Tips Menjaga Kesehatan Selama Bulan Ramadan

Posting Komentar


Tips Menjaga Kesehatan Selama Bulan Ramadan - Seminggu lebih sudah kita menjalankan ibadah puasa Ramadan. Bagaimana? Tubuh masih kuat ya kan? Justru bikin semakin sehat ya? Allhamdulillah.


Tips Menjaga Kesehatan Selama Bulan Ramadan
Tips Menjaga Kesehatan Selama Bulan Ramadan 


 

Ramadan 2024 semoga kita semua bisa menyelesaikan puasa dengan full, dan menabung pahala sebanyak-banyaknya aamiin. Kunci puasa lancar adalah tubuh yang sehat, maka penting sekali untuk menjaga kesehatan selama puasa Ramadan.

 

Rutin melakukan olahraga ringan

 

Puasa bukan berarti punya banyak alasan untuk mager-mageran ya kan? Meskipun puasa gerak badan tetap juga harus dilakukan, masak iya cucian segunung dibiarkan begitu saja? Enggak kan? Hehehe ...

 

Salah satu tips agar kesehatan tetap terjaga dengan baik, adalah dengan melakukan olahrga. Dengan melaksanakan olahraga fungsi seluruh tubuh jadi dapat berjalan semestinya, misalnya nih sirkulasi oksigen dalam tubuh dapat terjaga dan tersalurkan dengan baik. Nggak perlu olahraga berat deh ya, jalan santai selepas sahur saja sudah termasuk olahraga lho.

 

Mengapa olahraga saat puasa penting?

 

Berolahraga itu penting, tidak hanya untuk orang yang berpuasa saja sebenarnya tapi untuk semuanya yang ingin memiliki tubuh sehat. Hal ini berguna meningkatkan sensitivitas insulin yang dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes. Dengan berolahraga kesehatan otak, saraf, serat otot dapat terjaga dengan baik.

 

Hal penting apa lagi sih yang menjadi alasan pentingnya berolahraga ketika puasa?

 

  • Membuat proses terjadinya pembakaran lemak lebih cepat karena ketiadaan karbohidrat
  • Mendorong fleksibilitas, peremajaan tubuh, dan dapa mengendalikan berat badan
  • Tubuh dapat terimbangi dengan menu nutrisi seimbang dan minum air putih yang cukup

 

Olahraga yang disarankan saat puasa

 

Olahraga yang disarankan saat puasa
Olahraga yang disarankan saat puasa


Karena sedang berpuasa, sebaiknya memilih olahraga yang tidak begitu berat. Meski olahraga ringan tapi tetap dapat nilai sehatnya. Seperti olahraga apa saja sih?

 

Teman-teman bisa melakukan olahraga bersepeda. Bisa sembari dengan belanja ke pasar, untuk memersiapkan bekal buka puasa nanti nih.

 

  • Jalan cepat dan joging lambat juga disarankan, karena termasuk olahraga yang bersahabat. Tidak begitu menguras energi besar.
  • Melakukan olahraga menggunakan mesin ringan di pusat kebugaran, juga disarankan, apalagi musim hujan lagi marak ya kan? Tidak masalah yang penting sesuaikan dengan kesanggupan, jangan memaksakan olahraga berat.

 

Kalau saya sendiri palingan jalan santai, sembari ngajak bocil bersepeda. Sehatnya dapat, anak juga mendapatkan sinar matahari pagi. Allhamdulilah ya? Jadi selamat berpuasa dan jangan lupa untuk berolahraga.

 

Ohya, jangan lupakan juga untuk mengimbangi dengan menu yang ideal. Maksudnya menunya memiliki nutrisi seimbang, yang dibutuhkan oleh tubuh. Ada buah, ada sayuran, ada daging-dagingan, bisa juga ditambah kacang-kacangan. Serta minum air putih yang cukup, dari ketika sahur dan saat berbuka. Sebisa mungkin hindari makanan dengan banyak minyak, karena bisa membuat tubuh rawan mengantuk hehehe ... Hindari kopi dan soda juga, pokoknya paling baik minum air putih ini sih.

 

Minum air putih sekaligus banyak kan nggak mudah. Bisa-bisa bikin mual dan mutah, maka perlu disiasati untuk melakukan bertahap. Misalnya nih, ketika berbuka satu gelas, setelah tarawih satu gelas, ketika mau tidur satu gelas, nanti pas bangun tidur satu gelas lagi.  Kalau bisa sih lebih dari 8 gelas lebih bagus, artinya tubuh kita jadi tidak kekurangan dengan cairan. Kan pas puasa nggak bisa makan atau minum makanya ketika dibolehkan untuk makan dan minum, dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Terlebih tubuh manusia ini lebih banyak juga menyimpan air, kalau tubuh kekuarangan air justru makin bahaya ya kan?


Related Posts

Posting Komentar