MENU

Jumat, 10 Januari 2020

Cara Membuat Oseng Kerang Pedas



Cara Membuat Oseng Kerang Pedas - Pecinta kuliner seafood merapat yuk sini, hehehe ... kemarin saya baru masak tumis kerang kecap. Sebenarnya kecap sama cabainya kurang, kalau untuk saya. Tapi karena di rumah mertua nggak suka pedas, dan diabetes jadi bikinnya nggak terlalu kebanyakan kecap.

tumis kerang kecap cara membuat oseng kerang pedas resep membuat tumis kerang pedas resep tumis kerang cabe hijau resep tumis kerang kupas pedas resep kerang kupas goreng oseng kerang tempe cara masak kerang sederhana



Sebenarnya resep membuat tumis kerang pedas ini sama dengan, Resep Ikan Pindang Kuah Pedas. Hanya saya membedakannya, agak ditambah bumbu lain. Kerang adalah hewan air yang bertubuh lunak, jenis kerang pun banyak banget macamnya. Tapi yang sudah saya masak itu kerang kupas, yang kecil-kecil banget. Dipedagang yang biasa bawa ikan, nggak ada kerang yang masih ada cangkangnya. Yasudah dibeli aja, dan hasilnya seperti ada di gambar postingan tumis kupas kerang pedas.

Pilih Kerang Rebus atau Kerang dioseng?


Kalau keluarga saya dari dulu penggila kerang rebus, kalau masak sekilo doang kurang. Soalnya dijambal, biasanya sepanci gede masaknya trus rame-rame makan. Kalau ada yang nyerah biasanya saya lebih dulu, tangannya sudah keriput karena capek membuka kerang hehehe ... duh jadi rindu masa-masa di rumah ya kan?

Baiklah, kita langsung siap-siap untuk membuat tumis kerang pedas, dengan cara yang sederhana. Bahan yang diperlukan adalah :

Kerang
Bawang putih
Bawang merah
Cabai
Daun bawang
Daun salam
Daun jeruk
Tomat
Kecap
Garam
Minyak
Air


tumis kerang kecap cara membuat oseng kerang pedas resep membuat tumis kerang pedas resep tumis kerang cabe hijau resep tumis kerang kupas pedas resep kerang kupas goreng oseng kerang tempe cara masak kerang sederhana


Cara memasak tumis kerang kecap


Kerang masih termasuk hasil olahan laut, bau amis pastilah ya. Cara untuk menghilangkan amis, sudah saya share di postingan Resep Ikan Pindang Kuah Pedas. Saya menggunakan garam untuk menghilangkan amisnya, sebelum dicuci bersih.

Bahan-bahan tadi dipotong sesuai selera aja, kemudian tumis, dengan minyak yang panas. Jika sudah harum, masukan kerang sekalian. Siram dengan air matang, kalau sudah merata adukannya.

Diamkan sampai bumbunya meresap ke dalam kerang. Tinggal tambahkan rasa, dari garam, gula, atau juga penyedap rasa. Katanya sih biar sedep, tapi jangan kebanyakan nanti bikin nggak baik. Enakan bumbu yang alami ya, kan? Cicipi dahulu sebelum diangkat atau ditiriskan, kurang apa? Biasanya mas suami yang tak suruh nyobain, kurang apa gitu sih. Maaf penampakannya kayaknya kurang mengugah selera ya? Hahaha ... tapi rasanya enak kok, Sob! Sobat blogger yang belum pernah masak, cara membuat oseng kerang pedas cobain deh kapan-kapan. Selamat memasak dengan hati bahagia, biar rasanya enak dan mak nyus!

3 komentar :

  1. Di Balikpapan namanya tuday enak dibikin sambal goreng

    #UpdateBlog
    https://www.kokohhendra.com/2020/01/tantangan-6-mukbang-yuk.html

    BalasHapus
  2. Biasanya kalo kerang aku makannya di rebus, ato kalo mudik ke Medan dijadiin sate dengan bumbu rempah. Aku blm coba kalo dioseng gini mba :D. Tp harusnya bakal suka apalagi kalo bumbunya pedas :)

    BalasHapus
  3. Aku lumayan sering masak oseng-oseng Kerang. Rebus kerang pun juga sering karena di rumah karena banyak yang suka makan kerang. Kalau rebus kerang sih simple banget menurutku tapi lebih enak oseng-oseng kerang karena rasanya lebih enak.

    BalasHapus