Strategi jitu Mendapatkan Pendanaan dari Angel Investor

Posting Komentar


Strategi jitu Mendapatkan Pendanaan dari Angel Investor - Angel Investor merupakan istilah dalam dunia startup, yang berarti sumber pendanaan awal untuk memulai sebuah startup.


cara mendapatkan angel investor daftar angel investor di indonesia siapa saja angel investor
Strategi jitu Mendapatkan Pendanaan dari Angel Investor


 

Angel investor ini dapat membantu pembangunan startup dalam bertumbuh kembang, khususnya diawal dalam membangun.

 

Dana yang dikucurkan oleh angel investor i ni nantinya akan membuat startup yang dibangun bisa membeli aset-aset penting yang berhubungan dengan bisnis yang sedang dijalani.

 

Tidak mudah memang mencari Angel Investor, karena harus memiliki banyak relasi besar karena harus mampu meyakinkan bahwa statup yang dibangun memiliki masa keemasan di masa depan. Oleh sebab itu penting sekali bagi founder startup untuk mendapatkan angel investor.

 

 

Kenali Apa Itu Angel Investor Secara Dekat

 

 

Startup beberapa tahun belakangan ini merupakan gebrakan baru dalam dunia teknologi dan digital di Indonesia. Lantas apa hubungannya startup dengan Angel Investor sih?

 

Angel Investor adalah investor yang akan memberikan dukungan dana kepada startup atau perusahaan kecil yang sedang membutuhkan modal.

 

Jika tidak yakin kepada startup yang sedang dibangun, angel investor tidak akan memberikan kucuran dana dan sangat berisiko. Oleh sebab itu biasanya Angel Investor berasal dari keluarga atau teman pe ngusaha sendiri.

 

Angel Investor biasanya membantu satu kali pada masa startup tersebut mengalami kesulitan dan pada umumnya Angel Investor berfokus dalam membantu startup saat sedang merintis bisnisnya.

 

Angel Investor disebut juga sebagai pemodal malaikat atau pemodal mulia, yang dengan rela hati membantu startup di masa sulit dan belum mejadi apa-apa. Namun nantinya Angel Investor akan mendapatkan saham kepemilikan dari startup yang dibantu ini.

 

 

Bagaimana Cara Mendapatkan Pendanaan dari Angel Investor?

 

 

 

 

Buat teman-teman yang sedang membangun startup dan sedang membutuhkan Angel Investor, siapa tahu cara mendapatkan angel investor di bawah ini dapat bermanfaat dan bisa dipraktikan.

 

1. Memperluas Networking

 

Memperluas jaringan bagi seorang calon pemilik startup atau bisnis sangat penting. Bagaimana caranya? Sederhananya ya bergaul dengan sesama pelaku usaha, jalin kerjasama dan silaturahmi dengan pengusaha di manapun berada.

 

Poinnya sebelum mendapatkan pendanaan ini, dalam menemukan angel investor ya kita membutuhkan jaringan pengusaha yang besar. Sekarang sudah banyak forum, grup, dan komunitas pengusaha. Tidak ada salahnya bergabung dengan pelaku usaha lokal terlebih dahulu.

 

2. Membuat Executive Summary

 

Manfaat dari Executive Summary adalah merupakan rencana bisnis. Maka strategi yang bagus dalam membuatnya tidak bertele-tele, harus singkat dan jelas sehingga angel investor dapat memahami dengan mudah.

 

Sertakan juga keunggulan untuk pengguna dan masyarakat ke depannya, agar angel investor tidak ragu mengucurkan dana dengan melihat Executive Summary milikmu

 

3. Mempersiapkan Presentasi dengan Baik

 

Ketika mendapatkan kesempatan untuk melakukan presentasi di depan investor, jangan disia-siakan. Lakukan semuanya dengan baik dan buat investor terpukau dengan rancangna bisnis yang akan dilakukan. Apa keunggulan startup yang dibangun dan keunikannya dibanding dengan yang lain.

 

4. Memiliki Tujuan yang Sama

 

Jika Angel Investor sudah memberikan dana kepada startup yang dibangun, maka Angel Investor memiliki hak atas kepemilikan startup tersebut dan berhak juga memutuskan perjalanan bisnis startup tersebut kedepannya. Maka dibutuhkan kesamaan tujuan, visi dan misi dengan Angel Investor agar bisnis bisa brjalan dengan baik.

 

5. Mempunyai Proposal Bisnis yang Jelas dan Gamblang

 

cara mendapatkan angel investor daftar angel investor di indonesia siapa saja angel investor


Startup tidak dibangun sembarangan, harus ada latar belakang diciptakannya, baik visi, misi, tujuan, dan lain sebagainya. Informasi tersebut harus lengkap dan jelas di dalam dokumen proposal bisnis.

 

Dalam membuat proposal tidak perlu ribet dan bertele-tele, pastikan jelas dan gamblang agar mudah dipahami oleh investor. Ingat juga sertakan unique selling point startup yang dibangun ya.

 

Angel Investor ini bukan semata-mata pemberi dana, tetapi mereka juga memiliki keahlian dan relasi yang luar biasa dan sangat menghargai calon founder startup yang memiliki semangat besar.

 

Semoga artikel ini bermanfaat untuk bisnis yang sedang anda jalani, salam.

 

Related Posts

Posting Komentar