Review Buku Anak Sasa yang Murah Hati | Seri Ayo Bersikap Baik



Review Buku Anak Sasa yang Murah Hati - Dikisahkan seorang rusa dari pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur yang memiliki nama Sasa. Dia berjalan membawa sekerangjang buah-buahan segar yang dibawanya dari hutan. Dengan lincah ia berjalan, dan sesekali berlari agar lekas sampai di rumah. Ia tidak ingin membuat ibunya khawatir.

buku anak-anak buku anak islami buku anak pdf buku anak-anak sd buku anak-anak tk buku anak tk buku anak online buku cerita anak
Cover depan buku Sasa yang Murah Hat



Perjalanan Sasa menjadi menarik tatkala akan pulang, ia selalu bertemu dengan beberapa hewan yang sedang mengalami masalah. Hadirnya Sasa membawa pengaruh yang besar. Misalnya pas Sasa bertemu dengan Cici si kelinci putih yang terlihat lesu. Ternyata Cici baru saja sembuh dari sakitnya. Sasa yang murah hati, ingin melihat Cici lekas pulih dan kembali riang seperti sedia kala. Maka ia memberikan buahnya.

"Supaya lebih segar, kamu harus banyak makan buah," kata Sasa sembari memberikan buah anggur. Tentu saja Cici kelinci merasa bahagia, tidak lupa Cici mengucapkan terima kasih dengan senyum yang paling menawan miliknya.

Perjalanan Penuh Kebahagiaan


Sasa kembali melanjutkan perjalanannya, di persimpangan jalan Sasa bertemu dengan Kido si kuda. Kido menyapa Sasa dengan ramah, dan melirik buah apel yang dibawa oleh Sasa. "Sepertinya apel yang kaubawa enak," kata Kido. Awalnya saya menduga, Sasa tidak akan memberikan apelnya lho eheheh ... tapi sebaliknya. Sasa justru menawarkannya kepada Kido dan memberikan Kido satu apel. Aduh ... Sasa begitu luman (tidak pelit) banget sih. Kido pun mengucapkan terima kasih dan mereka berpisah.

Sasa berjalan dan melompat sigap, beberapa kayu di hutan yang jatuh berserakan tidak membuatnya merasakan kepayahan. Sasa dengan lincahnya berlari, tapi di tengah jalan ia seperti mendengar suara hewan lain minta tolong. Eh ... ternyata Kiro si kura-kura yang terjungkal. Dengan kepalanya, Sasa berusaha membalikkan cangkang kura-kura.


buku anak-anak buku anak islami buku anak pdf buku anak-anak sd buku anak-anak tk buku anak tk buku anak online buku cerita anak
Sasa yang Murah Hat


Kiro terlihat kepayahan, dan Sasa tidak tega melihatnya. Ia memberikan buah mangga kepada Kiro, agar tenaganya lekas pulih. Sasa pamit dan kembali berlari agar lekas sampai di rumah. Apa yang terjadi pada keranjang buah Sasa? Tentu saja kerangjang buah Sasa tinggal sedikit. Namun yang Sasa rasakan justru tidak merasa sedih, ataupun menyesal telah memberikan buah-buahan kepada teman-temannya yang dijumpai di jalan lho! Sebaliknya, Sasa merasa senang karena telah berbagi. MasyaAllah, luar biasa sekali ya Sasa si Rusa, sifat murah hatinya membuatnya banyak hewan di hutan begitu menyaynginya.

Suka banget dengan alur-alur perjalanan, Sasa dalam menempuh perjalanan. Ia tidak pelit dan suka berbagi, terimakasih mbak Watiek Ideo, yang sudah menulis cerita serunya. Tidak lupa juga ilustratirnya oleh Riandita dan Anggita, yang membuat cerita ini semakin menyenangkan untuk dibaca. Anak-anak pasti suka, dan ceritanya sederhana.

Beberapa Hikmah dari buku anak Sasa yang Murah Hati



1. Kisah Sasa mengajarkan anak-anak untuk bersikap murah hati, senang berbagi dengan apa yang dipunyai. Sasa yang punya banyak buah, dipetik dari hutan tidak pelit untuk membagikan kepada teman yang ditemuinya sepanjang perjalanan.

2. Sasa mengajarkan agar suka menolong, apalagi pas Kiro si kura-kura terbalik dari cangkangnya Sasa berusaha penuh agar Kiro kembali semula.

3. Sasa mengajarkan untuk jadi pemberani, lihat saja ia pergi ke hutan memetik buah tanpa ditemani ibu atau ayahnya. Ia belajar mandiri dan menjadi pemberani.

4. Sasa belajar adil dan bijaksana kepada teman-temannya. Semua rata dibagikan buah satu-satu. Jadi nggak pilih kasih.

            Dan masih banyak pelajaran lain yang bisa diambil, dari kisah buku anak Sasa yang Murah Hati ini. Rekomendasi untuk bacaan anak-anak yang harus ditanamkan sifat berbagi sejak dini. Nah, selamat membaca!

 
buku anak-anak buku anak islami buku anak pdf buku anak-anak sd buku anak-anak tk buku anak tk buku anak online buku cerita anak
Cover buku belakang Sasa yang Murah Hat


Detail Buku Sasa yang Murah Hati



Judul                : Sasa yang Murah Hati
Penulis             : Watiek Ideo
Penerbit          : Gramedia Pustaka Utama
Tanggal Rilis   : 08 April 2019
Media Baca     : Gramedia Digital
Jumlah Halaman : 32 Halaman
Harga              : Rp37.000.-


Sinopsis Sasa yang Murah Hati



Bersikap baik adalah kebiasaan yang perlu dipupuk sejak dini. Seri Ayo Bersikap Baik mendorong anak-anak untuk mengembangkan sepuluh sikap positif, yaitu PEMAAF, JUJUR, PENYAYANG, GIGIH, PEMBERANI, SABAR, RENDAH HATI, ADIL, RAMAH, dan MURAH HATI.

Melalui tokoh-tokoh satwa langka Indonesia dan cerita sederhana, anak-anak akan belajar mempraktikkan sikap baik tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

***

Sasa membawa sekeranjang buah-buahan segar.
Ia tak sabar untuk memberikannya kepada ibunya.
Tapi, dalam perjalanan ia bertemu dengan teman-teman yang memerlukan buah-buahan.
Apa yang Sasa lakukan?

Komentar

  1. Aku suka buku-bukunya Mbak Watiek Ideo. Selalu asik ceritanya. Kayak si Sasa yang Murah Hati ini. Bahasanya pas buat anak-anak. Pesannya pun gampang dicerna ya Mbak

    BalasHapus
  2. Aku suka buku-bukunya Mbak Watiek Ideo. Selalu asik ceritanya. Kayak si Sasa yang Murah Hati ini. Bahasanya pas buat anak-anak. Pesannya pun gampang dicerna ya

    BalasHapus
  3. waaaah aku belum tau nih soal buku Sasa yang Murah Hati iniii, jadi kepo deh pengen cobain baca juga nih, pengen buat keponakan aku hihihihi

    BalasHapus
  4. Isi cerita Sasa Rusa ini sangat sederhana tapi pesan moralnya kuat banget. anak-anak pasti mudah ingat. dan saya jadi pengen belajar nulis buku anak hehe

    BalasHapus
  5. Gimana cara rusa bawa keranjang buah?
    Hihihi bisa gimana aja, Karena cerita anak dibuat agar imajinasi anak bisa berkembang

    BalasHapus
  6. Kebetulan lagi suka bacain buku cerita yang penuh petuah gini ke anak-anak...makasih reviewnya ya Nyi...

    BalasHapus
  7. kalau emaknya tau, mungkin si sasa dimarahin. untung dia dapatnya gratisan, hehe. btw aku malah jadi pengin nulis buku anak!

    BalasHapus
  8. Sasa juga mengajarkan anak-anak untuk suka makan buah, karena manfaatnya bagi tubuh manusia banyak sekali.
    Menjadi lebih bugar dan sehat.

    BalasHapus

Posting Komentar