Doa-doa Sebelum Ramadan Berakhir



Doa-doa Sebelum Ramadan Berakhir - Bulan Ramadan, hanya datang satu kali dalam setiap tahun. Bulan Ramadan menjadi bulan yang paling suci dan mulia, dari bulan-bulan yang lainnya. Nggak terasa kita hampir mengucapkan selamat tinggal pada bulan Ramadan, di tahun 2020 ini. Rasanya sebagian umat Islam merasa bersedih hati, karena bulan yang penuh kemuliaan ini menjadi bulan favorit yang sangat dirindukan.




Setiap muslim di bulan Ramadan, berharap agar amal dan ibadah, yang sudah dilakukan dapat diterima oleh Allah SWT dengan baik sekalipun masih jauh dari sempurna. Masih sering tergoda dengan hal-hal yang receh terkadang. Kasih sayang Allah yang dilimpahkan dalam bulan Ramadan, begitu banyaknya. Apapun yang kita kerjakan dalam bulan Ramadan, berkali-kali lipat ganjarannya dibandingkan dengan bulan yang lainnya. Mari sama-sama berdoa, di penghujung bulan Ramadan ini agar senantiasa diberikan keberkahan di dalamnya.

"Ya Allah, janganlah Kau jadikan bulan Ramadhan ini sebagai bulan Ramadan terakhir dalam hidupku. Jika Engkau menjadikannya sebagai Ramadan terakhirku, maka jadikanlah aku sebagai orang yang Engkau sayangi dan jangan jadikan aku orang yang Engkau murkai, Aamiin."


Nah, di bawah ini adalah beberapa doa-doa Nabi Muhammad, agar mendapatkan keberkahan pada bulan yang suci Ramadan. Yuk ikuti doa-doa yang beliau lafalkan:

Dari sahabat Anas bin Malik berkata: Nabi Muhammad SAW, saat memasuki bulan Rajab, "Ya Allah, Berkahilah kami di Bulan Rajab dan Sya'ban. Ya Allah, berkahilah kami di Bulan Ramadhan". (HR-Ahmad)

Do Rasullullah SAW menjelang akhir Ramadan, "Asyhadu an-laa ilaha illa-Allah, astagfirullah. Asaluka ridhoka wal jannahwa a'uudzu bika min sakhatika wan naar". Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah, aku memohon ampunan Allah, aku memohon rida-Mu dan surga. Ya Allah dan aku memohon dihindarkan dari kemurkaan-Mu dan azab neraka.





Di sepuluh malam terakhir, Rosullullah SAW juga menyarankan untuk melantunkan doa, Allahumma innaka afuwun tuhibbul afwa fa'fu annaa. Yang memiliki arti, "Ya Allah sesungguhna Engkau Maha Pemaaf, Engkau mencintai permaafan karena itu maafkanlah daku."

Semoga kita semua bisa menjumpai Ramadan lagi di ahun depan, aamiin. Mari kencangkan lagi hari-hari menjelang Ramadan berakhir. Ramadan merupakan bulan yang paling dirindukan, dan bulan tempat segala doa dikabulkan. Mumpung belum berakhir, mari berdoa sebanak banyaknya sebelum Ramadhan berakhir. Allah Tuhan yang Maha Kuasa, yang mana tidak bisa dilepaskan dari kehidupan umat manusia. Allah yang Maha Pengampun, dari kita yang penuh dengan dosa. Ya Allah izinkan hamba menjumpai lagi, Ramadan-Mu di tahun depan. Aamiin.

#BPNRamadan2020


Tidak ada komentar untuk "Doa-doa Sebelum Ramadan Berakhir"