Featured Post

Review Film Korea Bori (2020)

5 Barang yang Perlu Dibawa saat Rawat Inap di Rumah Sakit

 

5 Barang yang Perlu Dibawa saat Rawat Inap di Rumah Sakit - Setelah menikah dan tinggal dengan mertua hampir setiap tahunnya saya datang ke rumah sakit, untuk melakukan rawat inap. Bukan saya yang sakit, tetapi emak mertua yang harus mendapatkan perawatan karena mengidap diabetes. Entah level berapa, karena dokter tidak pernah memberitahu. Hal ini  yang membuat saya ingin menuliskan persiapan atau barang yang dibawa ke rumah sakit untuk rawat inap, apa saja sih?




barang-yang-perlu-dibawa-saat-rawat-inap rawat inap sendirian barang yang dibawa ke rumah sakit kapan anak harus rawat inap perlengkapan yg dibawa ke rumah sakit ruang rawat inap anak dibawah ini hal yang harus disiapkan sebelum membuat video presentasi, kecuali



 

Tidak ada orang di dunia ini yang ingin sakit, doanya ingin selalu sembuh. Tetapi jika hal ini menimpa, karena kita tidak tahu kapan akan sehat dan kapan akan sakit. Setidaknya mengetahu informasi barang yang dibawa kerumah sakit, agar tidak panik. Apalagi kalau harus tinggal selama beberapa hati. Seringnya saya sampai 4 hari saja, karena menggunakan pelayanan BPJS.

 

5 Barang yang Perlu Dibawa saat Rawat Inap

 

 

 

Biasanya kami akan memeriksakan emak ke Puskesmas terlebih dahulu, kalau dokternya menyarankan untuk rawat inap. Mas suami akan segera mengurus dokumennya, dibantu pegawai puskesmas. Barulah saya yang pulang, memersiapkan segala perlengkapan yang dibawa untuk rawat inap.

 

Seperti pengalaman sebelumnya, emak biasanya dirawat 4 hari. Karena maksimal untuk menginap aturan BPJS, selebihnya rawat jalan. Ini dia  5 hal penting yang perlu dipersiapkan untuk rawat inap:


barang-yang-perlu-dibawa-saat-rawat-inap rawat inap sendirian barang yang dibawa ke rumah sakit kapan anak harus rawat inap perlengkapan yg dibawa ke rumah sakit ruang rawat inap anak dibawah ini hal yang harus disiapkan sebelum membuat video presentasi, kecuali




 

1.      Dokumen Lengkap Pasien

 

Karena yang dirawat emak, biasanya kami memersiapkan kartu BPJS, KTP, dan KK buat jaga-jaga. Selain itu bisa juga dokumen hasil laborat sebelumnya atau obat yang dikonsumsi sebelumnya. Intinya semua hal terkait pasien dan sakitnya. Minimal kita tahu obat apa saja, karena nantinya akan ditanyakan dan juga dokter sebelumnya siapa yang merawat. Jika rumah sakitnya sama.


2.      Mempersiapkan Biaya Tidak Terduga

 

Walaupun pasien sudah aman, mendapatkan perawatan tanpa biaya karena menggunakan BPJS dan juga soal makan. Tapi, bagaimana dengan yang menemani pasien? Butuh makan, butuh minum, butuh vitamin dan keperluan lain. Di rumah sakit Prima Medika Pemalang, karena belum ada sistem menggunakan dompet digital, jadi saya menyiapkan cash.

 

3.      Menyiapkan Keperluan untuk Pasien

 

Kalau saya kemarin wajib membawa pampers dewasa, tisu basah, tisu kering, paket peralatan mandi, minyak telon, plastik tempat sampah, handuk, mineral, termos air panas, dan juga cemilan jika pasien kena lapar tanggung. Selimut dan kaos kaki untuk pasien juga perlu, karena AC di ruang rawat inap, akan menyebabkan pasien kedinginan.



barang-yang-perlu-dibawa-saat-rawat-inap rawat inap sendirian barang yang dibawa ke rumah sakit kapan anak harus rawat inap perlengkapan yg dibawa ke rumah sakit ruang rawat inap anak dibawah ini hal yang harus disiapkan sebelum membuat video presentasi, kecuali




4.      Menyiapkan Keperluan untuk Penjaga/yang Menemani

 

Kalau saya sendiri yang paling penting bawa pakaian bersih buat ganti, membawa mukena, membawa jaket, memakai sandal jepit karena lebih simple. Membawa alas tikar untuk tidur, dan bantal leher. Selebihnya selimut kalau kedinginan, dan camilan biar nggak perlu wara-wiri keluar ruangan.


5.      Membawa Charger atau Terminal Kabel

 

Membawa ponsel pasti wajib lah ya, buat alat komunikasi. Tetapi kadang yang sering terlupa nggak bawa charger. Charger penting banget untuk mengisi daya, kalau powerbank cukup ya tidak apa-apa. Apalagi kalau nginepnya nggak lama. Tapi kalau seperti saya, ya otomatis harus bawa. Soalnya ponsel bukan hanya buat komunikasi, tapi juga untuk memantau pekerjaan saya.

 

Terakhir pikirkan transportasi untuk kepulangan. Kalau saya biasanya paling menggunakan ojek online. Agar nggak perlu ngerepotin orang lain, meski kadang mas suami meminta bantuan saudaranya. Tapi seringnya saudaranya nggak ada mobil yang selo, bisa dimintain bantuan untuk menjemput. Dariapda ngerepotin orang, mending simpela aja ya kan?

 

Semoga 5 Barang yang Perlu Dibawa saat Rawat Inap di Rumah Sakit di atas, dapat membantu memberikan informasi. Mari jaga pola hidup yang baik, dan jangan lupa berolahraga supaya senantiasa sehat. Salam.

 

Komentar

  1. Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat ya mbak. amin ya Allah.

    BalasHapus
  2. Charger ini yang biasanya sering ketinggalan. Padahal penting banget buat komunikasi

    BalasHapus
  3. ternyata nggak boleh sembarangan ya mbak, harus bener-bener bawa yang diperlukan aja. Stay safe stay healthy buat kita :)

    BalasHapus
  4. Masalah menginap di rs yang wajib kudu bawa adalah charger, kadang kelupaan... Pengalaman, kelimpungan minjem charger malem-malem pas jagain sodara di rs.

    BalasHapus
  5. kendaraan juga kadang penting ya mbak kalo keadaannya genting seperti ke rumah sakit gitu. kemarin pas di kampung mau anter ibu mertua berobat, slelau nyewa mobil sodara jauh dan itupun harus bayar lumayan juga karena perjalanannya jauh juga. kadang disitu pengen banget punya kendaraan sendiri, hihi.. semoga sehat selalu mbak, dan ibunya semoga tetap kuat dan semngat

    BalasHapus
  6. Kalau sih ada tambahan: laptop. Soalnya seringkali bosan tak terhingga.

    BalasHapus
  7. Setuju banget. Semua itu memang bawaan wajib sih kalau ke rs nginep. Biaya tak terduga apalagi.

    BalasHapus
  8. Saya nggak pernah punya cita cita nginap di rumah sakit. Cuman ya kadang klo hal tak terduga mau nggak mau harus nginap. Thank tipsnya mbak, no 1 terutama ya nggak boleh lupa, apalagi klo jarak rumah-sakit dan rumah nggak dekat. Nggak efisien banget klo harus bolak balik.

    BalasHapus
  9. Ya Allah jadi keinget waktu dirawat di RS selama 1 bulan. Bawaannya udah kayak mau pindahan. Ini itu dibawa biar ngga bosen hiks

    BalasHapus
  10. persiapan untuk menginap di rs sakit emang harus detail, lengkap dan gak banyak bawa tapi bawa aja yang perlu. terutama charger, baju ganti dan keperluan pribadi.

    semoga sehat selalu keluarga ya kak

    BalasHapus
  11. Semoga emak cepet pulih y mbak..

    Jangan lupa yang jaga juga harus perhatiin kesehatan. Jgn telat makan mbak sis...

    BalasHapus
  12. Syafakillah untuk ibu Mertua ya mbak. Diabetes tipe 1 atau 2? Semoga lekas membaik dan pulih kembali. Btw bagi yang belum mempunyai BPJS, bisakah diurus seketika sebelum ybs masuk RS?

    BalasHapus
  13. yup setuju mbak, biaya yang tak terduga biar enak dalam bentuk ATM ya karena emang biaya rumah sakit kadang besarnya nggak terduga. Bawa segala charger juga perlu banget apalagi kalau yang sakit anak anak. Aku kemarin mending anakku ku kasih tab terus daripada dia minta jalan jalan atau kebanyakan gerak karena bosan.

    BalasHapus

Posting Komentar