MENU

Jumat, 19 April 2019

Tradisi Nyekar Sebelum Bulan Puasa




Tradisi Nyekar Sebelum Bulan Puasa - Tradisi ziarah ke makam, atau yang biasa kami sebut dengan nyekar menjadi salah satu tradisi yang biasa keluarga kami lakukan. Apalagi menjelang bulan Ramadhan, mumpung kebetulan kemarin mudik saya dan ibu melakukan ziarah ke makam embah buyut, embah, om dan keluarga kami yang telah berpulang lebih dulu.

Nyekar nyekar nyaeta nyekar di ancol nyekar adalah nyekar makam nyekar tegese nyekar mayit nyekar kuburan nyekar sebelum puasa nyekar sebelum bulan puasa nyekar kbbi nyekar sebelum ramadhan nyekar di laut nyekar dalam bahasa indonesia nyekar artinya nyekar di kuburan nyekar hari jumat nyekar mayit reverbnation nyekar ke makam nyekar oleh hamsad rangkuti nyekar makam menurut islam nyekar adalah sebutan lain dari nyekar artinya apa nyekar apa nyekar atau nyadran nyekar artinya adalah apa artinya nyekar nyekar anak arti nyekar dalam bahasa jawa adab nyekar ke makam arti nyekar dalam bahasa sunda apakah nyekar itu wajib aturan nyekar habis nyekar cara nyekar adat jawa mimpi nyekar artinya doa nyekar agama hindu mantra nyekar agama hindu


Nyekar selain menjelang bulan Ramadhan, biasanya kami lakukan juga pada malam Jum'at kliwon. Hal yang kami lakukan ketika nyekar, sama dengan keluarga lainnya pastinya untuk mendoakan keluarga yang telah tiada. Kami juga melakukan pembersihan makam, dari debu dan dedaunan kering yang biasanya memenuhi area makam keluarga.

Saudara jauh yang lain biasanya akan melakukan hal demikian, kebetulan kemarin juga bertemu dengan bulik dan kerabat yang lainnya di pemakaman. Alhamdulillah nyekar kadang membuat kami justru bersilaturahmi, karena kunjungan di makam begitu meningkat dibanding hari biasa sebelum bulan puasa.

Rasanya perasaan kalau sudah nyekar ke makam lega, walapun nggak bisa setiap hari karena jarak tempuh yang jauh. Alhamdulillah ibuk dan saya mewakili keluarga, sempat nyekar dan membersihkan sarean. Biasanya ada sapu lidi di sana, tetapi entah dipinjam siapa akhirnya membersihkan makam dengan menggunakan sapu seadanya.


Biasanya setelah ziarah makam di keluarga sendiri, saya bersama teman-teman yang lain akan melakukan ziarah juga ke makam para wali dan pemuka agama Islam lainnya. Tahun lalu saya ziarah ke para pemuka agama Islam di Pekalongan. Semoga tahun ini lebih banyak lagi yang bisa saya kunjungi, untuk mendoakan para mukminin dan muslimin yang lebih dulu tiada.

Nyekar nyekar nyaeta nyekar di ancol nyekar adalah nyekar makam nyekar tegese nyekar mayit nyekar kuburan nyekar sebelum puasa nyekar sebelum bulan puasa nyekar kbbi nyekar sebelum ramadhan nyekar di laut nyekar dalam bahasa indonesia nyekar artinya nyekar di kuburan nyekar hari jumat nyekar mayit reverbnation nyekar ke makam nyekar oleh hamsad rangkuti nyekar makam menurut islam nyekar adalah sebutan lain dari nyekar artinya apa nyekar apa nyekar atau nyadran nyekar artinya adalah apa artinya nyekar nyekar anak arti nyekar dalam bahasa jawa adab nyekar ke makam arti nyekar dalam bahasa sunda apakah nyekar itu wajib aturan nyekar habis nyekar cara nyekar adat jawa mimpi nyekar artinya doa nyekar agama hindu mantra nyekar agama hindu


Doa Ziarah Kubur

Jika kita berniat untuk mendatangi kuburan atau makam, ketika akan memasuki pemakaman jangan lupa untuk mengucapkan salam.

Assalâmu ‘alâ ahlid diyâr, minal mu’minîna wal muslimîn, antum lanâ farthun, wa nahnu insyâallâhu bikum lâhiqûn.

Artinya :

“Salam atas para penghuni kubur, mukminin dan muslimin, engkau telah mendahului kami, dan insya Allah kami akan menyusulmu.”

Karena Imam Ali bin Abi Thalib (sa) bilang, "Barangsiapa yang memasuki area makam, lantas mengucapkan salam. Allah akan memberinya pahala kebaikan 50 tahun dan mengampuni dosanya serta dosa kedua orang tuanya 50 tahun. Barokallah hanya dengan mengucapkan salam, yuk mulai belajar membiasakan diri. Siapa yang nggak senang diberi pahala kebaikan ya kan? Kalau kalian bagaimana, apakah akan melakukan tradisi ziarah kubur juga? Semoga dimudahkan dalam perjalanan ya, apalagi buat yang jauh dan tidak tinggal dengan satu kota untuk menuju makam keluarga.

14 komentar :

  1. Baru kulakuin kemarin Senin nih Mbak. Tradisi nyekar ke makam leluhur. Sekalian acara nyadran walau telat. Hem, jadiinget simbah deh.

    BalasHapus
  2. Dulu waktu belum pindah ke Semarang, selalu nyekar ke makam embah-embah sebelum Ramadan. Sekarang ngaku deh, kalau makin jarang kesana. Semoga doa yang dipanjatkan meski dari jauh juga nyampai untuk almarhum.

    BalasHapus
  3. Nyadran..salah satu tradisi yg masih kami lakukan, dimulai dengan membuat hantaran Ruwahan untuk dibagikan ke tetangga kanan-kiri dilanjutkan nyekar ke makam leluhur yang sudah tiada..

    BalasHapus
  4. Iya harus dibiasakan ya tradisi nyekar ini, bawa anak-anak biar mengerti tentang tradisi yang bagus ini..maaf lahir batin ya nyi

    BalasHapus
  5. tradisi yang ada dimana-mana meski mungkin sebutannya berbeda-beda ya. tapi buat yang terbatas jarak, semoga doa dari jauh tetap sampai untuk para almarhum.

    BalasHapus
  6. Dulu jaman maih gadis rajin tapi sejak menikah dan tinggal jauh..kirim doanya dari rumah aja..dulu pernah ikut tradisi nyadran sekali saat summercamp...seru..warisan budaya

    BalasHapus
  7. Nyadran.. kalau di WOnosobo ada kegiatan rutin bebersih makam setiap akhir pekan selama bulan safar.
    Hiks. sudah lama aku nggak ziarah ke makam mbah2ku... Hari ini sih bapak mertuaku ke makam mbah di Surabaya :) AKu nitip doa dari jauh dulu..

    BalasHapus
  8. Sejak bapak mertua meninggal, aku nyekar nya pindah. Biasanya ke makam mbahku dari bapak ibu. Tapi tahun ini ibu mertua belum ngajakin nyekar, suami juga sekarang di Bogor. Jadi kirim doa dari rumah aja

    BalasHapus
  9. Ibuku sekarang sudah tidak ziarah kubur lagi, baik ke makam bapak maupun eyang2. Aku sih nurut ibu aja hehehe... kalau mbakku masih ziarah, tiap kali pulkam dia nyekar ke makam bapak.

    BalasHapus
  10. Oh iya biasanya suamiku yang nyekar ke makam bapaknya. Tapi taun ini belum sempet

    BalasHapus
  11. Saya jauh sekali kalo nyekar di Palembang, kebetulan biasanya pas idul fitri baru ziarah

    BalasHapus
  12. Ya ampyun...aku jd inget blm nyadran eyang2.makasih nyi..kau mengingatkanku...
    Besok ah..nyekar leluhur..

    BalasHapus
  13. Biasanya nyekar di makam mbah buyut di Pontianak, tahun ini nyekar ya pas bulan puasa nanti

    BalasHapus
  14. Saya belum soalnya jauh harus naik pesawat dulu. Kalau di tempat saya dulu ada orang yg mau bersihkan makam dan kita tinggal bayar aja

    BalasHapus