Cara Merawat Kompor Gas agar Awet dan Seperti Baru



Cara Merawat Kompor Gas agar Awet dan Seperti Baru - Kompor gas merupakan, salah satu peralatan rumah tangga yang dimiliki oleh setiap rumah. Kegunaannya untuk membantu memasak makanan, biar matang. Agar kompor gas yang kita miliki awet, maka perlu setiap hari merawatnya. Setiap selesai memasak, maka bersihkan kompor gas dengan baik. Bagaimana cara membersihkan kompor gas? Dan apa saja komponen yang harus dirawat, ini dia :


cara membersihkan kompor tanam cara membersihkan kompor gas portable cara membersihkan kompor gas mata seribu cara membersihkan kompor gas yg apinya merah cara membersihkan kompor gas kaca cara membersihkan kompor gas api kecil cara membersihkan kompor gas hock cara menghilangkan minyak di kompor cara membersihkan kompor minyak tanah cif pembersih kompor cara membersihkan kompor gas ariston kompor gas kena minyak goreng


Merendam Ring Kompor

Ring merupakan bagian menaruh panci atau wajan, ketika kita memasak. Ring biasanya menyatu dengan tungku, dan bisa dilepas untuk dibersihkan. Dua hari sekali, ring dilepas dan direndam dengan sabun pencuci piring agar noda yang membandel dapat lepas. Dua sampai 4 jam bolehlah di rendam, lantas disikat agar bersih. Baru bilas dan keringkan.

Membersihkan Bagian Tungku Kompor


Tungku kompor bisa diambil, atau dilepas dengan terpisah. Selepas memasak, ambil tungku kompor dan bersihkan di bawah air yang mengalir, jika sudah bersih diamkan dan keringkan.

Membersihkan Permukaan Kompor

Bagian yang paling terlihat ketika kita memasak, adalah permukaan kompor. Dalam membersihkan Permukaan ini cukup mudah, bisa menggunakan sabun pencuci piring. Tinggal oleskan, diamkan beberapa menit agar lemak atau kotoran yang menempel luntur. Bilas dengan lap atau spon sampai bersih.


cara membersihkan kompor tanam cara membersihkan kompor gas portable cara membersihkan kompor gas mata seribu cara membersihkan kompor gas yg apinya merah cara membersihkan kompor gas kaca cara membersihkan kompor gas api kecil cara membersihkan kompor gas hock cara menghilangkan minyak di kompor cara membersihkan kompor minyak tanah cif pembersih kompor cara membersihkan kompor gas ariston kompor gas kena minyak goreng


Membersihkan Bagian Selang Gas

Selang gas, termasuk bagian yang harus kita waspadai. Membersihkannya setiap hari, bisa membuat selang awet. Jangan samai selang gas tertekuk, dan mengalami perubahan bentuk karena kalau sudah begini akan mudah rapuh. Regulatornya juga harus dicek, untuk mengantisipasi kebocoran.

Dalam membersihkan kompor gas ini, jangan langsung setelah selesai memasak karena keadaan kompor masih panas. Tunggu dahulu sampai kondisi kompor gas dingin, agar kita tidak mengalami luka bakar jika tidak sengaja memegang. Biasanya saya melakukannya demikian, menunggu kompor dingin dulu dengan disambi mencuci perkakas yang kotor. Setelah mencuci perkakas yang kotor, barulah kompor sudah dalam keadaan dinggin. Saatnya membersihkannya. Agar cepat selesai, rendam saya ring, dan tungkunya biar lekas lepas noda yang bandel menempel. Sementara bagian permukaan paling mudah dibersihkan, karena biasanya banyak mengandung minyak. Gunakan pembersih cucian piring, sekali usap minyak hilang. Selamat mencoba!




#BPNRamadan2020

14 komentar untuk "Cara Merawat Kompor Gas agar Awet dan Seperti Baru"

  1. wah ini dia nih, perlu banget tipsnya secara aku aja takut banget denger berita gas meledak, jadi ga berani juga tuh pasang or ganti tabung gas baru huhuu

    BalasHapus
  2. Selama ini aku cuma bersihin ring kompornya aja, yang lainnya ga, jadi lebih tau deh apa saja yang mesti dirawat bagiannya. Nanti aku praktekin dirumah deh.

    BalasHapus
  3. Kalau aku setiap habis masak sudah pasti selalu dibersihkan, mulai dari sekitaran kompor sampai ke tungku kompornya. Dan seminggu sekali selalu membersihkan dengan menggunakan permbersih khusus.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Aku biasanya suka skip membersihkan kompor karena habis masak langsung makan, cuci piring, atau berangkat kerja. Membersihkannya di waktu2 luang atau sepulang kerja, hehe

    BalasHapus
  6. Hal yang hampir ga pernah aku lakukan ๐Ÿ˜… padahal penting banget ya mba, apalagi kalau masak tiap hari.

    BalasHapus
  7. Hihi aku belum sampai dua hari sekali Mbaak karena satu dan lain hal. Ini Aja setelah beberapa pekan baru dibersihkan lagi tapi mau lebih diseringin

    BalasHapus
  8. Huhu, aku nih pemalas bagian bersihin tungkunya. Padahal ngaruh banget tuh ke perapian ya. Paling rajin itu setahun sekali. Saat mau lebaran. Kalo permukaan dan yang lain-lainnya mah aku rajin. Tiap hari. :D

    BalasHapus
  9. Aku masih nggak berani utak-atik soal kompor. Apalagi tabung gas. Hikss.... Padahal itu satu keahlian yang wajib bisa bagi ibu rumah tangga. wkwk (Efek ada pak suami yang dimintai tolong kalau selama ini)

    BalasHapus
  10. Sepengalamanku, Bagian Tungku Kompor yang cepet rusak/karatan (saking kurang seringnya membersihkan kali ya saya nya?). kalau permukaan kompor, hampir tiap kali masak saya lap, tapi kalau bagian tungkunya sering nunggu ntar-sok.

    BalasHapus
  11. Duh aku nih paling males bersihin printilannya kompor, paling cuma bersihin bekas masakan aja, gnti tabubg gas aja ga berani ๐Ÿ˜†

    BalasHapus
  12. Telat banget baca info ini. Aku baru tau kalau tungku boleh dicuci. Kalau ring yang udah mulai berkerak kira-kira gimana cara bersihinnya.

    BalasHapus
  13. Wah alhamdulillah nih aku dapet ilmu lagi. Kebetulan kompor di rumah kek gak kerawat banget, suka bikin ngelus dada kalo dilihat. Apalagi harga kompor gas kan gak murah๐Ÿ˜ญ. Sayang banget kalau sampai kotor dan rusak.

    BalasHapus
  14. oh ringnya dilepas aja ya trus direndam. Aku sebatas mengelap permukaan kompor. Ga berani otak atik

    BalasHapus

Posting Komentar