Mudik atau Tidak? Pertimbangkan Hal Berikut



Mudik atau Tidak? Pertimbangkan Hal Berikut - Mengenai kejelasan tentang aturan pulang kampung atau mudik boleh atau tidak, masih menjadi pertanyaan untuk sejumlah masyarakat. Karena pada faktanya banyak yang pulang, meskipun kucing-kucingan. Menurut laman kompas, bahwa juru bicara Kemenhub Adita Irawati masih mengatakan mudik tetap dilarang.


ramadhan 2020 ramadhan idul fitri 2020 idul fitri lebaran 2020 lebaran libur lebaran libur lebaran 2020 hikmah detik muslim detik ramadhan



Tetapi untuk bepergian di wilayah jabodetabek, masih diperbolehkan. Istilahnya mudik lokal, yang dekat-dekat aja. Siapapun yang akan melakukan perjalanan, jarak dekat maupun sekala beberapa jam harus sesuai prosedur perlindungan pencegahan pandemi covid-19. Yang mana harus menggunakan masker, menjaga jarak di dalam transportasi umum, membawa hand sanitizer untuk keamaan publik dan lain sebagainya seperti yang sudah diimbaukan.

Bagaimana yang sudah dilarang tapi tetap pulang kampung halaman? Bolehlah ya asal dia membawa keterangan surat kesehatan, dari instansi yang membawahi tapi kalau yang tidak memiliki bagaimana tuh? Maka pertimbangkan hal di bawab ini, apalagi jika kota perantauanmu adalah termasuk zona merah:


Ingat kesehatan orangtua

Banyak yang terkena wabah ini adalah orangtua, karena imun yang mereka miliki rendah. Jangan sampai kita yang mudik ini menjadi carrier, mereka yang di rumah maka harus dipertimbangkan benar-benar, jangan karena keegoisan semata jadi runyam semuanya.


ramadhan 2020 ramadhan idul fitri 2020 idul fitri lebaran 2020 lebaran libur lebaran libur lebaran 2020 hikmah detik muslim detik ramadhan


Melakukan isolasi mandiri 14 hari

Buat yang sudah pulang duluan, alias mudik sebaiknya melakukan physical distancing di rumah. Isolasi diri selama 14 hari, biasanya setiap daerah ada ruang isolasi desa. Maka patuhi yang diimbaukan kepada masyarakat, selain untuk perlindungan diri dari orang di sekitarnya juga.

Fasilitas kesehatan di daerah masih kurang

Okelah, kita aman dan tidak terkena covid-19, tapi kemungkinan terburuknya kalau dalam perjalanan kita berinteraksi dengan orang yang memiliki imunitas rendah atau paling tidak orang yang terkena tapi tidak ada gejala? Bagaimana? Maka pertimbangkan kembali, dan hati-hati.


ramadhan 2020 ramadhan idul fitri 2020 idul fitri lebaran 2020 lebaran libur lebaran libur lebaran 2020 hikmah detik muslim detik ramadhan



Banyak sekali hal-hal yang harus diperhatikan, kita nggak boleh seenak udel memutuskan. Karena rindu dengan orangtua, tapi akan lebih aman jika tidak mudik agar orangtua di rumah tetap aman ya kan? Banyak yang bisa kita gunakan untuk berhubungan dengan orangtua, seperti menggunakan ponsel pintar untuk melakukan panggilan.  Kita juga bisa melihat wajah beliau secara langsung ya kan? Beliau pasti mengerti kalau kamu nggak mudik, so pertimbangkan keselamatan seluruh anggota keluargamu.

Komentar