Featured Post

Min Yoo Jung Tokoh Drama Korea Wanita Pekerja Keras di Must You Go

Mie So Dengkil Makanan Khas Kota Pekalongan


Mie So Dengkil Makanan Khas Kota Pekalongan - Seseorang yang datang, pasti akan pergi. Yang pergi mungkin akan kembali, atau bisa jadi tidak sama sekali. Hari ini pun bahkan nanti, tetapi apa yang terjadi? Pasti semuanya meninggalkan sebuah arti. Lantas apa yang membuatmu kehilangan setelah perpisahan tiba? Adalah rindu.



resep mie so pekalongan miso pekalongan cara membuat mie sop bakso resep mie sop medan yang benar bumbu miso
Penampakan Mie So Dengkil 



 

Hampir dua jam perjalanan saya tempuh untuk sampai ke Pekalongan, kota yang terkenal dengan julukan Kota Batik dan Kota Kreatif. Persinggahan pertama yang saya datangi adalah Kawasan budaya Jatayu. Ikon wisata budaya yang ada di Pekalongan, sejak zaman kolonial.

 

Di kawasan ini saya menyaksikan sekeliling dengan takjub, banyak peninggalan bangunan tua dan bersejarah di sini. Begitu memikat, dan terlihat eksentrik. Pilar-pilar besar berbagai bangunan heritage, menyangga atap tinggi dengan menarik. Bangunan kuno yang menjadi saksi perjuangan bangsa melawan penjajahan di masa lampau.

 

Di depan landmark tulisan BATIK yang tidak pernah sepi, berdiri dengan kokoh Museum Batik, yang dulunya merupakan bekas kantor pusat industri gula di zaman penjajahan Belanda. Di sebelahnya lagi ada banyak bangunan-bangunan ibadah, yang tak kalah megahnya. Ada Masjid, Gereja Katholik, Gereja Protestan, Klenteng, dan Vihara. Rumah ibadah ini mengelilingi kawasan Jatayu, di mana tampak sekali harmonisasi keberagaman umat beragama di kota Pekalongan. Tiga budaya yang bercampur menjadi satu, ARJATI (Arab, Jawa, Tionghoa) begitu pemerintah menyingkatnya agar mudah diingat.



resep mie so pekalongan miso pekalongan cara membuat mie sop bakso resep mie sop medan yang benar bumbu miso
Museum Batik Pekalongan


 

Bagi pecinta sejarah, tak afdol jika kalian tidak berkunjung ke Kota Pekalongan. Karena menyusuri masa silam Pekalongan, merupakan petualangan yang sangat menarik. Kamu akan mengenal Kampung Cina, Kampung Arab, dan Belanda beserta bangunan-bangunan antik bergaya art deco. Pilihan berjalan kaki, ataupun naik becak bisa menjadi pilihan untuk berkeliling. Bila lelah berkeliling, kamu bisa menyambangi pabrik Limun Oriental, sebotol limun dingin di Jalan Rajawali Utara akan melepaskan dahagamu. Pabrik ini sudah beroperasi sejak tahun 1920, sebelum Indonesia merdeka.

           

            Ah ... akhirnya saya bisa menyaksikan dengan mata kepala sendiri, betapa saya seolah sedang diajak berpetualang ke masa silam. Jika sebelumnya saya hanya dipanas-panasi dan ditantang untuk datang ke sini. Pekalongan seolah menjadi ruang bagi setiap rindu, yang meminta untuk ditenangkan. Rumah bagi setiap ingatan, yang ingin pulang dan kembali. Saat jarak sudah mulai menyesak lagi.

 

 

Lelah Berpetualang? Saatnya Mencicipi Kuliner Pekalongan

           

 

resep mie so pekalongan miso pekalongan cara membuat mie sop bakso resep mie sop medan yang benar bumbu miso
Gerobak Mie So Dengkil 





Pekalongan memiliki kekayaan kuliner yang luar biasa. Mau menu yang ndeso ada nasi megono, mau menu yang kearab-araban ada nasi kebuli dan gule kacang hijau, mau yang ke Tionghoaan ada sate Hongkong, mau wedang herbal, ada kopi tahlil, mau menu khas rasa pesisir ada mie so dengkil, dan masih banyak lagi makanan khas daerah Pekalongan yang bisa dinikmati jika kamu berkunjung ke sini.

 

Kali ini saya ingin mengulas mie so dengkil, salah satu makanan khas kota Pekalongan yang saya gemari. Perpaduan mi, kulit mlinjo, dengkil sapi dengan kuah bening yang gurih, dan taburan kerupuk remuk di atasnya. Untuk menemukan semangkok mie so berkuah, dengan iga daging sapi cukup mudah. Tinggal datangi saja kawasan Krapyak di Pekalongan Utara, kita akan menemukan banyak penjaja mie so dengkil sapi yang akan menggugah selera makan dengan lahap.

 

            Miso Pekalongan atau Mie So Pekalongan merupakan makanan khas di Kota Pekalongan, yang mirip modelnya dengan bakso. Namun memiliki isian berbeda, dalam semangkok miso Pekalongan ada isian mie, kulit melinjo, dengkil sapi, bakso, puyuh, iga sapi, dengan ditaburi kerupuk pasir, remahan tempe remuk, dan disiram dengan kuah berbumbu. Kuah yang melebur dengan isian ini, akan menimbulkan aroma yang sedap ketika melayang-layang di udara. Miso dengkil cocok dinikmati pada cuaca apapun, mau cuaca panas maupun hawa dingin yang menyerobot masuk ke tubuh.



resep mie so pekalongan miso pekalongan cara membuat mie sop bakso resep mie sop medan yang benar bumbu miso
Aroma mie so dengkil Pekalongan

 


Lebih dari sepuluh tahun sudah mba Maimanah dan suaminya, mengelola usaha mie so dengkil. Sajian mie so sederhana bisa dipilih sesuai selera, karena banyak variannya. Ingin mie so spesial ada, miso iga komplit ada, mie so indil, mie so puyuh, dan lain sebagainya disajikan. Tenang, ada menu makanan yang terpampang besar di tembok beserta harganya. Jadi kita bisa memilih sendiri, untuk harganya dimulai dari Rp2.500 sampai dengan Rp17.000,-. Cukup murah bukan?

 

Miso tidak hanya bisa dinikmati masyarakat lokal, tetapi juga pelangggan yang datang banyak dari luar kota. Ada dari Pemalang, Batang, dan lain sebagainya. Biasanya yang datang bukan saja yang baru pertama kali mencicipi, tetapi yang justru menggemari makanan berkuah ini. Mba Maemanah juga menuturkan sering menerima pesanan, sementara jam buka dari pagi sampai dengan pukul tiga sore. “Kalau habis, ya sudah tutup,” tuturnya sambil meracik miso Pekalongan pesenanan saya.

 

Setiap kali menyantap semangkuk miso Pekalongan, liur saya merasakan kemeriahan yang sebentar lagi dipuaskan. Kebiasaan mencicipi kuah lebih dulu selalu membuat sensasi tersendiri, seruputan pertama selalu meninggalkan gurih yang nikmat dikerongkongan. Disusul dengan gigitan iga sapi, dengkil, dan mie sonya yang menyatu denggan remahan kerupuk. Kalau saya sedang lapar-laparnya, saya menambahkan sepotong lontong untuk dinikmati bersama miso. Kenyang dan puas berpadu memberikan syukur yang luar biasa. Alhamdulillah masih diberikan nikmat, mencicipi kesegaran kuliner legendaris Kota Pekalongan.


 

Resep Memasak Mie So Dengkil Kuliner Khas Pekalongan





resep mie so pekalongan miso pekalongan cara membuat mie sop bakso resep mie sop medan yang benar bumbu miso
Mbak Maimanah Pemilik Kedai Miso




 

Dari tadi saya sudah memamerkan mie so dengkil yang endes, kok kurang lengkap kalau saya tidak berbagi cara memasaknya ya kan? Siapa tahu yang belum berkunjung ke Pekalongan, ingin juga mencoba membuatnya lebih dahulu. Karena miso mempunyai cita rasa yang unik, sedap, dan segar nggak perlu lama-lama lagi. Ini dia resep membuat mie so dengkil, khas Pekalongan.

 

Bahan-bahan yang dibutuhkan Membuat Mie So Pekalongan

 

Mie kuning

Soun

Kerupuk usek/kerupuk mie

Iga sapi

Telur puyuh

Bakso

Tahu bakso

Kulit so/kulit melinjo yang berwarna merah

Daun bawang iris cincang

Garam

Bawang goreng

Saus sambal

Cabe rawit

 

 

Bahan kuah Mie So Pekalongan

 

4 liter air mineral

1 potong tulang sapi

Garam

Lada

Daun bawang utuh

Gula pasir

Bawang putih iris tipis

Bawang merah iris tipis

Penyedap rasa

 

 

Langkah Membuat Mie So Pekalongan

 

 

  • Yang perlu dilakukan pertama kali, mendidihkan air untuk membuat kuah miso. Masukkan semua bahannya, termasuk iga sapinya. Rebus sampai iga sapinya empuk dan berikan penyedap rasa.
  • Untuk melinjo bisa direbus lebih dahulu, bakso juga bisa direbus dulu, atau dicampur dengan kuah miso juga boleh. Mi kuning atau soun, dan telur puyuh juga boleh direbus sebentar. 
  • Kemudian semua bahan yang sudah matang tersebut ditata, di atas mangkok. Apa saja bahan tersebut? Dari mie kuning, soun, telur puyuh, bakso, kulit so, daun bawang, dan cabe rawit.
  • Jika sudah, langkah terakhir adalah menyiram isian yang ada dimangkuk dengan kuah yang miso yang sudah mendidih. Tambahkan iga sapinya, dan kerupuk remuknya barulah ditaburi dengan bawang goreng. Hm ... sedapnya. Selamat mencoba membuat, ya!



resep mie so pekalongan miso pekalongan cara membuat mie sop bakso resep mie sop medan yang benar bumbu miso



 

            Sebenarnya banyak resep lagi yang bisa dicoba lho, untuk membuat makanan khas daerah. Di website https://id.theasianparent.com/ banyak memberikan kita resep menu makanan, yang bisa dipraktikan di rumah. Saya juga baper dengan artikel, ‘5 Resep makanan khas purwokerto untuk mengobati rasa kangen’, yang bisa kamu akses di sini https://id.theasianparent.com/makanan-khas-purwokerto, soalnya saya belum pernah ke Purwokerto. Ada Soto Sokaraja yang seger banget, ada gethuk Sokaraja yang telihat lumer kalau digigit, Themlek gorengan ampas tahu dengan bumbu rempah, dan lain sebagainya. Aslinya sudah ada rencana ingin ngebolang ke Purwokerto, tapi pandemi melanda negeri dan kalau keluar jauh-jauh kan khawatir. Jadilah cara yang tepat untuk merasakan kerinduan mencicipi menu khasnya, kenapa nggak kita bikin sendiri. Iya nggak? Di rumah aja, tetap harus dong produktif. Belajar jadi calon ibu yang pinter masak adalah kewajiban, ea ...



resep mie so pekalongan miso pekalongan cara membuat mie sop bakso resep mie sop medan yang benar bumbu miso
Harga Mie So Dengkil 



            Akhir kata, seperti dalam paragraf pembuka tentang rindu. Orang bilang rindu hanya bisa diobati dengan sebuah pertemuan. Mengunjungi sebuah kota, menikmati petualangan, dan juga merasakan kuliner merupakan rindu  yang selalu saya rasakan ketika singgah.


Komentar


  1. Murah bangeeeeet mi so iga aja 16ribuan dan paling mahal di jaga 17ribu yaaa. Aku baca ini siang bolong langsung ngiler banget, padahal udah makan siang hrhe

    BalasHapus
  2. Pas banget lagi pengen eksperimen hari ini dan besok. Bingung mau masak apaa. Thanks for sharing mba ❤️

    BalasHapus
  3. Aku kira so itu apa, ternyata melinjo yaa...
    Iiih, harganya murce bangeeet
    Tampilannya pun menggoda
    Jadi pengen makan mi so dengkil ini

    BalasHapus
  4. Huwaah, baru tahu soal mie so ini. Kalau sodaraku ada di Batang mbak, deket kan ya dari Pekalongan? Cuma kalau Pekalongan pas Lebaran paling beli batik doang. Next bakal cobain mie so ini ah, unik ada kulit melinjo

    BalasHapus
  5. Kok saya malah baru dengan ya mie so dengkil khas pekalongan. Keliatanya kok enak banget itu, ada resepnya juga lagi. ijin save resepnya ya mb, ntr weekend mo coba praktekkin, he

    BalasHapus
  6. Klo demgar nama Pekalongan, yang kebayang langsung batik hehehe. Ternyata bisa wisata sejarah dan kulineran juga ya di sana. Penampakan mie So Dengkil-nya sungguh menggugah selera, namanya juga unik.

    BalasHapus
  7. Wah, menggoda banget mieso-nya... Auto pengen beli bakso nih mba, hahaha... Yg merah2 itu kulit melinjo ya?

    BalasHapus
  8. Kalau liat makanan daerah auto kepengen jalan ksana mau cobain hehhe aku tuh sukaa bngt makanan khas daerah kek mie so dengkil ini udah enak harganya jugaa sangat terjangkau

    BalasHapus
  9. Aduuh..kangen Miso juga karena sudah agak lama gak ke daerah Krapyak.. Bisa gofood/grabfood ga ya ini?

    BalasHapus
  10. Baru tahu nama makanan Mie So Dengkil ini ... khasnya dengan iga sapi ya rupanya.

    BalasHapus
  11. Jadi kangen eksplore lagi bareng Nyi Penengah :)
    Sekilas penampakan nya mirip soto mie ya..ih ternyata buanyak banget kuliner di Pekalongan. Jadi pingin nyicil berbagai aneka varian kuliner nya dah

    BalasHapus
  12. Selain batik, ternyata pekalongan juga menyimpan kuliner yang harus dicoba ya hehe

    BalasHapus
  13. Sebagai orang Pekalongan, akutuh sebenarnya baru tahu sama makanan namanya Mie So, Mbak Nyi. Jadi pas ada kumpul2 itu lho, kan ditawari Mie So. Nah, aku baru pertama kali makan lho wkwk

    BalasHapus
  14. Waj baru tau mie so drngkil ini. Trims , bakal jadi bucket list maem kalau mampir pekalongan. Aku suka kikil iga dan sejenisnya hihi. Kenyal2 gimanaa gitu.

    BalasHapus
  15. saya baru denger makanan mie so dengkil ini, mana harganya murah banget ya mbak, jadi penasaran pengen cobain langsung

    BalasHapus
  16. baru tahu ada makanan dengan kulit melinjo yang dipadukan dengan mie mbak, kalo di daerahku biasanya ditumis gitu

    BalasHapus
  17. belum pernah nyobain makanan khas pekalongan ini, hua jadi laper lihatnya, belum makan siang, harganya juga murah banget ya

    BalasHapus
  18. Kenapa namanya mie so dengkil, Nyi?
    Kalo kepleset lidahnya kan jadi bedaarti banget, huhuu..
    Aku suka Pekalongan. Dan Nyi memperkenalkan kepada dunia keindahannya yang hqq.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harganya very reasonable yaa..
      Dan porsinya gede.
      Uwwh....jadi pengen miso, Nyi.. Bandung disapa hujan pagi ini.
      Alhamdulillah~

      Hapus
    2. Dinamain Mi So karena ada Mi dan juga kulit buah Melinjo (orang Pekalongan menyebutnya SO) plus dengkil (bag tulang kaki) sapi jadilah Mi so dengkil, hehe..

      Hapus
  19. Lihat penampakannya enak banget ini ya, jadi penasaran deh. Nanti kalau pas ada waktu bisa ke Pekalongan harus cobain nih ya salah satu kuliner khasnya.

    BalasHapus
  20. Belum pernah nyobain sih aku, apa rasanya kak hehe, mau nyobain tapi kok jauh 😂 auto penasaran aku deh kk

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah sama hahaaa baru denger dan penasaran pengen coba, tp kok jauh ya seandainya ada yg jualan di kota aku

      Hapus
  21. pas hujan, anget-anget makan ini, pedes pula mba, nikmat banget rasanya, aku mau nyari ah yang deket-deket kali ada :D

    BalasHapus
  22. gajihnyaaa sangat menggoda hahaha jujur aja aku baru kali ini dengar makanan khas pekalongan mba, jadi penasaran juga gimana ya rasanya

    BalasHapus
  23. Kirain saya yang merah itu sosis hihihi. Mau saya coba praktekin resepnya. Karena masih belum memungkinkan untuk ke Pekalongan :)

    BalasHapus
  24. Penasaran sama rasa soto pekalongan, ada resepnya juga nih, boleh lah cobain bikin di rumah hehe

    BalasHapus
  25. Harganya terjangkau banget bikin ngiler deh kaka mau beli juga jauh huhu

    BalasHapus
  26. Mie So Dengkil keliatannya seger banget ini mba.. jadi ngiler

    BalasHapus
  27. Oke bangeeet nih mba dan rasanya memang okeee ya... aku jadi ikutan ngiler deeh

    BalasHapus
  28. Aku jadi ngileeer berat liatnya mbaa.. aduuh kebayang enak bangeet dan segeer yaa

    BalasHapus
  29. Memang enak ya mbaa dan seruuu nih. Aku kok ngebayangnya segeer dan kuahnya yg banyak plus pedeees

    BalasHapus
  30. kuliner yang udah berdiri beberapa tahun dan masih memiliki pelanggan tetap itu emang tanda2 makanannya ngangenin sih ya mbaa.. karena lidah gak bisa bohong haha kok jadi ngiklan gini

    BalasHapus
  31. Waduh bikin ngiler nih baca postingan dan liat fotonya ini. Kebayang lezat dan gurihnya mie so dengkil. Apalagi sekarang sedang hujan, wah cocok ya makan mie so anget2 :)

    BalasHapus
  32. Kudu nyobain.. Kayaknya sedep di musim angin adem gini hehe. Makasih sharenya mbak

    BalasHapus
  33. aku pernah coba soto dengkil ini dua atau tiga kali gitu dan belum nemu yang rasanya cocok, kayanya harus coba nih yang di pekalongan hehe.

    BalasHapus
  34. waaa aku baru denger niiih jadi kepo deh pengen cobain jugaaa, rasanya di bandung belum nemu yang jualan ini hihihihi, makin penasaran jadinya

    BalasHapus
  35. wow, aku penasaran gimana rasanya, Nyi. Apalagi ada kulit mlinjonya, unik banget yaaa. Tapi kalau dengkil aku suka banget, dan kulit mlinjopun aku suka banget, maka haqqul yakin mie so ini bakalan aku suka juga, hihi.
    Smeoga suatu saat bisa mencobanya di Pekalongan. Amin!

    BalasHapus
  36. Menggoda banget sih ini apalagi pakai sambal yang pueedesss beuh mantap. Btw harganya sendiri terjangkau banget ya tak kira sampai puluhan ribu gitu.

    BalasHapus
  37. Lihat dengkilnya aku jadi pengeeeennn.... Kayanya teksturnya enak kenyel kenyel gitu, harganya juga relatif terjangkau ya mbak.... Makasi rekomendasi kulinernya!

    BalasHapus
  38. Wah ini unik kulinernya, kuahnya pake kaldu dari iga sapi tapi ada tambahan kulit so dari melinjo

    BalasHapus
  39. Wah dulu pernah ke pekalongan buat event csr kantor tapi malah nggak tahu ada makanan khas kayak gini. 🙈

    BalasHapus
  40. lihatnya jadi laper. kebayang gurih-gurihnya tuh.. duuhh enak banget kayaknya..

    BalasHapus
  41. Nyiii aku berkali ke Pekalongan belum pernah icip, ya ampuunn menggoda bangeeett. Kudu disambangin kalau ke Pekalongan nih. Makasih yaaa infonyaaa

    BalasHapus
  42. Acapkali mampir Pekalongan, yang disasar hanya batik semata. Nggak pernah kepikiran untuk icip-icip makanan lokal. Setelah baca ini jadi paham ada Soto Dengkil yang unik pake kulit melinjo. Jadi penasaran pengen cobain rasanya seperti apa. Karena selama ini, pahamnya melinjo hanya untuk Sayur Asem atau Lodeh hehhe

    BalasHapus
  43. Dengkil sapi itu maksudnya dengkul sapi kah ? Hihihihi wah daku ga doyan wkwkwkw. Paling kalau kapan2 sempat kulineran di tempatnya aku makan bakso dll nya. Kalau masih lapar bisa nambah atau pakai nasi nih kayaknya. Rawitnya yang buanyak :D Kuahnya pas nih diseruput pas hujan2 :D

    BalasHapus
  44. Waah aku malah baru tau kalau ada mie so dengkil . Mie khas pekalongan. Sering lewat pekalongan sih dulu kalau pulkam sebelum ada tol. Tapi belum pernah cobain mie nya. Malah baru tau pas baca artikel ini mbak

    BalasHapus
  45. yaampun, padahal alm. Bapak orang Pekalongan, tapi aku belum pernah kulineran begini tiap ke sana. Keliatannya enak, fotonya menggiurkan banget :D

    BalasHapus
  46. Walah murah tenan ya, Nyi. Mangewu wis wareg hehe.
    Aku penasaran banget sama Mie So ini, terutama sama melinjo dan dengkil sapinya. Pas tinggal di Banyumas nggak sempet tau ada makanan ini.

    BalasHapus
  47. Wah,aku belum pernah cobain ini kalau ke Pekalongan, terbayang gurihnya kuahnya ya ada kaki sapi gitu kaldunya...menggiurkan deh Nyi..

    BalasHapus
  48. Ternyata yang bikin unik itu ada kulit melinjonya ya. Duh, jadi pingin nyoba :D Penasaran aku belum pernah ke Pekalongan. Pernah cuma lewat aja. hehe.. Kayaknya mesti bermalam berapa hari nih di pekalongan buat wisaja sejarah sama kulineran... :D

    BalasHapus
  49. Makanan khas daerah emang ngangenin yaa..saya juga sukanya nyicipin makanan yang ada di daerah tempat saya berkunjung. Sayangnya belum pernah ke Pekalongan pdhal banyak tempat yang bagus tuk dieksplor yaa

    BalasHapus
  50. Krapyak? Keren kali ini nama daerahnya :)
    Aku baru membayangkan mie ini ditaburi remahan tempe remuk aja langsung laper. Itu belum sampai membayangkan iganya lho ya.
    Untuk harga semurah itu, rasanya aku bisa makan berkali-kali deh :)

    BalasHapus
  51. Belum pernah nyobain kuliner yang satu ini, namanya pun baru kali ini baca dan dengar. Unik ya namanya, Mie So Dengkil. Saya salah satu penggemar kuliner berkuah, kayanya bakalan suka nih kalau nanti ada kesempatan untuk cicipin

    BalasHapus
  52. Aku juga rindu jalan kak. Pengen coba mie so iga sapi. Noted ah, siapa tau bisa ke sana.

    BalasHapus

Posting Komentar