Ingin Berjualan Online dengan Keuntungan Selangit di Blibli.com? Pelajari 3 Hal ini: MTA, Blibli Seller APP dan Merchant Analytic



Ingin Berjualan Online dengan Keuntungan Selangit di Blibli.com? Pelajari 3 Hal ini: MTA, Blibli Seller APP dan Merchant Analytic - Berjualan online, atau berjualan yang kita lakukan di internet sekarang ini sudah menjadi kebutuhan. Siapa saja bisa melakukannya, baik pedagang atau pebisnis yang berjualan di bidang produk apapun itu. Bisnis online termasuk solusi dari pengusaha atau pedagang yang ingin produknya dikenal secara luas. Tidak hanya di Indonesia saja, tetapi juga sampai mancanegara.





Kita bisa memilih untuk berjualan online di platform manapun, bisa dengan media sosial, aplikasi, website dan juga marketplace sebagai sarananya untuk berjualan online. Sebelum memulai jualan beberapa hal yang diperlu dipikirkan adalah, produk apa yang akan dijual, dan bagaimana promosinya. Strategi promosi online yang cukup populer, adalah melalui media sosial.

Cita-cita menjadi pedagang atau pengusaha tidak pernah dalam benak saya sebelumnya, sampai suatu ketika saya ditawari menjadi content writer di perusahaan digital marketing. Dari sanalah awal mula saya mengenal bagaimana jualan online. Dari yang awalnya ambil barang dari kantor, ambil barang dari orang lain dengan menjadi dropshipper maupun reseller dan akhirnya saya punya perusahaan sendiri. Perusahaan kecil-kecilan, yang saya impikan bisa menjadi besar. Aaamiin! Kalau kata Bung Karno, "Bermimpilah setinggi langit, jika kamu jatuh, jatuhnya akan berada di antara bintang-bintang".


Kelebihan Berjualan Online Ada 5 M



Awalnya memang saya tidak mengenal yang namanya jualan online, jualan barang ya saya lakukan di seputaran tempat tinggal aja. Eh setelah mengenal jualan online, pemesanan bisa dari mana-mana, dan saya kemudian mengenal jasa ekspedisi. Saya jadi belajar banyak hal lagi. Menyenangkan!

belanja di blibli blibli login blibli market mem order blibli blibli com order checkout blibli on line blibli web kantor blibli


Murah
Jualan online dengan membuat toko online itu, murah karena nol rupiah. Kita cukup menyediakan kuota untuk berselancar di dunia internet.

Mudah
Cukup membuat akun gmail (email) dan nomer henpon aktif. Kita bisa nebeng di marketplace, Blibli.com misalnya. Tinggal mengikuti step by step dalam membuat akun toko onlinenya.

Meriah
Kalau awalnya cuma seputaran rumah yang beli, dengan toko online pembeli bisa datang dari manapun seluruh Indonesia atau dunia.

Melimpah
Penghasilan atau keuntungan berjualan oleh bisa melimpah. Kok bisa? Lha pembelinya dari mana-mana. Apalagi tidak perlu bayar sewa toko, bayar karyawan, dan lain sebagainya.

Merdeka
Jualan online itu bikin jiwa kita merdeka. Coba kalau jualannya di trotoar atau tempat sembarangan pula, kita pasti dikejar-kejar satpol PP melulu. Merdeka karena kita juga bisa jualan dan jalan-jalan, asal henpon terkoneksi dengan internet karena bisa dipantau melalui aplikasi. Kabar baiknya Blibli.com, ada Blibliseller App-nya, yang memudahkan kita sebagai penjualnya.

Bagaimana? Sudah siap berjualan online? Nah kalau sudah siap, mari tambah pengetahuan kita dengan 3 hal ini jika kalian ingin berjualan online di Blibli.com.





Berkenalan dengan MTA (Merchant Tools Aplication) di Blibli.com


Merchant Tool Aplication disingkat dengan (MTA), merupakan fitur yang bisa digunakan oleh Blibli Seller (penjual di Blibli.com) untuk melakukan aktivitas penjualan. Apa saja sih aktivitas penjualan tersebut?

Upload produk, aktivitas di mana kita memasang gambar produk yang kita jual. Buatlah gambar yang tentunya harus menarik, agar pembeli bisa tergiur untuk beli.

Intinya dengan menggunakan MTA (Merchant Tools Aplication), penjual di Blibli bisa memantau pesanan dan penjualan dengan gampang. Blibli seller juga akan mendapatkan notifikasi terkait pemesanan produk tersebut, biar nggak kecolongan ketika ada orderan baru. Semuanya akan ada di MTA ini, orderan baru, orderan tercancel, orderan returned, orderan delivered dan lain sebagainya.




Produk yang laris terjual dengan stok yang banyak atau habis juga bisa dipantau, pada MTA ini lho. Misalnya bahan baku produk naik nih, bisa juga diedit untuk diganti harganya. Artinya MTA ini sangat memudahkan dan membuat Blibli Seller tidak mengalami kesulitan. Tapi kalau masih nggak ngerti juga, Blibli.com memberikan fasilitas tambahan agar performa toko  kamu semakin bagus, dalam berbisnis online.

Blibli University namanya, kita bisa mengembangkan bagaimana cara berjualan online di Blibli.com dengan video pembelajaran. Kita juga akan mendapatkan tutorial serta artikel pengembangan bisnis di Blibli University. Kita juga bisa kok berdiskusi dengan seller lainnya agar bisa berkembang bersama. Mantap 100% dah, Blibli.com ini! Sudah siap berjualan online? Mari kita lanjut untuk bergabung menjadi merchant di Blibli.com.





Cara Mendaftar Menjadi Penjual di Blibli.com Melalui Merchant Tools Aplication (MTA)


Setelah masuk di halaman MTA log-in, anda bisa langsung mengeklik tulisan 'Daftar Sekarang', kemudian klik 'Saya Berjualan di Indonesia'. Tapi kalau kamu berjualannya di luar negeri bisa pilih yang bagian bawah, 'I'm seeling from abroad'. Klik!




Salah satu keuntungan berjualan online yang saya tulis di atas, adalah mudah. Mudah di sini, kita cukup mempunyai email dan no HP yang aktif. Dibuktikan dengan,  ketika kita ingin menjadi penjual di Blibli.com, harus mendaftar dahulu ya kan? Nah, di sini kegunaan email dan nomor handphone yang kita punya, teman-teman. Ditambah dengan Nomor KTP dan NPWP.

3 Langkah mudah mendaftar berjualan di Blibli.com adalah mengisi :

1. Informasi akun
2. Informasi Toko
3. Informasi Administrasi

Mari kita ulas satu persatu, agar mudah untuk dipraktikan ya teman-teman kalau kalian inginberjualan di Blibli.com.





Cara Mengisi semua kolom di Infromasi Akun


Kalau kita sudah berada di laman (https://merchant.blibli.com/MTA/register), kita harus mengisi data diri. Apa saja yang harus kita isi di sini?

Adalah : Email, Pasword, Konfirmasi ulang password yang sudah diketik tadi. Nama pemilik adalah sesuai dengan nama yang ada di KTP ya, nomor handphone, TTL, Nomor KTP, dan Upload gambar KTP milik kita. Sesuai urutan kolom saja ngisinya, biar gampang.




Oh ya, untuk password ini harus diperhatikan ya teman-teman. Ngisinya minimal 12 karakter, harus ada huruf besar, huruf kecil dan juga angka. Misalnya nih (Nyipenengah123425).

Untuk nomor HP, tulis nomor HP yang aktif. Karenan nanti akan ada kode verifikasi yang dikirimkan, dari Blibli.com dan kita harus memasukan pada kolom.



Untuk gambar KTP-nya, sebaiknya pilih yang bagus, cerah dan terang. Hindari mengupload KTP yang gambarnya ngeblur. Oke, ya? Kalau sudah dipraktikkan next kita lanjut ke informasi toko.





Cara Mengisi semua kolom di Informasi Toko dalam berjualan di Blibli.com


Selamat! Akhirnya sukses ya kan mengisi informasi akun. Sekarang saatnya, anda mengisi infromasi toko. Pilih tipe penjual yang diinginkan, kalo perorangan yapilih perorangan kalau perusahaan klik yang 'perusahaan'. Kemudian isikan pemilik UMKM, klik iya jika anda memiliki sertifikat UMKM dan klik tidak jika belum memiliki.

Selanjutnya beralih ke 'Nama Toko', bagian mengisi nama toko biasanya yang paling lama. Karena bingung mau diisi nama apa? Bisa dari nama brand produk anda, bisa juga nama asli anda. Bebas! Yang pasti nama adalah sebuah harapan dan doa. Kalau bingung saya kasih contoh, teman saya menggunakan nama 'Busanery', singkatan dari usahanya yakni (Busana dan stationery). Bisa juga 'Souvenir Barokah', dengan harapan rizkinya laris dan berkah.


belanja di blibli blibli login blibli market mem order blibli blibli com order checkout blibli on line blibli web kantor blibli


Beberapa tips dari saya untuk menentukan nama toko, sebaiknya yang berhubungan dengan produk yang dijual. Misalnya jualan batik, dikombinasikan saja nama batik dan nama anda. Siapa tahu orang yang nyari batik, dan ketika ngeklik di laman pencarian membuat nama toko anda ikut terangkat.

Kalau sudah menentukan nama toko, langsung ke 'Kategori Utama', misalnya gamis untuk wanita berarti masuknya ke, Fashion. Toko saya 'Nyipedesouvenir', juga saya masukkan ke fashion wanita.

Next masukkan nomer ponsel lagi, alamat toko di mana, kemudian negaranya mana, provinsi tinggal dan kota. Lantas klik centang, yang dibawah jika anda menyetujui perjanjian komisi dengan Blibli,com.



Cara Mengisi semua kolom di Informasi Administrasi berjualan di Blibli.com


Dua langkah sudah sukses anda lakukan, saatnya mengisi administrasi pribadi. Dari Nama Bank, Cabang, Nomor Rekening, Nama di Rekening, Nmor NPWP, Nama dan alamat di NPWP tersebut. Terakhir upload kartu NPWP milik anda. Usahakan gambarnya terang ya!

Tiga langkah berhasil, selamat! Anda sudah berhasil membuat toko.Ingat, username dan nama toko tidak bisa diubah lagi. Maka pikirkan betul nama yang pas, dan pasti untuk Tokomu. Bisa disesuaikan dengan nama akun media sosial jualanmu, agar konsumen loyalmu mudah untuk menemukan toko anda di Blibli.com!


belanja di blibli blibli login blibli market mem order blibli blibli com order checkout blibli on line blibli web kantor blibli



FYI, proses persetujuan toko yang sudah kita buat aktif di Blibli.com, bisanya membutuhkan 2 tahap, yakni:

1. Siap diperiksa : max 2x24 jam hari kerja
2. Siap Diaktifkan : max 2x24 jam hari kerja

Jika sudah diaktivasi dari pihak Blibli.com. Saatnya anda login ke MTA (Merchant Tools Aplication) dan mulai jual produk anda!


Selamat Berjualan di Blibli.com Menggunakan Aplikasi BlibliSeller!


belanja di blibli blibli login blibli market mem order blibli blibli com order checkout blibli on line blibli web kantor blibli



Setelah membuat akun dan resmi mempunyai toko online di Blibli.com, anda bisa menjual barang apapun dari berbagai kategori. Misalnya pakaian, elektronik, buku, kosmetik, gadget dan lain sebagainya.

Buat anda yang baru saja bergabung di situs Blibli.com, pasti ada rasa khawatir belum mengerti cara untuk menjual.Tapi tenang saja, Blibli.com sudah menyediakan video tutorial untuk seller. Atau scroll saja pada bagian bawah, ada menu 'Bantuan' pilih saja Tutorial atau Panduan Pengguna. Semuanya caranya lengkap.





Saatnya anda sebagai penjual mendownload aplikasi Blibli Seller yang ada di Playstore untuk pengguna Android, atau pengguna iOS di App Store. Ketik langsung dalam pencarian, 'Blibli Seller', tinggal instal di ponsel anda. Kalau punya aplikasi Blibli Seller, mau di manapun tempatnya kita tetap bisa memantau dan merespon pesanan dengan cepat.

Sebagai calon penjual kita wajib memahami dengan benar, segala macam fitur yang ada di Blibli Seller App. Apa saja fitur yang ada di dalamnya? Mari kita kenali satu persatu.


belanja di blibli blibli login blibli market mem order blibli blibli com order checkout blibli on line blibli web kantor blibli


Menu Dashboard
Isi dari menu dashboard di Blibli seller aplikasi, kita dapat memantau pesanana baru, stok yang habis, Statistik pendapatan, level toko, performa rating merchant dan pemberitahuan penting lainnya. Seperti ada webinar, produk dengan pencarian populer, atau juga layanan paket pengiriman dengan terjadinya wabah corona ini. Semua ada di dashboard.

Menu Orders
Menu order, adalah menu untuk mengetahui siapa pembeli yang order, siapa yang dalam proses, dan orderan siapa yang sudah terkirim maupun dibatalkan. Untuk mendapatkan performa yang bagus, seller harus cepat dalam mengirimkan orderannya dan merespon pembeli sebagai salah satu bentuk pelayanan yang akan memuaskan pelanggan karena fast respon.

Menu Product
Seller atau penjual untuk memasarkan produknya, harus mengupload produknya dalam menu ini ditandai dengan tanda (+) di bagian bawah kanan. Selain itu ada kolom aktive, out of stock, unbuyble, stok minimum, dan archive.

Menu Product Submission
Jika tadi sudah melakukan penambahan produk, dalam menu produk. Seller akan mengetahui produknya sudah aman tayang atau belum, di menu ini. Misalnya produknya fotonya kurang pas, butuh perbaikan atau gagal tayang akan diberitahu di sini.

Menu Return
Jualan tidak akan bisa semulus jalan tol, terkadang di tengah jalan kita akan menemukan kendala. Seperti pengembalian produk, di menu ini permintaan pengembalian produk akan diberitahukan di sini. Penjual juga akan mengetahui mengapa dan kenapa produk dikembalikan.



Menu Promotion
Dalam menu promosi ini, seller bisa membuat harga produk menjadi miring atau lebih murah dari biasanya dengan adanya diskon dan voucher.  Siapa sih yang nggak demen diskonan, hehehe ...

Menu Share in Social Media
Seller bisa mempromosikan produk jualannya di Blibli.com, dengan cara share ke media sosialnya.  Seller juga akan mendapatkan QR Code, untuk toko onlinenya. Di maana kegunaannya bisa discan oleh calon pembeli dalam bertransaksi.

Menu Product Discussion
Calon pembeli biasanya akan menanyakan produk yang akan dibeli, di sinilah menu ini berfungsi. Misalnya calon pembeli bertanya, ukuran bajunya ada apa saja, lingkar dada berapa, varian warna ready apa saja, dan lain sebagainya kalau produk yang kita jual adalah fashion.


Menu Merchant Analytics
Isi dari menu merchant analytics seller atau penjual bisa mengetahui, performa toko onlinenya dan tingkat penjualan setiap minggu atau bulan. Bahkan seller juga bisa membandingkan penjualannya, dari minggu sebelumnya.



Menu Setting
Dalam menu setting seller, bisa mengatur notifikasi apa saja yang bisa didapatkan. Misalnya out of stok, new product discuccion, minimum stock, canceled order, delivered order, autocancel order, new order, dan invalid airwaybill.

Menu About Us
Di menu about us, seller bisa mengetahui tentang versi Blibli seller App-nya sudah upgrade atau belum.

Menu Rate Blibli SellerApp
Di menu ini seller, bisa memberikan penilaian tentang pengalamanmu dalam menggunakan Blibli seller App.

Menu Contact Us
Misalnya seller mengalami kendala dalam berjualan, bisa langsung menghubungi nomor yang tertera di menu ini, atau juga email dan bisa langsung chat. Layanan ini berjalan dan aktif dari Senin - Minggu, pukul 08.00 - 22.00 WIB.

Menu Logout
Adalah menu untuk keluar dari Blibli seller App.


Pelajari Merchant Analyticmu agar Penjualan semakin Meningkat


belanja di blibli blibli login blibli market mem order blibli blibli com order checkout blibli on line blibli web kantor blibli


Dalam Menu Merchant Analytic terdapat banyak fitur menarik, yang bisa dipelajari oleh seller. Seperti performa toko onlinenya minggu lalu, dengan minggu ini. Seller bisa melihat perbandingannya di sini, sehingga bisa mempelajari formula yang tepat untuk promosi di minggu yang akan datang. Paling seneng di bagian ini nih, karena secara tidak langsung seller jadi tahu pendapatannya lebih bagus atau justru menurun. Jadi, seller dituntut untuk bisa meningkatkan pendapatannya dan melatih skillnya untuk bisa lebih baik dalam memasarkan produknya.

Di menu Merchant Analytic seller juga bisa mendapatkan rekomendasi keyword populer dan produk yang sedang trending saat ini. Dengan kata lain seller bisa menerapkan rekomendasi tersebut untuk toko onlinenya. Sehingga calon pembeli yang mencari produk yang kita jual, jadi lebih mudah.

Statistik pesanan, statistik pendapatan dan konversi transaksi ini yang harus selalu diperhatikan untuk seller. Kalau nggak produk yang dijual mana bisa laku, jadi penting banget menemukan 'right produk'.


Pentingnya menemukan produk yang tepat!


belanja di blibli blibli login blibli market mem order blibli blibli com order checkout blibli on line blibli web kantor blibli



Memang sih untuk menemukan ketegori yang pas untuk dijual itu, gampang-gampang susah. Susahnya kalu nggak nemu-nemu yang pas, gampangnya kalau udah nemu yang cocok. Cara termudah versi saya menemukan 'right produk' adalah yang sesuai dengan kapasitas kita. Kapasasitas ini adalah passion, modal, lingkungan dan level kita. Coba cari tahu apa yang kita minati, buat 10 daftar dan tuliskan. Apakah makanan, mainan, kosmetik, fashion, obat, buku, dan lain sebagainya. Saring jadi 5 yang sesuai dengan kesukaanmu, hal ini akan membuat kita senangnya dua kali lipat. Hobi yang jadi ladang bisnis. Yang mana yang paling anda kuasai dari kelimanya?

Kalau sudah tahu mana yang paling unggul dari lima tersebut, maka anda wajib mengeksplore ketiga faktor. Competence (keahlian anda), Market Need (yang dibutuhkan pasar) dan Passion (hobi kita). Jika ketiganya ini benar-benar dimaksimalkan, akan menghasilkan yang namanya Magic (keajaiban). Keajaiban rizki anda dalam berbinis, atau berdagang. Ini dia salah satu produk milik saya, masker dua lapis yang ramai dibeli dan dalam masa wabah menyerang, tingkat pembeliannya berkali-kali lipat. 


belanja di blibli blibli login blibli market mem order blibli blibli com order checkout blibli on line blibli web kantor blibli


Pesan saya, dalam memasarkan produk buatlah potret produk adnayang menarik. Karena foto produk dan cara pemasaran ini, adalah hal yang paling utama dalam berjualan online. Buatlah foto sendiri, jangan mengambil dari google image atau gambar orang lain.


Mengapa Harus berjualan di Blibli.com


Dalam gathering exclusive di kantor Blibli pada Akhir tahun lalu, saya masih ingat salah satu pembicaranya mengatakan bahwa memang awal berjualan di Blibli.com itu sistemnya terlihat rumit. Sebab itu seller-seller yang ada di Blibli.com bukan seller sembarangan, Apalagi bagian Menu Product Submission di Blibli Seller App, semua produk akan direview terlebih dahulu. Layak tayang atau tidak, perlu diperbaiki atau tidak sebelum tampil. Berbeda dengan marketplace lain yang bisa langsung tayang. Di Blibli memang sellernya dituntun untuk menjadi seller yang berkualitas. Itu yang paling melekat dalam benak, dan saya belajar banyak dari hal tersebut.


belanja di blibli blibli login blibli market mem order blibli blibli com order checkout blibli on line blibli web kantor blibli


Semacam eveluasi usaha kalau kata saya. Hal ini diperlukan agar usaha yang kita bangun ini berkembang. Yang paling penting jangan dilupakansoalcashflownya. bolehlah profitnya kecil yang penting uangnya terus mengalir dan menghasilkan.


Ini dia  kenapa kamu harus berjualan di Blibli.com:






Kategorinya banyak
Blibli.com memfasilitasi 16 kategori berbelanja, jadi banyak produk yang bisa kita jual tidak hanya terbatas satu saja.

Gratis Foto Produk
Setiap seller di Blibli.com dapat menikmati fasilitas foto produk dengan gratis

Mendapatkan kemasan gratis
Penting produk yang kita kirim sampai dengan aman, kalau sampai babak belur di rumah pembeli jadi bikin nggak nyaman yang beli. Nah, di Blibli.com anda akan mendapatkan box dengan gratis.

Gratis Biaya Kirim
Produk reguler yang dijual Blibli.com, pengirimannya gratis lho ke seluruh Indonesia. Mantap kan? Belanja nggak perlu mikir ongkir.

Proses Pengirimannya Mudah
Ada lebih dari 30 logistik yang bekerjasama dengan Blibli.com, jadi mempermudah proses pengirimannya ke seluruh penjuru nusantara




Ada asuransi pengiriman produk
Blibli.com akan menjamin keamanan produk, karena ada asuransi pengiriman produknya. Menyenangkan bukan?

Layanan MerchantCare
Kesulitan dalam penjual, akan dibantu oleh call center khusus, jadi anda tidak perlu khawatir menemukan jalan keluarnya di tengah masalah yang melanda dalam bertransaksi.

Inovasi yang terus menerus
Siapa bilang di Blibli.com cuma bisa beli online? Beli produk offline juga bisa lho dengan layanan khusus ini, 'Bllibli in store click&collect'. Kita tetap bisa mendapatkan produk offline, dengan fasilitas bayarnya dengan online. Nggak perlu cash deh kalau gini, jadi aman nggak perlu ribet bawa duit.



Ingat, bisnis yang sehat itu kalau kita cek saldonya di mutasi rekening terus meningkat nilainya setiap bulan. Tapi kalau rekeningnya tetap sama saja atau bahkan berukurang terus, berarti ada yang tidak beres dengan bisnis anda. Lakukan pemeriksaan, di mana letak bocornya. Selamat berjualan!


Komentar

  1. Trima kasih nyi infonya. Lengkap dan detail. Semoga jadi solusi buat yg mau bisnis online

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siyap bun, sebarkan juga ya bun buat pelaku ukm di Batam sana heheeh

      Hapus
  2. Benefitnya banyaaaakkk banget kalo jualan di BliBli.
    Ini mempermudah para pengusaha skala small and medium ya Mba.
    Kece!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba, siaapapun akan mendapatkan kemudahan denganfitur-fitur ini

      Hapus
  3. Bener2 mudah yaa, tinggal ada kuota dan KEMAUAN langsung bisa jualan dan ada lapak di BliBli yang pastinya banyak keuntungan. Bisa buat mentemen UMKM yang sangat membutuhkan ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ALhamdulillah ya teh, ada jembatan yang bisa dijadikan peluang begini.

      Hapus
  4. Sepertinya Blibli terus berinovasi. Membuat orang semakin tertarik untuk berjualan di sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya belanja ya jualan heheeh aku melakukan keduaanya di blibli

      Hapus
  5. waa keren ya bibli mempermudah para pelaku bisnis buat berjualan di sana, semoga para pebisnis kecil bisa terbantu dengan kemudahan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin ya Allah. Makin disenangi dan disayangi deh blibli kalo gini ya mba

      Hapus
  6. Asiknya jualan di blibli ya mbaa nyi.. Apalagi sekarang ada fitur2 yang memudahkan para seller untuk berjualan. dijamin penjualan bisa makin melesat deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin ya Allah, ayok mba tia jualan bareng hahaha

      Hapus
  7. wah sekarang bisa berjualan di blibli ya? dulu saya pikir blibli hanya menerima merchant yang besar2 saja, ternyata umkm juga bisa daftar, thanks for sharing mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mba kukira hanya untuk perusaan besar, nyatanya bisa smeua jualan di blibli

      Hapus
  8. Memang ya untuk berjualan online tuh harus banyak belajar juga.. ngga asal jualan online aja, tapi juga harus punya ilmunya.. nah kalo dah dapet ilmunya seperti ini, jadi tambah mudah ya untuk menjalankannya.. jadi ngga ngeraba raba lagi.. langsung jalan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu aku juga menduganya jualan ya jualan masang doang, ternyata makin ke sini banyak ilmunya mba

      Hapus
  9. Lengkap banget step-stepnya, makasih Mbak. Informasi seperti ini yang dibutuhkan buat para UMKM biar bisa ikut mengembangkan sayapnya di Blibli.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menyenangkan ya mba, kemudahan yang diberikan ini apalagi umkm di INdonesia biar lebih meluas jangkauan jualannya.

      Hapus
  10. MTA (Merchant Tools Application) ini semacam dashboard yang disediakan blibli ya, gak cuma bisa upload produk tapi juga bisa memantau penjualan kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benenr banget mba, kita bisa mantau di manapun dan kapanpun

      Hapus
  11. Wah aku baru tahu inovasi blibli. Dan ini jadinya buat yang jualan di blibli jadi terbantu sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. capcus jualan juga di blibli yok mBa LId hahaha

      Hapus
  12. Makanya saya paling suka belanja di Blibli, soalnya lebih terpercaya, lah para penjualnya dibekali hal-hal seperti ini, jadinya penjualnya untung, pembelipun merasa diuntungkan dengan penjual-penjual yang terpercaya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pelaku UMKM di INdonesia jadi semangat jualan ya Mba Rey kalo dimudahkan begini

      Hapus
  13. wahh, ternyata klo berjualan di Blibli sangat dimanjakan ya :)
    Jadi semangat untuk berjualan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih mba, jadi makin senang dan bahagia hehehe toolsnya mudah

      Hapus
  14. Blibli, masih menjadi e-commerce alternatif untuk belanja online.

    Yang aku suka sistem pembayarannya yang simpel dan aman terus ada sistem loyalty program.

    Blibli terus melakukan terobosan nih, cool!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku paling seneng free ongkir hahaha menyamankan emang blibli.com ini

      Hapus
  15. Wah senangnya bisa jualan di blibli ya...dimudahkan dengan adanya inovasi ini penjualan bisa lebih baik jadinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba Ida, kalau begini kan enak ya jualannya jadi terpantau.

      Hapus
  16. Nah enak ini klo jualan bisa diamati analitiknya.. Jadi tau progress penjualan dsb gimana.. Buat penjual jadi bisa ngontrol dan ambil keputusan utk bisnisnya juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi terpantau ya mba, kita tahu ada yang boncos nggak ada yang perlu diperbaikai apa ga.

      Hapus
  17. Wah bisa sekomplit ini yah berjualan di blibi, jadi seller akan lebih mudah dengan toolsnua nih, pengen coba ah jualan Madu di Blibli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh madu, bermanfaat banget loh mba madu ini banyak yang mengonsumsi

      Hapus
  18. Waaahhh, banyak juga ya fiturnya. Jujur sebagai bakulers, aku belum pernah ni jualan di blibli. Baca artikel ini jadi mempertimbangkan jadi seller di sana hihihi.... Thanks insightnya ya Mbaaak!

    BalasHapus
  19. Blibli makin keren aja ya, fasilitas merchantnya komplit banget, penjual jadi betah buat berjualan di Blibli dimanjakan begini sih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk jadi seller di blibli.com juga mba Yanie ehehhe

      Hapus
  20. Senang banget kalau bisa jualan di Blibli ini ya mbak, apalagi tools yang diberikan sangat memudahkan dan bisa meningkatkan penjualan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Merasa dituntun dan dibimbing biar dapet untung terus ya Mba Arda.

      Hapus
  21. wawwww keuntungannya banyak banget ya mba. yang paling oke bagian foto produknya nih. soalnya banyak banget penjual yang ga bisa foto produk secara proper. kuinfoin temenku yang punya olshop ahh. makasih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mba Nov, memang ya foto jadi goalnya jualan kalo onlinean

      Hapus
  22. Tool dan fitur ini nih kayaknya yang bikin temenku asyik jadi seller di Blibli. Tiap hari pasti aja kirim orderan banyak. Aku jadi mupeng pengen jadi seller di Blibli juga. Banyak untungnya kayak temenku deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya mba, UKM jadi terbantukan adanya blibli.com ini

      Hapus
  23. Wooww mau juga donk punya keuntungan selangit hehe.
    Ternyata Blibli gak membiarkan merchant yang jualan via dia jalan sendiri tapi juga dikasi kemudahan buat melayani pembeli ya. Bagus nih jd kan enak kalau jualan d Blibli.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi bisa banget kita kasih diskon atau promo heheeh ke konsumen yang loyal ya Mba di blibli ini kalo ada merchant promo

      Hapus
  24. Wah ada Blibli University juga yang bisa digunakan sebagai ajang belajar dan berdiskusi dengan seller lainnya. Menyenangkan ya jadi seller di Blibli ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayok mba Uniek jualan di blibli, totebagnya ibuknya mba Uniek di pasarin di sini.

      Hapus
    2. Iya Nyi, coba ya kuubek-ubek dulu Blibli ini, aku belum pernah sama sekali nyobain jualan di situ soalnya. Siapa tau bisa jadi media untuk jualan kembali ya.

      Hapus
  25. Blibli mengerti sekali kebutuhan yang ingin berjualan online ya, sekarang fiturnya lengkap dan bisa memudahkan untuk proses penjualan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asli mba, kalo fitur gampang kan seller jadi sneang julannya

      Hapus
  26. MTA ini jadi merekam semua pemesanan ya baik yang sukses yang batal maupun yang masih dalam pemesanan. Pemantauannya jadi lebih praktis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget bund, jadi terpantau meski kitanya lagi jalan-jalan ahhaha

      Hapus
  27. Blibli sekarang semakin di depan ya untuk urusan inovasi teknologi penjualan online. Semakin memudahkan customer dan juga seller nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menyenangkan banget jadinya ya mba, sebagai seller dimanjakan.

      Hapus
  28. jaman digital begini lebih enak jualan online ya mbak, nggak keluar modal buat gaji peawe dan operasional toko, apalagi sewa atau beli ruko :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asli banget mba Wind, jadi hemat banget ya kan?

      Hapus
  29. 5M benar banget kalau belanja online khusus mudah dan merdeka, ga pakai ribet hunting dan berpanas-panasan. Tinggal click, bayar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi terbantukan ya mba Cit, sejak adanya ecommerce gini macam blibli.com

      Hapus
  30. Semakin menarik dan lebih memudahkan untuk penjual memasarkan dagangannya dengan cara yang menarik. Apalagi kayanya blibli semakin berinovasi lebih menarik. Suka sekali!

    BalasHapus
    Balasan
    1. inovasinya emang selalu update dan ada aja yang bisa membuat kita sebgai penjual merasa senang

      Hapus
  31. aku sering belanja online. Salah satunya di Blibli. Hanya saja belum pernah nih menjajal jualan di marketplace. Bingung mau jual apa. Padahal fiturnya di Blibli memudahkan banget bagi penjual.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jualan yang disukai aja mba, hehehe aku juga dulu bingung eh lama-lama nemu sendiri passionnya jual apa

      Hapus
  32. wah ternyata gak susah ya kalo mau jualan di blibli makasih infonya sangat bermanfaat dan keuntungannya banyak banget ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mba, step-stepnya mudah dipahami soalnya

      Hapus
  33. selama ini cuma taunya belanja doang dong aku, ngga tau ada fitur diatas, untung aja mampir kesini jadi tau lebih detail.

    BalasHapus
    Balasan
    1. heeeh akhirnya siapa tahu mau jualan juga mba Des hehehe

      Hapus
  34. Iya sih memang belanja di Bibli.com mudah dan cepat prosesnya. Favorit aku juga sama nih belanja via Bibli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mba apalagi freeongkir ini lho hahaha yang susah nolak wakaka

      Hapus
  35. Aku penasaran yang gratis foto produknya nih mbak. Jadi apa aja syarat ketentuannya? Tapi benar-benar memudahkan penjual yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syaratnya join aja dulu jadi penjual di blibli paling mba Fara.
      Memudahkan soalnya

      Hapus
  36. Jaman now jualan online dimudahkan ya, dengan segala fasilitas yang ada, bukan penjual aja yang dimudahkan, pembeli juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keduanya sama-sama terbantukan ya Mba Andi
      jadi kita nggak bingung alhamdulillahnya.

      Hapus
  37. detail sekali penjelasannya mba, wah kebetulan aku lagi merintis usaha bisa kali ya jualan di blibli.com ini, MTA ini mempermudah buat jualan dan interaksi dengan konsumen ya mba, mau nyobain daftar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, apalagi mba Mei nih yang sering jalan-jaalan
      tetep bisa mantau juaalnnya.

      Hapus
  38. Di Blibli ternyata gampang juga ya buat majang produknya, kirain ribet lho hehe.
    Udah gtu dikasi tau caranya supaya dagangan kita bisa dipromosikan dengan mudah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba, ada bantuan bimbingan juga dalam berjualan
      yang nggak laku bisa belajar banyak juga

      Hapus
  39. Nyi..
    Dapet foto gratis itu maksudnya, nanti ada yang dateng untuk bantu foto produk atau produk kita kirimkan sample nya dan dibantu fotokan?

    Aku suka banget Nyi..
    Jadi blibli ini rahasia suksesmu, geulies...
    Barakallahu fiikum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Barang kita di kirimkan ke Blibli mba Lend
      soalnya ada biasanya gudang buat stok barang di blibli gitu heheeh
      enak ayok jaulan di blibli.com

      Hapus
  40. untung banget ya bisa berjualan di Blibli ini, karena sekarang udah hadir MTA dan yg paling berasa itu ke seller adalah hadirnya Blibli seller apps ini nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memudahkan kita mantau yo mba Sof, meski kitanya kemana-mana jualan tetep jalan

      Hapus
  41. Programnya blibli membany online seller banget ya. Sayang aku uda ga jualan online sih. Lebih ada rezekinya jd blogger 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat mba Mell, yang penting kita tetap berkarya ya.

      Hapus
  42. Nice info banget kak makasih ya infonya nih jeren banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jeren apa keren mba Rummy? Hehehe semangat pokoknya ya Mba

      Hapus
  43. Nah, kalau saya punya usaha jualan online pasti bakal melirik Blibli ini karena keunggulannya seperti yang ulas di atas tidak diragukan lagi ya Mbak. Sangat membantu sekali para seller yang buka toko di Blibli.

    BalasHapus

Posting Komentar