6 Langkah Merencakan Keuangan Pribadi dengan Baik

13 komentar


6 Langkah Merencanakan Keuangan Pribadi dengan Baik - Cara mengatur keuangan pribadi dengan baik, adalah PR kita semua. Kalau tidak jauh-jauh hari menjaga dan menghargai uang, nanti kalau sudah tua bisa -bisa jadi merepotkan orang lain saja. Makanya, penting banget memiliki tabungan, dana darurat, bahkan investasi.



contoh perencanaan keuangan keluarga contoh perencanaan keuangan pribadi tugas perencana keuangan makalah perencanaan keuangan perencanaan keuangan perusahaan



 

Generasi milenial saat ini apalagi, tantangan semakin banyak dan kebutuhan finansial juga semakin besar. Dibutuhkan kepahaman penting mengalokasikan keuangan dengan bijak, agar meraih tujuan finansial.

 

Nah, berikut ini ada 6 langkah merencanakan keuangan, untuk mendapatkan kebebasan financial. Simak yuk!

 

 

6 Langkah Contoh Perencanaan Keuangan Pribadi


 

Seberapa pun banyak uang yang kita miliki, kalau tidak pandai mengelola keuangannya dengan baik pasti akan cepat habis. Nah, yuk simak bagaimana Prita Gozie memberikan tips, tahap merencakan keuangan dengan 6 langkah.

 

Ketahui Apa Mimpimu

 

Kalau saya punya mimpi ingin memiliki rumah sendiri, karena selama ini masih ikut mertua. Suami anak bontot, jadi mendapatkan amanah untuk menjaga orangtuanya.  Namun jauh di lubuk hati saya, saya ingin mempunyai rumah sendiri. Kalau tinggal di rumah sendiri kan enak, mau jungkir balik juga nggak ada rasa nggak enak sama orang lain kan?

 

Terus ingin apa lagi? Punya IPhone terbaru? Punya mobil? Memenuhi kebutuhan orangtua, dan lain seabgaiya. Setiap mimpi yang diinginkan tersebut, tentukan arahnya bagaimana cara mendapatkannya. Dengan menabung ataukah dengan berinvestasi?

 

Definisikan mimpimu dengan cara berikut:

 

  • Apa mimpinya?
  • Berapa biayanya?
  • Kapan jatuh temponya?
  • Bagaimana strategi mencapainya?

 

 

Hitung Kebutuhan Dana


Tugas perencanangan keuangan kali ini adalah menetapkan apa saja yang menjadi tujuan, lantas membuat tulisan jadi angka-angka.

 

Kata mbak Prita, menghitung berapa kebutuhan dana untuk mewujudkan setiap tujuan tersebut adalah wajib, dan harus dilakukan dengan bantuan kalkulator. Sertakan juga jumlah asumsi inflasi per tahunnya.

 

Menyusun Strategi Sesuai Rencana

 

Dari menghitung kebutuhan dana di atas, berarti kita bisa melihat berapa aset finansial yang bisa mendukung rencana. Misalnya ingin umroh, dana sudah ada 5 juta, berarti sisanya kurang berapa? Hitung dan cukupi kekurangan tersebut, serta berikan jatuh tempo.

 

Memahami Berbagai Produk Finansial yang Ada

 

Investasi yang tenar di pasaran saat ini, entah itu reksadana, saham, obligasi, emas, properti, dan asert properti bernilai laiinya harus dipahami betul berapa nilainya. Apakah bisa mendukung untuk meraih mimpimu?

 

Implementasikan Rencana Keuanganmu

 

Rencana hanya akan sebatas jadi tulisan di kertas, jika tidak diimplementasikan. Rencana yang sudah disusun rapi di atas, lakukan dengna action plan. Kalau saya sering mengatakan, OOT (Omong-omong Tok).

 

Lakukan Monitoring dan Evaluasi

 

Strategi yang sudah dibangun di atas, lakukan evaluasi apabila terjadi hambatan. Misalnya 3 bulan sekali atau 6 bulan sekali. Jika strategi A gagal, bisa gunakan strategi B. Misalnya ada pengeluaran yang tidak terduga, atau terjadi perubahan atur ulang angka kecukupannya.

 

Contoh perencanaan keuangan keluarga, awalnya saya tidak pernah membeli pampers. Kemudian mertua sakit dan mengalami struk akhirnya tidak bisa jalan. Kalau malam hari saya siasati memakai pampers, agar tidak perlu mengangkat ke toilet dan bisa istirahat. Hal tersebut termasuk perubahan dalam keluarga, dana akan bergeser kan? Makanya perlu di atur ulang keuangannya.

 

Bagaimana setelah membaca 6 Langkah Merencakan Keuangan Pribadi dengan Baik, di atas? Semoga dapat memberikan gambaran ya, dan mampu memberikan motivasi untuk mengatur keuangan lebih hebat lagi. Salam.

Related Posts

13 komentar

  1. Thanks Nyi, jadi nambah ilmu baru lagi nih buat pengelolaan keuangan pribadi. Aku targetnya banyak bgt ini, paling utama mau ngedak rumah rencananya. Nabung uang, sambil uangnya aku puter buat usaha jadi biar nambah juga. Hehe

    BalasHapus
  2. Harus tetap semangat mengatur keuangan ya, Mbak. Semoga Mbak Nyi dan Mas Hadi bisa segera punya rumah sendiri. Aku pun pengen segera punya rumah sendiri.

    BalasHapus
  3. sama mbaa.. aku pun selalu pakai cara seperti itu mbaa nyiii, biar pengeluaranku gak jebol.. huhu.. pun harus dievaluasi juga tiap bulan biar makin terarah keuangannya..

    BalasHapus
  4. Ahaa, ini kudu bisa diterapkan dalam kehidupan tiap orang yaaa.
    karena masalah keuangan tuh urgent banget memang
    kudu bijaksana dan smart

    BalasHapus
  5. Terima kasih untuk tipsnya, mbak. Aku jadi bisa lebih lg belajar untuk menyusun rencana keuangan dgn baik. Tapi terkadang suka ga sesuai rencana, huhuhu.

    Jadi uang yg uda disisihkan sesuai post bisa beralih ke yg lain 🙈

    BalasHapus
  6. terima kasih tips-tipsnya Nyi..mudah2an bisa kuterapkan shg bs kelola keuanfan dg baik. aamiin..

    BalasHapus
  7. noted nih tipsnya Mbak.
    jika kita ingin berhasil dengan rencana kita wajib memang mengatur keuangan pribadi dengan baik biar gak bocor terus. :D

    BalasHapus
  8. Makasih mbak udah dikasih tau langkah2nya. Aku coba pratekkin ke salah satu mimpiku :)

    BalasHapus
  9. Sangat bermanfaat tips ini dlm memanej keuangan utk masa depan. Banyak hal yg harus kita pelajari dari bacaan ini.

    BalasHapus
  10. Pertama kali memang perencanaan harus dilakukan ya, jadi kita punya target apa yang hendak dicapai. Kemudian jangan lupakan monitoringnya juga karena terkadang dalam perjalanan waktu ada kebutuhan dana lainnya yang ternyata lebih urgent.

    BalasHapus
  11. Rencana keuangan memang selalu menjadi peer saya mba padahal penting banget ya untuk merencanakan keuangan untuk mimpi kita kedepan

    BalasHapus
  12. rencana keuangan yang baik memang akan sangat membantu kita mnjalani hari dengan lebih tenang yaa mba

    BalasHapus
  13. Merencanakan keuangan memang gampang2 susah ya. Tapi kalau udah tahu cara-caranya pasti tujuan mengumpulkan uang bisa segera terwujud ya

    BalasHapus

Posting Komentar