Cara Membantu Sesama Saat Pandemi



Cara Membantu Sesama Saat Pandemi - Pandemi akan berakhir kapan? Mungkin saya dan banyak masyarakat di Indonesia bertanya dan penasaran pandemi akan berakhir kapan? Mari kita serahkan semuanya kepada Sang Maha Pemberi Kehidupan, Allah SWT. Karena segala ujian, tidak lepas dari campur tangan-Nya. Yang perlu kita lakukan adalah, teris berdoa, berusaha dan melakukan yang terbaik agar semua ini lekas berakhir dan berlalu.




Di masa yang serba terbatas ini, hal apa sih yang bisa kita lakukan untuk membantu sesama? Sebagai UKM (Usaha Kecil dan Menengah), saya dan suami berusaha membantu semampunya dengan cara membuat masker dan memberikan harga yang insyaAllah bersahabat. Apalagi untuk masker donasi.

Bergabung dengan Komunitas Menggalang Donasi untuk yang Terdampak


UKM di Indonesia termasuk penyumbang perekonomian di Indonesia, tidak hanya pada masa krisis moneter tetapi juga seperti saat ini masa pandemi. UKM mampu menjadi tulang punggung sendiri, dalam pereknomian usahanya. Meskipun seret perjuangannya di tengah pandemi ini, UKM terus berusaha bangkit dan terus berusaha bertahan untuk hidup. Nah salah satu cara saya meringankan sedikit beben, selama masa pandemi kepada sesama masyarakat adalah dengan bergabung bersama komunitas untuk menggalang dana. Ketika dana sudah terkumpul, kami membelikan dalam bentuk barang. Komunitas apa saja yang telah sata ikuti, dan memberikan donasi bareng? Adalah :



Komunitas Blogger BPlus (20K 4Crew)

Alhamdulillah setiap bulan saya dan anggota  grup 20K 4crew ini istikomah membagikan donasi. Awalnya kepada orangtua yang sudah sepuh-sepuh, yang berdagang. Kami membeli dagangannya, dan uangnya kami berikan. Tapi kami tidak mengambil dagangan tersebut, setiap bulan kami menyisihkan 20K untuk donasi ini. Ketika masa pandemi, kami mengumpulkan uang untuk membuat masker dan hand sanitizer. Alhamdulillah semua bergerak, dan saya kebagian membuat maskernya.



Komunitas MIFA (Milyuner Family)

Semenjak hijrah ke Kota Comal, saya bergabung dengan komunitas pengusaha muda ini yang bernama MIFA. Diajak join oleh Mas Trias dan Mbak Ayi. Meski tidak bisa setiap kali hadir, alhamdulillah saya memantau dari grup whatsapp. Anggotanya sungguh luar biasa dalam bersedekah, dan saya ikutan bangga bisa join di dalamnya. Karena bisa berlomba-lomba dalam kebaikan.




Komunitas Blogger Crony

Sejak join di dunia blogger, saya mengenal beberapa komunitas. Setelah join di blogger crony, dan ikutan blogger day di Bandung. Saya semakin giat bergabung dengan blogger Crony, karena banyak sekali program yang diusung. Selain ngeblog, ada juga bloggerpreneur dan program donasinya. Blogger Crony keren pokoknya, dan dari Blogger Crony saya juga sering mendapatkan penghasilan alhamdulillah. Dari bloggerpreneur, saya mendpatkan kesempatan juga menjahit masker. Allahamdulillah, membantu dengan ketrampilan itu membahagiakan.




#BPNRamadan2020


Komentar