Makanan Olahan Ikan Patin yang Lezat


Makanan Olahan Ikan Patin yang Lezat - Ikan merupakan hasil olahan laut, yang banyak digemari oleh manusia untuk dikonsumsi. Salah satunya adalah ikan patin, ikan dengan kandungan protein yang tinggi dan mengandung kalori. Ditambah lagi rasa dagingnya gurih, dan gampang dicerna oleh usus. Selain mengandung protein, ikan patin juga mengandung zat besi, kalsium dan mineral yang bagus untuk kesehatan. Menurut Hernowo 2011, ikan patin mengandung gizi dengan prosentase 68,6% protein, 5,8% lemak 3,5% abu, 51,3% air.





Ikan patin selain bisa dikonsumsi, biasanya dijadikan sebagai ikan hias karena mudah ditemukan pada sungai-sungai dan lubuk (lembah sungai). Ikan patin termasuk ikan yang mudah beradaptasi, sekalipun diperairan yang buruk. Di Indonesia sendiri penyebaran ikan patin banyak ditemukan di sungai Musi, Batanghari, Bengawan, Brantas, Indragiri, Mahakam, Kapuas dan sebagian besar sungai di Indonesia yang lain.

Mengenal Ikan Patin Lebih Dekat

                                                          
Ikan patin secara morfologi memiliki ciri-ciri badannya panjang, warnanya putih keperakan dengan punggung kebiru-biruan. Tubuh panjang ikan patin biasanya mencapai 120 cm, dengan bentuk kepala yang mungil. MUlutnya terletak di ujung kepala bagian bawah, dan di kedua sudut mulutnya punya kumis. Kumis inilah yang menjadi alat peraba, dari jenis ikan catfish dan siriip yang seperti cagak. Dua ujung ekor bercabang, serta simetris.

Siklus hidup ikan patin ini menjadi hewan nokturnal, yang mana aktif di malam hari dan menjadi hewan pemakan segala (omnivora). Menurut KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan) ikan patin mempunyai pasar yang stabil, dan sangat mendukung untuk pembudidayaannya.




Cara Memasak Ikan Patin


Ikan patin yang banyak mengandung protein dan kalori serta zat pendukung lain untuk tubuh ini, mudah untuk dikonsumsi. Cara memasak ikan patin pun sangat mudah. Berikut  ada beberapa cara yang bisa anda praktikkan ketika membuat hasil olahan laut, yakni ikan patin :


Ikan Patin Bumbu Kuah Kuning

Bahan yang digunakan untuk membuat ikan patin bumbu kuah kuning, adalah:

Ikan patin bersihkan dan potong sesuai selera
Tomat (iris menjadi empat bagian)
Kemangi (1 ikat)
Cabai merah (iris)
Lemon (optional)
Gula
Garam
Penyedap rasa (secukupnya)

Bumbu yang dihaluskan :

Bawang merah
Bawang putih
Kunyit
Kemiri
Cabai rawit

Bumbu yang digeprek

lengkuas
serai
daun salam
daun jeruk

Cara memasak ikan patin bumbu kuah kuning :

Bumbu yang dihaluskan, ditumis sampai harum. Lantas masukkan bumbu yang digeprek dan tumis lagi.

Tambahkan air, jika bumbunya sudah harum dan berubah kecokelatan. Biarkan air tersebut mendidih.

Masukkan ikan patin yang sudah digoreng, setengah matang tadi. kemudian tambahkan bumbu pelengkap. Gula, garam, merica bubuk, penyedap rasa sesuai selera.

Terakhir tomat dan kemangi di masukkan. Tambahkan perasan jeruk lemon secukupnya, kemudian didihkan. Kalau sudah angkat dan sajikan.

Selain dibuat berkuah, ikan patin juga bisa di panggang, di goreng, di bakar dan lain sebagainya sesuai dengan selera. Bumbu yang digunakan juga kurang lebih sama. Tapi kalau saya biasanya lebih suka digoreng kering, atau juga dibakar dengan kecap dan disajikan dengan sambal kecap. Karena rasanya lebih lezat dan enak. Karena keluarga mas suami kurang suka, segala jenis ikan yang dimasak berkuah. Tapi kalau lagi senggang, biasanya saya membuat dua variasi masakan ikan. Yang satu dibumbu kuah, dan yang satu digoreng kering dengan didampingi sambal kecap. Nah, ikan patin olahan yang bagaimana yang kamu suka? Share juga yuk, siapa tahu saya bisa mencontoh resepnya. Salam!

Komentar

  1. selalu suka deh dengan resep olahan ikan selalu menggugah selera untuk dicobain walaupun aq gak makan ikan dan ini udah lama banget sih mba tapi bolehlah resepnya di recook untuk keluarga..

    BalasHapus
  2. Aku ngga bisa masak Ikan Patin, tapi Suka banget makan Ikan Patin buatan Papa dan Mama aku. Mau coba juga nih masak Ikan Patin di rumah

    BalasHapus
  3. aku suka banget sama patin, apalagi bumbu kuning gitu, wah bahannya mudah dicari ya dan cara bikinnya juga cukup mudah, mau cobain bikin ah, kali aja bisa niy, kebetulan lagi belajar masak

    BalasHapus
  4. Kalo ikan patin aku paling suka di-tim dan gadoin daun ketumbarnya 🤭

    BalasHapus
  5. Ikan patin ini kategori ikan dengan harga mahal ya, hehehe.
    Ku kalau mau makan ikan patin, mesti beli, karena enggak bisa masak sendiri, khawatir rasanya enggak enak. Suka ikan patin yang dijadiin soup gitu. Segar.

    BalasHapus
  6. Aku bum.bisa olah ikan patin mba padahal anakku doyan banget kalau ikan patin dibumbu kuning begini

    BalasHapus
  7. Ini dimakan saat hangat, heemm..jangan lupa sambel terasinya ya, Nyi.
    Mantappuu!

    Btw,
    Abis lebaran gini, aku kesulitan cari bumbu euii...sedih gak punya daun jeruk, salam sama kemangi.

    BalasHapus
  8. Aku paling sering dipindang mbaaa.. mirip - mirip tapi tidak bumbu kuning. Rasanya enak dan segeer

    BalasHapus
  9. Kebetulan aku seorang vegetarian ga makan ikan, tapi resepnya ini sangat berguna banget bisa aku ganti pake isian spt tahu tempe. Itu memang ga pakai santan ya?

    BalasHapus

Posting Komentar