Ini Dia Tips Mudik Lebaran 2024

Posting Komentar


Ini Dia Tips Mudik Lebaran 2024 - Persiapan mudik naik mobil atau motor teman-teman? MasyaAllah ya nggak terasa sebentar lagi lebaran Idul Fitri, rasanya waktu sekarang jadi lebih cepat ya? Ada yang ngerasain hal yang sama nggak?

 

Ini Dia Tips Mudik Lebaran 2024
Ini Dia Tips Mudik Lebaran 2024 



Lebaran identik dengan mudik ya? Mudik bertemu dengan sanak saudara, terutama keluarga tercinta. Perjalanan di sana-sini pasti ramai dan macet. Jadi pastikan sudah mengantongi tips mudik aman ya?

 

Kalau kakak saya libur lebaran ini mendapatkan liburan seminggu, kalau kamu bagaimana? Rasanya seminggu mah kurang ya buat libur lebaran, karena keluarga kumpul jadi satu biasanya.

 

Saya juga insyaAllah akan mudik di hari kedua lebaran, karena hari pertama kumpul lebih dahulu dengan keluarga suami. Entah ni antara mau naik kereta atau naik motor, karena Gendis kan masih kecil 18 bulan. Perjalanan berkendara kami biasanya 3 jam, nah kalau Gendis naik motor khawatirnya masuk angin gitu. Apalagi ini bocah kalau diajak naik motor maunya berdiri terus, kan susah di Pantura. Lebih bahaya dengan arus mudik yang luar biasa.

 

Nah, supaya mudik kita tetap aman dan nyaman, siapa tahu tips ini berguna buat teman-teman.

 

Tips Mudik Lancar

 

Ini Dia Tips Mudik Lebaran 2024
Tips Mudik Lebaran 2024 

Cek keadaan rumah

 

Sebelum bepergian meninggal rumah dalam waktu yang lama, karena akan menginap ya kan? Cek keadaan seluruh rumah. Kalau bisa cabut semua kabel aliran listrik dan regulator gas. Biasanya kulkas akan tetap menyala ya kan? Jadi bagian kulkas mungkin bisa diskip untuk dicabut.

 

Kemudian pastikan juga untuk mengunci semua pintu rumah, dan jendela. Kalau ada pagar ingat juga mengunci pagar dengan baik. Kalau di perumahan biasanya ada satpam jaga ya kan? Kalau di daerah suami sini paling ya nitipnya ke tetangga. Minta dibantu untuk mengawasi keadaan rumah. Tetangga kanan kiri atau depan rumah, bisalah ya dimintain tolong.

 

Beri informasi tetangga

 

Jadi sebelum ninggal rumah, pastikan kalian pamit kepada tetangga kanan-kiri, karena mereka merupakan saudara kita yang paling dekat. Misalnya terjadi apa-apa gitu, jadi kita bisa minta diberi tahu atau dikabari.

 

Istrirahat yang cukup

 

Mudik merupakan perjalanan panjang, kalau naik kereta sih nggak masalah ya tapi kalau nyetir sendiri ini nih yang wajib banget kita istirahat dahulu. mengapa? Agar kondisi selalu fit dalam perjalanan.

 

Membawa perlengkapan P3K

 

Yes, jangan skip ini ya? Karena obat-obatan penting banget. Apalagi buat kamu yang mual kalau naik kendaraan, hehehe ... soalnya suami saya begitu. Kalau naik bus, harus konsumsi antimo lebih dulu.

 

Memilih moda transportasi yang aman dan nyaman

 

Nah, pastikan moda transportasi pilihanmu bisa mengantarmu sampai ke kampung halaman ya? Misalnya travel, sebisa mungkin bisa sampai depan rumah. Tetangga saya kemarin mudik juga diantar travel sampai depan rumah, bukan di tengah jalan atau di jalan besar ya?

 

Kalau saya sendiri rumah jauh dari stasiun, wajibnya sih memerhatikan kendaraan yang akan mengantar sampai rumah setelah tiba di stasiun. Hal tersebut wajib diperhatikan ya teman-teman.

 

Mudik pake kendaraan sendiri?

 

Masukkan bengkel lebih dahulu motor atau mobil yang akan digunakan buat mudik ya? Kalau nggak ya bisa dilakukan pengecekan mesin sendiri, seperti rem, oli, ban, aki, dan lain sebagainya. Sediakan juga dongkrak, obeng, atau tang buat jaga-jaga ya? Hal tersebut dilakukan agar perjalanan kita aman.

 

Kalau yang sering kejadian tuh, ban bocor nih. Susah kan kalau mau cari tambal ban, karena musim lebaran. Syukur-syukur banyak yang mremo buka bengkel hehehe ... kita bisa tertolong kalau nggak? Sedih banget lah pastinya. Jadi wajib banget cek kendaraan sebelum berangkat.

 

Istirahat sejenak

 

Ini Dia Tips Mudik Lebaran 2024
Tips Mudik Aman

Jika sudah memutuskan untuk naik kendaraan pribadi ketika mudik, maka saat merasa lelah lakukan istirahat. Jangan memforsir diri, apalagi nggak ada yang bisa diajak gantian ya kan?

 

Tetap lakukan protokol kesehatan

 

Meski bukan pandemi, menjaga protocol kesehatan untuk diri itu penting banget. Seperti menggunakan masker ini terus dijalankan, menghindari kerumunan dan selalu biasakan cuci tangan. Mengapa? Ya jaga-jaga, biar nggak ketularan penyakit. Seperti flu dan batuk ini kan mudah menyerang, tidak ada salahnya lakukan pertahanan diri. Terlebih punya anak kecil atau bayi.

 

Semoga tips mudik sehat ini bermanfaat ya teman-teman dan mudiknya lancar serta aman. Aamiin.

Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar