2 Langkah Mudah Mengurus Buku Tabungan yang Hilang



2 Langkah Mudah Mengurus Buku Tabungan yang Hilang - Selamat pagi sobat blogger di manapun berada! Selamat hari Jumat yang penuh berkah! Postingan kali ini saya akan sharing bagaimana cara mengurus buku tabungan yang hilang. Kamis, 13 Februari 2020 kemarin ini saya baru saja mengurus buku tabungan yang kesingsal entah di mana. Di rumah saya Kendal nggak ada, di rumah Comal juga nihil. Jadilah saya memutuskan untuk pergi ke kantor cabang, terdekat untuk mengurusnya.

atm diblokir buku tabungan hilang buku tabungan bri hilang 2018 buku tabungan mandiri hilang 2019 buku tabungan bri hilang 2019 buku tabungan bni hilang 2019 contoh surat kehilangan buku tabungan buku tabungan kjp hilang ganti buku tabungan bri


Awalnya maju mundur juga bisa atau tidak, soalnya KTP saya kan masih Kendal. Tapi buku tabungan saya sudah raib setahun, mau nggak mau harus diurus. Ceroboh banget saya, mentang-mentang buku tabungan nggak pernah dipake, soalnya kalo transaksi biasanya menggunakan internet banking. Pelajaran buat saya juga ini, untuk menjaga dengan baik buku tabungan. Semoga teman-teman demikian juga, coba cek buku tabungannya masih ada atau tidak. Simpanlah di tempat yang aman dan mudah diingat.


Syarat Mengganti Buku Tabungan yang Hilang


Setelah bertanya kepada bapak satpam, dan diberikan nomor antrian saya langsung menuju ke lantai dua. Tempat di mana mengurus buku tabungan yang hilang.

Ternyata mengurus buku tabungan yang hilang, tidak seseram bayangan saya. Tellernya juga baik hati dan ramah, senangnya. Syarat yang digunakan untuk mengurus buku tabungan yang hilang adalah :

atm diblokir buku tabungan hilang buku tabungan bri hilang 2018 buku tabungan mandiri hilang 2019 buku tabungan bri hilang 2019 buku tabungan bni hilang 2019 contoh surat kehilangan buku tabungan buku tabungan kjp hilang ganti buku tabungan bri
Wajah tegang saya hahaha ...


1. Harus membawa KTP
2. Harus membawa ATM / Debit Card

Kedua berkas itu pasti sudah wajib ada di dompet kalian, ya kan? Nah, setelah itu diberikan kepada teller. Teller akan mengecek secara langsung di komputer, kemudian teller berkomunikasi dengan senior atau managernya kalau nggak salah. Alhamdulillahnya beliau ramah juga, nasabah jadi nyaman.

Ada yang bilang kalau hilang, harus mengurus surat kehilangan ke kantor polisi terdekat. Punya saya sih nggak hilang, jarang saya bawa-bawa soalnya. Hanya saja saya lupa menaruhnya, sudah setahunan ini.

Saya juga ditawarin lho untuk mengganti kartu ATM yang lama, dengan yang baru. Pengalaman ganti kartu lama dengan kartu ATM  chip, akan saya ulas di postingan selanjutnya insyaAllah.

 
atm diblokir buku tabungan hilang buku tabungan bri hilang 2018 buku tabungan mandiri hilang 2019 buku tabungan bri hilang 2019 buku tabungan bni hilang 2019 contoh surat kehilangan buku tabungan buku tabungan kjp hilang ganti buku tabungan bri
Alhamdulillah akhirnya punya yang baru

Hanya Lima Belas Menit saja Prosesnya


Kalau nggak antri ya cepet banget prosesnya, Sob! Kebetulan saya datang sengaja agak siangan biar yang antri pagi udah kelar. Alhamdulillah kurang 3 menit menunggu, saya langsung dipanggil. Soalnya kan jarang kali ya ada yang kehilangan, jadi antrinya cepet banget.

Mbak Teller yang membantu saya dengan cepat mengatasi kegalauan, buku tabungan saya yang terselip entah di mana. Ada dua berkas dokumen yang harus saya tanda tangani, tanda tangannya wajib sama dengan KTP ya teman-teman. Kemarin saking gemetarannya saya, hahaha ... agak salah jadi diminta untuk tanda tangan ulang.

Selain tanda tangan berkas, kita juga disuruh untuk menekan nomor pin yang asli atau mau ganti yang baru dengan menekan tombol pin tersebut di mesin kartu ATM. Dua kali sesi terjadi, dan yang terakhir saya disuruh untuk tanda tangan di buku tabungan serta ATM-nya. Udah deh kelar, sesederhana itu. Semoga dapat membantu kalian, yang mau mengurus buku tabungan yang hilang ya, Sob! Salam.

Komentar

  1. Mudah dan cepat ya mbak ngurus buku tabungan yang hilang, sama dengan mengurus ATM yang keblokir juga mudah dan cepat.

    BalasHapus
  2. sekarang proses seperti ini cukup singkat. Pernah melakukan pendaftaran mbanking dan prosesnya cukup melalui mesin seperti atm.

    BalasHapus
  3. Justru disinilah bank bersaing
    Layanan nasabah ok, pasti bank nya ok hehe

    BalasHapus
  4. Hihihi kirain cara ambuat buku tabungan yang hilang harus bikin surat keterangan dari kantor polisi ya. Ternyata nggak seribet itu ya hahah

    BalasHapus
  5. aduh, baca ini saya jadi mengingat-ingat dimana ya menaruh buku tabungan.
    Jangan sampai kejadian bukunya keselip juga

    BalasHapus
  6. Cepet ya? Seperti waktu perpanjangan buku tabungan yang habis.
    Beruntung antriannya ga lama, semua proses kan di customer service (bikin rek.baru, buku baru dll)

    BalasHapus
  7. Wah..ternyata cukup bawa KTP sama ATM,plus surat kehilangan yg gak wajib dibawa kalau karena kesingsal gampang banget ngurusnya ternyata

    BalasHapus
  8. Ngga pake surat kehilangan kepolisian ya mbak? Itu yg paling males kalau urusan apa2 hilang.
    Tp ternyata mudah ya, cepat pula.. Tp kl bisa jgn sampai ada yg hilang, hehehe

    BalasHapus
  9. Cepet ya ngurusnya. Apa tergantung bank-nya juga?😀 Kalo aku dulu kartu ATM yang hilang dan mesti pakai surat kehilangan dari kepolisian.

    BalasHapus
  10. Tergantung bank nya memang mbak, klo bca hilang ga usah lapor polisi tp bank lain tetap harus lapor

    BalasHapus
  11. Aku pernah ngalamin kayak gini mbak. Sempat bingung juga. Tapi alhamdulillah teratasi dengan cepat.

    BalasHapus
  12. anakku nih yang buku tabungannya entah ada dimana. Tapi dia malas nyarinya, karena kamarnya aja berantakan. kayaknya kudu ngikutin langkah di atas nih

    BalasHapus
  13. Buku tabungan saya udah lama hilang, males ngurusinnya entar aja deh pas beneran butuh baru ke Bank, hehe.

    BalasHapus

Posting Komentar