Berikut Cara Mendaftarkan Blog ke Google Search Console

Posting Komentar

Berikut Cara Mendaftarkan Blog ke Google Search ConsoleBuat teman-teman yang suka ngeblog, jangan lupa untuk mendaftarkan websitenya ke Google Search Console ya? Karena hal ini berguna untuk membuat artikel cepat diindex oleh Google.


Berikut Cara Mendaftarkan Blog ke Google Search Console


 

Selain itu Google Search Console memiliki beragam fungsi lain, seperti :

 

Kita bisa melakukan submit sitemap, dari blog yang kita miliki. GSC ini menggantikan Webmaster Tools, yang hilang. Istilahnya updatean terbarulah ya.

 

Kita bisa melihat jumlah halaman yang terindeks apa saja oleh Google. Terindeks maksudnya sudah terdeteksi di halaman Google.

 

Kita bisa melihat rata-rata berapa jumlah halaman yang kena crawl (proses google merayapi sebuah situs) Kalau semakin sering dicrawl, akan semakin bagus blog kita dimata google.

 

Kita bisa mengetahui internal link dengan jumlahnya

 

Dengan GSC, kita bisa tahu ada masalah pengindeksan, adanya spam, dan lain sebagainya

 

Dengan GSC kita jadi tahu kata kunci atau query keyword yang sering muncul dan dicari oleh pengunjung yang mengunjungi blog kita.

 

GSC akan memberitahu kita posisi rata-rata halaman dari sebuah keyword yang kita bidik.

 

Fungsi Google Search Console, bisa teman-teman pelajari lagi setelah mendaftarkan website ke Search Console, karena nanti bisa diutak atik.

 

Dengan Google Search Console kita sebagai pemilik blog akan terbantu, apalagi yang ingin artikelnya masuk di page one Google. Harus sering-sering mengunjungi untuk mengoptimasi artikel-artikel tersebut. Dukung juga blogmu dengan mendaftarkannya di Google Analytics, agar kita tahu dan bisa mengamati pengjunjung yang sering datang ke blog kita yang berpengaruh kepada trafik.

 

Ini Dia Cara Mendaftarkan Blog ke Google Search Console

 

 

1. Membuat Akun di Google Search


Membuat Akun di Google Search


 

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengunjungi laman : https://search.google.com/search-console/.

Setelah halaman tersebut terbuka, kita diminta untuk sign in email dan passwordnya yang sesuai.

 

2. Memasukkan alamat blog/website

 

Masukkan nama domain blog/websitemu di bagian kanan. Contohnya seperti gambar di bawah ini ya. Dengan URL lengkap, kayak di bawah ini dan kemudian klik selanjutnya.


Memasukkan alamat blog/website


 

Akan ada notifikasi jendela baru yang mengabarkan untuk, 'Verifikasi kepemilikan'. Pilih 'Tag HTML', dan copy kode tersebut.




Setelah dicopy, kita menuju ke dashboard blogger. Masuk ke menu 'Theme/Tema', klik 'Edit HTML'. Jika sudah simpan kode tadi di bawahnya tulisan <head> kemudian klik save theme.


Berikut Cara Mendaftarkan Blog ke Google Search Console


 

Apabila sudah, silakan kembali lagi ke halaman Google Search Console dan klik 'Verify'. Akan ada tampilan seperti ini jika berhasil. Tinggal klik Buka Properti, deh. 

 

Kepemilikan Telah Diverifikasi


Selamat, blog anda sudah terdaftar di Google Search Console, jadi setiap kali posting artikel jangan lupa untuk memasukan URLnya ke kolom 'Inspeksi URL' agar cepat terindeks.


Terima kasih sudah mampir ke blog dan membaca artikel berjudul 'Berikut Cara Mendaftarkan Blog ke Google Search Console', semoga bermanfaat salam.

 

Related Posts

Posting Komentar