Menu Khas Lebaran di Rumah Kendal



Menu Khas Lebaran di Rumah Kendal - Bapak saya kelahiran Jawa, sementara ibu dari Bali asli. Tetapi saya kecil dan besar di Jawa, sementara kalau ke Bali pada waktu libur sekolah, kerja ataupun libur lebaran kalau ada rejeki. Karena mudik ke Bali membutuhkan biaya yang cukup banyak, hehehe ... karena ibu berasal dari keluarga besar. Beliau mempunyai dua belas saudara.


menu lebaran modern gambar menu masakan lebaran resep lebaran masakan untuk hantaran lebaran menu masakan komplit opor ayam masakan hari raya kue lebaran


Ibu pandai memasak, yang paling suka dari masakannya khas Bali adalah sambal jongrang dan sambal matah. Tapi ibu juga pintar memasak khas Jawa, terutama opor ayam dan sambal goreng ati. Ibu pandai menyesuaikan diri dengan lingkungan, dan masakannya pun enak sekali sesuai dengan lidah Jawa.

Yang paling saya nantikan ketika ibu memasak semur daging sapi, rasanya pedas manis dan mantap dan inilah menu khas lebaran di rumah. Karena tidak setiap hari atau setiap bulan kami memasak daging sapi. Mengingat daging sapi harganya mahal, seperempat saja kena harga Rp30.000 eheheh ... Jadi inilah daftar menu khas Lebaran di rumah Kendal saya:

Semur Daging Sapi


Kalau di Kendal namanya brongkos, semur daging sapi ini. Kuahnya mirip dengan kuah rawon, atau juga garangasemnya Pekalongan. Tetapi brongkos lebih kental dan legit kuahnya karena ada santanya. Sungguh makanan ini lezat, kalau dicampur dengan nasi putih aduhai nikmatnya saya bisa tambah berkali-kali ini.




Opor Ayam

Ayam  yang digunakan bisa ayam kampung ataupun sayur, tapi biasanya ayam kampung soalnya lebih enak dan lebih mahal. Lebaran kan sesekali ingin makan yang enak ya kan? Eheheh ... ibuk juga bikin opor dengan kuah yang legit sekali. Saya menyukainya.

Sambal Goreng Hati Ayam

Nah ini sambal goreng hati, biasanya ditambahkan tahu biar jadi banyak. Saya paling suka irisan cabainya, banyak dan menambah lezat sambal goreng. Bumbunya berwarna agak merah dan lezat kalau dimakan dengan nasi putih.

Nah ini dia ketiga menu khas lebaran di rumah saya Kendal, baik menggunakan lontong, ketupat ataupun nasi semuanya enak. Tapi ibu tahun ini kayaknya nggak masak ini, karena saya di rumah mertua dan belum bisa pulang. Jadi menu khas lebaran di rumah kalian apa teman?



#BPNRamadan2020

Komentar