Mengenal 8 Jenis Makanan Sehat untuk Penderita Darah Tinggi



Mengenal 8 Jenis Makanan Sehat untuk Penderita Darah Tinggi – Hadist dari HR Ath-Thabrani bilang, "Jika sakit seorang hamba hingga tiga hari, maka keluar dari dosa-dosanya sebagaimana keadaanya ketika baru lahir dari kandungan ibunya". Jadi jangan menganggap penyakit adalah akhir dari segalanya ya gengs. Nah, kali ini mau sharing soal makanan yang sehat buat yang mengalami darah tinggi. Saat ini, banyak pula makanan sehat untuk penderita darah tinggiyang membuatmu tak perlu tersiksa menjalani diet ketat. Penyakit darah tinggi tidak mengharuskanmu untuk menjauhi aneka makanan favorit.


makanan penurun darah tinggi dengan cepat minuman penurun darah tinggi makanan pantangan darah tinggi penurun darah tinggi alami paling cepat makanan penyebab darah tinggi menu makanan untuk penderita darah tinggi cara menurunkan darah tinggi di usia muda cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami



Mau tahu tentang aneka makanan sehat untuk penderita darah tinggi? Yuk, simak dulu ulasannya. Pahami bahwa kamu masih bisa mengonsumsi makanan sehat tanpa mengabaikan selera makan, tapi tetep dong kudu waspada iya nggak?


Tempe Adalah Makanan Sehat untuk Penderita Darah Tinggi


Siapa sih yang tak kenal dengan bahan makanan yang satu ini. Tempe termasuk salah satu makanan sehat untuk penderita darah tinggi. Kandungan probiotik pada tempe tidak hanya efektif menjaga sistem pencernaan, tetapi juga baik untuk menjaga kestabilan tekanan darah. Selain itu, tempe juga kaya kandungan protein yang baik untuk mendukung metabolisme tubuh.


Kiwi

Ada kabar baik nih buat kamu yang menyukai buah kiwi. Ternyata kiwi juga merupakan makanan sehat untuk penderita darah tinggi. Konsumsi tiga buah kiwi dalam sehari terbukti dapat menurunkan tekanan darah. Kiwi juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh.


Yogurt


Yogurt dikenal sebagai produk turunan susu yang kaya kalsium. Namun, ternyata yogurt tidak hanya mengandung banyak kalsium lo. Minuman ini juga terbukti ampuh menjaga tekanan darah sehingga mengurangi risiko darah tinggi. Sebaiknya kamu mengonsumsi yogurt tanpa tambahan pemanis apa pun agar tubuh tidak menimbun kalori secara berlebihan.


makanan penurun darah tinggi dengan cepat minuman penurun darah tinggi makanan pantangan darah tinggi penurun darah tinggi alami paling cepat makanan penyebab darah tinggi menu makanan untuk penderita darah tinggi cara menurunkan darah tinggi di usia muda cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami



Ikan yang Kaya Kandungan Omega 3


Jangan malas makan ikan supaya kamu mendapatkan manfaat gizinya. Ikan adalah makanan sehat untuk penderita darah tinggi karena mengandung banyak omega 3. Tak hanya menjaga kesehatan otak, omega 3 juga membantu memperlancar pembuluh darah sehingga bisa meminimalkan risiko komplikasi penyakit darah tinggi. J   enis ikan yang kaya kandungan omega 3 antara lain salmon,bandeng, tuna, dan aneka jenis ikan laut lainnya.


Semangka


Makan semangka tidak hanya memberikan asupan air dan gizi bagi tubuhmu. Lebih dari itu, semangka juga kaya kandungan asam citrulline yang efektif menurunkan tekanan darah. Jadi, tak salah deh kalau kamu memilih semangka sebagai salah satu camilan sehat di sela-sela aktivitasmu. Sebaiknya kamu menyantap semangka langsung tanpa diolah menjadi es buah atau jus supaya tidak ada pemanis tambahan apa pun yang menyertai semangka.


Oatmeal


Popularitas oatmeal sebagai makanan sehat tentu tak perlu diragukan lagi. Oatmeal juga menjadi salah satu makanan sehat untuk penderita darah tinggi. Kandungan beta glucan dalam oatmeal terbukti mampu menurunkan tekanan darah. Di samping itu, oatmeal juga mengandung karbohidrat kompleks yang bisa membuatmu kenyang lebih lama. Tak cuma bisa diolah menjadi sumber karbohidrat, oatmeal juga cocok dijadikan bahan dasar camilan sehat yang mengenyangkan.

makanan penurun darah tinggi dengan cepat minuman penurun darah tinggi makanan pantangan darah tinggi penurun darah tinggi alami paling cepat makanan penyebab darah tinggi menu makanan untuk penderita darah tinggi cara menurunkan darah tinggi di usia muda cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan alami


Beragam Jenis Sayuran Hijau


Jangan malas menyantap sayuran hijau demi menjaga kesehatan. Sayuran hijau ternyata dapat membantu mengeluarkan sodium melalui urine. Sodium merupakan salah satu jenis mineral yang dibutuhkan tubuh. Namun, kadar sodium berlebihan malah membuat tekanan darah semakin tinggi. Agar lebih sehat, sebaiknya sayuran hijau diolah dengan cara dikukus atau ditumis sehingga kandungan nutrisinya tidak hilang.


Pisang


Si buah lezat yang satu ini memang mengenyangkan dan punya cita rasa khas. Lebih dari itu, pisang juga dapat membantu menurunkan tekanan darah karena mengandung potasium. Konsumsi pisang juga akan membuatmu merasa kenyang lebih lama sehingga tidak mudah tergoda untuk ngemil secara berlebihan.

Kini, kamu tahu kan kalau menjaga tekanan darah tak harus membuatmu menyantap makanan yang tidak enak. Banyak makanan sehat untuk penderita darah tinggi yang cita rasanya lezat dan dapat diolah menjadi aneka jenis hidangan. Mau tahu lebih lengkap soal ulasan tentang makanan bagi penderita darah tinggi bisa langsung main ke tautan ini ya, gengs : https://www.cekaja.com/info/makanan-untuk-penderita-darah-tinggi/

CekAja.com sangat peduli dengan kondisi kesehatanmu lo. Itulah sebabnya banyak infomasi kesehatan menarik di CekAja.com yang dapat menambah wawasanmu. Jangan menunda niat menjalani pola hidup sehat demi stamina tubuh yang lebih baik. Yuk, menyantap makanan sehat secara konsisten mulai hari ini agar selalu tergaja dengan baik kesehatan kita. Salam. (*)

14 komentar untuk "Mengenal 8 Jenis Makanan Sehat untuk Penderita Darah Tinggi"

  1. Wah komplit banget kak tips makanan untuk penderita darah tinggi. Nanti aku mau rekomen ah untuk mamaku yang memang kena darah tinggi biar jaga makanan kaya di artikelmu ini.

    BalasHapus
  2. Semua makanan di atas adalah kesukaan saya, walaupun saya bukan termasuk orang yang memiliki tekanan darah tinggi

    BalasHapus
  3. Asli ini aku baru tau kl tempe dan semangka termasuk makanan sehat untuk penderita darah tinggi. Jenis 2 makanan ini mudah di dapat dan harga nya pun terjangkau.

    BalasHapus
  4. Jadi inget alm ibunda, semua jenis makanan di atas jadi menu sehari - hari
    Kayanya sekarang saya juga harus ngikutin jejaknya, untuk preventif

    BalasHapus
  5. Tempe, ikan, oatmeal, pisang. Empat jenis makanan ini selalu rutin dikonsumsi ayah saya dalam menu makanannya. Ayah saya kebetulan penderita darah tinggi, jadi harus semakin disiplin hidup sehat. Usianya juga sudah di atas 60 tahun.

    BalasHapus
  6. Bagus untuk kesehatan ya asalkan yang mengidap darah tinggi mau mengkonsumsinya dan menghindari yang tak baik bagi kesehatan

    BalasHapus
  7. Kadang suka kasihan sama si penderita darah tinggi karena harus menghindari beberapa jenis makanan karena takut akan semakin naik tekanan nya.

    BalasHapus
  8. Ini sih informatif banget artikelnya kaka... mamaku kan bersahabat sama hipertensišŸ˜ aku bisa praktekin nih

    BalasHapus
  9. Bapak saya penderita darah tinggi. Hmm..wajib disediakan makanan seperti daftar di atas nih..

    BalasHapus
  10. Nah, yang disebutkan di atas tuh makanan sehat dan enak semua. Bukan penderita darah tinggi pun jadi kepengen ikutan makan, hahaha ... Kalau darah tinggi diidap oleh orang yang sudah berusia lanjut, mesti hati-hati juga saat mau konsumsi makanan. Mesti dicek apakah ada penyakit lain yang menyertai. Seperti orangtuaku, nih. Darah tinggi iya, tapi nggak bisa konsumsi tempe dan sayuran hijau karena ada asam urat. Hiyaaa ... Sedih, deh. Padahal tempe itu enak bangeeet. Apa jadinya juga coba kalau kita nggak makan sayuran, yaaa ...

    Buat Bapak dan Ibu, kiwi dan yoghurt sepertinya masih aman, nih. Thanks infonya ya, Mbak.

    BalasHapus
  11. Wah...ga nyangkah semua makanan kesukaanku kecuali otmeal bagus buat draah tinggi.
    Ya, meskipun aku ga darah tinggi bahkan cenderung rendah tapi makanan itu semua adalah favoritku.
    Pisang dan sayuran hijau, pisang dan Kiwi.

    BalasHapus
  12. Konplit informasinya. Sebagai penyuka Tempe dan Ikan, saya jadi bahagia. Senang sekali karena makanan kesukaan saya ini menyehatkan.

    BalasHapus
  13. Siap mengkonsumsi makan makanan ini ah..
    Biar badan tetap sehat dan tekanan darah terkontrol

    BalasHapus
  14. MAkanan sehat dan enak semuanya nih, favorite saya hehehe. Kadang mau sehat itu males padahal justru makanan sehat itu enak - enak yah.

    BalasHapus

Posting Komentar