Kegiatan di Hari Raya Idul Fitri yang Paling Dirindukan



Kegiatan di Hari Raya Idul Fitri yang Paling Dirindukan - Tradisi lebaran yang paling dirindukan bagi umat Muslim di seluruh dunia adalah, berkumpul bersama keluarga. Baik keluarga yang dekat maupun keluarga yang jauh, semua berkumpul menjadi satu. Menceritakan kabar selama tidak bersua, lebaran adalah hari yang paling dinantikan oleh semua muslim di manapun berada.

artikel hari raya idul fitri kegiatan di hari raya idul fitri tradisi memberi uang saat lebaran lebaran adalah momen idul fitri tradisi lebaran sebutkan tradisi apa saja yang menandai hari raya idul fitri di indonesia silaturahmi lebaran tradisi menyambut lebaran tradisi silaturahmi lebaran suasana lebaran idul fitri



Setiap keluarga pasti memiliki tradisi lebaran yang berbeda dan unik. Salah satu tradisi yang masih ada di keluarga saya adalah, tradisi memberi uang saat lebaran. Kalau anak-anak biasanya dapat, tapi kalau sudah jadi orangtua ya gantian ngasih yang anak-anak hahaha ... Semakin besar anaknya, semakin besar nilai rupiahnya #Eh ... tapi biasanaya saya nggak pasti memberi sih. Sesuai kapasitas kemampuan saja. Yang paling penting ikhlas, pengennya sih ngasih yang banyak kepada keponakan-keponakan. Tapi tahun ini kayaknya absen dulu, hehehe ... yang penting doanya tetep ada untuk mereka semoga selalu ceria dan bahagia.

Nah, coba sebutkan tradisi apa yang menandai hari raya Idul Fitri di Indonesia? Ini dia versi saya, kegiatan di hari raya idul fitri yang dirindukan:


artikel hari raya idul fitri kegiatan di hari raya idul fitri tradisi memberi uang saat lebaran lebaran adalah momen idul fitri tradisi lebaran sebutkan tradisi apa saja yang menandai hari raya idul fitri di indonesia silaturahmi lebaran tradisi menyambut lebaran tradisi silaturahmi lebaran suasana lebaran idul fitri


Takbir Keliling

Takbir merupakan pertanda bahwa hari kemenangan telah tiba, setelah sebulan lamanya berpuasa kini merayakan hari yang penuh kemenangan. Biasanya di tempat saya ada takbir keliling gitu, di kota-kota lain juga ada tapi kali ini berbeda. Sudah ada imbauan untuk tidak melakukan takbir keliling, karena pandemi.

Makan ketupat dan opor ayam

Aduh, baru nulis judulnya aja udah keder nih. Kangen masakan tersebut, apalagi kuah yang dibikin ibu selalu kental dan lezat. Bikinan nenek juga tidak kalah enaknya, masa-masa ini semoga akan segera kita nikmati. Selain opor, ada rendang, lodeh, sambel goreng dan lain sebagainya. Penuh makanan deh kalau lebaran, rindu banget.


artikel hari raya idul fitri kegiatan di hari raya idul fitri tradisi memberi uang saat lebaran lebaran adalah momen idul fitri tradisi lebaran sebutkan tradisi apa saja yang menandai hari raya idul fitri di indonesia silaturahmi lebaran tradisi menyambut lebaran tradisi silaturahmi lebaran suasana lebaran idul fitri



Sungkeman kepada orangtua

Nah, sebagai bakti kita kepada orangtua, biasanya kita melakukan sungkeman kepada orangtua dan keluarga yang paling tua ehehe ... biar berlimpah berkah dan jadi anak yang lebih baik lagi, lebih sayang lagi kepada orangtua.

            Masih banyak hal-hal lain yang dirindukan, seperti keliling kompleks salam-salaman. Ketemu keluarga jauh yang sudah lama nggak ketemu, rasanya melepas rindu itu membahagiakan.


#BPNRamadan2020

Komentar

  1. Di keluarga mama gak ada tradisi sungkeman, tradisi ini adanya di keluarga Suamiku. Akhirnya di rumah kita sepakat untuk ngajarin anak-anak tradisi ini dari kecil, supaya makna raya lebih bermakna.

    BalasHapus
  2. sedih banget ya lebaran tahun ini nggak bisa silaturahim dengan keluarga besar maupun temen temen hihihi, semoga kondisi ini bisa segera berlalu

    BalasHapus
  3. sama sih mbak, aku paling seneng kalo lebaran tuh ya makan2 dan jalan2nya.. paling sebel kalo udah ditanya2in pertanyaan gapenting haha.. ah jadi rindu nih..

    BalasHapus
  4. Pandemi ini membuat ibadah puasa terasa sedikit berbeda ya mbak, saya yg nggak puasa aja sedikit banyak ikut merasakan soalnya

    BalasHapus
  5. sama tradisi lebaran kita, tapi kalau di Medan biasanya lontong medan pakai rendang.. jadi sedih nggak bisa mudik

    BalasHapus
  6. Makan ketupat dan opor ayam bersama keluarga besar di kampung, sayang banget tahun ini gak bisa dilakukan huhu jadi kangen masa2 ini jadinya :")

    BalasHapus
  7. Kalau di daerah asal saya, lebaran biasanya identik dengan sajian rendang, lemang dan tape ketan, mba.
    Lebaran tahun ini sedikit berbeda, tapi mudahan tidak mengurangi maknanya.

    BalasHapus
  8. kalau aku nginep bareng sama adik2 ku di rumah ortu terutama anak perempuan. aku 8 bersaudara 6 perempuan. walau rumah jadi sempit gpp. kami mengenang masa kecil kami di rumah ortu. kalau makanan ala orang minang. ada rendang, ketupat, kue, gulai nangka, ayam goreng dll.

    BalasHapus
  9. Semuanya pasti dirindukan karena tahun ini ada pandemi, sedih sih aku udah lama banget ga ketemu keluarga sendiri karena jauhan huhuhh

    BalasHapus
  10. Hiks kangen dan rinduu eh sama ya artinyaaaa. Kalau ga ada pandemi gini aku udah mudik mbaaa

    BalasHapus
  11. Huhu, aku pun kangen ngumpul bareng keluarga. Makan Bersama. Bertukar angpau. Dan seseruan. Tahun ini kudu sabar dan menahan diri. Semuanya gak bias dilakukan. Semoga pandemic ini segera berlalu.

    BalasHapus
  12. aku paling kangen kumpul keluarga, terus makan liwetan sekeluarga besar dan nyate di teras belakang rumah kakekkyu yang viewnya langsung sawah dan pegunungan, seger banget deh pokoknya

    BalasHapus

Posting Komentar