Anies Baswedan Sebut Ada Potensi Kecurangan dan Penjegalan di Pilpres 2024

Posting Komentar

Anies Baswedan Sebut Ada Potensi Kecurangan dan Penjegalan di Pilpres 2024 - Pernyataan presiden Joko Widodo yang akan cawe-cawe demi urusan negara di Pilpres 2024 nanti mendapat tanggapan dari banyak pihak. Salah satunya dari calon presiden yang diusung oleh Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan yang menyampaikan sikapnya.



Dari pernyataan presiden Joko Widodo yang akan cawe-cawe tersebut ditafsirkan bakal ada keterlibatan dalam prosesi pemilihan presiden yang akan berlangsung tahun depan. Hal ini tentu menimbulkan banyak kekhawatiran.


Akui Mendengar Kekhawatiran dari Imbas Cawe-cawe


Anies Baswedan pada hari Selasa, tanggal 30 Mei 2023 lalu di jakarta Selatan menyampaikan bahwa pihaknya mendengar banyak kekhawatiran terhadap pesta demokrasi yang akan berlangsung. Bentuk kekhawatiran tersebut berupa terjadinya penjegalan dan tindak kriminal untuk kepentingan pihak tertentu.

Beberapa pihak mengkhawatirkan kondisi jika partai diperlakukan tidak fair, calon presiden mendapat perlakuan tidak baik dan sebagainya. Seharusnya setiap partai dan caleg mempunyai hak yang sama untuk mencalonkan diri dan berkampanye serta mendapatkan perlakukan yang sama. Begitu juga setiap capres.

Sedangkan menurut mantan orang nomor 1 di DKI tersebut seharusnya pesta demokrasi berjalan secara fair, netral, jujur dan aman tanpa ada campur tangan pemerintah yang tidak netral.  Anies menambahkan bahwa seharusnya semua pihak mempunyai hak yang sama dalam berdemokrasi.

Anies Baswedan menegaskan bahwa partai-partai bebas mengusung calon presiden dan wakil presiden berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku. Begitu juga calon presiden dan calon legislatif mempunyai hak untuk melakukan kampanye dalam mengenalkan diri dan programnya kepada calon pemilih.

Sebagai tokoh politik yang berpengalaman, Anies menaruh harapan besar semua kekhawatiran yang muncul dari pernyataan ikut cawe-cawe tersebut tidak terbukti dan justru pesta demokrasi berjalan lancar dan aman seperti harapan.

Berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu nanti, Anies menyampaikan, “Capres punya hak yang sama. Penyelenggara juga melakukan ini dengan fair, baik, dan netral. Kami berharap kekhawatiran itu tidak benar dan justru yang terjadi adalah hal-hal yang baik sesuai dengan apa yang menjadi prinsip demokrasi di Indonesia, jujur dan adil.


Tempat Beradu Gagasan, Rekam Jejak dan Program


Dalam kesempatan tersebut Anies Baswedan mengajak semua pihak untuk mensukseskan pesta demokrasi. Dengan demikian bisa dipastikan masa depan bangsa Indonesia akan lebih baik.

Sebagai calon presiden yang diusung oleh Koalisi Pembaharuan untuk Persatuan, tokoh kharismatik ini menyampaikan bahwa berdasarkan hasil diskusi dengan tim yang mengusungnya akan tetap konsisten dengan agenda dasar.

Yang dimaksud dengan agenda dasar tersebut adalah membereskan masalah-masalah masyarakat yang saat ini masih menjadi PR. Beberapa masalah tersebut antara lain kemiskinan, ketimpangan, keadilan yang belum ada dan kesetaraan. Selain itu masih ada satu lagi PR yang harus segera diselesaikan, yaitu penyediaan lapangan pekerjaan.

Lebih lanjut Anies menyampaikan bahwa pihaknya akan fokus kepada tema-tema tersebut dalam menyambut pemilu. Dengan demikian kontestasi lima tahunan tersebut akan menjadi tempat beradu gagasan, rekam jejak, dan program.

Berkaitan dengan gagasan, rekam jejak dan program tokoh satu ini sudah membuktikan selama menjabat sebagai gubernur DKI. Sudah banyak program yang dijalankan dan sampai saat ini manfaatnya masih terus dirasakan oleh masyarakat Jakarta.

Hal tersebut merupakan bukti gagasan dan bisa menjadi rekam jejak dari apa yang dipersembahkan oleh Anies Baswedan selama di pemerintahan kepada masyarakat. Hampir semua sektor mendapat perhatian dan mengalami perubahan selama tokoh satu ini memimpin DKI yang bisa menjadi bukti gagasan, rekam jejak dan programnya.


sumber:

https://sumbawanews.com/berita/ada-potensi-kecurangan-dan-penjegalan-anies-respon-jokowi-cawe-cawe-dalam-pilpres-2024/

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230530161139-32-955870/anies-respons-cawe-cawe-jokowi-cemas-potensi-kecurangan

https://www.cnbcindonesia.com/news/20230530165237-4-441906/anies-tanggapi-jokowi-cawe-cawe-singgung-potensi-kecurangan


Related Posts

Posting Komentar