Tiba-Tiba Muncul Garis Hitam di Kuku, Apa Sih Penyebabnya?



Tiba-Tiba Muncul Garis Hitam di Kuku, Apa Sih Penyebabnya? – Kuku adalah bagian dari salah satu tubuh kita, yang sering kali tumbuh padahal sudah di potong. Seperti rambut, dia tumbuh lagi bahkan semakin lebat. Masalahnya kuku seringkali diabaikan oleh kita, entah itu kepanjangan, kurang dirawat, bahkan nyebapin kehitaman. Hanya berawal dari kuku saja, kesehatanmu bisa tercermin lho, gengs. Tanda-tanda gangguan pada kuku bisa menjadi gejala gangguan kesehatan tertentu, termasuk kemunculan garis hitam di kuku.


tanda garis hitam di kuku jempol kaki garis hitam di kuku jempol tangan kiri garis hitam di kuku jempol kanan ada garis hitam tipis di kuku garis hitam samar di kuku jempol garis hitam samar di kuku ibu jari kuku bergaris hitam samar cara mengobati kuku hitam


Masalah serius yang lebih parah lagi, kalau muncul garis hitam di kukumu. Hayo ketar-ketirkan kok bisa? Ini dia penyebabnya:


Perdarahan di Bawah Kuku


Warna hitam pada kuku dapat terjadi karena perdarahan pada jaringan bawah kuku. Darah tersebut kemudian mengendap dan menyebabkan timbulnya garis hitam di kuku. Kondisi ini sebenarnya tidak terlalu serius karena tubuh biasanya akan langsung bertindak menangani perdarahan agar lekas mengering dan tidak menimbulkan infeksi yang lebih parah.


Cedera Kuku yang Belum Sembuh



Cedera parah juga dapat menyebabkan timbulnya garis hitam di kuku. Biasanya cedera tersebut disebabkan oleh kuku yang terjepit atau tertimpa benda tumpul. Kondisi ini dikenal dengan istilah medis subungual hematoma. Tak hanya menimbulkan garis hitam, kuku juga akan terasa nyeri ketika ditekan. Kalau kamu mengalami hal ini, kemungkinan besar kukumu akan segera mengering dan lepas dalam waktu beberapa minggu. Proses alami ini tak akan menimbulkan rasa sakit asalkan kamu tidak berusaha mencabut kuku dengan paksa.


Garis Hitam di Kuku Akibat Melanoma Subungual


Melanoma subungual adalah gangguan kesehatan yang masih asing bagi sebagian besar orang. Istilah tersebut digunakan untuk menyebut kanker kulit yang tanda-tandanya tampak pada kuku. Risiko melanoma subungual meningkat akibat paparan sinar matahari berlebihan, cedera, atau trauma kulit yang kerap terjadi pada orang dewasa.

tanda garis hitam di kuku jempol kaki garis hitam di kuku jempol tangan kiri garis hitam di kuku jempol kanan ada garis hitam tipis di kuku garis hitam samar di kuku jempol garis hitam samar di kuku ibu jari kuku bergaris hitam samar cara mengobati kuku hitam



Selain kemunculan garis hitam di kuku, gejala lainnya yang terjadi akibat melanoma subungual adalah sebagai berikut:


·       Garis hitam di kuku yang awalnya kecil akan meluas dan menjadi besar.
·       Garis tersebut tak kunjung hilang meskipun kuku memanjang dan dipotong terus-menerus.
·       Kuku menjadi tipis, rapuh, dan mudah patah.
·       Kulit di sekitar kuku menjadi lebih gelap daripada bagian kulit lainnya.
·       Kuku yang mengalami perubahan warna juga rentan mengalami perdarahan.
Agar melanoma subungual tidak menyebar ke bagian kulit lainnya, sebaiknya garis hitam pada kuku diatasi melalui metode pembedahan. Selain itu, bissanya dokter akan merekomendasikan tindakan radiasi untuk membasmi sel-sel kanker yang masih berkembang pada jaringan kulit.


Tubuh Sedang Kekurangan Kalsium


Kondisi tubuh yang kekurangan kalsium bisa menyebabkan munculnya garis hitam di kuku. Gejala tersebut juga diikuti sejumlah tanda lainnya, misalnya kuku jadi rapuh dan mudah patah. Untuk mengatasi hal ini, kamu harus mengonsumsi asupan kalsium dalam jumlah seimbang. Kalsium bisa diperoleh dari aneka makanan dan minuman bergizi seperti susu dan produk turunannya (keju dan yogurt), ikan, serta kacang-kacangan. Jika tubuh mendapatkan asupan kalsium yang memadai setiap hari, tanda hitam pada kuku akan berangsur-angsur hilang.


tanda garis hitam di kuku jempol kaki garis hitam di kuku jempol tangan kiri garis hitam di kuku jempol kanan ada garis hitam tipis di kuku garis hitam samar di kuku jempol garis hitam samar di kuku ibu jari kuku bergaris hitam samar cara mengobati kuku hitam


Penyakit Endokartitis


Endokartitis adalah peradangan pada lapisan dalam jantung (endokardium) yang disebabkan infeksi bakteri. Selain mengganggu kinerja jantung, penyakit ini juga menimbulkan gejala khas berupa garis hitam di kuku. Kemunculan garis hitam tersebut tak boleh dianggap sepele, terutama bila disertai dengan gejala lainnya seperti gangguan napas, denyut jantung tidak teratur, dan nyeri dada sebelah kiri. Garis hitam pada kuku akan hilang bila kamu melakukan pengobatan endokartitis secara intensif.


Gangguan Ginjal


Tak banyak orang yang tahu kalau gangguan ginjal juga rentan menyebabkan timbulnya garis hitam di kuku. Darah yang mengalami proses perubahan kimiawi akan mendorong melanin ke jaringan bawah kuku. Akibatnya garis hitam akan muncul dan sulit hilang meskipun kamu sudah membersihkan kuku. Bila gejala garis hitam pada kuku diiringi dengan gangguan kesehatan lainnya seperti kaki bengkak dan sesak napas, kamu harus segera berkonsultasi dengan dokter.

Jika kamu ingin mengetahui ulasan lengkap tentang garis hitam di kuku, kamu dapat mengakses informasinya melalui link CekAja.com berikut ini: https://www.cekaja.com/info/kenapa-ada-garis-hitam-di-kuku-ini-penjelasan-ilmiahnya/


Website CekAja.com kini memfasilitasi kita nih, gengs dengan berbagai informasi kesehatan yang menarik dan bermanfaat. Jadi, jangan sampai risiko kesehatan serius telanjur membuatmu melemah, ya. Jagalah kesehatan dengan menjalani pola hidup sehat dan menambah wawasanmu tentang berbagai info kesehatan terbaru dan bagikan infonya kepada teman lainnya ya kan? Salam.


20 komentar untuk "Tiba-Tiba Muncul Garis Hitam di Kuku, Apa Sih Penyebabnya?"

  1. Kdg org suka nyepelein tanda2 yg muncul di kuku yaaa. Padahal ternyata bisa aja itu tanda bahwa tubuh kita sedang sakit parah.. selama ini aku anggab ada garis hitam di kuku Krn ada pendarahan di bawah kuku. Kdg kalo kuku kejepit laci, sering tuh aku ngalamin. Tp kalo tanda penyakit jantung ato ginjal, aku baru tau .. jd bakal lebih memperhatikan tanda2 di kuku sih setelah baca ini

    BalasHapus
  2. Garis hitam di kuku ternyata harus diwaspadai ya, ada gangguan kesehatan apa pada tubuh kita. Kaki kananku tidak ada garis hitam, tapi ada sedikit kerutan, apa tanda2 juga ada gangguan kesehatan ya. Duh, semoga saja tidak.

    BalasHapus
  3. Pas baca ini, pas juga selesa nonton film the black swan, jadi kebayang si Nina black swan yang kukunya sering berdarah gara-gara penyakitan hahaha.

    Btw, sebenarnya tanda-tanda penyakit itu banyak ya, bahkan sebelum kita drop, sebaiknya lebih ngeh lagi dengan semua yang muncul di tubuh kita :)

    BalasHapus
  4. Iya, pernah dengar juga bahwa kita bisa melihat sinyal kesehatan dari kuku.
    Bahkan tingkat stres yang dialami seseorang bisa terlihat pada kukunya.
    Kalau ada garis hitam pada kuku yg tak biasa, ternyata indikator penyakit yg lumayan kronis ya.

    BalasHapus
  5. Ternyata bisa jadi ada indikasi penyakit, ya. Udah gitu serem juga ya. Jadi memang gak boleh cuek deh sama alarm tubuh. Termasuk yang ada di kuku

    BalasHapus
  6. Kalau aku pernah kuku hitam karena jatuh dan pendarahan area itu. Akhirnya perlahan-lahan jadi nanah, bolong, sampai sembuh. Kukunya kubuangin dikit2 juga

    BalasHapus
  7. Wah cekaja(dot)com makin komplit aja ya mba... bahkan untuk urusan kesehatan juga udah ada informasinya. Keren ih...

    BalasHapus
  8. Tubuh akan memberikan tanda-tanda jika tersrang sakit. Salah satunya pada kuku

    BalasHapus
  9. Kalau mpo pernah kejepit sehingga kuku jadi hitam. Mungkin terjadi pendarahan. Mpo diamin aja, jangan di tekan terlalu kencang, mpo kasih minyak tawon.

    Seiring berjalan waktu, Tanda hitam tersebut Sampai itu Tanda hitam di ujung kuku baru deh di potong kuku nya

    BalasHapus
  10. Abis baca ini auto langsung cek kuku loh aku mba hehehe, abis serem itu yang indikator gangguan ginjal itu loh. Ngeri sih kalo udah berhubungan sama organ dalam tubuh karena gak keliatan kan dan kita awam untuk tahu gejala-gejala gangguannya. Salah satunya ternyata bisa dicek dari kondisi kuku ya.

    BalasHapus
  11. Iya ya memang suka nampak di kuku juga ya kalau ada .masalah dalam tubuh..du aku pernah curiga dgn kuku anakku ..ternyata iya ada sesuatu..alhamdulillah sudah berlalu..

    BalasHapus
  12. langsung liat ke kuku pas baca artikel ini

    alhamdulillah aman, ga ada garis hitamm

    BalasHapus
  13. Waduh, serem juga ya penyakit-penyakit yang salah satu gejalanya berupa garis hitam di kuku.Kudu wasapada nih. Selama ini, aku seringnya lihat titik-titik putih nih di bawah permukaaan kuku. Kenapa ya? Jadi penasaran deh. Kudu googling nih.

    BalasHapus
  14. Oh barutau kalau kuku ada tanda hitam itu juga tanda2 penyakit. Kalau aku dulu ada tanda putihnya tapi udah lama banget, trus nggak pernah lagi.

    BalasHapus
  15. Ternyata tubuh menunjukkan sakit bukan dari mata aja yah tapi ke kuku juga. Mesti tahu tanda-tanda penyakit melalui kuku nih. Makasih mbak sharing nya.

    BalasHapus
  16. Termasuk tanda tanda melanoma juga yaa mba.. kalau begitu memang ngg bolah dianggap enteng

    BalasHapus
  17. Wah, ternyata kelainan yang muncul di kuku bisa menjadi penanda suatu penyakit tertentu yaaa.. Kalau aku sih palingan kuku hitam karena habis kejatuhan benda yang cukup berat. Sakitnya nggak ketulungan dan bakalan jadi kayak endapan darah gitu di bawah kuku.

    BalasHapus
  18. Duuh horor juga ya penyakitnya. Langsung meriksa kuku sendiri. Semoga kita semua sehat ya mbak

    BalasHapus
  19. aku baru tahu tentang penyakit Endokartitis nih. Mau browsing lebih banyak lagi setelah ini. Dan baru tahu juga kalau muncul garis hitam di kuku pertanda ada yang tak beres di tubuh dan kesehatan kita. Aku tahunya kalau pada bagian kuku muncul bercak putih gitu. Ternyata Tuhan itu keren ya menciptakan tubuh manusia dengan luar biasa sampai bisa kasih pertanda sebenarnya kalau ada yang tak beres dan harusnya kita segera tanggap. Sayangnya, kebanyakan dari kita, termasuk aku, suka tak paham ih sama sinyal yang diberikan tubuh.

    BalasHapus
  20. Saya baru tahu bahkan lewat kuku sebuah penyakit bisa dideteksi. Saya pikir kuku hanya memberikan gambaran saja. Lewat bulan sabit yang ada di kuku.

    BalasHapus

Posting Komentar