada rintik yang ramai, pun ada bau yang hanya bisa kita hidu ketika ia turun. Segala sesuatunya menawarkan sebuah kehangatan.

 

Terima kasih sudah membaca artikel saya, Mengenal Filosofi Hujan Singkat dan Apa Makna dibaliknya. Salam.


Related Posts

Posting Komentar