4 Tips Modifikasi Rumah Tradisional Menjadi Lebih Kekinian

Posting Komentar

4 Tips Modifikasi Rumah Tradisional Menjadi Lebih KekinianMenempati rumah tradisional sering kali menimbulkan kebingungan, apakah harus merenovasi total atau sebagian. Karena jika tanpa melakukan perubahan sama sekali, rumah tradisional terlihat ketinggalan zaman. Padahal ada tips modifikasi rumah tradisional agar terlihat lebih kekinian, seperti dengan menggunakan bata ringan.


rumah adat 34 provinsi 10 nama rumah adat rumah adat jawa barat
4 Tips Modifikasi Rumah Tradisional Menjadi Lebih Kekinian



Melakukan modifikasi pada bagian tertentu di rumah tradisional bisa jadi pilihan yang lebih mudah dan hemat. Pasalnya tidak semua orang bisa merenovasi keseluruhan rumah tradisional dan menjadikannya rumah bergaya modern. Artinya beberapa bagian dari rumah tradisional bisa dibiarkan tetap seperti semula tanpa membuatnya terlihat kuno.


Cara Memodifikasi Rumah Tradisional


Rumah tradisional identik dengan bentuk yang khas. Biasanya terdapat banyak elemen dan ornamen khas rumah model lama yang tidak ditemukan pada rumah bergaya modern. Namun bukan berarti semua yang terkesan lawas itu tidak bisa dijadikan lebih menarik. Inilah tips modifikasi rumah tradisional.


rumah adat 34 provinsi 10 nama rumah adat rumah adat jawa barat
4 Tips Modifikasi Rumah Tradisional



1. Berikan Warna Baru

Pada rumah lama, tembok adalah bagian yang umumnya terlihat usang dengan cat yang kusam atau mengelupas. Jadi yang bisa dilakukan pertama pada rumah tradisional adalah mengecat ulang. Pemilihan warna cat bisa seperti warna semula atau memilih warna baru yang lebih cocok dengan tren masa kini.

Jangan sampai salah memilih warna cat apabila menggunakan kombinasi warna. Karena kesalahan memilih warna cat bisa membuat rumah terlihat kurang menarik. Sementara pemilihan warna cat yang tepat baik warna tunggal maupun warna kombinasi akan membuat rumah lama tampak seperti bangunan baru.


2. Tata Ulang Perabotan

Perabotan di rumah tradisional juga perlu dimodifikasi agar rumah terlihat lebih kekinian. Modifikasi pada perabotan rumah sebenarnya tidak harus dengan menggantinya, asal perabotan itu masih layak untuk digunakan. Hal yang bisa dilakukan adalah menata ulang agar tampilannya lebih menarik dan sesuai dengan tren desain interior terkini.

Ketika menata ulang perabotan, jangan lupa untuk membersihkannya terlebih dahulu. Bisa juga dengan menambah ornamen baru, seperti memberikan taplak model baru pada meja lama. Dengan tetap mempertahankan perabotan lama yang masih bisa dipakai, suasana hangat rumah tradisional akan tetap terjaga.


3. Perbaiki Bagian yang Rusak

Dari segi tampilan, dua tips modifikasi rumah tradisional di atas akan menghasilkan suasana yang baru. Sementara untuk masalah kekuatan bangunan, beberapa perbaikan mungkin diperlukan. Misalnya pada bagian atap bangunan yang bocor bisa diganti dengan atap yang baru baik keseluruhan maupun sebagian.

Bagian rangka bangunan juga perlu diperhatikan kelayakannya. Jika terdapat penyangga bangunan yang mulai rapuh, sebaiknya segera ganti dengan yang baru. Bagian lain yang terlihat rusak seperti lantai yang berlubang juga sebaiknya segera diperbaiki.


4. Tambah Bagian yang Diperlukan

Tidak ada salahnya untuk mempertahankan arsitektur asli rumah tradisional. Namun jika membutuhkan bagian lain, menambahkannya juga bukan merupakan keputusan yang salah. Misalnya memerlukan garasi mobil pada bagian samping rumah yang masih kosong, maka bisa mulai dibangun dengan material bata ringan.

Bagian atau ruang tertentu lainnya bisa ditambahkan pada rumah tradisional agar fasilitasnya semakin lengkap. Seperti pagar rumah, ruang laundry, mushola, gudang atau ruang lain yang ingin diperluas bisa dibuat dengan menggunakan bahan bangunan pilihan seperti bata ringan yang mudah diaplikasikan serta memberikan hasil yang bagus.

Itulah sederet tips modifikasi rumah tradisional agar terlihat lebih kekinian. Untuk kebutuhan modifikasi di bagian tertentu, gunakan bata ringan SCG yang sudah terbukti kualitasnya. Produk tersebut memiliki keunggulan, di antaranya praktis dalam penggunaannya, ramah lingkungan serta harganya lebih terjangkau.


Referensi:

https://idea.grid.id/read/093011362/cara-bikin-rumah-tradisional-jadi-lebih-modern-tanpa-harus-renovasi?page=all
https://www.99.co/id/panduan/rumah-tradisional-modern
https://mosaicart.id/tips-ciptakan-dekorasi-rumah-tradisional-modern/ 
Sumber foto: https://www.99.co/id/panduan/rumah-tradisional-modern

Related Posts

Posting Komentar