Featured Post

Review dan Sinopsis The SpongeBob Movie: Sponge on the Run 2020

Review Buku Anak Hari Pertama Zaki Masuk Sekolah | Seri Anak Disiplin



Review Buku Anak Hari Pertama Zaki Masuk Sekolah - Masih ingatkah kamu ketika pertama kali masuk sekolah? Pasti sesuatu hal yang baru bagi kita, ya kan? Belum bisa menepati jadwal, belum terbiasa apa yang harus dilakukan, belum lagi sekolahnya jauh. Ternyata banyak hal harus dipersiapkan, jauh-jauh hari dan bangun pagi.



Buku Anak Hari Pertama Zaki Masuk Sekolah, yang ditulis oleh Widya Ross menceritakan tokoh anak laki-laki bernama Zaki yang untuk kali pertama masuk Sekolah Dasar. Zaki yang punya kebiasaan mandi lama, sembari bermain jadi terlambat pergi ke sekolah.

"Zaki, ayo cepat. Sudah pukul enam, lho!" tegur Ibu mengingatkan Zaki yang masih santai berada di kamar mandi. Waktu tidak terasa cepat berlalu, Zaki kaget saat tahu sudah pukul enam pagi.

Zaki berlari ke sana-kemari untuk mempersiapkan semuanya. Peralatan belajarnya, dari buku, pensil, dan lain sebagainya belum masuk ke dalam tas. Zaki juga belum ganti baju, ia berusaha memakainya secepat mungkin hahaha ... Melihat ekspresi Zaki saya menahan tawa geli, soalnya jadi ingat jaman dahulu. Kalau sekolah kesiangan jadi semuanya kacau, karena harus buru-buru. Makan pun jadi tersedak, seperti Zaki. Mengambil susu juga jadi tumpah, soalnya was-was. Belum lagi untuk memasukan bekal ke dalam tas, belum memakai sepatu dan kaos kaki aduh! Terlalu santai itu nggak baik kawan! Itulah yang digambarkan dalam cerita buku anak ini.

Ibu Mengajarkan Zaki Mandiri Sejak Dini



Hari Pertama Zaki Masuk Sekolah, termasuk rangkaian dari buku seri anak displin. Jadi selama Zaki membereskan perlengkapan, ibu tidak membantu Zaki mempersiapkan diri. Karena Ibu ingin Zaki menjadi anak yang mandiri. Suka banget sih sama karakter Ibu yang membiarkan anaknya, belajar mandiri.

Zaki diantar oleh ibu menggunakan motor ketika berangkat ke sekolah, demi menghemat waktu agar Zaki tidak terlambat ibu ngebut yang membuat Zaki merasa ketakutan. Ekspresinya Zaki dalam gambar bikin geli, dan lucu. Salah Zaki juga sih, terlalu santai bermain di kamar mandi tadi. Akhirnya Zaki berjanji,  besok tidak akan mengulanginya lagi.



"Besok Insya Allah aku akan mandi lebih cepat. Janji!" kata Zaki kepada ibu. Apakah keesokan harinya Zaki menepati janjinya? Baca selengkapnya kisah Zaki, dalam buku Hari Pertama Zaki Masuk Sekolah. Selain kisah yang apik, ada juga tips agar  bisa disiplin dalam memanfaatkan waktu lho! Salah satunya adalah membuat jadwal dan mematuhinya. 


Hikmah Dan Pelajaran Yang Bisa Dipetik Dari Buku Anak Hari Pertama Zaki Masuk Sekolah, Adalah :


  • Kisah Zaki mengajarkan anak-anak untuk belajar disiplin sejak dini. Zaki yang mulai masuk sekolah dasar.
  • Kisah Zaki mengajarkan anak-anak, agar tidak terlalu bersantai ketika mengerjakan sesuatu. Contohnya ketika Zaki mandi sambil bermain. Hal ini yang membuatnya hampir terlambat masuk ke sekolah
  • Cara mendidik displin ibu Zaki, patut diteladani. Tidak memanjakan anak, tetapi melatih agar melakukannya serba sendiri. Mandiri sejak dini.
  • Zaki merasa menyesal karena sudah membuang-buang waktu. Ia jadi terburu-buru melakukan banyak hal, yang akhirnya merugikan diri sendiri
  • Zaki belajar untuk berjanji terhadap diri sendiri, mulai tidak bersantai dan lebih menghargai waktu dan masih banyak pelajaran yang bisa diambil hikmahnya.


Mbak Widya menuliskan dengan sangat apik, kisah Hari Pertama Zaki Masuk Sekolah. Salut juga untuk ilustratornya, yang mampu menghidupkan cerita dengan nyata. Buku ini cocok dimiliki dan saya rekomendasikan untuk bunda-bunda atau kado untuk anak yang sudah mulai bersekolah agar mereka belajar displin. Nah, selamat membaca!





Detail Buku Anak Hari Pertama Zaki Masuk Sekolah



Judul                : Hari Pertama Zaki Masuk Sekolah
Penulis             : Widya Ross
Ilustrator : Mira Widhayati
Penerbit          : Gramedia Pustaka Utama
Tanggal Rilis   : 22 Mei 2020
Media Baca     : Gramedia Digital
Jumlah Halaman : 40 Halaman
Harga              : Rp42.900.-


Sinopsis Hari Pertama Zaki Masuk Sekolah



Hari ini hari pertama Zaki masuk sekolah. Tapi Zaki malah asyik bermain air. Padahal Zaki harus tiba di sekolah pagi-pagi sekali! Ibu jadi khawatir dibuatnya. Bagaimana kelanjutan nasib Zaki yang hampir terlambat di hari pertama sekolah? Kita baca bersama, ya!


Komentar

  1. Perlu niih dibaca anakku :p. Sejak Wfh, si Kaka suka lamaaa bangunnya mentang2 ibu gurunya absen cuma lwt wa dan ga pake foto/zoom.

    Dulu aku bbrp kali pindah sekolah. kalo inget pertama kali aku masuk sekolah baru, bawaannya pasti pengen cepet pagi, semua perlengkapan udh dr malam dipersiapkan :p. Trus sampe sekolah baru deg deg an sendiri Krn ga yakin apa temen2 baik dll :D. Kdg kangen sih ngerasain itu lagi :)

    BalasHapus
  2. baca bukunya jadi ingat film india yang kemarin saya tonton, ceritanya seperti Zaki anaknya yang suka susah bangun tidur dan lama banget kalau mandi, tapi lama-lama dia jadi disiplin gitu

    BalasHapus
  3. Langsung ingat putriku Yasmin, kurleb lah pengalamannya terutama di bagian mandi lama, hahaha.

    Bisikin dong, mba, apakah Zaki menepati janji?

    BalasHapus
  4. Pastinya saat main air Zaki lupa ya kalau hari itu hari pertama masuk sekolah. Maklum lah namanya juga main air, bikin betah, karena bisa membawa imajinasi terbang ke mana-mana. Habis itu pasti nyesel ya karena hampir telat masuk sekolah :)

    BalasHapus
  5. Buku yang memgedukasi yaa biar anak belajar disiplin, mempedulikan waktu biar gak telat ke sekolah.

    Saya suka beliin anak-anak buku kayak gini, ilustrasi yang bagus bikin mereka tertarik untuk membaca.

    BalasHapus
  6. Waaah, kalo liat Zaki yang diajari mandiri sejak dini jadi inget diriku sendiri deh. Sejak TK aku selalu berangkat sendiri ga pernah ditungguin Ibu. Beres2in buku, baju juga sendiri. Ini bukunya pas banget buat ngajari anak-anak untuk mandiri sejak dini ya, Nyi

    BalasHapus
  7. aku baca ceritanya secara online di gramedia digital, ilustrasi gambarnya bagus ya mba, ceritanya juga sarat akan pesan kebaikan.

    BalasHapus
  8. Woowww hari hartama sekolah bangun jam 6 pagi. Zaki jadi memberi contoh pada semua kalo itu tidak baik jadi jangan diikuti ya..

    Hahaha sampe gedubrakan siap2 ke sekolah gitu

    Duh trus penasaran. Besoknya pasti Zaki bangun jam6 juga kan? 😜

    BalasHapus
  9. Gemeessh~
    Setiap anak kayanya gini deeh...

    Dibangunin lama...tapi giliran di kamar mandi, betah banget.
    Anakku harus baca buku ini, biar serba cak-cek.

    BalasHapus

Posting Komentar