Mengenal Penyakit Jantung Koroner


Mengenal Penyakit Jantung Koroner - Penyakit Jantung koroner (PJK), merupakan kondisi dimana pembuluh darah jantung (arteri korner) tersumbat oleh timbunan lemak. Lemak yang kian hari kian menumpuk, membuat arteri jadi menyempit dan aliran darah ke jantung semakin berkurang. Hal inilah yang memicu gejala PJK, menjadi sesak napas yang memicu datangnya serangan jantung ungkap situs Alodokter.

 

Mengenal Penyakit Jantung Koroner


Demikian juga yang didiagnosis oleh pihak rumah sakit tempat almarhum Didi Kempot, Father of the Broken Heart meninggal mendadak disinyalir dari situs Kompas bahwa almarhum penyebab meninggalnya karena henti jantung. Fakta pun menyebutkan bahwa PJK merupakan penyebab utama kematian  orang dewasa di Amerika Serikat, sumber CDC (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit semenjak tahun 1921 dan menjadi yang nomor satu. Jadi penting sekali untuk kita menjaga kesehatan jantung.

Mengenali Gejala Jantung Koroner

 

Istilah jantung koroner perlu kita kenali lebih dalam, buat jaga-jaga dan biar kita menambah pengetahuan. Karena belakangan ini, penyakit jantung menjadi penyakit yang mematikan. Yuk kenali gejala yang perlu kita waspadai, dikutip dari situs Hellosehat

 

Merasakan sesak napas

 

Ketika jantung kita mengalami masalah, pasti pernapasan yang kita rasakan pun akan terganggu. Kita cenderung mengalami yang namanya sesak napas. Sesak napas inilah yang merupakan salah satu gejala jantung koroner, dibarengi dengan rasa nyeri di dada.

 

Nyeri di dada (angina)

 

Angina merupakan kondisi otot jantung tidak mendapat cukup asupan oksigen, hal ini disebut dengan angina. Gejala ini ditandai seperti ada yang menekan pada dada kita. Kemudian rasa tersebut menjalar ke bahu, lengan, rahang, leher dan punggung. Namun tidak semua gejala nyeri bisa dikatakan gejalan jantung koroner.

 

Merasakan keringan dingin dan mual

 

Kondisi pembuluh dara yang menyempit, dan otot-otot jantung merasakan kurangnya oksigen disebut dengan iskemia. Hal ini menyebabkan keringat keluar berlebih dan pembuluh darah mengalami penyempitan. Iskemia ini, akan membuat seseorang mengalami muntah dan mual.


Mengenal Penyakit Jantung Koroner

 

Mengenali Penyebab Jantung Koroner

 

Mengenali Penyebab Jantung Koroner

 

Setelah mengenali gejala jantung koroner, kita perlu mengetahui juga penyebab yang terjadi dipicu oleh faktor seperti apa saja, mari kenali lebih jauh.

 

Faktor Usia

PJK sering menyerang kepada orang-orang yang mengalami pertambahan usia. Menurut situs Healthline karena plak cenderung menumpul seiring dengan waktu. Untuk pria PJK meningkat di usaia 45 tahun, kalau pada perempuan sekitaran 55 tahun apalagi setelah melewati masa menopause.

 

Faktor Riwayat Keluarga

Apabila ada keluarga yang mengalami penyakit jantung, kemungkinan terkena jantung koroner ada. Maka semakin mengetahui semakin bagus, karena kita bisa melakukan langkah pencegahan.

 

Faktor Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi ini, menyebabkan otot jantung membesar dan tidak bergerak dengan semestinya. Agar tetap normal, maka yang normal di bawah 120/80 mmHg. Mulailah hidup dengan gaya sehat. Lakukan konsultasi apabila ada yang tidak beres dengan kesehatan jantung.

 

Faktor Kolesterol yang Tinggi

Setiap dar kita memiliki kolesterol, nah kolesterol ada yang baik ada yang jahat. Yang jahat dan tinggi bisa meningkatkan resiko terjadinya jantung koroner. Maka perlu diwaspadai.

 

Memiliki Penyakit Diabetes

Seseorang yang menderita diabetes militus, tubuhnya tidak bisa mmproduksi insulin dengan cukup. Hal ini yang menyebabkan penumpukan glukosa di aliran darah. Maka perlu hati-hati.

 

Memiliki Riwayat Obesitas

Gaya hidup kurang sehat bisa membuat kita mengalami obesitas. Apalagi yang dikonsumsi makanan berlemak tinggi, dan jarang beraktifitas fisik seperti olahraga. Cegah hal tersebut sedini mungkin.

 

Perokok

Kebiasaan merokok adalah salah satu faktor yang bersiko, memicu terjadinya aterosklerosis. Yaitu resiko timbul penyakit jantung koroner. Sebaiknya mulai hindari untuk mengisap rokok sekarang juga.

 

Mengenal Penyakit Jantung Koroner


WHO (Lembaga Kesehatan Dunia) juga mengungkapkan bahwa 70% kematian di dunia tersebab penyakit tidak menular. Yang mana 45 persennya disebabkan oleh penyakit jantung dan pembuluh darah. PJK merupakan jenis penyakit jantung yang paling banyak terjadi, dibanding dengan penyakit jantung lain.  Sedihnya di Indonesia ini semakin mengalami peningkatan, maka mulai sekarang juga belajar untuk menerapkan hidup sehat yuk!

Komentar

  1. Ini nih yang penting banget edukasinya di masyarakat karena emang banyak yang belum paham, makasih infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. baca artikel mba, jadi ingat ayahku meninggal 2 tahun lalu, masih bugar malam hari gitu bahkan jam 4 masih sholat subuh dan meninggal 1/2 6 pagi, entah karena jantung koroner atau bukan, karena dari ciri-cirinya memang beliau perokok, lainnya ga ada. tapi beliau juga lambung, jadi masih mengira-ngira, karena sakit lambung juga hampir sama ciri-cirinya kayak gini. terima kasih mba artikelnya, ini bermanfaat sekali buat saya jadi lebih hati-hati setelah tahu ciri-cirinya, meski di perempuan diperkirakan usia 55 ke atas, kita wajib hati-hati

    BalasHapus
  3. Duh sahabatku pernah mba kena penykit jantung. Masih muda padahal. Dan ini membuatku jadi lebih aware juga buat jaga diri mba

    BalasHapus
  4. Makasih info tentang jantung koronernya kak. Kita harus aware dan jaga kesehatan sendiri ya.

    BalasHapus
  5. Ngeri juga lihat fakta2 ya tentang jantung koroner ini. Baca ini jadi membuka wawasan kesehatan nih. Semoga kita sehat2 selalu ya...

    BalasHapus
  6. Silent killer ya, penyakit jantung koroner ini. Terimakasih edukasi nya yah Nyi. Sebagai anak dari ortu yang juga punya riwayat sakit jantung, aku jadi sadar harus merubah gaya hidup mulai sekarang nih..

    BalasHapus

Posting Komentar