5 Hobi yang Menghasilkan Uang

Posting Komentar


5 Hobi yang Menghasilkan Uang - Sesuatu yang senang kita lakukan bisa disebut dengan hobi. Kalau KBBI sendiri bilang hobi adalah kegemaran, kesenangan yang dilakukan di waktu senggang. Hobi diturunkan dari bahasa Inggris, yakni Hobby. Ada banyak hobi yang menghasilkan uang banyak.


Hobi yang menghasilkan Hobi yang menghasilkan uang Hobi menulis yang menghasilkan uang
5 Hobi yang Menghasilkan Uang



 

Hobi memiliki tujuan di mana terpenuhinya keinginan untuk mendapatkan kesenangan. Dulu waktu SD saya punya hobi mengoleksi perangko bekas. Tetapi makin saya besar hobi berubah, mengumpulkan foto idola kemudian dilaminating dan dijadikan gantungan kunci. Hahaha ... aduh saya jadi malu kalau ingat, tapi yah namanya juga anak baru gede ye kan? Pasti punya idola yang dijadikan penyemangat.

 

Hobi sangat bermacam-macam, kalau kamu masih bingung coba tengok beberapa jenis hobi di bawah ini. Cocokkah dengan kesenanganmu?

 

Menonton, melukis, berkebun, fotografi, menjahit, filateli, jalan-jalan, makann, membuat origami, memasak, menulis, bersepeda, otomotif, dan lain sebagainya.

 

Ada juga nih hobi yang yang tidak baik, apa coba? Mengintip, mengutil, stalker mantan eh ... hehehe. Jangan ya, hindari hobi yang tidak baik tersebut. Pun ada hobi yang menghasilkan banyak duit.

 

Kalau kata Ridwan Kamil, "Pekerjaan paling menyenangkan di dunia adalah hobi yang dibayar". MasyaAllah.

 

Saya juga tidak menyangka ngeblog termasuk, hobi menulis yang menghasilkan uang. Kegiatan menulis mulai saya gandrungi sejak 2011, ketika saya merantau ke negeri tirai bambu.

 

 

Ini Dia 5 Hobi yang Menghasilkan Uang

 

 

Banyak peluang di sekitar kita yang bisa dijadikan hobi, kalau biasanya kita menghabiskan waktu untuk hobi bagaimana jika hobi tersebut kita jadikan peluang menghasilkan cuan. Nah, di bawah ini ada 11 hobi yang menghasilkan uang banyak, apa saja? Yuk ulik lebih detail

 

 

Hobi yang menghasilkan Hobi yang menghasilkan uang Hobi menulis yang menghasilkan uang
Hobi menulis yang menghasilkan uang


1. Dengan Menulis

 

Biasanya orang yang suka membaca juga pandai menulis, sayangnya tidak semua orang mau menulis. Kadang hanya jadi penikmat saja, tapi jika ditelateni hal tersebut bisa mendatangkan uang loh.

 

Seperti saya yang awalnya menyukai dunia baca, jadi tertantang untuk menulis. Perlahan menulis dari puisi dahulu yang lebih gampang, berpindah ke menulis novel. Ternyata pas diajukan ke penerbit diterima dan mendapatkan uang. Allhamdulillah.

 

Menulis juga tidak berhenti ketika menulis blog saja, menulis di media masa, menulis di blog, menulis ceritamu di platform baca juga bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah lho.

 

 

2. Dengan Memasak

 

Siapa yang tidak suka makan? Cung! Hehehe ... hampir semua orang suka makan, tapi tidak semua orang pandai memasak. Jika orang lain sudah mengakui masakanmu enak, kenapa tidak dijadikan peluang saja? Misalnya membuka bisnis kuliner dari rumah. Apalagi kalau memasak ini menjadi hobimu, pasti bisa menghasilkan cuan tidak terduga.

 

Beberapa teman ngeblog saya suka memasak dan mengupload hasil masakannya, bahkan cara memasaknya. Hal tersebut membuat beberapa perusahaan di bidang kuliner mengajak kerjasama.

 

3. Editing Foto atau Video

 

Suka banget mengedit gambar atau video? Peluang seperti ini sekarang sangat terbuka lebar. Karena jasa editing sekarang sangat dicari. Unggah saja hasil jepretan atau video ke instagram atau tiktok dan tulis dicaption atau biodata bahwa kamu membuka jasa.

 

4. Dengan Menggambar

 

Hobi menggambar tidak dimiliki oleh semua orang. Menggambar juga bisa berupa gambar apa saja, salah satu sahabat saya ada yang pandai menggambar karikatur bahkan beliau jadi kartunisnya sebuah harian surat kabar besar.

 

Bisa juga dengan gambar yang lainnya. Pajang saja hasil karyamu di media sosial, dan sertakan bahwa kamu menerima jasa gambar atau lukisan. InsyaAllah jika telaten akan menghasilkan cuan yang melimpah.

 

5. Hobi Berbelanja

 

Nggak ada yang nggak demen belanja kayaknya ya? Hehehe ... saya juga demikian. Apalagi pas sudah punya bayi seperti sekarang ini, bawaannya pengen beli baju melulu buat anak dan mainan yang bisa mendukung tumbuh kembangnya hahaha ... tapi kadang bikin dompet jebol. Kenapa hobi belanja ini tidak dialokasikan biar dapat cuan lagi? Biasanya dengan cara mereview yang kita buat videonya terus diunggah ke kanal YouTube, dari sana kalau viewer banyak channel kita bisa menghasilkan uang juga lho.

 

 

Jadi Mana yang Menjadi Hobimu?

 

 

Tidak hanya lima di atas sebenarnya hobi itu, masih ada bejibun yang dijadikan ladang penghasilan tak terduga.

 

Kalau suami saya sendiri, karena pintar menjahit allhamdulillah kami membuka usaha souvenir yang tiap buatannya biasanya saya unggah ke instagram @nyipedesouvenir atau di marketplace.

 

Jadi jangan sia-siakan hobimu ya, karena bisa menambah pundi-pundi rejeki dan turut membantu ekonomi keluarga.


 

Related Posts

Posting Komentar