Pentingnya Service Motor Sebelum Mudik

16 komentar


Pentingnya Service Motor Sebelum Mudik - Mudik identik dengan lebaran, memang. Tetapi mudik bagi saya tidak harus menunggu lebaran, karena selisih rumah mertua dengan rumah sendiri kurang lebih 4 jam.


planet ban terdekat harga planet ban planet ban mobil
Pentingnya Service Motor Sebelum Mudik


 

Saya memang masih wara-wiri Kendal ke Comal, mengingat saya dan suami sama-sama punya orang tua yang sudah sepuh. Wajib bagi saya untuk selalu menengok keadaan beliau. Meski harus ditempuh dengan motor lumayan jauh, tapi rasa lelah itu seakan menguap begitu saja ketika saya akan melakukan perjalanan mudik ke rumah. Merasa bahagia aja, karena selama ini kan tinggal dengan mertua.

 

Namanya menantu ya kan? Lebih nyaman tinggal dengan orangtua sendiri dibanding dengan mertua. Meski judulnya sama-sama orangtua sendiri.

 

Nah setiap kali mau melakukan perjalanan panjang dengan mudik ini, saya selalu menyuruh suami untuk melakukan service motor. Melewati pantura yang penuh dengan kendaraan besar, otomatis saya selalu cek semua keadaan motor.

 

Biasanya suami bilang aman semua, terkesan santai dan gampangin. Kalau perempuan kan nggak bisa demikian, hehehe ... saya selalu ngecek lebih dahulu dengan mengendarainya. Enak tidak dikendarainya, berisik atau tidak mesinnya, bagaimana dengan lampu sen kanan kiri berfungsi kah, rem juga saya cek terus kanan dan kiri masih tajam nggak jika pas ngebut lantas harus ngerem tiba-tiba.

 

Soalnya beda aja keadaan motor setelah diservice atau tidak, bahkan ganti oli ini saya rutin setiap kali kotor. Aki juga demikian harus saya ingatin suami supaya airnya aman, tidak sampai kering dan beberapa printilan yang lainnya.

 

Ngeri kalau ingat di perjalanan tuh suami sering ngebut, kadang nyelip di antara truk untuk mendapatkan jalan yang nggak penuh sesak. Rasanya dada ini berdebar terus, dan mulut tidak pernah berhenti untuk terus baca doa. Kalau udah ngebutnya terlalu kenceng, saya akan mencubit suami, tanda bahwa saya minta jalannya pelan-pelan.

 

Kalau orang Jawa bilang 'jiden', artinya penakut. Ya gimana nggak takut kalau ngebut, mana saya pernah dua kali kecelakaan bawa motor dan pingsan saking kerasnya benturan. Yang pertama saat saya SMA, itu malah parah banget kaki saya dari telapak sampai betis dijahit, hiks! Saya masih ingat betul saat itu, rasanya darah itu hangat mengalir. Justru tidak perih. Si penabrak lari entah ke mana tidak bertanggungjawab, makanya sering sedih kalau ada kejadian tabrak lari. Udah jadi korban, harus merasakan sakit juga.

 

Tahu kan sekarang mengapa saya begitu riwil kepada suami, kalau suami akan menempuh perjalanan panjang. Entah dengan saya atau tidak, saya selalu pesan dan nggak pernah lelah untuk selalu ngingetin ngecek dan service motor.

 

Kendaraan bagi saya ibarat tubuh yang harus selalu dijaga agar terus prima. Jika salah satu ada yang bermasalah, ya harus diperiksakan alias dibawa ke bengkel. Kendaraan juga satu-satunya armada untuk kami ke mana-mana. Kalau dekat dengan pantura masih mending, daerah suami di desa pol, ojek online nggak nyangkut, angkutan umum hitungan jam nunggunya lama banget. Yes! Sepenting itu kendaraan untuk keluarga kami.

 

Oleh sebab itu, ini dia tips yang wajib dilakukan saat akan melakukan perjalanan panjang.

 


Mau Mudik? Cek 8 Bagian Penting Kendaraanmu, Apa Sajakah?

 

planet ban terdekat harga planet ban planet ban mobil
planet ban


 

1. Ganti Oli Mesin

 

Oli motor matic harus diganti tuh biasanya ketahuan saat kita mengendarai motornya. Rasanya nggak nyaman aja gitu, setelah dibawa ke bengkel pasti keliatan betapa kotor atau buteknya oli yang kita pakai. Kalau saya sebulan sekali wajib ganti, tapi kalau dari pabrikan merekomendasikannya itu kalau udah 2500 Km perjalanan. 

 

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

 

2. Oli Gardan

 

Kalau cuma tingal pakai si enak ya? Meski demikian tetap harus diketahui pemahaman dasar mengenai printilan motor. Oli gardan juga wajib diganti dengan rutin, apalagi moto matic ini. Mengingat fungsi oli gardan untuk melumasi gear yang ada di CVT (Continously Variable Transmission). Banyak yang bilang perawatan motor matic jauh lebih repot, memang iya sih menurut saya.

 

Saya masih menangin punya motor pakai gigi, dan sekarang pakai matic. Perbedaannya beda jauh.

 

3. Pengagntian Busi

 

Ibarat kompor kalau nggak ada gasnya, nggak bisa nyala. Demikian dengan busi fungsinya mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api, yang membuat mesin jadi menyala. Busi yang buruk membuat motor susah dinyalakan. Ingat untuk selalu mengganti busi kalau bermasalah ya!

 

4. Kampas Rem

 

Rem pada kendaraan merupakan pelindung yang menjaga kita dari keselamatan berkendara, kok bisa? Lha ya, tanpa rem saat ada motor melaju kencang, atau ada lampu merah harus berhenti kita butuh memberhentikan kendaraan. Inilah pentingnya fungsi rem. Jika sudah menipis akan membuat rem kurang tajam dalam mengerem dan berbahaya. Jadi penting untuk selalu cek berkala keadaan kampas rem ya, teman-teman.

 

5. Filter Udara

 

planet ban terdekat harga planet ban planet ban mobil
filter udara


Seperti halnya kipas angin atau AC, fungsi dari filter udara ini agar jangan kotoran terus-terusan masuk yang mana bisa menyumbat dan jadi nggak enak udara yang dikeluarkan. Kalau untuk kendaraan sendiri, sumbata bisa berpengaruh ke sistem injeksi dan karburator. Di tempat service motor biasanya pegawai akan melakukan pengecekan terlebih dahulu, perlu diganti atau tidak. Kita akan diberitahu biasanya.

 

6. Penggantian Aki atau Accu

 

Saya mengenal segala hal tentang motor ini karena kakak saya suka utak atik motor sendiri jaman dia muda. Saya yang masih kecil sering penasaran dan melihat apa yang dia bongkar biasanya. Fakta bahwa tegangan aki jika sudah berada diangka 13,7-14,2 Volt dan keadaan menyala itu normal, dan 1,3-12, Volt adalah keadaan mati. Kalau tidak sesuai dengan angka dia tas bisa jadi terjadi kebocoran, atau terminalnya berkarat. Jika sudah tidak bisa dipertahankan, pegawai bengkel biasanya akan bilang bahwa aki sudah harus diganti.

 

7. Ban Motor

 

Ban wajib diganti jika sudah terlihat gundul, tidak ada lagi rambut-rambut yang menancap di atasnya. Kalau ban gundul ini terus dipakai, bisa berakibat bahaya. Kita jadi sering ngosek, tiba-tiba goyang dan nggak enak banget lah dipakai.

 

8. Tune up Motor dengan Rutin

 

Service rutin yang kita lakukan sering disebut dengan service tune up. Seluruhnya keadaan motor dicek, baik performa maupun dalam-dalamnya. Yang saya sebutkan di atas juga, termasuk tekanan ban, karburator, klakson, rem, kondisi lampu, tegangan rantai, dan lain sebagainya.

 

Tune up juga disertai penggantian oli mesin, oli gardan, dan sparepart yang dibtuhkan. Tapi tenang, pegawai bengkel atau mekanik akan selalu memberi tahu, hal ini berkaitan dengan pembayaran soalnya. Jadi mereka akan bertanya kita bersedia atau tidak.

 

 Asyiknya Service Motor di Planet Ban

 

planet ban terdekat harga planet ban planet ban mobil
Asyiknya Service Motor di Planet Ban



Pernah melihat palang atau toko Planet Ban di kotamu? Hampir semua kota memang ada Planet Ban, jadi sangat mudah ditemukan untuk yang ingin melakukan service motor.

 

Mengapa harus memilih Planet Ban sebagai tempat service motor kesaanganmu? Karena seluruh bagian part mesin dibersihkan total, jadi berasa pakai moto baru. Cek saja before afternya deh, pasti beda pol. Nggak berat lagi.

 

Emang apa aja sih yang dibersihkan? Nih ya, nggak cuma kotoran atau debu pun sisa pembakaran saja, tapi kotoran atau debu yang ada di blok CVT dibabat habis, sehingga membuat motor enteng. Kalau masih berat pas dibawa motornya, itu berarti belum total dibersihkan. Harus teliti ya teman-teman, ketika kalian service motor. Perbedaannya akan kentara sekali soalnya.

 

Di Planet Ban, kepala silinder, blok CVT, throttle bodu, klep mesin, piston, dan keseluruhan dalaman mesin dibersihkan dengan saksama. Ketika dibawa akan enteng, karena emisinya turun lebih dari 70%, dan bikin hemat BBM.

 

Untuk harga service motornya masih aman dikantong ya:

  • untuk motor injeksi Rp20.000,-
  • untuk service CVT plus rantai Rp19.500,-
  • untuk service throttle body Rp.20.000,-

Cukup hemat bukan?

 

Kapan terakhir kali kalian service motor? Hayo ... jangan sampai nggak ingat ya, kasihan tuh motornya nanti. Dia juga butuh dilakukan perawatan nggak asal ditunggangi doang, hehehe ... jadi sudah tahu harus kemana ya kan?

 

Sumber pendukung artikel

Foto edit sendiri aplikasi Canva
Foto ambil di instagram Planet Ban

Related Posts

16 komentar

  1. Bener nih, penting banget apalagi kalau mudiknya jauh. Semua harus dipersiapkan sebaik mungkin. Mesin harus prima, ban harus bagus dan rem juga kudu pakem. harus diservice semuanya

    BalasHapus
  2. service memang jadi bagian penting bagi pengguna kendaraan bermotor. Semuanya kudu diperhatikan supaya mesin kendaraan tetep bagus dan kendaraan bisa optimal digunakan

    BalasHapus
  3. Ngecek kendaraan sebelum bepergian itu penting banget. Apalagi jika untuk perjalanan jauh seperti mudik misalnya. Jangan sampai kendaraan mogok ditengah jalan karena gak di cek sebelumnya. Bisa berabe ntar.

    BalasHapus
  4. Kalau soal kendaraan, pak suami yang perhatian banget sama kelayakannya. Motornya anak-anak, pak suami yang selalu memeriksanya juga. Lebih paham ketimbang saya yang tinggal naik aja hihihi...

    BalasHapus
  5. Masih ingat banget saat itu mau mudik, H-1 di perjalanan tetiba motor macet mesinnya. Lupa bagian onderdil apa. Beruntung bertemu bengkel yang tepat untuk menangani kendala kendaraan kami
    Yay, dan Planet Ban adalah langganan untuk servis kendaraan bermotor di rumah

    BalasHapus
  6. Aku jadi ingat kampas rem depan motorku waktunya ganti. Emang bener, kalau motor ga diservis rutin, bakalan boncos malahan. Penyakitnya melebar. Kek aku kemarin, gara2 ban luar dah aus, ternyata bikin ban dalam rusak, jadi serng bocor. Untung ada Planet Ban, pas main ke rumah ibu, kubawa ke sana dan ternyata murah harga bannya.

    BalasHapus
  7. Aku sendiri sebenernya juga was-was mbak kalau mau perjalanan jauh dengan motor dan belum dicek juga kondisinya.
    Kadang kita nggak tau, motor ada olinya atau enggak
    malah dulu saking cueknya., sampe olinya kosong hahaha

    Terus kondisi ban juga bikin ketar-ketir, kalau gundul pas jalan dalam konsisi ujan, suka bikin selip

    BalasHapus
  8. Kalau sering berkendara jauh, emang wajib ya buat cek kondisi motor. Jadi pas jalan pun enak, gak banyak drama

    BalasHapus
  9. Masyaallah, tergolong murah ya itu servicenya. Jadi pengen tau kira2 di banjarmasin ada planet ban enggak ya? Biar bisa nyobain juga, apalagi motorku tergolong motor tua, harus sering perawatan

    BalasHapus
  10. Wah iyaaa wajib banget kalau naik sepeda motor saat mudik, apalagi jauh banget lokasinya, kudu dicek mesin kendaraannya dan kondisinya secara keseluruhan. Trus setelah itu jangan lupa abis balik kudu dicek lagi supaya motor masih bisa awet saat kita pakai berkegiatan sehari2 :D

    BalasHapus
  11. Sebelum mudik, motor memang harus diservice dulu, ganti oli juga, biar perjalanan mudik jadi lancar

    BalasHapus
  12. Ternyata ada banyak ceklist ketika service motor ya..
    Selama ini aku biasanya cuma tune up dan ganti oli. Karena urusan per-rem-an dibantu sama mas. Hehhe, masku punya hobi utak-atik motor.
    Mulai pengen ikutan service di Planet Ban nih..

    BalasHapus
  13. Wah, keren mbak Nyi, ngecek sendiri motornya enggak langsung percaya sama suami, hehehe.
    Soalnya kalau aku yaa manut-manut aja sama suami. Hihi. Btw Planet Ban ada di mana-mana, ya. Jadi kalau mau servis sepeda motor gampang kitaa :)

    BalasHapus
  14. Wah merawat motor sebelum mudik itu kudu dan wajib loh, supaya tidak mengalami kendala saat berada di perjalanan

    BalasHapus
  15. Wah kalau menempuh perjalanan panjang jelas motor atau kendaraan perlu diservis terlebih dahulu. Supaya aman dan nyaman digunakan

    BalasHapus
  16. Wah kalau menempuh perjalanan panjang jelas motor atau kendaraan perlu diservis terlebih dahulu. Supaya aman dan nyaman digunakan

    BalasHapus

Posting Komentar