Cara Menghindari Pinjol Ilegal

Posting Komentar


Cara Menghindari Pinjol Ilegal - Dahulu pinjol atau pinjaman online belum ada ya? Kemudian era berubah menjadi serba canggih dan munculah yang namanya pinjaman online.


Ini Dia Cara Menghindari Pinjol Ilegal
Ini Dia Cara Menghindari Pinjol Ilegal


 

Pinjaman online menjadi populer karena terbilang cepat dan mudah. Tetapi perlu berhati-hati nih, terhadap pinjaman online yang ilegal. Artinya apa? Mereka tidak terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan tidak memiliki izin resmi, jadi berbahaya alias ilegal.

 

OJK sendiri merupakan lembaga yang punya tugas mengawasi industri jasa keuangan. Buat kita yang kepepet ingin melakukan pinjaman online, maka pilih yang punya izin resmi ya?

 

Pinjaman online yang ilegal ini bisa memberikan kerugian finansial lho. Maka pilih-pilih ya, kalau bisa ya jangan. Lebih baik pinjam dahulu kepada keluarga yang dekat, atau investasi yang kita punya apa cairkan.

 

Pinjol ilegal ini seringnya tidak sesuai dengan regulasi yang biasanya sudah ditetapkan oleh OJK, jadi bunga dan biayanya tinggi serta penerapan penagihannya ini nggak wajar banget.

 

 

Ini Dia Cara Menghindari Pinjol Ilegal


Ini Dia Cara Menghindari Pinjol Ilegal
Cara Menghindari Pinjol Ilegal   


 

Jadi sebelum terlambat untuk melakukan pinjaman online, apalagi kebutuhan mendesak ya kan? Perlu teman-teman baca cara menghindarinya, dengan langkah berikut ini:

 

Melakukan pengecekan daftar pinjol di OJK

 

Sebelum melakukan pijaman online, penting banget bagi kita memastikan pinjaman online dari perusahaan tersebut terdaftar di OJK. Selain terdaftar juga harus memiliki izin resmi.

 

Waspada terhadap pinjol yang memberikan penawaran di luar nalar

 

Namanya juga cari mangsa ya kan? Pasti akan merayu dan memberikan penawaran yang menggiurkan. Maka jangan sampai kita tergoda dengan penawaran yang di luar nalar tersebut. Ingat, untuk menggunakan logika.

 

Biasanya sih mereka menawarkan bunga rendah tapi jangka waktunya panjang. Mereka juga biasanya menawarkan persyaratannya mudah biar kita gampang tergoda.

 

Memerhatikan persyaratan dengan detail

 

Melakukan pinjaman itu harus dipikirkan benar-benar. Apakah kita sanggup membayar atau tidak, dan berapa nominal yang mampu kita bayar harus diperhatikan saksama.

 

Perhatikan perjanjiannya, dan pastikan kita memahami berapa biaya, suku bunga, tenor, dan informasi lainnya kapan waktu kita membayar. Hati-hati dengan pinjol yang ambigu.


pengaduan konsumen
pengaduan konsumen


 

Kalau kita mulai ternacam terhadap pinjol yang ilegal teman-teman bisa melakukan pengaduan konsumen lho. Atau bisa menghubungi 157 pun WhatsApp di nomor 081157157157.

 

 

Related Posts

Posting Komentar