Mengenal Apa Itu Paraplegia



Mengenal Apa Itu Paraplegia - Halo sobat blogger, apakabarnya? Nah postingan kali ini saya akan membahas Paraplegia. Apa sih paraplegia ini? Adalah kondiri hilangnya kemampuan untuk menggerakan anggota tubuh bagian yang bawah. Apa saja bagiannya? Yakni kedua tungkai dan organ panggul.



Paraplegia bisa jadi hanya sementara, tetapi juga bisa permanen tergantung dilihat dari penyebabnya. Paraplegia ini membuat tungkai dan organ panggul sama sekali tidak bisa bergerak, berbeda dengan paraparesis kondisi yang masih bisa menggerakkan hanya saja kekuatannya lemah.

Gejala dari Paraplegia

Beberapa bulan ini emak mertua mengalami hal serupa, tiba-tiba lagi jalan terus lemes dan terjatuh. Dokter bilang struk ringan, yang bisa mengakibatkan kelumpuhan kalau tidak segera ditindak lanjuti. Paraplegia sendiri, gejalanya adalah merasa lemas pada tungkai dan daerah oto panggul, beserta organ di dalamnya. Jadi hilang kontrol saat buang air kecil maupun besar, pantas saja emak bilang nggak merasa BAB. Padahal ya udah keluar sejak di jalan menuju kamar mandi lagi, kadang juga sebagai anaknya yang jaga udah nyiram tinja tersebut tapi doi merasakan tidak BAB.

Paraplegia sendiri terbagi menjadi dua, kalau berdasarkan efek dan gejala pada otot, yakni :


Paraplegia spastik, yang mana otot-otot pada tubuh mengalami kelumpuhan dan kondisinya kaku serta tegang.

Paraplegia flaksid, otot-otot pada bagian yang mengalami kelumpuhan, dalam keadaan yang lunglai dan lemas. Otot mengalami kondisi mengkerut.




Mengenal Penyebab Paraplegia

Seseorang biasanya bisa mengalami paraplegia, karena mengalami beberapa penyebab. Biasanya karena gangguan dalam rangkaian sistem saraf yang mengendalikan otot-otot tersebut, kemudia penyebab lainnya bisa jadi karena :

Mengalami cedera saraf tulang belakang

Saraf tulang belakang, mempunai fungsi menyalurkan sinyal dari otak ke seluruh tubuh, nah jika saraf tulang belakang di bawah bagian leher cedera bisa membuat seseorang mengalami paraplegia

Multiple sclerosis

Keadaan ini dimana rusaknya selaput pelindung saraf pada otak dan saraf tulang belakang, akibat serangan sistem kekebalan tubuh sendiri. Multiple sclerosis bisa menyebabkan paraplegia, namun tergantung dari selaput pelindung saraf mana yang kena

Sindrom Guillain - Barre

Kondisi ini merupakan rusaknya sistem saraf perifer yang mengendalikan pergerakan dan sensasi rasa yang diterima tubuh. Kelemahan sindrom ini menalar mulai tungkai dan menyebar ke atas.

Spina bifida, herediary spastic paraplegia, tropical spastic paraparesis, infeksi, dan masih banyak lagi penyebab lainnya menurut laman alodokter.





Secara tidak langsung penderita paraplegia, memiliki gerak yang terbatas. Kita bisa turut mendukung penyandang disabilitas yang disebabkan karena paraplegia lho dengan bergabung di #GerakTakTerbatas yang diselenggarakan oleh rexona.

Cara untuk mendukungnya sangat mudah, anda tinggal download gerak by rexona di ponsel pintarmu. Dalam aplikasi ini langkah kaki kita setiap harinya, akan dihitung dengan akumulasi. Yang mana bisa ditukar menjadi kursi roda, untuk diberikan kepada mereka yenyandang disabilitas yang membutuhkan. Keren kan? Hanya dengan melakukan download dan bergerak sesuai dengan kemauan kita, kita bisa turut berdonasi untuk meringankan mereka yang mengalami paraplegia.


Kalau selama ini kita bingung mau membantu seperti apa, ternyata membantu bisa semudah itu ya? Hanya dengan mendowload lantas melakukan gerakan. Mari sebarkan teman-teman, agar teman-teman yang kena paraplegia bisa terbantu dengan hal ini. Dan mereka bisa mendapatkan kursi roda, karena kaalu bukan kita siapa lagi ya kan yang peduli. Mari sebarkan kebaikan bersama. Salam!

Komentar

  1. Wah, ini pengetahuan baru buat aku, Nyi.
    Makasi sharing-nya ya.
    Semoga kita semua sehaaattt

    BalasHapus
  2. Paraplegia ini apakah terjadi pada orang dewasa saja atau bisa juga terjadi pada anak-anak ya? Tapi jadi lebih aware dan tau tentang paraplegia ini ternyata membahayakan. Cara ikutan donasinya mudah nih dengan mengunduh aplikasinya Rexona doang ya.

    BalasHapus
  3. oh ternyata Paraplegia ini lumpuhnya tubuh bagian bawah yang bisa terjadi pada siapapun ya. nice sharing nih mba

    BalasHapus
  4. Baru saja tahu istilah paraplegia. Ternyata seperti itu ya jika menyerang sampai tidak merasakan BAB atau BAK. Duh..semoga kita tersadar untuk selalu menjaga kesehatan ya, semoga semuanya sehat-sehat..

    BalasHapus
  5. Istilah dari penyakit ini tampaknya emang kurang familiar ya mba. Aku pun baru tau mba. Maksih sudah berbagi. Smoga jumlah pasiennya berkurang ya

    BalasHapus
  6. Baru tahu banget malah istilah ini. Jadi tahu. Tapi apakah paraplegia ini bisa disembuhnya atau tidak? Thanks to Rexona sudah membuat gerakan untuk mendonasikan kursi roda bagi para penderita.

    BalasHapus
  7. Paraplegia ini bisa disembuhkan gak sih mbak?
    Jadi keinget drama jepang Perfect World tapi penyebabnya krn kecelakaan sih, ya gtu juga kdng BAK dan BAB tanpa sadar.
    Ternyata di duniakhususnya di Indonesia sendiri juga banyak penderitanya ya :(

    BalasHapus
  8. Aku baru tau banget ada istilah penyakit paplea ini dan ternyata agak serem juga ya ya Allah semoga kita sehat selalu ya

    BalasHapus
  9. Aku pikir ini semacan stroke ringan ternyata beda ya mba dari definisinya sama y kondisi hilangnya kemampuan untuk menggerakan anggota tubuh bagian yang bawah.

    BalasHapus
  10. Caranya gampang juga sih ya.. setiap gerakan kita bisa bermanfaat buat orang lain.. Yuk ahh instal dl..

    BalasHapus
  11. Ya Allah, baru tahu Nyi, semoga ibu cepat pulih ya..harus dikasih semangat terus ya Nyi...

    BalasHapus
  12. Ya ampun aku baru tahu mba parallegia ini..btw terus gimana mba mak mertua? Semoga mba yang menjaga mak mertua dikuatkannya yah dg kondisi yg demikian aamiin

    BalasHapus
  13. Naah ilmu baru nih. Aku juga mau coba dukung dengan download aplikasinya ah. Tinggal jalan kaki tiap hari doang kan?

    BalasHapus
  14. Waw.. Baru tau ttg #geraktanpabatas yg diadakan rexona. Keren ah. Aku jg baru tau loh btw ttg paraplegia ini. Thanks infonya mba

    BalasHapus
  15. Wah bagus juga nih dukungannya selain bisa ikut membantu mereka kitanya juga sehat ya cukup dengan berjalan aja nantinya langkah kakinya yang akan dihitung ya untuk berdonasi

    BalasHapus
  16. Paraplegia.
    Aku juga baru denger istilah ini dan menjadi sebuah ilmu baru. Dengan hanya download apps, kita sudah bisa sambil berdonasi...simple banget yah..

    BalasHapus
  17. Baru tau aku ada penyakit namanya paraplegia. Akibatnya cukup berat ya bagi penderitanya, jadi ga bisa merasakan pergerakan otot di bagian bawah. semoga saja gerakan yang dilakukan Rexona ini bisa mengundang makin banyak orang untuk berdonasi dengan cara download app dan mengikuti gerakan yang dianjurkan.

    BalasHapus
  18. Aku baru tahu tentang paraplegia ini, Nyi. Dengan melakukan gerakan Rexona ini semoga makin banyak yang tergerak untuk donasi ya

    BalasHapus
  19. Terima kasih ya Mbak atas informasinya ini informasi baru buat saya meski memang di sekitar saya kayak almarhum ibu juga pernah mengalami hal ini cuma memang dulu belum tahu dan mengerti

    BalasHapus
  20. Baru tahu ada sakit Paraglegia. Harus makin jaga kesehatan nih . Btw semoga bu mertua sehat2 ya mba

    BalasHapus
  21. Baru tahu soal paraplegia dari membaca tilisan ini aku Mak. Serem juga ya, semoga kita semua selalu sehat, dijauhkan dari segala macam bentuk penyakit.

    BalasHapus
  22. Idem dengan yang lain.
    Baru tahu tentang paraplegia.

    Btw,
    Rexon memang selalu konsisten ya dengan terobosan gerakan donasi sekaligus promo-in produknya.

    Laaaf banget!

    BalasHapus

Posting Komentar