Novel Coelho's Circle Pengorbanan Pengabdi Kemanusiaan

17 komentar


Novel Coelho's Circle Pengorbanan Pengabdi Kemanusiaan - Coelho's Circle adalah sebuah novel sosial kolaborasi dari Bety Kristanto dan Nanang Chalid. Keduanya sama-sama alumni jurusan Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Gadjah Mada. Tidak heran jika isi dari kisahnya, berbau kemanusiaan, karena keduanya beranjak dari orang-orang yang sudah digodok sangat peduli kepada lingkungan dan masyarakat.



novel gratis novel pdf kumpulan novel kumpulan novel romantis novel online baca novel
Novel Coelho's Circle



 

Dengan lahirnya novel Coelho's Circle ini, yang didukung oleh Penerbit Buku Kompas, Tokopedia, dan BenihBaik.com, semoga kedepannya banyak gebrakan dari dunia literasi yang apik. Bahwa bersatu dan bekerjasama itu lebih baik, dibanding dengan jalan sendiri. Faktanya hasil penjualan dari novel, sepenuhnya didonasikan untuk penanggulangan dampak Covid-19 di Indonesia. Itulah kenapa novel ini bercerita tentang sebuah pengorbanan pengabdi kemanusiaan, yang bernama dokter Cahya.

 

 

Sinopsis Novel Coelho's Circle

 

 

“Setiap kita punya takdir masing-masing. Sebuah Maktub. Sesuatu yang sudah ditentukan, dan menentukan makna hidup kita semua.” Diandra tak pernah menyangka, keputusan Cahya, suaminya, untuk mengabdikan diri sebagai garda terdepan dalam melawan Covid-19 berujung nestapa. Imaji tentang masa depan, harapan, dan impiannya kini pupus sudah, direnggut paksa oleh wabah parah yang menorehkan noda hitam dalam sejarah.

 

Detail Novel Coelho's Circle

 

 

Judul Buku : Coelho’s Circle

Penulis : Bety Kristianto dan Nanang Chalid

Genre : Novel Sosial

Penerbit : Penerbit Buku Kompas

Tahun Terbit : cetakan pertama, 2021

Jumlah Halaman : 244 halaman

Harga : Rp80000,-

ISBN : 978-623-241-887-5

e-ISBN : 978-623-241-888-2

 

 

Review Novel Coelho's Circle

 

 

Dua tahun jalan Indonesia dan dunia terkena virus Covid-19, yang mana banyak korban berjatuhan. Dari tenaga medis, sampai dengan masyarakat yang jumlahnya tidak lagi bisa dihitung dengan tangan. Demikianlah kisah ini bermula, seorang dokter yang mengabdikan dirinya untuk masyarakat tumbang di tengah perjuangan. Meninggalkan istri dan anaknya, yang ia cintai dengan sepenuh hati.

 

Jujur hati saya basah ketika membaca kisah dalam novel Coelho's Circle, membayangkan perasaan keluarga yang ditinggalkan, negara, dan masyarakat yang mencintai sosok tenaga medis harus kehilangan pahlawan yang melindungi. Di tengah perang dari virus Covid-19 yang belum berakhir. Tetapi inilah hidup, harus terus berlanjut meski kita ditinggalkan, dan meninggalkan.

 

Cahya Antasena, seorang dokter sekaligus suami, dan ayah yang sangat baik untuk keluarganya. Ia juga sahabat yang bijaksana, untuk teman-temannya. Dahya merupakan dokter spesialis penyakit paru-paru, yang bertugas bersama tenaga kesehatan lain untuk menangani pasien Covid-19.

 

Cahya meninggalkan anak dan istrinya, yang sesekali hanya bisa ia jenguk pada akhir pekan. Itu pun kalau dia sempat, karena banyaknya masyakarat yang terjangkit virus. Cahya juga lebih memilih tinggal di apartemen dekat dengan rumah sakit, ia mengabdikan diri. Hal ini agar keluarganya tetap aman, dan ia  pun merasa tenang.

 

Bagaimana dengan perasaan seorang istri? Diandra tidak menerima konsekuensi yang Cahya lakukan, dipertemuan terakhir mereka Diandra meminta Cahya memilih. Diandra dan Cahya bertengkar hebat, dan sebuah telepon membuat segalanya makin hancur berkeping-keping. Cahya tertular virus korona, yang membuatnya tumbang dan diberikan perawatan ekstra.

 

Diandra yang menyesal, Diandra yang patah, Diandra yang memohon agar bisa melihat sang suami di detik-detik kepergianya menghadap Sang Pencipta. Diandra yang tertatih-tatih untuk membebat luka, dan berusaha tetap kuat demi menjaga sang buah hati Nura Salsabila Antasena.



novel gratis novel pdf kumpulan novel kumpulan novel romantis novel online baca novel
cover Novel Coelho's Circle


 

 

“Mereka yang meninggal, tak akan pergi. Warisan dan kenangan tentang mereka akan terus menjadi bagian dari sejarah bagi kita, orang-orang yang ditinggalkan. Karena itulah, mereka tak akan pernah terlupakan, dan tak akan tergantikan. Sampai kapan pun, mereka akan tetap ada di di sini, dalam ingatan kita. Selamat jalan pahlawan bangsa. Doa terbaik untukmu dan ratusan rekan medis yang gugur dalam tugas. Kalian akan selalu hidup di hati kami.” (hal. 238)

 

 

Ditinggalkan suami yang dicintainya membuat kisah ini tidak berakhir begitu saja, konflik terus berdatangan, bahkan dari sahabat pertemanan dirinya dan suaminya yang mereka namai Coelho's Circle. Kumpulan orang-orang yang menyukai dan menggilai karya novelis Paulo Coelho.

 

Jadi tersentil nih dengan Coelho's Circle, soalnya saya baru baca novel Paulo Coelho ini baru beberapa buku, hehehe ... sementara mereka up to date banget. Mereka yang tergabung dengan Coelho's Circle, ada Alif, Agni, Nid, Cahya, dan Diandra. Yang masing-masing memiliki kehidupan, baground dengan passion masing-masing.

 

Sepeninggal dokter Cahya inilah hubungan pertemanan mereka mulai oleng. Diandra yang sedikit-sedikit tidak mau soal almarhum suaminya disinggung, justru dua dari ketiga sahabatnya itu membuatnya berang dan nyaris menghancurkan hubungan pertemanan mereka. Blokir dan memblokir terjadi, pertengkaran kecil yang jadi hebat, tidak ingin bertemu satu sama lain, dan lain sebagainya.

 

Kisah yang apik, seru, bermakna, penuh dengan emosi dan pengorbanan. Kedua penulisnya lincah dalam meramu kata-kata, dan deskripsi yang menggambarkan suasana begitu apik.

 

Banyak hikmah dari buku ini yang membuat saya melek, mengenai tujuan hidupmu sebenarnya apa, siapkah kamu dengan kematian yang kapan saja datang, dan apakah kamu sudah bermanfaat untuk dirimu sendiri serta orang-orang lainnya? Kalau dibanding dokter Cahya, kemanusiaanku masih cetek banget, tetapi inilah salah satu nilai positif yang digambarkan dari buku ini. Kita dapat belajar banyak hal dari sini.

 

 

Berbagi Kebaikan Melalui Novel Yuk!


 

novel gratis novel pdf kumpulan novel kumpulan novel romantis novel online baca novel
review Novel Coelho's Circle




Seluruh hasil penjualan novel ini akan didonasikan untuk penanggulangan Covid-29 di Indonesia bagi yang membutuhkan, maka dari itu buat teman-teman yang ingin ikut berpartisipasi juga bisa banget loh, dengan membeli novel Coelho's Circle melalui official storenya BenihBaik di Tokopedia. Disediakan paket normal dan paket bundling, di mana kita bisa mendapatkan carrier coaching dan Fiction Writing Coaching.

 

  • Paket Bundling 1, berisi 1 buku + Carrier Coaching (group) yang dimentori oleh Nanang Chalid (Vice President, People at Tokopedia)
  • Paket Bundling 2, berisi 1 buku + Carrier Coaching (1-on-1) yang dimentori oleh Nanang Chalid (Vice President, People at Tokopedia)
  • Paket Bundling 3, berisi 1 buku + Fiction Writing Coaching (3 orang/group) yang dimentori oleh Bety Kristianto
  • Paket Bundling 4, berisi 1 buku + Fiction Writing Coaching (1-on-1) yang dimentori oleh Bety Kristianto.
  • Untuk limited edition novelnya ada juga, dengan harga  Rp50.000,- buku sudah bertanda tangan Andi F. Noya.

           

Sementara untuk penggalangan dananya, bisa langsung ke website BenihBaik.com ya teman-teman (https://m.benihbaik.com/campaign/berbagi-kebaikan-lewat-novel). Penggalangan dana masih berlanjut 14 hari lagi. Semangat berbagi, semangat memberi, karena siapa yang peduli akan diberi lebih banyak lagi. Sukses untuk novelnya ya Mba Bety dan Mas Nanang. 


Salam!

Related Posts

17 komentar

  1. Bukunya menarik banget ini untuk saya baca saat me time
    Namun belum kesampaian punya
    Ditambah Booksleeve-nya itu kucing
    Anak saya jerat jerit saking excited-nya lihat gambar kucing

    BalasHapus
  2. Pas baca judulnya, langsung teringat sama buku-buku Paulo Coelho. Ternyata memang ada benang merah ke karya penulis Brazil itu ya. Memang bagus-bagus bukunya. Layak jadi penguat Diandra selepas ditinggal Cahya. Memang pandemi ini membuat masalah tersendiri, tantangan yang ga main-main. Ya tekanan ekonomo, ya depresi sosial, ya konflik personal. Maka hebat Cahya mau memilih berkorban demi kemanusiaan. Novel ditulis det bakalan seru ya, belum pernah baca karya fiksi yang keroyokan. Semoga laris dan menumbuhkan benih baik untuk kebaikan.

    BalasHapus
  3. Mbak Bety blogger ya.. wah keren banget udh lahiran buku.. ceritanya simpel tapi pasti mengena banget ya

    BalasHapus
  4. Baru ngeh dengan judul bukunya kenapa ada Coelho nya. Ternyata terkait sama penulis buku Paulo Coelho. Aku juga suka karyanya. Tapi baru baca beberapa saja belum banyak :)

    BalasHapus
  5. Baca resensi ini jadi keinget ponakanku. Sebelum jadi residen sempat jadi garda depannya rumah sakit, di IGD Covid selama setahun. Cerita tentang penanganan Covid tahun pertama emang bikin trenyuh

    BalasHapus
  6. gagal fokus sama book sleevenya mba, lucu kucing. warna kuning pula so cute banget. wah mba sudah nelorin buku ya Allah selamat ya mba, semoga saya bisa menyusul nanti bisa melahirkan buku

    BalasHapus
  7. Ternyata ada kisah sekumpulan teman yang sama sama menyukai karya Paulo Choelho.

    Tapi rasanya perasaan Diandra lah yang akan jadi pusat segala cerita.

    Jadi tergoda untuk ikutan baca

    BalasHapus
  8. Dari covernya yang minimalis dan elegan, serta ulasan cerita yang apik dari mbak Nyi pantas memang Novel Coelho's Circle jadi rekomendasi bacaan oke. Karena pesan moralnya mengena untuk kehidupan

    BalasHapus
  9. Saya sudah baca dan bikin review untuk novel ini. Pembukanya beneran bikin trenyuh, seolah bisa merasakan bagaimana kegundahan hati Diandra. Mbak Bety sangat lihai menggambarkan bagaimana kehilangan karena covid-19 ini sangat menyakitkan.

    BalasHapus
  10. baru tahu juga ini novelnya. ini bikin penasaran dan buat kepengen ngebaca juga. sepertinya menarik nih. mau baca ntar

    BalasHapus
  11. cukup dengan harga 80ribu aja sudah bisa dapat novel coelhos circle, keren banget ini bacaan novelnya alur cerita yang menarik

    BalasHapus
  12. Kalau sumber penulisnya berasal dari kalangan yang cerdas macam Mba Betty dan Mas Chalid ini, pastilah karyanya juga keren. Yah kayak novel Coelho's Circle ini lho!!

    Novel ini banyak sekali memberikan kita pelajaran hidup ya Mba. Very nice book.

    BalasHapus
  13. Setiap kita punya takdir masing-masing jadi setiap orang sudah punya jalannya sendiri ya.
    Suka banget sama gambar covernya, jadi makin pensaran pingin baca bukunya apalagi judul bukunya unik banget

    BalasHapus
  14. Saya baru baca buku paulo coelho satu judul aja, heuheu...
    Bagus ya bukunya mbak bety ini, latarnya covid 19, baca reviewnya aja udah bikin nyeseuk...

    BalasHapus
  15. Aku jarang sekali tertarik sama novel kalo cuma dari cover atau sinopsisnya. Tapi lebih sering jadi beli karena cerita teman yg udah baca dan review begini.

    BalasHapus
  16. Dari judul dan covernya saja sudah menarik. Apalagi setelah baca ulasan Mbak di atas saya jadi penasaran pengen baca juga novel coelhos circle ini.

    BalasHapus
  17. Saya suka novel yang mengangkat isu sensitif seperti kehidupan anak pecandu nark0b4, kehidupan "butterfly" malam, kehidupan anak seorang pembunu-h dan lain-lain. Entah ini genre sosial atau apa, tetapi ketika saya membacanya saya lebih merasa kena dan peduli dengan sesama. *maaf kak tulisannya agak sensor gitu gitu hihi

    BalasHapus

Posting Komentar