Nasi Grombyang Berasal dari Daerah Pemalang

10 komentar


Nasi Grombyang Berasal dari Daerah Pemalang - Grombyang khas Pemalang, yes! Adalah salah satu kuliner yang ada di kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Kalau dilihat sekilas sih mirip dengan rawon, ada daging dan kuahnya berwarna kecokelatan. Dagingnya ada yang menggunakan sapi, ada juga kerbau.



resep nasi grombyang pak warso pemalang harga nasi grombyang pemalang nasi grombyang berasal dari daerah grombyang khas pemalang
Nasi Grombyang Berasal dari Daerah Pemalang



 

Grombyang kalau diartikan dalam bahasa Indonesia itu bergoyang-goyang. Yang dimaksudkan lagi ketika seseorang membawa grombyang tersebut, kan ada kuahnya penuh jadi terlihat seperti dia bergoyang-goyang.

 

Grombyang atau nasi grombayang merupakan wisata kuliner, yang ada di daerah Pemalang. Penyajiannya sama seperti nasi soto, nasi rawon, ada sandingan nasi dan juga berbagai macam sate. Ada sate daging, dan ada juga sate kulit.

 

 

Pengalaman pertama Kali Mencoba Nasi Grombyang



 

Untuk menempuh perjalanan beli nasi grombyang di Pemalang ini, saya membutuhkan waktu satu jam. Namun sebelumnya saya minta rekomendasi dari beberapa teman, yang asli tinggal di Pemalang. Lokasi yang strategis milik Pak Waridin saya pilih, karena dekat dengan jalan raya. Yakni di Jl. Gatot Dubroto No.31, Bojongbata, Pemalang.

 

Pertama kali masuk, lokasinya luas. Meja dan kursi yang terbuat dari kayu seakan menyambut kami yang datang. Jadi tinggal pilih mau duduk di sebelah mana, yang jelas setiap meja selalu ada sate daging dengan bumbu kecap yang menarik hati.

 

Ketika pelayanan datang, dan membawa nasi gromyang pesanana saya hmmm ... aromanya enak dan kuahnya agak sedikit berminyak. Tetapi pas disantap, aduhai ... seger, dan nikmat yang berpadu. Nasi dengan lauk daging dan kuah, bikin saya nggak perlu menambahkan menu lainnya. Karena begini saja sudah enak sekali.

 

resep nasi grombyang pak warso pemalang harga nasi grombyang pemalang nasi grombyang berasal dari daerah grombyang khas pemalang
sate daging pendamping Nasi Grombyang Berasal dari Daerah Pemalang




Harga nasi grombyang Pemalang ini, antara 15 ribu - 18 ribu tergantung lokasinya. Untuk satenya kurang lebih harganya antara 5-8 ribu pertusuknya, tergantung juga. Sate daging atau sate kulit yang dimakan. Es teh dan es jeruknya standar lah ya harganya. Setiap kali ke sana makan dua mangkok nasi grombyang, dua potong daging dengan minuman es teh atau es jeruk kurang lebih saya selalu merogok kocek Rp60 ribuan.

 

 

Wisata Kuliner sambil Browsing, cekrek dan Upload? Bisa Banget



Tenang, Sob, letak nasi grombyang khas Pemalang ini ada di tengah kota jadi jangan khawatir soal sinyal internet ya. Apalagi kalau make smartfren, sinyal kenceng dan aktivitas online kalian nggak bakalan keganggu. Mau browsing wisata Pemalang yang lain, juga asik aja. Seperti Pantai Widuri, juga tidak jauh kok dari lokasi, atau Alun-alun Pemalang yang ada Nanas Emas yang gede banget. Sebagai ikon kota Pemalang, yang penghasil nanas madu.

 

Terobosan baru smartfren ini ada kartu prabayar, dengan nama Gokil Max. Di mana kartu ini menawarkan kuota tergokil untuk diakses di kotamu. Ketika kamu beli Gokil Max kartu perdana ini, otomatis di dalamnya ada kuota lokal yang bisa digunakan pada lokasi, atau area tertentu.



resep nasi grombyang pak warso pemalang harga nasi grombyang pemalang nasi grombyang berasal dari daerah grombyang khas pemalang


 

E... tapi tetep ada kuota nasionalnya juga kok selain area lokal, pun ada kuota ekstra yang bisa dimanfaatkan untuk bekerja di siang atau pun malam hari. Pilihannya ad 3 jenis yang bisa disesuaikan dengan keingianmu, ada yang 9GB, 21GB, dan 36GB. Mau kuota lokal atau nasional, Gokil Max aman dan terkendali. Datang ke kota yang belum pernah kita datangi pun, tak masalah.

 

Mochamad Fadillah, sebagai Regional Head Smartfren North Central Java mengatakan, “Smartfren GOKIL MAX memberikan pengalaman internet maksimal untuk generasi muda Indonesia. Dengan kecepatan penuh dan kuota besar yang bisa dipakai untuk segala aplikasi, siapapun bisa dengan mudah memakai koneksi internet untuk mendobrak batas demi berkarya serta mewujudkan cita-cita.”

 

Mumpung masih plesiran di kota tetangga, manfaatkan sekalian dong menikmati kuliner dan pemandangan alamnya. Selamat datang di  kota Pemalang ya!

Related Posts

10 komentar

  1. Bener nih campuran kek soto ama rawon = grombyang :)

    BalasHapus
  2. Aghhhh aku kangen masih grombyang ini !! Dulu pas blm ada tol Jakarta -solo nonstop, aku kan pasti lewat tol yg lama. Dan suka mampir di Pemalang utk makan nasi grombyang. Awal2nya agak aneh mba, Krn manis kan yaaa. Tapi nth kenapa pas diksh sambel, kok ya jadi enaaaaak dan pas kombinasinya. Blm lagi satenya. Jadi ketagihan sih :).

    Kapan2 kalo ke solo, aku minta lwat jalan yg lama aja deh, biar bisa mampir Pemalang :)

    BalasHapus
  3. Baru tau arti Grombyong itu goyang-goyang. Belom pernah coba ini, kayaknya enak ya. Kalo diliat liat mirip rawon kuahnya

    BalasHapus
  4. Bedanya Grombyang sama Rawon apa, Nyi?
    Baru dengar saya nama menu itu, unik juga ya hehee...

    Kalo dapat makanan manis kayak gitu, pasti saya udah minta jeruk nipis biar menetralisasi dan gak terlalu manis lidah.

    BalasHapus
  5. Wah enak banget kayaknya. Harus coba nih. Menu yang sederhana namun tampilannya mengugah selera.

    BalasHapus
  6. Ya ampun kangen keluar kota dan mencicipi kuliner suatu daerah..nasi grombyang nya menggoda sekali..

    BalasHapus
  7. Aku belum pernah loh makan Nasi Grombyang ini hehehe. Yang recomended punya PAk Waridin ya, oke noted. Siapa tau bisa mampir di lain waktu hehehe.

    BalasHapus
  8. aduhhhh juara banget itu mah. Favorit aku. Apalagi itu satenya juga gede gede. mari kita seruput kuahnya dan nikmati

    BalasHapus
  9. wah baru tahu saya makanan khas Pemalang ini, lucu namanya Grombyang ya. Jadi lapar pagi-pagi lihat soal makanan kayak gini

    BalasHapus
  10. Waaaa...enyaakk ini Nyi.
    Seger di tenggorokan.
    Nasi Grombyang bikin kenyang seutuhnya, hehhe...

    BalasHapus

Posting Komentar