Dengan Internet, UMKM Tradisional Go Internasional

Posting Komentar


Dengan Internet, UMKM Tradisional Go Internasional - Jualan dengan door-to-door sekarang bukan jamannya lagi, meski masih ada yang melakukannya. Tetapi di era teknologi dengan perkembangan yang makin pesat sekarang jualan di pasar, sudah mulai bergeser ke market lebih besar. Yakni pemasaran dengan sistem digital, yang sering kita sebut dengan istilah jualan online.


indihome wifi indihome terdekat pasang indihome
Dengan Internet, UMKM Tradisional Go Internasional


 

Pemasaran online saat ini dinilai lebih efektif, karena jangkauannya bisa skala internasional. Seperti yang kita tau dengan perbandingan pasar tradisional yang pembelinya hanya di sekitar kota, tetapi dengan pasar digital orang di belahan bumi manapun bisa menjangkaunya. Tentunya dibantu dengan menggunakan Internet Provider yang mumpuni.

 

Dengan menggunakan digital marketing, kemudahan berjualan bisa dilakukan di mana saja. Dari media sosial dengan berbagai platformnya, melalui website sampai dengan melalui e-mail marketing.

 

Masih ingat kan? Pandemi yang menggerogoti Indonesia beberapa tahun belakangan ini? Di mana semua pasar lokal beralih ke digital. Keterbatasan aktivitas  bisnis di mana-mana membuat pelaku UMKM menggencarkan strategi online untuk bisa bertahan.

 

Alasan menggunakan digital marketing sebagai alternatif berjualan

 

Dengan Internet, UMKM Tradisional Go Internasional


Alasan menggunakan digital marketing sebagai alternatif berjualan




Untuk berjualan online, membutuhkan yang namanya Internet Provider. Di Indonesia sendiri yang paling banyak digunakan adalah IndiHome besutan dari Telkom Indonesia. Maka gunakanlah internet provider yang sudah dipakai kebanyakan orang, artinya memang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya untuk menjelajah dunia maya.

 

Bila susah memilih internet provider yang mumpuni, seperti IndiHome ini. Langkah selanjutnya adalah memulai meyakinkan diri mengapa harus menggunakan digital marketing yang dipilih? Ini dia beberapa alasannya:

 

1. Semua bisnis sudah beralih ke digital marketing

 

Riset yang dilakukan oleh BlueCorona mengungkapkan fakta bahwa 1 dari 5 UMKM yang belum terjun ke digital marketing hanya 1 saja. Bisnismu sudah beralih ke digital kan? Hayo! Jangan sampai kompetitormu sudah pakai, kamu malah belum sama sekali. Bisa-bisa bisnismu makin nyusruk, karena tidak segera beranjak.

 

2. Biayanya jauh lebih murah, kok bisa?

 

Digital marketing termasuk cara pemasaran yang hemat dan murah. Kok bisa? Yaiya, nggak perlu sewa tempat untuk jualan, nggak perlu sebar cetak pamlet, nggak perlu stanby tungguin toko, apalagi harus ngiklan ke TV. Aduw duw ... berapa duit yang harus digelontorkan untuk memasarkan produk?

 

Namun dengan internet, segalanya jadi mudah. Pemasaran bisa dilakukan dengan menggunakan website, di mana jangkauannya bisa lebih luas. Terlebih jika dioptimasi dengan SEO (Search Engine Optimization), di halaman pencarian dengan mudah akan ditemukan orang yang sedang mencari produk.

 

3. Memiliki hasil yang lebih efektif

 

Peralihan kebiasaan konsumen saat ini semuanya berpindah ke online. Bagaimana tidak, pengguna internet di Indonesia ini menghabiskan lebih dari 8 jam hanya untuk memantau aktivitas online. Bahkan akses di media sosial berjam-jam bisa betah. Dengan berjualan online, kesempatan produk untuk dilirik dan dibeli oleh konsumen jauh lebih besar. Pun 24 jam bisa dipantau pergerakannya, dimana saja dan kapan saja.

 

4. Tingkat keberhasilannya bisa diketahui dengan mudah

 

Coba lirik papan reklame yang tertempel di sepanjang jalan. Mereka yang melihat apakah semaunya membeli produk? Siapa mereka, berapa usianya, berapa lama mereka melirik dan lain sebagainya. Ktia tidak tahu kan?

 

Dengan menggunakan internet semuanya bisa terukur dan diketahui siapa-siapa yang sedang memantau produk kita. Jika menggunakan website, kita bisa memantau target audiens kita melalui Google Analytic. Jika menggunakan iklan di facebook, kita bisa melihat juga prosentase keberhasilannya. Pun platform yang lain, dengan detail menjabarkan konsumen kita usia berapa, kebanyakan laki-laki atau perempuan, berapa lama mereka menonton iklan, produk apa yang apling diminati, dan lains ebagainya.

 

5. Mendukung bisnis apa pun

 

Tidak hanya produk kecil-kecilan, produk skala besar juga bisa dipasarkan melalui digital marketing. Terlebih pilihan platform yang bisa digunakan banyak dan audiensnya berbeda-beda. Tinggal pintar-pintarnya mengelola. Jika baru memulai bisa dengan bergabung dulu dengan E-commerce, atau promosi melalui media sosial yang dipunyai. Nanti bisa beranjak dengan mengelola website toko online sendiri dan lain sebagainya.

 

Bagaimana? Sudah ada gambaran untuk go digital? Jangan lama-lama, mulai sekarang juga.

 

Dengan IndiHome jualan go internasional bukan sekadar isapan jempol belaka

 

 

indihome wifi indihome terdekat pasang indihome
Dengan IndiHome jualan go internasional bukan sekadar isapan jempol belaka


Untuk bisa memasarkan jualan online, dibutuhkan yang namanya pendukung internet. Nah, internet ini bisa digunakan dengan terlebih dahulu kita mendaftar ke IndiHome, yang merupakan produk dari Telkom Indonesia.

 

Jika belum punya, produknya bisa didapatkan di mana-mana, dan kantornya di setiap kota ada. Mengapa harus memilih IndiHome? Ya karena kecepatan koneksinya baik dan stabil dalam cuaca apa saja.

 

Selain itu dengan IndiHome yang menggunakan jaringan fiber optic ini, dalam mentransfer data bisa mencapai 300 Mbps lho!

 

Banyak yang memberikan testimoni bahwa layanan IndiHome, cepat tanggap dengan berbagai keluhan dari konsumen maupun pertanyaan yang dilontarkan oleh pelanggan. Dengan penanganan yang serba cepat ini, tentunya kita tidak akan merasa sebal jika suatu saat misal internetnya kok melambat.

 

Kerennya lagi IndiHome punya perlindungan Trend Micro Security System yang aman melindungi data pribadi, jadi aman dari seangan virus, hacking, maupun phising.

 

Untuk hiburan tersendiri IndiHome jagonya memberi pelayanan deh ya, mau acara apa, ada semua. Hiburan tontonan juga lengkap dan bikin betah kalau di rumah aja. Keluarga jadi nggak perlu jauh-jauh deh buat mendapatkan hiburan plus liburan. Selamat mencoba ya!

 

Related Posts

Posting Komentar